8 Tips Hadapi Pasangan Manja Agar Jadi Lebih Dewasa

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Memiliki pasangan yang punya sifat manja kadang terasa menyenangkan. Mereka yang kerap bermanja-manja terlihat manis, lembut dan biasanya punya sikap penyayang.

Wajar juga jika dirinya ingin dimanjakan karena dengan begitu kasih sayang antara kalian dapat dirasakan. Selain itu, kamu juga akan merasa dibutuhkan. Kehadiranmu jadi sesuatu yang diandalkan oleh seseorang. 

Sama sekali tidak ada yang salah dengan bermanja-manja, apalagi sama pasangan sendiri. Hanya jika pasanganmu sudah terlampau manja, rasanya juga akan sangat mengganggu.

Sedikit-sedikit minta ini, sedikit-sedikit minta itu, sedikit-sedikit posesif, sedikit-sedikit cemburu dan menuntut. Bila kamu berhadapan dengan pacar posesif, sebaiknya simak artikel cara lepas dari pacar posesif untuk menghadapinya.

Sikap manjanya yang seperti itu pasti merepotkan. Apalagi jika terjadi saat kamu sedang sibuk atau tak enak hati. Terlebih jika dia bermanja tanpa tahu tempat dan waktu. Hubungan yang tengah harmonis bisa terganggu.

Kamu pun jadi malas untuk bertemu. Jika sudah begini, kamu butuh tips hadapi pasangan manja yang ampuh! Apa saja tips yang bisa dipakai untuk mengatasi masalah satu ini?

1. Berani Bilang Tidak

Tips hadapi pasangan manja_Berani Bilang Tidak_

Tips hadapi pasangan manja yang pertama dimulai dari keberanian dirimu untuk mengatakan tidak pada permintaannya yang terasa mengada-ada. Pasangan yang manja cenderung suka meminta hal yang aneh dan merepotkan karena sebenarnya dia sedang cari perhatian. Alih-alih mengiyakan, kali ini coba berani untuk bilang tidak. 

Jika selama ini kamu sering katakan ‘iya’ untuk setiap keinginannya guna menghindari perdebatan, beranilah bilang tidak satu kali saja. Sampaikan alasanmu menolak permintaannya, sampaikan batasanmu dan minta dia mengerti. Jika dia tak juga mau menerima dan mengerti, biarkan untuk sesaat. Jangan buru-buru membujuknya ya!

2. Tak Perlu Minta Maaf Jika Tak Salah

Tips hadapi pasangan manja_Tak Perlu Minta Maaf Jika Tak Salah_

Pertengkaran antara kalian berdua yang berakhir dengan pernyataan maaf darimu tidak selamanya berdampak baik. Apalagi jika sebenarnya kamu tidak salah. Membiarkan pasangan terus merasa menang membuatnya berkuasa atas dirimu.

Hasilnya dia gak akan segan bermanja-manja dan berlaku egois. Dia akan cenderung berpikir untuk melakukan apapun sesukanya karena menurutnya kamu akan selalu mengalah.

Oleh karena itu, coba untuk jangan dulu meminta maaf jika tak merasa salah. Tetap berpegang teguh dan berlakulah tegas. Tak usah khawatir dengan debat kusir selama bukan kamu yang salah.

Biarkan dulu jika dia merajuk atau marah. Tegaskan bahwa kamu tidak akan minta maaf untuk sesuatu yang bukan kesalahannya. Jangan takut akan merasa menyakiti karena sikap demikian adalah sesuatu yang wajar.

3. Melibatkannya dalam Masalah Serius

Tips hadapi pasangan manja_Melibatkannya dalam Masalah Serius_

Ketika pasanganmu mulai manja dan minta diperhatikan lebih dari biasanya, coba ‘ambil’ sikap lebih dulu dengan mengajaknya masuk ke masalahmu. Daripada membiarkannya dan berusaha untuk menuruti sikap manjanya, lebih baik ceritakan permasalahanmu. 

Setelah bercerita, mintalah pendapat dirinya akan masalah yang sedang kamu hadapi. Dengarkan solusi yang dia sampaikan, simak pendapat yang dia kemukakan. Tips ini perlu lebih sering dilakukan agar pasanganmu terbiasa berpikir lebih dewasa dan lebih luas. Memperlakukannya seperti ini juga bisa membuat pasangan merasa lebih berarti dan bermanfaat untukmu.

4. Memberi Jarak dan Batasan

Tips hadapi pasangan manja_Memberi Jarak dan Batasan Sejak Awal_

Menjalin hubungan dengan seseorang tidak lantas membuatmu kehilangan waktu untuk diri sendiri. Sebagai manusia bebas kamu juga memerlukan waktu dan space. Teman dan keluarga juga perlu diperhatikan. Sebab itulah sebelum terlalu jauh berhubungan sebaiknya beri jarak dan tetapkan batasan dengan pasanganmu. 

Memberi jarak dan batasan sejak awal akan membuatnya terbiasa. Dia juga tak akan selalu bergantung atau mengandalkanmu. Coba bayangkan jika kamu tak memberi jarak dan selalu ada untuknya, dijamin pasanganmu cenderung akan selalu manja dan terus bergantung dan menempel. Akibatnya kamu bisa kehilangan fokus untuk menyelesaikan masalah sendiri.

5. Keinginannya Bukan untuk Selalu Dituruti

Tips hadapi pasangan manja_Keinginannya Bukan untuk Selalu Dituruti_

Memberikan yang terbaik untuk pasangan pasti jadi sesuatu yang kamu inginkan. Sudah sepantasnya apa yang dia minta, sebisa mungkin dikabulkan. Begitu kira-kira. Namun, sadar gak sih dengan bersikap demikian, kamu justru membiasakannya untuk terus manja? Tahu bahwa kamu selalu mengabulkan permintaannya membuat pasangan tak segan-segan meminta sampai merengek.

Untuk mengatasinya, mulailah bersikap tegas. Permintaannya bukan selalu untuk dituruti. Jika tak masuk akal dan tak terlalu penting, cobalah menolak. Meski awalnya berat karena kamu mungkin akan merasa jadi pasangan yang jahat, tapi ini dapat membawa dampak baik ke depannya. Bila kamu yakin menolak untuk kebaikan bersama, kenapa tidak yakin melakukannya?

6. Buat Dia Menghargaimu

Tips hadapi pasangan manja_Buat Dia Menghargaimu_

Tips hadapi pasangan manja selanjutnya yaitu membuat dia mulai menghargaimu. Pasangan yang manja dan sudah terlalu banyak menuntut boleh jadi pertanda bahwa dia tak menghargaimu. Baginya yang penting dalam hubungan ini adalah kebahagiaan dan kepuasannya sendiri, kebutuhanmu sebagai pasangannya tidak.

Nah! Mulai sekarang coba buat dia lebih menghargaimu. Cara yang kamu pilih bisa dimulai dengan bersikap tegas dan berani. Jangan terlalu menurut dan memenuhi permintaannya. Bersikaplah cuek untuk rengekan-rengekan tak masuk akal serta jangan mau terus-menerus jadi pemuas egonya. Bagaimana pun, kepentingan dan kepuasanmu dalam sebuah hubungan juga penting.

7. Membiarkannya Berusaha Lebih Dulu

Tips hadapi pasangan manja_Membiarkannya Berusaha Lebih Dulu_

Melihat pasangan kesulitan melakukan sesuatu, rasanya pasti ingin segera membantu. Cinta dan kasih sayang tak boleh terus dijadikan alasan untuk mengorbankan dirimu sebagai “tangannya”.

Berhentilah bersikap sok pahlawan dan mulai biarkan dia menyelesaikan masalahnya sendiri. Bila pada setiap kesulitan kamu selalu ada untuknya, kapan dia bisa mandiri dan berhenti bergantung?

Biarkan dia berusaha sekuat tenaga lebih dulu menyelesaikan masalahnya. Beri kesempatan padanya untuk menunjukkan kualitas diri. Siapa tahu selama ini potensinya tidak terasah justru karena kamu selalu membantunya.

Dengan membiarkan dia berusaha lebih dulu, pasanganmu dapat menyadari kemampuan dan potensinya. Lama-lama, dia dapat mengurangi sifat manja dan mulai mandiri!

8. Sampaikan Keberatan Terhadap Sikap Manjanya

Tips hadapi pasangan manja_Sampaikan Keberatanmu Terhadap Sikap Manjanya_

Diam saja dan selalu menuruti permintaan pasangan bukan pilihan terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga hubungan. Jika ingin pasanganmu berhenti manja-manja secara berlebihan, sampaikan keberatanmu.

Sampaikan bahwa sikap yang begitu justru berbahaya untuk hubungan kalian. Bermanja tidak ada salahnya tapi jika sudah keterlaluan, pasti melelahkan.

Hubungan yang melelahkan untuk dijalani tidak akan membuat siapa pun betah. Dengan alasan itu kamu bisa mulai menyampaikan keberatanmu. Katakan bahwa yang kamu sampaikan adalah untuk kebaikan bersama, karena sejatinya sebuah hubungan itu dijalani berdua, bukan hanya salah satunya yang bahagia sementara lainnya tersiksa.

Beberapa tips hadapi pasangan manja yang termuat dalam artikel ini memang butuh keberanian untuk dilakukan. Apalagi jika kamu sudah terbiasa memanjakannya. Kenyataannya mengubah sikap yang sudah jadi kebiasaan memang sulit, walau sebenarnya jauh lebih sulit jika terus-menerus menghadapi sifat manjanya.

Ingat saja satu hal, bahwa yang kamu lakukan ini adalah untuk kelanggengan hubunganmu. Pikirkan jika terus memanjakannya, pasanganmu tidak akan berkembang jadi pribadi lebih dewasa.

Sikap yang kamu ambil ini mungkin akan membuatnya berprasangka di awal-awal, tapi seiring waktu dan terus diberi pengertian, dia pasti akan menerima. Terutama jika pasanganmu juga ingin mempertahankan hubungan kalian. Bagaimana? Sudah siap mencobanya? 

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram