10 Tips Hadapi Pasangan Insecure Agar Jadi Percaya Diri!

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 24 Juni 2021

Insecure bukan hanya perasaan yang dimiliki para wanita, lelaki pun bisa turut merasakannya. Faktor pencetusnya bisa bermacam-macam, mengingat pengalaman hidup setiap orang yang juga berbeda. Pada dasarnya siapa pun punya rasa insecure dalam dirinya. Tapi jika sudah mendominasi, ia bisa membawa dampak buruk bukan hanya bagi pribadinya, tapi juga bagi sebuah hubungan.

Memiliki pasangan yang insecure, modal sabar yang kamu miliki haruslah super banyak. Rasa tidak percaya diri pada pasangan sering membuatnya gelisah karena dia merasa tak cukup baik, sehingga berpikir akan rawan diselingkuhi dan rawan ditinggalkan. Terus-terusan merasa begitu, tentu membuat hubungan jadi tidak sehat. 

Setiap hari kamu mungkin akan menghadapi pertengkaran karena kekhawatiran dirinya sendiri. Rasa cemburu yang tidak beralasan, posesif dan mudah curiga jadi bahasan sehari-hari yang melelahkan. Mereka yang insecure punya kecenderungan emosi tidak stabil sehingga mudah marah, tersinggung, bahkan berteriak. Jika sudah begini bagaimana tips hadapi pasangan insecure

1. Memberinya Motivasi

tips hadapi pasangan insecure_Memberinya Motivasi

Tips hadapi pasangan insecure yang pertama bisa coba dilakukan adalah memberinya motivasi. Mereka yang insecure punya kepercayaan diri rendah sekaligus cenderung kesulitan memotivasi dirinya sendiri. Kamu bisa hadir mengisi ‘tugas’ tersebut untuk membantunya agar termotivasi. Ketahui lebih dulu tujuan apa yang sedang ingin dia capai, lalu tanya kesulitannya.

Dari sana, kamu bisa memberinya beberapa kalimat motivasi yang siapa tahu bisa membuatnya semangat dan percaya diri. Sampaikan bahwa dengan mencapai tujuan tersebut, dia pasti akan lebih bangga pada dirinya sendiri.

2. Berikan Pujian untuk Pencapaiannya

tips hadapi pasangan insecure_Berikan Pujian untuk Pencapaiannya

Setelah memberinya beberapa kalimat motivasi, kali ini berikan pujian untuk setiap pencapaiannya. Tentu pujian yang tulus, ya! Jangan lakukan dengan terkesan dibuat-buat, karena itu penting untuk mengetahui goal atau pekerjaan yang sedang dia selesaikan, sehingga pujian yang diberikan bisa lebih spesifik.

Bagi beberapa orang yang punya kepercayaan diri rendah, kalimat pujian bisa membesarkan hatinya. Pada dasarnya tak ada yang tak suka dipuji, seseorang yang merasa percaya diri sekalipun akan merasa senang dan berterima kasih saat keberhasilannya diapresiasi, apalagi pasanganmu yang insecure. Jadi, coba berikan pujian saat dia berhasil meraih sesuatu.

Jika kesulitan menyusun kalimat pujian, berikan dia hadiah berupa kecupan di kening juga akan membuat dia senang dan merasa dibanggakan. 

3. Jangan Membandingkan dengan Orang Lain

tips hadapi pasangan insecure_Jangan Membandingkan dengan Orang Lain

Sebagai seseorang yang memiliki perasaan insecure kekhawatiran yang dirasakan selalu berhubungan dengan orang lain; orang lain lebih cantik/keren, orang lain lebih pintar, orang lain gajinya lebih besar, orang lain lebih mapan, orang lain lebih bahagia dan lain-lain.

Oleh karena itu cara menghadapi pasangan yang insecure selanjutnya adalah jangan sesekali membandingkan dirinya dengan orang lain, apalagi kekasih atau orang terdekatmu sebelumnya.

Sejujurnya, tidak ada yang suka dibandingkan dengan orang lain. Setuju? Terlebih mereka yang insecure. Setiap orang punya timeline dan jalannya sendiri yang tidak bisa dibandingkan antara satu dan lainnya. Membandingkan antara orang per orang adalah sebuah tindakan yang kurang bijaksana karena terkesan tidak menghargai sesama.

4. Bantu Menambah Kepercayaan Dirinya

tips hadapi pasangan insecure_Bantu Menambah Kepercayaan Dirinya Lewat Hal Sederhana

Tips hadapi pasangan insecure selanjutnya adalah bantu menambah kepercayaan dirinya lewat hal sederhana. Hal-hal kecil seperti berfoto bersama lalu mengunggahnya di media sosial dan memperlihatkan bahwa dia adalah pasanganmu akan mampu menaikkan rasa percaya dirinya. Apalagi jika pasangan kerap cemburu tanpa alasan yang jelas.

Selain itu, hal sederhana lain yang bisa membuatnya percaya diri adalah ajak dia saat kamu berkumpul dengan teman-teman. Kenalkan dia sebagai pasangan yang paling kamu sayangi.

Bila itu terlalu terasa berlebihan, cukup perlihatkan beberapa gesture yang menunjukkan kasih sayang padanya, seperti memegang tangan, menggandengnya atau ajak dia dalam setiap obrolan bersama teman-teman, terpenting jangan mengabaikannya. 

5. Komunikasi dan Dapatkan Kepercayaannya

tips hadapi pasangan insecure_Komunikasi dan Dapatkan Kepercayaannya

Komunikasi dipercaya sebagai bagian terpenting dalam sebuah hubungan. Salah paham yang terjadi pada setiap pasangan bisa diselesaikan dengan bicara dan mendengarkan. Berkomunikasi juga penting agar kita bisa tambah mengenali pasangan. Saat komunikasi kurang lancar, saat itulah masalah kecil menjadi besar.

Ketika kamu tahu bahwa pasangan adalah orang yang insecure, bangun komunikasi sebaik mungkin. Ajak dirinya bicara mengenai hal-hal yang disukai dan tidak disukai selama berpacaran! Kebiasaan membangun komunikasi yang sehat seperti itu bisa membuatnya percaya padamu, sehingga rasa cemburu atau curiga dapat sedikit berkurang.

6. Libatkan Dia dalam Aktivitasmu

tips hadapi pasangan insecure_Libatkan Dia dalam Aktivitasmu

Tips hadapi pasangan insecure kali ini cukup butuh keberanian dan keyakinan dari diri sendiri. Pasalnya melibatkan pasangan dalam aktivitas bagi beberapa orang bukan sebuah keputusan yang sembarangan.

Terutama aktivitas yang sifatnya pribadi seperti berkaitan dengan pekerjaan atau usaha yang akan dirintis. Namun, perlu diingat bahwa melibatkan pasangan dalam aktivitasmu bukan berarti melibatkan sepenuhnya, bisa juga sekadar meminta saran atau bercerita padanya.  

Apabila aktivitas yang dilakukan bersifat jamak, misalnya dalam kegiatan charity atau volunteering, kamu bisa mengajaknya. Dengan melakukan ini kamu bisa sekaligus mengenali kepribadiannya; apakah dia orang yang peduli terhadap sesama atau sebaliknya.

Dengan melibatkan pasangan dalam aktivitasmu, dia akan merasa dihargai. Kehadirannya diakui dan pendapatnya juga didengar. Perasaan semacam itu dapat membesarkan hatinya juga sehingga tak ada lagi insecure yang mengganggu. 

7. Terbuka

tips hadapi pasangan insecure_Terbuka

Bagi beberapa orang mendengar pasangannya bercerita banyak hal secara terbuka adalah satu kebahagiaan tersendiri. Lagi-lagi dia merasa keberadaannya diakui dan dihargai. Bagi mereka yang insecure, perasaan seperti itu sangatlah penting.

Tips hadapi pasangan insecure kali ini memang cukup sulit bagi mereka yang tidak suka berbagi cerita. Bukan karena tak peduli atau tak menghargai, tapi karena tidak terbiasa melakukannya. 

Agar hubungan tetap baik-baik saja, tidak ada salahnya mencoba melakukan hal tersebut. Namun, bila masih juga kesulitan, sampaikan yang sebenarnya kamu rasakan. Hal itu pun sebenarnya sudah termasuk bersikap terbuka karena kamu jujur mengakui salah satu kesulitan padanya.

8. Beri Dia Waktu

tips hadapi pasangan insecure_Beri Dia Waktu

Kadang hal terbaik menghadapi pasangan yang insecure adalah tidak melakukan apa pun. Biarkan dan beri waktu pasanganmu untuk merenungi setelah sebelumnya diingatkan bahaya insecure untuk sebuah hubungan. Sampaikan ketidaknyamananmu terhadap sifat dan sikapnya lalu beri dia kesempatan untuk berpikir dan merasakan.

Sebagai orang dewasa, seharusnya dia mulai mengetahui dan mengakui bahwa sikap insecure-nya tidak membawa kebaikan apa pun, baik bagi dirinya sendiri atau orang lain. Teror perasaan semacam itu ibarat parasit yang suatu saat bisa mematikan indukannya. Oleh karena itu sebelum kalah, harus mengalahkannya lebih dulu.

9. Tetap Jadi Diri Sendiri

tips hadapi pasangan insecure_Tetap Jadi Diri Sendiri

Hal terpenting dari menghadapi pasangan insecure adalah jangan kehilangan diri sendiri. Tetap lakukan hal-hal menyenangkan yang biasa dilakukan. Jangan sampai kekhawatirannya menjadi belenggu bagimu untuk bersenang-senang sebagai manusia bebas. Ya! Selain merupakan pasangan seseorang, jangan lupa bahwa kamu adalah manusia bebas yang berdaulat atas diri sendiri.

Bila suka dengan jalan-jalan ke mall daripada gunung, lakukan! Lebih menyukai kegiatan rumahan, lakukan!  Jangan ubah selera jika tidak nyaman menjalaninya. Lagipula hubunganmu dan pasangan punya kesempatan 50:50 untuk putus atau berlanjut ke jenjang yang lebih serius.  Kemungkinannya sama besar sehingga bersikap netral lebih dulu akan menguntungkan.

10. Insecure-nya Bukan Merupakan Kesalahanmu

tips hadapi pasangan insecure_Insecure-nya Bukan Merupakan Kesalahanmu

Setelah sembilan tips di atas dilakukan tapi rasanya tidak ada yang berubah, dalam arti pasangan tetap berlaku demikian, saatnya mengingat bahwa insecure pada dirinya bukan tanggungjawabmu. Itu bukan kesalahanmu sebagai pasangannya, karena mengubah dia menjadi lebih percaya diri membuat dia lebih menghargai diri sendiri adalah tanggung jawabnya.

Menjadi pasangan seseorang bukan berarti harus ikut bertanggung jawab atas semua di dirinya. Ada hal-hal yang  hanya pantas ditanggung sendirian tanpa bantuan siapa-siapa sebagai upaya mendewasakan diri. Lagipula berhasil bertanggungjawab terhadap sesuatu bisa jadi cara untuk membuat seseorang lebih percaya diri.  

Sepuluh tips hadapi pasangan insecure di atas semoga dapat membantu mengatasi kesulitanmu yang disebabkan oleh kekhawatiran berlebih dari seseorang. Lakukan hal-hal konkret yang bisa membuat hati pasangan bungah tapi tetap jangan lupakan diri sendiri ya! Bagaimana pun, kebahagiaan pribadi tidak boleh dilupakan. 

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram