Penuh Pengertian, Inilah Tanda-tanda Pacaran Sehat

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 8 Oktober 2021

Berpacaran untuk saling mengenal kepribadian masing-masing sebelum memutuskan menikah kerap diwarnai berbagai hal, tak terkecuali masalah-masalah yang bisa mendewasakan. Kenyataannya, menjalin hubungan dengan seseorang akan sangat menyenangkan jika dijalani dengan sehat. Kalian bisa bertumbuh bersama hingga menjadi pribadi yang semakin baik seiring waktu.

Sayangnya menjalani hubungan yang sehat kerap tidak begitu dipedulikan selama pasangan dapat bersikap romantis. Padahal romantis bukan satu-satunya tanda hubungan yang kalian jalani baik-baik saja. Lalu apa saja sebenarnya tanda-tanda pacaran sehat?

Siapa tahu setelah mengetahuinya kalian bisa memperbaiki yang salah dan mempertahankan yang sudah benar. Dengan begitu hubungan yang dijalani dapat bertambah baik dan dapat memberikan pengaruh yang tak kalah baik pada satu sama lain. Tak usah berlama-lama berikut indikasi dari hubungan yang sehat yang bisa dikenali yang berhasil Kamini rangkum.

1. Komunikasi yang Baik

tanda pacaran sehat_Komunikasi yang Baik_

Komunikasi yang baik, mau saling mendengarkan dan menyampaikan gagasan atau apa pun yang dirasakan menjadi tanda-tanda pacaran sehat yang pertama. Komunikasi adalah kunci dalam setiap hubungan. Ia pembuka simpul untuk setiap kesalahpahaman yang rumit sekalipun.

Oleh karena itu, jika kamu dan pasangan sudah saling terbuka, mengomunikasikan banyak hal dengan kepala dingin, besar kemungkinan akan terhindar dari pertengkaran yang berkepanjangan atau berulang. Ketika sebuah hubungan dapat luput dari pertengkaran panjang yang melelahkan serta itu-itu saja, hubungan tersebut dapat dikategorikan sehat.

Komunikasi yang dibangun dengan baik perlu konsistensi dan komitmen. Sementara kita sama-sama tahu bahwa kebosanan mengintai kapan saja. Namun, jika kamu bisa melalui hal ini dengan baik, hubungan kalian bisa semakin sehat. Perlu diingat bahwa komunikasi bukan hanya soal menyampaikan melainkan juga mendengarkan. 

2. Jujur dan Bisa Jadi Diri Sendiri

tanda pacaran sehat_Jujur dan Bisa Jadi Diri Sendiri_

Pacaran yang sehat adalah ketika kalian bisa jujur antara satu sama lain. Sebuah kebaikan dalam hubungan suka tidak suka dimulai dari kejujuran, dari rasa percaya yang dipelihara. Kurangnya kepercayaan antara kamu dan pasangan akibat tidak terbiasa jujur, hanya akan membuat hubungan kalian terasa seperti beban; penuh curiga dan cemburu buta, sama sekali tidak sehat.

Dengan modal jujur, mereka yang menjalani hubungan secara sehat, tak segan menjadi diri sendiri di depan pasangannya. Tidak ada istilah jaga image, tak segan terlihat atau menunjukkan sisi jelek dari dirinya. Sehingga tak ada lagi yang ditutupi dan penerimaan pun dilakukan secara utuh, tidak hanya saling menerima dalam keadaan baik.

3. Tidak Ada yang Mendominasi

tanda pacaran sehat_Tidak Ada yang Lebih Mendominasi Hubungan_

Tanda-tanda pacaran sehat yang selanjutnya yaitu hubungan yang menempatkan sepasang kekasih dalam posisi sejajar. Dalam artian tidak ada salah satu di antara kalian yang terlalu mendominasi atau mengontrol hubungan. Pasalnya, ketika satu orang lebih dominan, dia akan cenderung mengatur atau mengontrol yang lain dan bisa berakibat pada semakin besarnya ego.

Hubungan yang sehat tidak mengatur sampai ke pilihan pakaian atau jadwal kumpul bersama teman-teman. Kekasih yang menjalin pacaran secara sehat akan saling percaya diri dengan keputusan masing-masing, menghormati pendapat pasangannya, menghargai pilihannya serta tidak mencoba mengatur dengan merendahkan dan sebagainya.

4. Saling Menghargai

tanda pacaran sehat_Saling Menghargai_

Saling menghargai menjadi tanda-tanda pacaran sehat yang mudah dikenali. Ketika dua orang dewasa terlibat satu hubungan dan dapat saling menghargai, sudah dipastikan mereka menjalani pacaran yang sehat. Saling menghargai punya konteks yang luas; menghargai pilihan, menghargai keinginan, menghargai target masing-masing, menghargai batasan privasi dan menghargai kebutuhan satu sama lain.

Sesederhana menyadari bahwa pasangan kita membutuhkan waktu untuk sendiri, sudah sangat berarti untuk kelanggengan sebuah hubungan. Bagaimana pun pacaran tak melulu harus bersama-sama, sesekali waktu kalian butuh waktu untuk diri sendiri atau me time. 

Mereka yang menjalani hubungan sehat akan mengerti hal itu. Alih-alih merengek atau berpikiran buruk, berprasangka tak baik dan cemburu, mereka mengerti kebutuhan pasangannya terhadap hal tersebut. Sehingga hubungan pun berjalan dengan menyenangkan, tidak menjadi beban dengan banyak drama.

Hal ini termasuk menghargai kebutuhan dan batasan terhadap hasrat seksual seperti berciuman, pelukan atau melakukan hubungan intim. Mereka yang menjalani hubungan sehat tidak akan memaksa hal-hal semacam itu untuk kepuasan sendiri.

5. Tidak Melulu Serius

tanda pacaran sehat_Tidak Melulu Serius_

Setiap pasangan mendambakan hubungan yang mereka jalani menuju ke arah yang serius. Namun, bukan berarti ia harus selalu diisi dengan hal-hal atau pembicaraan yang serius. Pacaran yang sehat seperti penyegaran bagi setiap pasangan. Ia layaknya refreshing dari keseriusan aktivitas dan pekerjaan yang dijalani.

Jika pacaran selalu dipenuhi dengan apa-apa yang serius, ia justru terasa kaku dan cepat membosankan. Mereka yang terlibat dalam hubungan sehat tahu kapan harus serius, tahu kapan harus bercanda bersama pasangan, dan pandai menyelipkan guyonan sesuai tempat serta waktunya. Intip juga cara lainnya untuk membuat pacar agar tidak bosan denganmu.

6. Dunia Tak Melulu Berputar di Pasangannya

tanda pacaran sehat_Dunia Tak Melulu Berputar di Pasangannya_

Kamu pasti pernah bertemu pasangan yang kemana-mana selalu berdua? Merasa tak butuh siapa-siapa dan tak ingin diganggu siapa-siapa. Istilah ‘dunia milik berdua yang lain ngontrak’ berlaku untuk mereka. Sekilas hubungan tersebut tampak romantis dan menyenangkan, tapi tahukah kamu bahwa hubungan yang sehat juga berbaur dengan lingkungan?

Pacaran sehat menyadari bahwa dunia tak selalu tentang mereka berdua. Ada kalanya perlu membaur bersama lingkungan pergaulan dengan saling mengenalkan pasangan pada teman masing-masing. Dengan dasar percaya, hubungan yang sehat tidak mengekang dan melarang pasangannya untuk menjaga jarak dari orang lain atau menciptakan relasi dengan orang lain.

7. Tidak Menuntut Pasangan untuk Dibahagiakan

tanda pacaran sehat_Tidak Menuntut Pasangan untuk Dibahagiakan_

Tanda-tanda pacaran sehat lainnya yaitu tidak menuntut pasangan untuk dibahagiakan. Masing-masing sudah memahami bahwa kebahagiaan bukan datang dari pasangannya, melainkan dari diri sendiri, sehingga tidak ada tuntut-menuntut untuk dibahagiakan yang akhirnya kemungkinan akan saling mengecewakan.

Pacaran yang sehat sadar betul bahwa kebahagiaan diri sendiri bukan tanggungjawab pasangan. Dengan pemikiran yang demikian, mereka akan berusaha membuat pencapaian pribadi, mengembangkan diri tanpa kekangan, sehingga masing-masing tumbuh bersama jadi sepasang kekasih yang luar biasa. Keduanya saling mengisi, melengkapi dan mengimbangi. 

8. Mengelola Emosi dan Masalah dengan Baik

tanda pacaran sehat_Mengelola Emosi dan Masalah dengan Baik_

Pasangan kekasih yang mampu mengelola emosi dan menyelesaikan masalah dengan baik merupakan tanda lainnya yang menunjukkan bahwa mereka menjalani pacaran sehat. Pasangan itu tak mudah putus asa dan menganggap bahwa masalah merupakan akhir hubungan, sebaliknya mereka mampu mengelola emosi, menyelesaikan masalah dengan kepala dan hati yang dingin.

Jika kamu dan pacarmu punya kebiasaan seperti itu, selamat, kalian menjalani hubungan yang sehat. Namun, jika kamu dan pasangan selalu mengakhiri masalah dengan masalah baru atau mulai merugikan karena menyakiti secara verbal atau fisik, hubungan yang kalian jalani bersifat toxic.

Baca juga: cara menghadapi pacar yang emosional.

9. Memotivasi untuk Jadi Pribadi yang Lebih Baik

tanda pacaran sehat_Memotivasi untuk Jadi Pribadi yang Lebih Baik_Sumber: Bryan Sargent Photography

Tanda-tanda pacaran sehat selanjutnya yaitu hubungan yang dijalani dapat membawamu pada arah yang lebih baik, terutama secara pribadi. Bersamanya kamu merasa mendapatkan insight yang positif sehingga memotivasi untuk terus memperbaiki diri. 

Bersamanya pula semua yang berantakan perlahan terasa mulai tertata dan kembali pada tempatnya. Tak ada alasan lagi bagimu untuk tidak hidup dengan baik. Semata bukan karena dirinya tapi kamu menemukan hal berharga dalam hubungan yang kalian jalani, seperti penerimaan, saling menghargai, dan kejujuran.

Bagaimana pun menyatukan dua isi kepala tak pernah mudah. Hanya, mereka yang berkomitmen menjalani hubungan sehat, berusaha menerapkan hal-hal yang boleh dilakukan pada pasangan dan hal yang terlarang. Dari sembilan tanda-tanda pacaran sehat yang dimuat dalam artikel ini, adakah salah satunya kamu rasakan bersama pasangan?

Bila kamu sudah tahu apa saja tanda-tanda pacaran yang sehat, sebaiknya kenali juga ciri-ciri toxic relationship yang bisa bikin hubungan terasa melelahkan.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram