kamini.id

6 Tips Riasan Bibir Tampak Segar dan Tahan Lama selama Ramadhan

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 28 April 2021

PERHATIAN

Artikel Sponsor Peripera Permanen

Ketika merawat kecantikan selama Ramadhan, bibir adalah bagian tak boleh luput dari sorotan. Bibir adalah salah satu area yang rentan kering dan dehidrasi sehubungan dengan kurangnya asupan cairan di siang hari. Kondisi ini bukan hanya menganggu kesehatan kulit, tampilan pewarna bibir seperti lipstik, lip cream ataupun lip tint juga menjadi tidak maksimal ketika diaplikasikan.

Ditambah lagi penggunaan masker kesehatan pada kondisi pandemik seperti sekarang, tak jarang membuat riasan bibir jadi mudah smudging dan bleeding. Riasan yang awalnya menawan, malah jadi tak karuan setelah masker kesehatan digunakan.

Meski demikian, bukan berarti kamu tidak bisa menggunakan riasan bibir dalam kondisi seperti ini. Malah, riasan bibir yang tepat bukan hanya dapat meningkatkan tampilan bibir, namun juga bisa mejaga bibir tetap lembap dalam jangka waktu yang lama.

Lantas, bagaimana caranya mendapatkan riasan bibir yang tampak segar dan tahan lama? Yuk, simak tips-nya!

1. Lakukan Eksfoliasi

tips bibir segar selama ramadhan_lakukan eksfoliasi

Bibir yang terasa kering dan pecah-pecah dapat disebabkan karena adanya penumpukan sel-sel kulit mati kering pada bibir. Bila menginginkan bibir yang halus, sel-sel kulit mati kering ini perlu disingkirkan. Pengangkatan sel-sel kulit mati juga akan menstimulasi pertumbuhan sel-sel kulit baru yang punya karakter lebih halus serta lembut.

Kamu bisa melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati tersebut. Lakukan eksfoliasi menggunakan lip scrub 1-2 kali dalam seminggu. Langkah ini akan meminimalisir tampilan kering dan pecah-pecah pada bibir.

2. Berikan Kelembaban pada Bibir

tips bibir segar selama ramadhan_gunakan lip balm

Bila ingin bibir yang lembap sepanjang hari selama berpuasa, kamu wajib memberikan kelembapan khusus sebelum memulai aktivitas. Terutama bila kamu punya bibir yang cepat kering dan cenderung pecah-pecah, kelembapan ekstra adalah sebuah keharusan demi menjaga kesehatan bibir.

Karena itu, kamu bisa melembapkan bibir dengan penggunaan produk seperti lip balm, ointment atau lip butter sebelum mengaplikasikan produk yang memberikan warna. Produk-produk pelembap bibir juga dapat berperan sebagai emolien yang dapat membuat tekstur bibir menjadi lebih halus dan lembap, sehingga memaksimalkan tampilan pewarna yang akan diaplikasikan.

Sedikit catatan, pengaplikasian pelembab ini perlu dilakukan minimal 30 menit sebelum mengulaskan pewarna bibir. Hal ini bertujuan agar pelembap dapat merendam sel-sel kulit mati kering terlebih dahulu, serta agar lapisan pelembab terbentuk optimal pada bibir.

3. Pertimbangkan Penggunaan Lip Liner

tips bibir segar selama ramadhan_gunakan lip liner

Setelah mempersiapkan bibir, kamu juga bisa menggunakan lip liner untuk membingkai garis bibir. Langkah ini akan sangat membantu dalam mempertegas bentuk bibir. Penggunaan lip liner juga penting untuk meratakan warna bibir. Karena itulah, kamu tidak cukup menggunakan lip liner untuk membingkai bibir saja, tapi gunakan juga untuk mengisi bagian dalam bibir.

Lip liner bahkan bisa membantu mempertahankan pewarna bibir yang kamu gunakan agar lebih tahan lama dan tidak mudah transfer. Sebaiknya lip liner yang digunakan juga khusus berjenis pensil. Pasalnya, bentuk lip liner satu ini lebih tahan dari smudging dibandingkan yang berbentuk krayon.

4. Cari Produk dengan Warna Natural

tips bibir segar selama ramadhan_pilih pewarna bibir yang tepat

Pemilihan warna perlu menjadi prioritas bila menginginkan tampilan bibir yang lebih segar. Coba pikirkan, mengapa tampilan makeup remaja sehari-hari lebih terlihat fresh dibandingkan riasan orang dewasa? Benar, pemilihan warna adalah salah satu kuncinya.

Kebanyakan makeup yang dikhususkan untuk remaja menggunakan warna-warna natural seperti pink, sentuhan merah alami, coklat dan oranye. Berbeda dengan warna-warna deep yang bold dan vibrant, warna-warna ini memberikan kesan alami tanpa menghilangkan ciri remaja yang segar dan ceria.

Langkah ini tentu bisa diadaptasi oleh siapapun yang menginginkan tampilan fresh. Memilih produk dengan base warna seperti oranye, pink, hint of red dan coklat adalah opsi terbaik untuk tampilan makeup yang segar dan natural, termasuk pada bibir.

5. Pilih Formulasi Produk yang Tepat

tips bibir segar selama ramadhan_formulasi produk

Selain warna, pertimbangan lain yang yang perlu diperhatikan dalam memilih produk pewarna bibir adalah formulasinya. Apalagi selama Ramadhan bibir sangat rentan kering dan pecah-pecah. Pemilihan pewarna bibir dengan hasil akhir matte sebaiknya bukan jadi prioritas utama, karena dapat memperparah kondisi tersebut.

Sebenarnya kamu tetap diperbolehkan kok menggunakan formulasi matte, asalkan selalu dibarengi dengan penggunaan lip balm yang berkelanjutan.

Tapi, apabila tidak mau ribet, pilihan praktisnya adalah menggunakan produk dengan glossy finish. Produk-produk ini bisa mengatasi kekeringan pada bibir dengan cukup baik. Bahkan, produk dengan glossy finish bisa membuat tampilan bibir terlihat lebih penuh dan juicy.

6. Gunakan Produk yang Maskproof

tips bibir segar selama ramadhan_maskproof

Patokan terakhir yang perlu dipertimbangkan dalam memilih produk pewarna bibir adalah kemampuannya yang tahan transfer terhadap masker kesehatan.

Sebab, ketika menggunakan masker, udara di dalam makser cenderung menjadi lebih lembap dan menyebabkan pewarna bibir lebih mudah meleleh. Belum lagi bila masker menyentuh bibir, sebagian pewarna malah akan menodai masker. Alhasil, riasan bibir pun jadi berantakan.

Inilah kenapa produk yang punya klaim maskproof akan sangat ideal digunakan dalam kondisi seperti sekarang. Apalagi, kini makser sudah menjadi bagian dari keseharian manusia. Makannya produk yang maskproof seharusnya masuk dalam deretan must-have item bagi para penyuka pewarna bibir.

Kabar baiknya, sudah banyak produk pewarna bibir yang menawarkan formulasi long wearing serta tahan terhadap guncangan masker kesehatan. Misalnya saja PERIPERA Ink Mood Drop Tint.

Peripera Ink Mood Drop Tint Shade

Lip tint bertekstur watery ini punya formulasi yang ringan dan menawarkan glossy finish, sehingga tidak akan mempertegas kekeringan pada bibir. Ditambah lagi dengan adanya kandungan squalane dalam formulasinya, membuat produk ini semakin dry lip-friendly.

Bukan cuma unggul dari tekstur, warna-warna yang ditawarkan dalam lini Ink Mood Drop Tint milik PERIPERA juga sangat natural. Mulai dari Hazy Coral, Supple Pink, Sugar Red, Goji Bery dan Tanned Red, tiap warna punya kerakter cukup vivid tanpa menghilangkan kesan alami bibir.

tips bibir segar selama ramadhan_PERIPERA Ink Mood Drop Tint

Hazy Coral punya warna clear coral yang menggemaskan, sedangkan Supple Pink punya kesan yang lebih hangat. Kalau kamu penggemar PERIPERA, shade Sugar Red mungkin akan jadi favorit karena punya karakter merah cherry yang menjadi signature color dari brand asal Korea Selatan ini.

Kemudian, ada Shade Goji Berry yang memadukan warna pink, merah, serta sedikit sentuhan plum. Terakhir, Tanned Red adalah shade merah yang punya hint coklat samar nan kalem.

Kelima shade PERIPERA Ink Mood Drop Tint juga punya nuansa fresh dan memberikan tampilan juicy pada bibir. Produk lip tint seperti ini juga bisa memberikan stain yang akan menjadikan tampilan bibir selalu tampak berwarna dalam jangka waktu cukup lama.

PERIPERA Ink Mood Drop Tint akan membantumu mendapatkan tampilan bibir segar, lembap, dan tahan lama selama Ramadhan tanpa perlu ribet. Bahkan, kamu juga akan mendapatkan tampilan bibir yang lebih penuh dan juicy. Lengkap, ya? Segera dapatkan produk ini dengan menekan button yang telah Kamini sediakan!

Itulah berbagai tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tampilan riasan bibir yang segar, lembap dan tahan lama selama Ramadhan. Selain tips yang telah disebutkan tadi, kamu juga perlu menjaga kesehatan bibir dari dalam tubuh dengan minum air yang cukup serta mengonsumsi makanan bergizi ketika berbuka dan sahur.

Dengan begitu, bibir juga akan menjadi lebih sehat dan terawat. Sehingga tampilan riasan bibir apapun bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram