7 Tips Agar Wajah Terbebas dari Kusam Selama Berpuasa

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 1 April 2021

Menjaga kesehatan kulit tentu menjadi hal yang wajib dilakukan oleh banyak wanita. Apalagi jika masih harus terus beraktivitas seperti biasanya di saat berpuasa seharian. Bisa-bisa kulit yang awalnya sehat, akan menjadi kering dan kusam karena tubuh kekurangan cairan. Dehidrasi saat berpuasa memang hal yang lumrah, tapi efeknya akan membuat penampilan jadi tidak maksimal.

Maka dari itu agar kulit tetap bisa terlihat sehat, halus dan bercahaya, pastinya kamu perlu melakukan perawatan kulit. Bukan perawatan kulit yang mahal seperti ke dokter, perawatan kulit sederhana yang dilakukan saat di rumah pun sudah cukup. Apalagi jika dilakukan secara rutin sambil menjaga pola makan dan minum saat berpuasa, pasti kamu bisa tampil fresh saat lebaran nanti.

Kira-kira apa saja sih tips yang bisa membuat wajah bebas dari kusam selama menjalankan puasa? Jangan sampai terlewat, kamu akan mendapatkan jawabannya di bawah ini.

1. Bersihkan Wajah Setelah Beraktivitas

tips agar kulit tidak kusam selama puasa_Bersihkan Wajah Setelah BeraktivitasSumber: allure.com

Point pertama ini memang sangat penting untuk dilakukan, yaitu membersihkan wajah dari kotoran yang menempel. Hal ini memang terkadang dianggap remeh, biasanya kalau sudah malas, pasti asal-asalan saat membersihkan wajah apalagi di malam hari. Nyatanya mencuci wajah setidaknya dua kali dalam sehari adalah anjuran yang disarankan oleh banyak dokter kecantikan.

Jika kamu memakai makeup tebal seharian, pastikan tidak ada sisa makeup yang masih tertinggal di wajah. kamu bisa memakai makeup remover waterproof untuk makeup mata dan bibir yang biasanya memang sulit dibersihkan. Sedangkan di malam hari, kulit akan lebih lembab, mencegah datangnya jerawat karena pori-pori tersumbat, dan melawan kulit kusam.

Setelah itu, cuci wajah dengan facial wash yang bisa menjaga pH kulit serta mengandung bahan anti-bakteri dan anti-inflamasi agar terhindar dari jerawat dan radang. Hal lainnya yang perlu di ingat, hindari memakai facial wash yang memberikan efek kulit kering setelah mencuci wajah. Pastikan juga facial wash atau makeup remover bebas dari bahan silikon, alkohol, paraben dan parfum.

2. Gunakan Toner Wajah Untuk Melembabkan

Setelah merasa segar mencuci wajah, kamu bisa beralih ke langkah selanjutnya yaitu memakai toner. Jika kamu lihat lebih teliti lagi, kadang saat mengusapkan kapas berisi toner ke wajah pasti ada sedikit sisa kotoran yang menempel di sana. Sebenarnya toner juga memiliki fungsi facial cleanser karena dapat mengangkat kotoran yang masih tersisa meski sudah dicuci dengan facial wash.

Belakangan juga toner tidak hanya digunakan untuk memberikan kelembaban dan rasa segar di wajah yang stres. Kini sudah tersedia banyak toner wajah yang memiliki berbagai kandungan yang dapat membuat kulit lebih bercahaya dan lembut. Kamu bisa memilih toner dengan kandungan salicylic acid, alpha arbutin, vitamin C, vitamin E, niacinamide dan AHA/BHA.

Memakai toner sudah menjadi keharusan sebagai salah satu langkah skin protection setiap harinya. Maka dari itu saat berpuasa pun jangan sampai kamu skip memakai toner, karena saat berpuasa kulit akan lebih rentan kusam dan kering.

3. Gunakan Moisturizer Dua Kali Sehari

Moisturizer memang selalu menjadi salah satu skincare yang tidak boleh sampai dilewatkan. Bahkan makeup artis terkena Ryan Ogilvy pun selalu mengingatkan betapa pentingnya moisturizer. Manfaat moisturizer tidak hanya membuat kulit jadi lebih lembab dan halus saja lho. Moisturizer juga akan membuat kulit terlihat lebih sehat dan cerah.

Saat berpuasa biasanya kita akan terlihat lesu karena kondisi kulit yang terlihat lebih kusam. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memilih moisturizer dengan kandungan mencerahkan kulit. Karena beberapa merk moisturizer ada yang memiliki kemampuan meningkatkan refleksi cahaya di kulit. Ada banyak sekali berbagai merk moisturizer yang memiliki fungsi untuk bisa mencerahkan kulit.

Seperti yang belakangan sedang trend adalah tone up cream, yaitu campuran moisturizer dengan bedak yang langsung membuat kulit cerah seketika. Hanya saja, pastikan moisturizer yang kamu gunakan juga sesuai dengan kondisi kulit yang kamu miliki.

4. Pastikan Selalu Memakai Sunscreen

Siapa bilang memakai sunscreen hanya dilakukan saat akan mengunjungi pantai saja? Nyatanya memakai sunscreen untuk kegiatan sehari-hari juga sama pentingnya. Pasalnya sinar matahari yang buruk bukan hanya sinar matahari yang ada di pantai saja. Sinar matahari yang kita rasakan sehari-hari juga bisa merusak kulit. Ditambah lagi bila tubuh kekurangan cairan selama berpuasa.

Hasilnya, kulit akan langsung terasa kering dan kusam karena pengaruh dari sinar UVA dan UVB. Sunscreen sekarang ini tidak hanya membantu melindungi kulit dari sinar matahari dan melembabkan saja. Beberapa merk sunscreen bahkanmemiliki formula yang dapat mencerahkan kulit seperti sunscreen tone up.

Memakai sunscreen juga tidak hanya saat kamu beraktivitas di luar rumah saja, tapi di dalam rumah juga tetap harus pakai sunscreen. Alasannya karena cahaya matahari masih bisa terpantul dari kaca yang ada di rumah. Gunakan sunscreen sebanyak dua jari agar kulitmu dapat terlindungi secara lebih maksimal dan terhindar dari kulit kusam selama puasa.

5. Konsumsi Vitamin C dan E Sebelum Tidur

tips agar kulit tidak kusam selama puasa_Vitamin C dan E Sebelum TidurSumber: allure.com

Ingin tahu rahasia kenapa orang Korea bisa memiliki kulit yang putih dan bersih? Salah satu rahasianya karena mereka secara rutin kerap mengkonsumsi vitamin. Pasti sudah banyak yang tahu kalau vitamin E dan C memang memiliki banyak khasiat untuk kecantikan. Salah satu khasiatnya adalah dapat mengatasi keluhan kulit wajah yang terlihat kusam.

Vitamin E dapat mencerahkan karena memiliki fungsi anti-inflamasi yang tidak hanya mengatasi radang tapi dapat membuat kulit jadi lebih muda dan cerah. Selain itu, sifat antioksidan-nya akan membantu melawan proses penuaan. Sedangkan vitamin C selain dapat mencegah bintik hitam juga akan memproduksi kolagen agar kulit lebih kencang dan cerah.

Kamu bisa mengkonsumsi brokoli, udang, salmon, kiwi dan alpukat untuk bisa mendapatkan asupan vitamin E. Brokoli bahkan tidak hanya memiliki vitamin E, tapi C juga. Selain itu kamu bisa juga bisa mengkonsumsi stroberi, pepaya, leci dan lemon. Mengkonsumsi suplemen dan mejaga makanan sangat penting selama berpuasa, selain menambah enegi juga dapat tetap menjaga kesahatan kulit.

6. Gunakan Masker Wajah Secara Rutin

tips agar kulit tidak kusam selama puasa_Gunakan Masker Wajah Secara RutinSumber: allure.com

Tentu saja memakai masker wajah menjadi salah satu cara agar kulit wajah tidak kusam. Jika kamu belum tahu, melakukan masker wajah secara rutin sangat berpengaruh pada kesehatan kulit. Tak hanya dapat membersihkan dan menutrisi saja, masker wajah juga dapat membuat kulit terlihat lebih muda. Jadi wajah yang kusam karena panas dan lelah selama berpuasa akan terasa segar kembali.

 Semakin berkembangnya industri kosmetik dan skincare membuat semakain banyak jenis masker wajah yang bisa digunakan. Mulai dari sheet mask, clay mask, exfoliating mask, peel off mask, wash off mask hingga sleeping mask. kamu hanya perlu mencari masker dengan kandungan niacinamide, snail secretion, pearl hingga grape seed yang meminimalisir kulit kusam.

Memakai masker pada hari-hari biasa sat puasa memang bagus untuk meningkatkan kesehatan dan kebersihan kulit. Karena selama berpuasa tubuh akan merasakan dehidrasi, maka kamu perlu perlindungan ekstra agar kulit tetap sehat. Memakai masker wajah secara teratur akan memberikan perlindungan lebih pada kulit selama berpuasa. 

7. Perhatikan Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi

Tips terakhir yang perlu di lakukan adalah menjaga asupan makanan dan minuman selama berpuasa. Hal ini tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa, tapi kesehatan kulit juga. Pastikan kamu minum 8 gelas atau 2 liter air dalam sehari mulai dari berbuka hingga sahur. Kurangi minuman berkafein dan soda di saat berbuka puasa dan sahur.

Lalu perbanyak mengkonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan yang kaya vitamin. Seperti vitamin C dan E bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi sayuran atau buah-buahan. Lalu pastikan untuk mengurangi makanan yang pedas, berminyak dan asin. Karena makanan tersebut dapat mengurangi kandungan air yang dibutuhkan untuk kulit dan tubuh.

Seperti yang sudah di ketahui, selama lebih dari 12 jam harus berpuasa menjadikan kita beresiko dehidrasi. Kebayang dong jika ditambah mengkonsumsi makanan pedas, asin dan berminyak? Kulit akan makin mudah kusam.

Merawat kulit saat berpuasa tentu saja menjadi hal yang penting agar tetap terlihat sehat. Dengan cara-cara mudah di atas, kamu bisa meminimalisir kulit kusam tanpa mengeluarkan kocek yang dalam.

Kalau punya tips lain yang ampuh untuk mengatasi kulit kusam selama puasa, jangan lagu berbagi di kolom komentar, ya!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram