kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / 8 Tips Atasi Bruntusan Saat Berpuasa untuk Wajah Tak Bercela

8 Tips Atasi Bruntusan Saat Berpuasa untuk Wajah Tak Bercela

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 27 Maret 2021

Bruntusan adalah masalah kulit wajah yang sering muncul dan menyebalkan untuk banyak wanita. Meski hanya berupa bintik-bintik kecil yang kemerahan, bruntusan ini terkadang terasa gatal dan perih. Alhasil penampilan kamu menjadi tidak maksimal karena terganggu dengan adanya bruntusan di wajah.

Ada banyak penyebab bruntusan, salah satunya adalah karena kulit stres dan dehidrasi. Dehidrasi memang tidak baik, bukan hanya buat lemas tapi juga akan membuat kulit terlihat tidak baik. Selama berpuasa kulit memang sangat rentan terkena stres dan dehidrasi. Alasannya selama berpuasa sambil beraktivitas, cairan di dalam tubuh akan semakin cepat menghilang.

Lalu bagaimana sih cara untuk mengatasi bruntusan di wajah selama berpuasa? Jangan sampai ketinggalan, jawabannya ada di pemaparan berikut ini!

1. Bersihkan Kulit Secara Rutin

tips agar tidak burntusan selama puasa_Bersihkan Kulit Secara Rutin

Kalian pasti tahu bahwa penyebab terjadinya bruntusan di kulit karena pori-pori yang kulit yang tersumbat. Memang ada banyak penyebab terjadinya penyumbatan di pori-pori seperti makeup, bakteri hingga dehidrasi. Kebayang dong, sudah kehilangan cairan tubuh karena berpuasa ditambah kotoran dari bakteri dan sisa makeup semakin membuat kulit rentan bruntusan.  

Agar bisa mengatasi hal tersebut, tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan wajah secara rutin. Hal yang perlu diingat, frekuensi membersihkan wajah yang direkomendasikan adalah dua kali dalam sehari. Jika lebih dari itu, hasilnya juga tidak baik. Kamu bisa membersihkan wajah dengan memakai makeup remover, micellar water dan facial wash yang sesuai dengan kondisi kulit.

Selain itu, gunakan air dingin saat kamu sedang membersihkan area wajah dan hindari air hangat. Alasannya air hangat akan membuat kulit kering karena lapisan lemak di epidermis akan hilang.

2. Pilih Skincare yang Tepat

tips agar tidak burntusan selama puasa_Pilih Skincare yang Tepat

Sekali lagi, memilih skincare yang tepat untuk menjaga kondisi kulit bukanlah hal yang sepele. Apalagi saat berpuasa, banyak orang yang bisa mengalami dehidrasi selama beraktivitas. Hal ini jelas akan sangat berpengaruh pada kesehatan kulit, membuat kulit jadi kering dan terlihat lesu. Kekurangan cairan juga dapat menimbulkan jerawat, salah satunya jerawat pasir atau sering disebut bruntusan.

Maka dari itu untuk melindungi kulit selama berpuasa, kamu harus mencari skincare dengan perlindungan ekstra. Pastikan bahwa skincare dapat memberikan kelembaban pada wajah, sehingga tidak mudah kering. Selain itu, kamu juga harus memilih pelembab wajah yang terasa ringan di kulit, apalagi untuk kulit yang berminyak.

Untuk menghidrasi, kamu bisa memilih skincare berkandungan hialuronat dan ceramide, lalu niacinamide untuk mengatasi peradangan. Terakhir yang sering dilupakan oleh banyak orang adalah pastikan skincare tersebut non-comedogenic serta bebas dari silikon, paraben, parfum, alkohol dan sulfat.

3. Gunakan Sunscreen Setiap Hari

tips agar tidak burntusan selama puasa_Gunakan Sunscreen Setiap Hari

Cuaca panas di Indonesia memang membuat kulit kita sering terkena sinar matahari berlebih. Kulit memang membutuhkan vitamin D dari sinar matahari, tapi terlalu lama berada di bawah sinar matahari juga tidak dianjurkan. Seperti yang kita tahu, paparan sinar matahari memiliki dampak yang sangat buruk untuk kesehatan kulit.

Apalagi saat berpuasa dan masih harus beraktivitas seperti biasa saat bekerja dibawah sinar matahari. Cairan dalam tubuh akan cepat hilang dan membuat kulit makin mudah kering dan pori-pori makin besar. Maka dari itu, kamu sangat diwajibkan untuk memakai sunscreen baik di dalam rumah apalagi jika akan bepergian.

Kamu bisa memakai sunscreen 15-30 menit sebelum keluar rumah, karena sunscreen butuh waktu untuk meresap ke kulit. Lalu pilihlah sunscreen yang sesuai dengan kondisi kulit, kalau perlu yang punya kandungan anti acne juga. SPF yang digunakan pun disarankan lebih dari SPF 30, sekarang ini sudah banyak produsen perawatan kulit yang mengeluarkan sunscreen dengan SPF yang tinggi.  

4. Gunakan Makeup yang Minim

tips agar tidak burntusan selama puasa_Gunakan Makeup yang Minim

Di atas sudah dijelaskan bahwa salah satu penyebab terjadinya jerawat pasir atau bruntusan adalah makeup. Memang trend makeup di Indonesia ini sedang berkembang-berkembangnya, sehingga banyak sekali makeup artis. Selain itu ada dua jenis trend makeup yang sedang hype yaitu trend makeup ala Korea dan trend makeup ala seleb Hollywood.

Sebenarnya tidak ada yang salah untuk mengikuti trend, apalagi nanti saat berlebaran pasti ingin terlihat cantik dong. Sayangnya, jika kamu sedang mengalami bruntusan sebaiknya kamu tahan nafsu ingin memakai makeup ala selebriti. Melawan nafsu juga salah satu hal yang harus dilakukan selama puasa, dan tentu saja demi menjaga kulit dari bahan kimia dari makeup.

Kamu mungkin bisa membuat dandanan terlihat sederhana dan lebih natural selama menjalani puasa. Tapi kamu bisa lebih ekstra memakai skincare untuk menjaga tekstur dan kesehatan kulit selama beraktivitas di bulan puasa.

5. Redakan Kulit yang Stres dengan Kompres Es Batu

tips agar tidak burntusan selama puasa_Hilangkan Kulit Stres dengan Kompres Pakai Es Batu

Bekerja di hari-hari biasa saja terkadang membuat kita merasakan yang namanya stres. Kebayang berpuasa tapi aktivitas kerja sama saja bahkan lebih tinggi, maka kamu semakin rentan terkena stres. Kulit yang stres akan menjadi penyebab terjadinya kerusakan pada kulit termasuk timbulnya jerawat.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stres sambil menunggu adzan berbuka puasa adalah mengompres kulit. Cara yang paling umum dilakukan adalah mengompres wajah dengan es batu yang disimpan pada handuk. Proses ini akan membuat kulit seketika merasakan kesegaran dan dinginnya akan menenangkan kulit yang tegang.

Selain itu, es batu juga akan mengurangi rasa sakit dan gatal pada area wajah yang terdapat beruntusan. Tidak perlu waktu yang lama, kamu hanya membutuhkan waktu lima menit saja untuk mengompres wajah. Setelah mengompres wajah kamu juga bisa mengompres area bawah mata agar tidak muncul dark circle selama berpuasa.

6. Jangan Sering Menyentuh Wajah

tips agar tidak burntusan selama puasa_Jangan Sering Menyentuh Wajah

Hal satu ini memang sudah menjadi salah satu kebiasaan banyak orang dan sulit untuk dihilangkan. Menyentuh area wajah memakai tangan kapanpun dan dimanapun tanpa mempertimbangkan kebersihan tangan sering dilakukan oleh banyak orang. Bukan kamu saja, tapi selebriti dunia pun mengakui bahwa mereka sering menyentuh wajah dengan tangan sembarangan.

Memang menyentuh wajah untuk menyeka keringat adalah kegiatan yang lumrah terjadi. Apalagi jika kamu merasa kepanasan saat beraktivitas dibawah sinar matahari. Tapi jika terlalu sering, maka kebiasaan ini beresiko tinggi menyebabkan penumpukan kuman di wajah. Kulit yang dehidrasi kering karena berpuasa seharian, ditambah kuman dari tangan, akan makin mudah menyebabkan wajah terkena bruntusan.

jika kamu ingin menyentuh wajah, sebaiknya pastikan kamu sudah mencuci tangan hingga bersih atau pakai hand sanitizer. Apalagi di saat pandemik dan puasa seperti sekarang, menjaga kesehatan sangat penting, termasuk kesehatan kulit. Bahkan selebriti sekelas Kendall Jenner pernah mengatakan bahwa salah satu cara menghilangkan jerawat di wajah yaitu stop menyentuh wajahmu.

7. Hindari Memencet Bruntusan

tips agar tidak burntusan selama puasa_Hindari Memencet Bruntusan

Memperhatikan kebiasaan sehari-hari ternyata penting juga lho. Pasalnya beberapa kebiasaan kita sendiri bisa menjadi penyebab dari datangnya bruntusan di wajah. memang mengontrol tangan agar tidak menyentuh wajah itu bukan hal yang mudah. Apalagi jika sudah melihat adanya bruntusan, bawaanya ingin langsung dipencet agar hilang semua penderitaan.

Sayangnya memencet bruntusan ternyata bukanlah hal yang disarankan oleh banyak dokter kulit. Karena pada akhirnya bruntusan ini nanti akan menimbulkan bekas jerawat dan semakin memperburuk peradangan. Dikutip dari orami.co.id, pembengkakan akibat memencet jerawat akan menyebabkan lebih banyak lagi jerawat.

Sudah dehidrasi karena berpuasa lebih dari 12 jam, ditambah kulit meradang akan semakin lama lagi perawatannya. Daripada memencet jerawat pasir di dahi atau pipi, kamu bisa memilih memakai obat jerawat.

Ada banyak berbagai obat jerawat yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi bruntusan. Memang tetap saja membutuhkan proses untuk masa penyembuhannya, tidak praktis, namun hasilnya akan terbayarkan.

8. Perbanyak Minum Air Putih

tips agar tidak burntusan selama puasa_Perbanyak Minum Air Putih

Kehebatan dari minum air putih memang sudah bukan rahasia lagi, semua orang juga tahu apa manfaatnya. Sayangnya, mereka hanya tahu tapi tidak mematuhi untuk menjaga asupan cairan demi menjaga kesehatan. Apalagi di saat berpuasa, menjaga agar tidak mudah dehidrasi adalah hal yang penting agar tetap sehat setiap hari.

Air putih memang dapat menghidrasi kulit yang kering sehingga resiko berjerawat atau bruntusan makin berkurang. Bahkan air putih juga bisa mengurangi peradangan yang terjadi dan mengontrol minyak berlebih di wajah. Selain itu air putih juga dikenal memiliki manfaat detoksifikasi alami yang bisa mengeluarkan racun lewat keringat.

Selama berpuasa resiko terjadinya kerusakan kulit memang tinggi, apalagi jika kamu tidak menjaga kandungan air dalam tubuh. Hal yang memang sepele tapi air putih nyatanya bisa menjadi kunci untuk mengatasi kerusakan kulit selama berpuasa.

Bila kamu punya tips lain yang biasanya kamu lakukan untuk mencegah bruntusan selama puasa, jangan ragu untuk berbagi dengan pembaca lain di kolom komentar yang telah Kamini sediakan, ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram