10 Tipe MBTI Paling Banyak dan Umum yang Ada di Dunia

Ditulis oleh Sera Serinda A

MBTI memang selalu menjadi topik yang menarik buat dibahas. Di antara banyaknya tes tipe kepribadian yang ada, tipe kepribadian satu ini diklaim oleh The Myers-Brigg Company punya akurasi yang tinggi yakni hingga 90%, seperti dikutip oleh USA Today.

Karena itulah ia disebut-sebut sebagai salah satu tes kepribadian paling akurat dan andal yang ada saat ini. Bahkan, banyak perusahaan yang menggunakan hasil tes MBTI ini untuk merekrut para pekerjanya.

Meski begitu, enggak semua 16 tipe MBTI terbagi secara merata di dunia, lho. Ada yang paling umum dan ada juga yang paling jarang ditemukan pada seorang idividu. Lantas, tipe MBTI apa saja yang paling banyak dan umum di dunia?

Baca juga: 7 Tipe MBTI Paling Dingin dan Cuek

1. ISTJ – The Inspector

Tipe mbti paling banyak di dunia_The Inspector_

Tipe kepribadian pertama dan paling banyak tersebar di dunia adalah ISTJ. Para ISTJ merupakan idividu yang dikenal andal dan berdedikasi tinggi. Biasanya, seorang ISTJ akan tampak pendiam dan tenang.

ISTJ atau yang merupakan singkatan dari Introvert, Sensing, Thinking dan Judging ini, tersebar sekitar 15,9% dari populasi di dunia. Orang dengan tipe kepribadian ISTJ sering disebut dengan Inspector karena cara berpikirnya yang logis, analitis, dan berorientasi pada detail.

Cara berpikir ini pula yang membuat mereka cepat tanggap dalam situasi yang sulit. Enggak heran kalau para ISTJ ditemukan pada para pekerja akunting, dokter gigi, hingga penegak hukum. Bagi mereka, penting untuk membuat dunia jadi lebih teroraginisir dan efektif.

2. ISTP – The Craftsman

Tipe mbti paling banyak di dunia_The Craftsman_

ISTP dapat ditemukan pada 9,8% populasi dunia. Tipe kepribadian satu ini umumnya merupakan orang-orang yang tampak misterius, logis dan rasional. Namun, bukan berarti mereka orang yang kaku, ya.

Soalnya, pada beberapa kondisi, seorang ISTP bisa juga menjadi pribadi yang antusias dan spontan. Makanya ISTP sangat susah diprediksi. Mereka bisa tiba-tiba sangat pendiam, tapi juga bisa bekerja sama dengan sangat baik dalam tim.

Karena kemahirannya dalam hal teknis, seorang ISTP sering dijuluki Craftsman. Mereka punya kemauan tinggi untuk berimprovisasi dan selalu pandai menemukan solusi kreatif terhadap masalah yang tampak mustahil dipecahkan.

3. ESTJ – The Supervisor

Tipe mbti paling banyak di dunia_The Supervisor_

Kalau tipe MBTI-mu adalah ESTJ, maka kamu adalah bagian dari 9% populasi dunia yang memiliki tipe kepribadian ini. ESTJ sendiri merupakan singkatan dari Extrovert, Sensing, Thinking dan Judging.

Seorang ESTJ biasanya punya ambisi tinggi dan standar logika cukup baik. Mereka adalah orang-orang yang terorganisir, jujur, berdedikasi dan percaya dalam melakukan apa pun yang mereka yakini benar.

Karena karakter-karakter tersebut, banyak orang yang meminta bimbingan dan nasihat dari para ESTJ. Mereka sangat senang ketika bisa membimbing orang lain, dan hal ini pula yang membuat ESTJ sering mengambil peran sebagai pemimpin.

4. The ISFJ – The Nurturer

Tipe mbti paling umum di dunia_The Nurturer_

Seseorang dengan tipe kepribadian ISFJ merupakan pribadi yang loyal, suportif, sensitif dan perhatian. Ketika diberikan sesuatu, para ISFJ akan membalasnya dengan hal-hal yang lebih baik. Sifat perhatian ini juga membuat para ISFJ sering mengingat acara-acara khusus seperti ulang tahun dan tanggal jadian.

Meski sensitif dan perhatian, seorang ISFJ tetap punya kemampuan analitis yang baik dan merupakan pribadi yang cukup detail. Etos kerjanya juga sangat kuat dan mereka selalu berupaya membuat lingkungan kerja yang teratur.

Tipe kepribadian ESFJ tercatat dimiliki oleh 8.4% masyarakat dunia. Mereka kerap disebut Nurturer karena sifat sensitif dan perhatian tadi. Meski begitu, para ESFJ bisanya enggak mau diberi kredit atas kebaikan hati mereka dan memilih menjadi orang dibalik layar.

5. ENFP – The Charismatic

Tipe mbti paling umum di dunia_The Charismatic_

Karisma dan segudang ide yang dimiliki para ENFP bikin mereka disukai banyak orang. Sosoknya yang energik dan sangat baik dalam berkomunikasi pun membuat ENPF punya daya tarik tersendiri.

ENFP atau yang merupakan singkatan dari Extrovert, Intuition, Feeling dan Perception ini biasanya ditemukan pada seseorang yang bekerja sebagai musisi, pekerja sosial, editor hingga personal trainer.

Seseorang dengan tipe kepribadian ini mudah beradaptasi dengan perubahan dan sangat termotivasi oleh tujuan mereka. Para ENFP juga sering menaikan mood lingkungan sosial mereka, serta mudah berinteraksi dengan orang lain.

6. ISFP – The Composer

pexels-mikhail-nilov-7474857_

Seseorang dengan tipe kepribadian ISFP enggak seperti para introvert kebanyakan. Mereka malah friendly, hangat, spontan dan menyenangkan dalam lingkungan sosial.

Para ISFP juga sangat memaknai pertemuan dengan orang-orang yang suka menjelajah hal baru dan pengalaman baru. Rekreasi dan menghabiskan waktu di alam adalah salah satu cara menikmati hidup andalan ISFP.

Meski begitu, sosok ISFP biasanya akan menghindari konfrontasi dan pertikaian. Mereka bakal cenderung memilih diam dan menyimpan opini untuk diri mereka sendiri daripada membuat keributan yang tidak perlu.

Nah, kalau tipe kepribadian satu ini terdapat pada 6,6% populasi dunia. Kamu mungkin akan sering menemukan tipe kepribadian ISFP pada seorang arkeolog, pekerja sosial juga dokter hewan.

7. INFP – The Idealist

Tipe mbti paling umum_The Idealist_

Kalau tipe kepribadian satu ini memang sering tampak pendiam dan tertutup. Namun, para INFP sebenarnya memiliki imajinasi luas yang membuat mereka sangat kreatif. Sosok INFP juga sebenarnya sensitif dan cukup perhatian.

Mereka memiliki kepedulian yang tinggi pada sesama dan selalu menjadi penengah yang baik saat terjadi konflik. INFP juga terkenal dengan idealisme mereka, makanya mereka juga sering disebut dengan The Idealist.

Ada sekitar 6,3% populasi dunia yang memiliki tipe kepribadian INFP yang punya kepanjangan Intovert, Intuition, Feeling dan Preception ini. Mereka biasanya ditemukan pada profesi seperti artis, fotografer, penulis, konselor dan terapis.

8. ESTP – The Doer

Tipe mbti paling umum_The Doer_

The Doer merupakan tipe kepribadian yang sangat spontan dan sangat baik dalam menyelesaikan masalah secara langsung. Mereka merupakan tipe orang yang fokus dalam menikmati kehidupan.

Cara mudah menemukan seseorang dengan tipe kepribadian ESTP adalah mereka yang menjadi pusat perhatian dalam suatu acara atau pesta. Humor dan cara bicara mereka selalu bisa menghibur orang lain sekaligus menjadi salah satu trait yang bikin mereka sangat menarik.

Dalam dunia kerja, sosok ESTP menggunakan data dan logika dalam membuat keputusan. Mereka juga sangat bersemangat bila dihadapkan dengan pengalaman dan kesempatan baru. Keberadaannya di dunia adalah sekitar 6,1% dari populasi.

9. ESFP – The Performer

Tipe mbti paling banyak _The Performer_

Tipe kepribadian ini merupakan seorang ekstrovert sejati dan seorang social butterfly. Kamu enggak perlu heran kalau melihat seorang ESFP bisa dengan mudah berbaur dalam kemeriahan suatu acara.

Sama seperti ESTP, para ESFP juga sangat suka menjadi pusat perhatian, utamanya karena energi dan karisma yang mereka miliki. Sebagai seseorang yang mudah bersosialisasi, sosok ESFP sangat suka bertukar pengalaman dan ilmu dengan orang lain.

Tipe kepribadian yang dikenal dengan The Performer ini terdapat pada sekitar 6% populasi dunia. Beberapa pekerjaan yang biasanya dijalani seorang ESTP adalah pramugari, tour guide, hingga sales representative.

10. ESFJ – The Provider

Tipe mbti paling banyak _The Provider_

Semula merupakan tipe MBTI paling banyak ke-2 di dunia, kini ESFJ bergeser dan berada di urutan 10 dengan presentase sekitar 5.7%. ESFJ atau Extrovert, Sensing, Feeling dan Judging, merupakan tipe kepribadian lain yang menyukai sosialisasi.

Mereka sangat memaknai pertemuan dengan orang-orang baru sekaligus menyukai untuk berbagi pengalaman dan ilmu. Para ESFJ biasanya banyak ditemukan dalam berbagai komunitas.

Sifat mereka yang ramah, setia dan bisa diandalkan membuat kenyamanan tersendiri dalam komunitas-komunitas tersebut. Namun, bukan berarti ESFJ menyukai semua orang, ya. Bagi mereka, keramahan dan sopan santun adalah aspek utama saat berinteraksi dengan orang lain.

Nah, itu dia 10 tipe MBTI yang paling banyak dan umum di dunia. Data ini diambil dari MBTI® Manual – Fourth Edition yang dibuat oleh The Myers-Briggs Company pada tahun 2018, seperti dilansir dari Psychology Junkie.

Dari 10 tipe MBTI di atas, apakah salah satunya merupakan tipe kepribadianmu? Jawab lewat kolom komentar, ya! Kamini juga punya artikel 10 Kepribadian MBTI Paling Langka, lho.

Kategori:
Tag:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram