kamini.id

7 Cara Ampuh untuk Melembabkan Bibir Kering Selama Puasa

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 27 Maret 2021

Selama bulan Ramadhan, seluruh umat muslim diwajibkan berpuasa selama lebih dari 12 jam dalam sehari. Ketika berpuasa, tubuh akan kekurangan cairan dan energi karena tidak minum sepanjang hari, akibatnya tubuh bisa terkena dehidrasi. Salah satu masalah yang sering terjadi karena dehidrasi saat berpuasa adalah bibir kering dan pecah-pecah.

Bibir kering dan pecah-pecah ini memang menjadi salah satu masalah yang umum bagi banyak orang. bibir kering selalu membuat tidak nyaman beraktivitas, karena biasanya bibir kering dan pecah-pecah akan menimbulkan luka yang menyakitkan. Apalagi hal ini akan langsung membuat penampilanmu terlihat tidak prima selama berpuasa apalagi di hari Lebaran.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk bisa mengatasi atau terhindar dari bibir kering. Penasaran? Informasi lebih lengkapnya ada di bawah ini.

1. Selalu Gunakan Lip Balm

tips melembabkan bibir selama puasa_Selalu Membawa Lip BalmSumber: labello.com

Langkah pertama ini adalah hal yang sudah biasa dilakukan oleh para remaja, yaitu membawa lip balm saat beraktivitas. Karena para remaja biasanya belum dibolehkan memakai kosmetik saat bersekolah atau bepergian, salah satu caranya yah membawa tint lip balm. Sebenarnya lip balm jenis apapun tidak masalah selama memang produk ini dapat membuat bibir lembab.

Kegunaan lip balm tidak hanya membuat lembab bibir yang kering saja lho. Lip balm ternyata memiliki kandungan SPF yang bisa mencegah terjadinya kulit kering dan pecah-pecah. Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa bibir juga membutuhkan perlindungan SPF. Hal yang paling umum memang hanya kulit wajah dan tubuh yang membutuhkan perlindungan SPF.

Sebenarnya sinar matahari tidak hanya dapat membuat kulit wajah kering dan kusam, bibir pun terkena dampak yang sama. Maka dari itu selain mencari lip balm yang dapat memberikan warna pada bibir, cari juga lip balm yang memiliki kandungan SPF di dalamnya.

2. Pakai Lip Mask Sebelum Tidur

Salah satu skincare yang trending dari Korea adalah memakai lip mask sebelum tidur. Pasalnya memakai lip mask saat tidur ternyata memang sangat berpengaruh pada kesehatan bibir. Alasannya lip mask ini akan memberikan nutrisi pada bibir sehingga bibir bisa lembab semalaman. Jadi saat kamu bangun nanti, hasilnya bibir akan terlihat lebih cerah.

Hal yang paling mudah untuk dirasakan ketika kamu menyentuh bibir adalah bibir yang terasa lebih lembut dari biasanya. Jika kamu memiliki masalah dengan warna bibir yang gelap, lip mask juga akan bekerja secara maksimal untuk mengurangi warna gelap tersebut. Karena memiliki bibir yang lembut, lembab dan berwarna pink merona adalah impian banyak wanita.

For your information, selama berpuasa resiko bibir kering dan pecah-pecah memang cukup tinggi. Pasalnya seharian kita sudah berpuasa dan membuat tubuh kekurangan cairan dan nutrisi. Lalu saat tidur pun tubuh akan kehilangan cairan di dalam tubuh sekitar 500-600 gram. Karena itulah merawat bibir sangat penting untuk dilakukan saat berpuasa.

3. Eksfoliasi Bibir Secara Rutin

Jika bibir kamu sudah terlanjur kering, tenang saja, masih ada cara lain yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa melakukan eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati yang ada di bibir. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa melakukan eksfoliasi bibir. Cara pertama adalah dengan memakai scrub bibir, hal ini tentu sudah sangat lumrah di kalangan banyak wanita.

Cara kedua ini cukup unik, yaitu melakukan eksfoliasi bibir dengan memakai sikat gigi. Sikat gigi yang biasa kita gunakan untuk membersihkan kotoran di gigi, kini bisa kamu gunakan untuk bibir juga lho.

Hal ini bahkan digunakan oleh top model dunia Josephine Skriver untuk mendapatkan bibir yang sehat. Tapi hal yang perlu kamu ingat sebelum melakukan eksfoliasi bibir memakai sikat gigi adalah pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu yang halus.

Sedangkan hal yang perlu kamu perhatikan saat membeli scrub bibir adalah pastikan terdapat kandungan maracuja dan shea butter di dalamnya. Alasannya karena bahan-bahan tersebut memang bermanfaat untuk melembabkan bibir. Sedangkan untuk bibir sensitif, pastikan memilih lip scrub yang berbahan dasar bahan alami seperti gula.

4. Jangan Menjilat Bibir

Jika kamu masih harus aktif beraktivitas meski sedang berpuasa, pasti akan merasakan bibir yang kering. Apalagi jika kamu harus beraktivitas di bawah teriknya matahari, hal ini pasti tidak bisa dihindari. Biasanya jika sudah merasakan bibir kering, hal yang paling mudah dan umum dilakukan oleh banyak orang adalah menjilat bibir agar terasa lembab.

Tapi, apakah menjilat bibir merupakan hal yang benar untuk dilakukan? Jawabannya tentu saja tidak. Menjilat bibir tidak akan membuat bibir menjadi lebih halus dan lembab. Malah sebaliknya, air liur yang membasahi bibir dalam hitungan menit saja akan langsung membuat bibirmu jadi semakin kering lho. Dibanding menjilat bibir, lebih baik kamu membawa lip balm seperti point pertama yang sudah dibahas.

 Jadi siapa nih yang memiliki kebiasaan menjilat bibir saat terasa kering? Sebaiknya kamu menghindari hal ini jika ingin bibir yang lembut dan sehat. 

5. Tingkatkan Konsumsi Air

Seperti biasa, mengkonsumsi air minum memang menjadi hal paling penting agar terhindar dari dehidrasi kulit. Dehidrasi adalah penyebab yang dapat membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah saat berpuasa. Maka dari itu konsumsi air sangat penting, apalagi jika kamu tidak ingin bibir kering merusak penampilan saat lebaran nanti.  

Banyak cara yang bisa kamu lakukan dalam meminum air saat bulan puasa. Mulai dari menerapkan dua gelas saat berbuka, tiga gelas sebelum tidur dan tiga gelas saat sahur. Cara lainnya adalah mengikuti anjuran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2019, minum air setiap selesai beraktivitas dari buka hingga sahur.

Mulai dari satu gelas saat berbuka, satu gelas setelah makan, satu gelas setelah shalat maghrib, satu gelas setelah shalat isya, lalu satu gelas setelah tarawih. Sebelum tidur kamu juga bisa minum satu gelas air, lalu bangun sahur minum satu gelas air dan terakhir satu gelas selepas makan sahur

6. Hindari Kafein

Minum memang menjadi hal paling penting selama berpuasa jika tidak ingin terkena dehidrasi. Tapi bukan berarti asal minum apa saja yang penting sesuai dengan anjuran 8 gelas. Kenapa? Karena ada beberapa jenis minuman yang perlu kamu hindari agar tidak membuat bibir jadi kering. Minuman tersebut adalah berbagai minuman yang memiliki kandungan kafein yang tinggi.

Biasanya banyak orang yang suka mengkonsumsi kopi saat sahur dengan alasan agar tidak mengantuk selepas sholat subuh. Hal ini sebenarnya sangat tidak disarankan, karena kafein dapat mengurangi kelembaban pada kulit. Jika kamu memang menyukai minuman berkafein, mungkin bisa diminum saat berbuka saja.

7. Minimalisir Makanan Pedas dan Asin

tips melembabkan bibir selama puasa_Minimalisir Makanan Pedas dan AsinSumber: trubus.id

Siapa bilang makanan yang kita konsumsi tidak ada pengaruhnya pada kesehatan bibir? Nyatanya agar bibir tetap terjaga kelembaban dan kelembutannya, menjaga asupan makanan juga penting. Kebiasaan saat berpuasa dan salah satu hal paling umum dilakukan orang Indonesia adalah berbuka dengan makanan yang pedas.

Sambal harus selalu ada di meja makan dan menjadi hidangan wajib bagi kebanyakan orang. selain sambal, makanan yang mengandung garam berlebih atau terasa asin saat di makan. Pasalnya garam membuat bibir kering dan pecah-pecah karena dapat mengiritasi dan menarik kelembaban air.

Kamu boleh-boleh saja mengonsumsi makanan tersebut, namun sebaiknya kurangi jumlahnya. Atau imbangi dengan konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran agar tubuhmu bisa ternutrisi dengan baik. Kalau tubuh ternutrisi, bibir pun akan bebas dari masalah.

Bibir kering dan pecah-pecah memang masalah yang umum dihadapi saat berpuasa, tapi terkadang memang membuat stres juga. Dengan cara-cara di atas kamu bisa mengurangi resiko terkena bibir kering dan pecah-pecah saat berlebaran bersama keluarga. 

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram