Kamini.id / Suami / Demi Kebaikan, Mari Kenali 10 Tanda Suami Tidak Bahagia

Demi Kebaikan, Mari Kenali 10 Tanda Suami Tidak Bahagia

Ditulis oleh - Diperbaharui 31 Oktober 2019

Semua orang pasti ingin orang terdekatnya bahagia. Selain keluarga, orang terdekat yang dimaksud adalah pasangan. Setiap istri pasti ingin suaminya bahagia. Kebahagiaan suami adalah sesuatu yang diusahakan setiap istri, tetapi bagaimana caranya mengukur itu? Suami yang bahagia pasti bisa dilihat dengan mudah atau dia sendiri yang akan menceritakan kebahagiaannya.

Masalahnya, sangat jarang orang yang berani berterus terang kalau dia tidak bahagia. Apalagi kalau posisinya suami, nyaris mustahil kalau dia berani bilang dia tidak bahagia. Untuk itu, tidak ada salahnya kalau istri belajar mengenali tanda suami tidak bahagia. Demi kebaikan, mari kenali 10 tanda suami tidak bahagia.

1. Irit Bicara

Nggak Mau Berlama-Lama Bertemu

Perasaan seseorang dapat dilihat secara sekilas dari gerak-geriknya. Seseorang yang bahagia akan menunjukkan sesuatu yang menyenangkan. Sebaliknya yang sedang tidak bahagia bisa terlihat dengan tidak adanya keceriaan dan cenderung muram. Bukan berarti jadi ketus atau uring-uringan, tetapi kalau suami jarang tertawa pun bisa jadi tandanya.

Berjalannya rumah tangga tidak mungkin selamanya lancar. Sesuatu yang tidak beres dapat terlihat gejala awalnya ketika dia mulai irit bicara. Kalau sebelumnya menyempatkan diri mengabari kalau lagi pergi, sekarang mulai berkurang. Kalau sebelumnya di rumah bisa membicarakan berbagai macam hal, sekarang sudah mulai banyak diam. Itu bisa jadi tanda suami tidak bahagia.

2. Canggung Saat Berbicara

Canggung Saat Berbicara

Kalau suami sering diam dan istri berusaha untuk berbicara tentu akan mendapat jawaban. Namun jawaban yang muncul seperlunya saja. Tidak ada lagi bumbu-bumbu atau selingan canda di tengah pembicaraan. Seolah-olah pembicaraan itu terjadi karena harus semata, bukan karena ingin.

Pembicaraan hangat biasanya tercipta saat sedang berduaan. Tidak perlu banyak berpikir, karena pasti akan mengalir begitu saja. Namun saat ada kecanggungan untuk melanjutkan pembicaraan dengan suami, bisa jadi itu tanda suami tidak bahagia. Ada banyak pikiran di kepalanya, mungkin juga ada masalah yang belum diceritakan karena alasan tertentu.

3. Sering Menyendiri

Sering Menyendiri

Malam atau akhir pekan adalah waktu saat istri dan suami sama-sama ada di rumah. Selesainya pekerjaan masing-masing biasanya digunakan untuk melakukan kegiatan menyenangkan bersama. Pergi makan di luar, nonton di bioskop atau berkeliling kota seperti waktu pacaran dulu.

Salah satu tanda suami tidak bahagia adalah ketika dia sering menyendiri. Alih-alih menemani istri di ruang keluarga, dia memilih untuk menyendiri di ruang tamu, teras atau halaman belakang. Dia lebih senang tidak diganggu oleh siapapun, termasuk istrinya. Untuk kebanyakan orang, menyendiri terasa lebih mudah dibanding harus bersama dan bercerita kalau dia tidak bahagia.

4. Banyak Menghabiskan Waktu dengan Ponsel

Banyak Menghabiskan Waktu dengan Ponsel

Bukan hal yang aneh lagi kalau saat ini orang-orang banyak menghabiskan waktu dengan ponsel. Tidak terkecuali pasangan suami-istri. Peran ponsel yang bergeser menjadi kebutuhan dasar sudah memasuki tahap membuat orang sulit untuk terbebas darinya. Tidak heran kalau ponsel menjadi andalan seseorang untuk membunuh kekosongan.

Salah satu tanda suami tidak bahagia adalah mudah merasa bosan di sekitar kita. Dia akan mengalihkan perhatiannya dan ponsel menjadi pilihannya. Bukannya menghabiskan waktu untuk mengobrol dan berbagi cerita, dia lebih senang memandangi layar ponsel. Dia memanfaatkan ponsel untuk menyibukkan diri dan menghindari interaksi.

5. Berhenti Memuji

Berhenti Memuji

Ada beberapa pria atau suami yang tidak begitu senang melontarkan pujian. Pujian terkadang tidak selalu harus diucapkan, bisa juga dengan bentuk lain. Seperti tersenyum kalau istrinya menyambut waktu pulang kerja, memotret diam-diam lalu dijadikan wallpaper di ponselnya, hal-hal semacam itu adalah pujian yang tidak diucapkan.

Pujian walaupun terdengar sepele, namun dampaknya sangat besar. Mendapat pujian di pagi hari biasanya akan membuat mood bagus seharian. Salah satu tanda suami tidak bahagia adalah ketika dia tidak memuji bahkan memperhatikan pun rasanya tidak. Pikirannya sibuk mengurusi perasaannya yang tidak bahagia sehingga tidak sempat memikirkan pujian untuk istri.

6. Sering Marah

Sering Marah

Suasana hati suami yang tidak bahagia biasanya sangatlah buruk. Dia tidak bisa diajak mengobrol santai. Dia tidak bisa diajak bercanda. Dia terlihat seperti seseorang yang terjebak untuk melakukan perannya sebagai suami. Di dalam pikirannya, dia mencari-cari jawaban kenapa dia tidak bahagia.

Buruknya suasana hati biasanya terlihat kalau suami jadi sering marah. Hal-hal sepele yang tidak perlu dipermasalahkan bisa jadi masalah besar. Atau malah sesuatu yang bukan masalah bisa berubah menjadi masalah. Seakan-akan suami mencari-cari kesalahan atau cara untuk menyalahkan istrinya.

7. Lebih Sering di Luar Rumah

Lebih Sering di Luar Rumah

Kegiatan suami yang tidak bisa dilewatkan adalah bekerja. Sebagai kepala keluarga, dia berkewajiban untuk memberi nafkah. Namun pekerjaan bukanlah segalanya, seringkali yang justru ditunggu-tunggu adalah berakhirnya jam kerja agar bisa segera pulang ke rumah. Karena rumah adalah tempatnya menghapus lelah.

Salah satu tanda suami tidak bahagia adalah ketika rumah bukan lagi menjadi tujuan utama. Bahkan ada rasa malas untuk pulang ke rumah. Ketika muncul perasaan seperti itu, suami mencari cara agar bisa lebih lama di luar rumah. Salah satu caranya yaitu mengambil lembur. Lembur seringkali dijadikan alasan paling aman untuk pulang telat.

8. Menghindari Pembicaraan Penting

Menghindari Pembicaraan Penting

Membina rumah tangga itu seperti berlayar untuk menuju suatu tujuan. Oleh sebab itu ungkapan gelombang rumah tangga sering kita jumpai. Berumah tangga berarti suami dan istri bekerja sama untuk mencapai tujuan yang salah satunya saling membahagiakan. Dalam perjalanan rumah tangga ada banyak hal yang membutuhkan keputusan yang dibuat secara bersama-sama.

Tanda suami tidak bahagia dapat terlihat kalau dia menghindari pembicaraan penting yang membutuhkan keputusannya. Dia akan lebih memilih acuh atau berkata terserah. Terdengar sepele memang, tetapi sebetulnya itu menjelaskan fakta bahwa dia mulai tidak nyaman dengan posisinya sebagai pemimpin yang seharusnya melibatkan diri untuk mengambil keputusan penting.

9. Punya Hobi Baru

Punya Hobi Baru

Kegiatan di luar rumah akan selalu dicari-cari kalau suami tidak bahagia. Berbagai cara dicari agar tidak perlu lama-lama berada di rumah. Dari mulai menyibukkan diri di kantor sampai mencari-cari kegiatan lain yang dapat menjauhkan dia dari rumah. Seringkali, dia punya hobi baru dan berharap mendapat kebahagiaan baru dari sana.

Punya hobi baru bukan masalah besar asalkan bisa membagi waktu dengan baik. Hobi sebenarnya bisa membantu karena bisa menyegarkan pikiran dari rutinitas sehari-hari atau kehidupan berumah tangga. Namun kalau hobi sudah mengambil alih prioritas paling penting dalam hidup seperti rumah tangga, sudah jelas kalau hobi barunya itu adalah tanda suami tidak bahagia.

10. Banyak Menghabiskan Waktu dengan Teman

Banyak Menghabiskan Waktu Dengan Teman

Teman punya pengaruh sangat besar untuk hidup seseorang. Teman juga sering dijadikan tempat untuk bercerita dan berkeluh kesah. Bahkan untuk yang sudah berumah tangga, seringkali merasa lebih nyaman kalau bercerita kepada teman dibanding pasangan. Saat sudah menikah, frekuensi menghabiskan waktu bersama teman sudah selayaknya dikurangi.

Salah satu tanda kalau suami tidak bahagia adalah ketika teman dijadikan alat untuk memperbaiki suasana hatinya yang tidak baik saat berada di rumah. Itu merupakan bentuk pelariannya dari kehidupan rumah tangga yang dia rasakan tidak berjalan dengan lancar. Sehingga dia mencari kebahagiaan lain dengan menghabiskan waktu bersama teman.

Itulah 10 tanda suami tidak bahagia. Perlu diingat bahwa semua yang tertulis di atas adalah tanda belaka, untuk kepastiannya tetap diperlukan kejujuran dari dalam diri masing-masing. Ada tanda suami tidak bahagia yang belum tertulis? Tambahkan di kolom komentar, yuk! Berbagi tidak akan membuat kamu merugi, teman-teman! Baca juga artikel tanda-tanda suami bosan ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar