Kamini.id / Diet / Mau Diet yang Lebih Sehat? Yuk, Ikuti 8 Tips dan Triknya!

Mau Diet yang Lebih Sehat? Yuk, Ikuti 8 Tips dan Triknya!

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2019

Kamu kamu sekalian sedang dalam proses diet? Hm.. Hati-hati lho, sehat gak tuh dietnya? Diet yang sehat yaitu diet yang dapat mencukupi kebutuhan akan semua zat gizi yang  diperlukan oleh tubuh,  dikarenakan memegang peranan penting dalam mencegah berbagai penyakit. Agar penyakit tidak mudah datang menghampiri kamu nih.

Seperti apa sih diet tidak sempurna itu? Misalnya makanan yang  mengandung terlampau banyak lemak hewan, kekurangan vitamin A dalam pangan, miskin serat nabati, dan lainnya. Diet yang optimal memang sukar ditentukan, karena tergantung secara individual,  sesuai gaya hidup, pekerjaan dan kebutuhannya juga.

Diet memang baik dilakukan jika tujuannya adalah untuk kesehatan. Jadi, apa saja yang menjamin kesehatan selagi menjalani diet? Yuk, simak anjuran Kamini mengenai tips yang bisa bantu diet sehatmu.

1. Makanlah Secara Bervariasi

Makanlah Secara Bervariasi

* sumber: www.dietdoctor.com

Jalankan pola makan yang sehat setiap hari, faktor utama penyusun menu diet adalah pilihan bahan makanan yang efektif menurunkan berat badan. Minuman yang berkhasiat juga bermanfaat dalam memberi banyak serat. Kamu bahkan bisa mencoba membuat makanan dan minuman dietmu sendiri di rumah.

Misalnya saja seperti dari olahan oat, olahan yang dikukus dan sayur-sayur bening seperti sop ayam. Kamu bisa juga membuat minuman diet madu dan kayu manis, juga minum teh hijau. Madu merupakan pemanis alami dan kayu manis dapat mengatur kadar gula dalam darah, lho. Kamu juga bisa mengandalkan teh hijau sebagai minuman diet setiap hari.

Makan dengan menu yang bervariasi dapat membantu tubuh memperoleh semua bahan gizi yang diperlukan, sekaligus membatasi masuknya zat-zat yang  merugikan tubuh. Diet ini khususnya penting bagi asupan vitamin dan mineral spura. Kunci yang terpenting adalah tetap menjaga keseimbangan gizi dalam tubuh.

2. Asupan Hidrat Arang

Asupan Hidrat Arang

* sumber: www.health.harvard.edu

Hidrat arang merupakan bahan bakar utama bagi tubuh, minimal 50 – 100 gram karbohidrat diperlukan agar eritrosit berfungsi baik. Didalam pangan, hidrat arang terdapat sebagai monosakarida, disakarida, polisakarida. Sumber hidrat arang terutama beberapa jenis gandum, seperti beras, wheat, rye dan quinoa, juga kentang, ubi, ketela, kacang-kacangan (kedelai, kacang putih/merah), jagung dan talas.

Namun, untuk asupan gula murni (putih/ jawa) sebaiknya dibatasi, begitu pun dengan produk yang mengandung gula seperti, limun, sirup, cola, kue, cake, permen,  dan sebagainya. Mengapa demikian? Itu karena dapat berpengaruh buruk terhadap regulasi metabolisme glukosa dengan menimbulkan overweight atau kelebihan berat badan.

3. Makanlah Sayuran dan Buah-buahan

Makanlah Sayuran dan Buah-buahan

* sumber: longandhappylife.wordpress.com

Makan buah dan sayuran secukupnya, yakni 200 gram sayuran sehari yang  sebaiknya dimakan dalam keadaan segar, misalnya sebagai lalap dan 1 – 3 butir buah.  Ternyata, jumlah ini menjamin masuknya  30-35 gram serat nabati.

Tahu gak sih kalau konsumsi serat dapat membantu memberikan perasaan kenyang? Itu karena serat mempengaruhi penyerapan zat-zat gizi secara teratur. Pangan  yang kaya serat harus dikunyah lebih lama agar bisa memperbesar volume isi lambung.

Dengan begitu dapat lebih cepat menimbulkan efek kenyang dibandingkan dengan makanan yang hanya berisi zat-zat gizi dengan nilai kalori tinggi.  Sumber serat lainnya adalah beras merah, dan produk whole grain. Usut punya usut bahwa orang-orang vegetarian umumnya mencapai usia lebih panjang, lho.

4. Mencukupi Asupan Protein

Mencukupi Asupan Protein

* sumber: blog.pregistry.com

Protein terdiri dari 20 lebih asam amino, yang  sebagian besar disintesa oleh tubuh melalui proses transaminasi. Persentase jumlah energi total yang dibutuhkan sehari adalah 10 – 15 En%, untuk memelihara balans nitrogen (BN) diperlukan hanya 40 – 50 gram sehari.

Balans nitrogen dapat digunakan untuk mengukur keseimbangan nitrogen di dalam tubuh. Kebutuhan protein kamu dipenuhi oleh terutama makanan yang menjadi sumbernya nih, seperti daging, telur dan susu/yogurt, keju, dengan tambahan lainnya seperti roti, gandum, kedelai (tahu, tempe) dan kacang-kacangan lain.

Menurut pakar gizi Universitas Aberdeen, Alex Johnstone, protein memang terbukti akan memperlama rasa kenyang. Jadi, jika memang berniat menurunkan berat badan, maka cobalah untuk memakan makanan berprotein tinggi saat sarapan. Misalnya dengan menaruh kacang-kacangan di atas roti tambahnya.

5. Batasi Asupan Lemak

Batasi Asupan Lemak

* sumber: www.eater.com

Tahu gak sih kalau lemak itu penting bagi cita rasa makanan? Lemak penting untuk cita rasa makanan, karena lemak didalam bahan makanan memberikan sensasi rasa khas yang tidak dapat diberikan oleh zat gizi lain.

Sifat lemak sendiri ditentukan oleh jenis asam-lemaknya, yaitu asam-lemak jenuh yang terdapat dalam lemak hewan, seperti lemak daging sapi, ayam, domba, dan babi, juga beberapa jenis minyak nabati, seperti minyak kelapa dan sawit.

Sedangkan lemak tak jenuh terdapat dari minyak nabati, seperti minyak zaitun, wijen, dan kacang, juga minyak-minyak bunga matahari, kedelai dan jagung. Asam-lemak diserap oleh usus dan mensuplai sebagian bahan bakar untuk tubuh.

Efek buruk akibat terlalu banyak lemak (jenuh) untuk kesehatan seperti overweight, stroke, dan kanker sangat meresahkan. Sehingga kamu perlu membatasi asupan lemak keseharian.

6. Batasi Asupan Kolesterol

Batasi Asupan Kolesterol

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Kolesterol dalam tubuh dapat berupa kolesterol baik (HDL/High-density lipoprotein) dan kolesterol jahat (LDL/ Low-density lipoprotein), karena itulah sangat penting buat kamu mengetahui bagaimana kolesterol mempengaruhi kesehatan, dan mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Nah, untuk menjaga kadar kolesterol darah tetap normal, kamu dapat memilih jenis lemak yang baik seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, dan ikan. Jenis lemak yang harus dihindari adalah lemak trans atau asam lemak trans yang ditemukan pada banyak makanan olahan.

Mengapa begitu? Itu karena lemak trans tidak hanya meningkatkan kadar kolesterol jahat LDL, tetapi juga menurunkan tingkat kolesterol baik HDL. Untuk mengatasinya cukup kurangi konsumsi junk food seperti burger, kentang goreng, dan makanan cepat saji yang digoreng lainnya.

7. Penuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Penuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

* sumber: www.videoblocks.com

Kekurangan nutrisi penting dalam program diet seperti, vitamin D, zat besi dan vitamin B memang tidak langsung dirasakan. Namun, lama-kelamaan akan mempengaruhi kesehatan tulang, otak dan menurunkan energi. Ketika tubuh kamu kekurangan nutrisi, organ hati akan bekerja lebih keras menyediakan pasokan energi dan menjaga tubuh tetap dalam fungsi normal.

Kondisi yang ditemukan orang yang melakukan diet biasanya anemia. Ini terjadi akibat rendahnya produksi zat besi, vitamin, dan folat dalam tubuh.  Vitamin dan mineral dapat kamu konsumsi secukupnya, yang bisa kamu variasikan dengan susunan makanan sehari-hari.

Zinc (makanan laut, kacang polong), kalsium (tahu, keju), magnesium (sayuran hijau, yogurt), vitamin C (paprika, stroberi, raspberry), vitamin B6 (oat, kacang), vitamin A,D,E dan K (salmon, mackerel, minyak zaitun, alpukat), merupakan unsur penting yang dapat membantu diet kamu.

8. Minum Air

Minum Air

* sumber: home.bt.com

Minum air disini dapat termasuk dalam air putih, teh, kopi, limun, dan lain-lain. Minumlah sekurang-kurangnya 2 liter sehari guna memelihara keseimbangan cairan tubuh. Jika kamu bosan minum air putih, kamu bisa coba menambahkan irisan lemon atau buah lainnya ke dalam air putih.

Dalam kondisi diet atau pun tidak, minum banyak air putih dapat membantu menjaga sehat dan berfungsi pada kapasitas tertinggi. Tubuh kamu juga akan tetap terhidrasi yang akan membantu kamu meningkatkan kinerja fisik.

Nah, itu tadi dasar- dasar diet sehat yang bisa kamu ikuti. Bagi orang yang sehat, diet sehat tidaklah rumit karena sebagian besar mengandung buah-buahan, sayur dan biji-bijian, juga termasuk mengurangi makanan olahan dan minuman manis.

Agar diet yang kamu lakukan lebih seimbang, jangan lupa barengi dengan berolahraga. Buatlah tubuh kamu bergerak lebih aktif, sehingga pembakaran lemak dan kalori berlebih bisa dilakukan. Yuk, baca juga artikel cemilan sehat untuk diet ini untuk memberimu referensi makanan yang baik dikonsumsi saat diet.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar