kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / 6 Tips Melembabkan Kulit Saat Puasa agar Segar Kembali

6 Tips Melembabkan Kulit Saat Puasa agar Segar Kembali

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 27 Maret 2021

Bagi umat muslim, berpuasa selama 30 hari penuh adalah hal yang wajib dilakukan setiap tahunnya. Selama menjalankan puasa, tubuh akan kekurangan asupan cairan yang dapat menyebabkan terjadinya kering dan dehidrasi. Alhasil kulit wajah akan terasa kering, kusam dan bisa berakhir dengan timbulnya bruntusan hingga jerawat di wajah.

Bagi wanita permasalahan tersebut bukanlah perkara yang sepele, apalagi jika ingin tampil fresh saat berlebaran. Maka dari itu, menjaga agar kulit terbebas dari kekeringan selama berpuasa menjadi salah satu hal yang penting. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa terhindar dari kulit yang kering saat berpuasa.

Untuk mengetahui apa saja cara tersebut, inilah 6 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kulit dari kekeringan saat berpuasa. Kamu bisa mendapatkan informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

1. Gunakan Moisturizer Setiap Hari

tips melembabkan kulit selama puasa_Gunakan Moisturizer Setiap Hari

Banyak wanita yang menganggap memakai moisturizer bukanlah hal yang penting untuk kulit. Kenyataanya memakai moisturizer di pagi dan malam hari ternyata dapat menangkal kekeringan dan dehidrasi. Di malam hari moisturizer akan bekerja untuk membantu proses regenerasi kulit. Sedangkan di pagi hari, moisturizer akan melindungi agar kulit tidak kering karena paparan sinar matahari.  

Moisturizer akan memberikan nutrisi pada kulit karena mengandung berbagai vitamin seperti A, B5, C hingga E yang baik untuk menjaga kelembaban kulit. Moisturizer juga akan membantu melindungi lapisan kulit dari polutan dan bahan kimia dari luar. 

Hal paling penting adalah carilah kandungan moisturizer yang memberikan kelembaban lebih pada kulit. Pastikan kamu menemukan kandungan gliserin dan ceramide yang dapat mengikat air dari udara dan mengunci kelembabannya di kulit.

2. Memakai Sunscreen

tips melembabkan kulit selama puasa_Memakai Sunscreen

Mungkin banyak yang aneh, apa sih hubungannya memakai sunscreen dengan mengatasi kulit yang kering? Jawabannya karena kulit memiliki resiko yang tinggi untuk terkena dehidrasi karena terlalu lama berada di bawah sinar matahari atau AC sekalipun. Pasalnya saat sedang beraktivitas dibawah sinar matahari cairan dalam tubuh akan lebih cepat menghilang. 

Meski kamu hanya seharian stay di dalam ruangan, AC juga dapat membuat kulit menjadi kering lho. Maka dari itu wajah membutuhkan sunscreen untuk mencegah terjadinya kulit kering dan kekurangan cairan pada kulit wajah. Tapi kamu tahu tidak kira-kira sunscreen yang cocok untuk kulitmu itu sunscreen seperti apa? 

Dikutip dari alodokter, kandungan SPF dalam sunscreen minimal yang dapat menjaga kesehatan kulit adalah SPF 30. Selain itu, kamu juga membutuhkan emolien untuk mengatasi kulit kering agar bisa kembali lembut dan dapat memberikan ketenangan juga. Jika kulitmu cenderung putih seperti bule atau orang Korea, kamu pasti membutuhkan SPF lebih dari 30, sayangnya hal ini jarang ditemui di Indonesia.

3. Eksfoliasi Wajah Secara Rutin

tips melembabkan kulit selama puasa_Eksfoliasi Wajah Secara Rutin

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk bisa mencegah kulit dehidrasi adalah dengan melakukan eksfoliasi kulit. Kenapa? Karena saat kita berpuasa dan beraktivitas di luar ruangan, kulit bisa saja menimbun kotoran dan sel kulit mati. Jika hal ini didiamkan, maka akan membuat pori-pori tersumbat dan kulit akan menjadi kering.

Tentu tidak mau dong merayakan lebaran dengan kulit yang terlihat kering dan berjerawat. Maka dari itu melakukan eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati sangatlah penting agar kulit kembali bersih. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, mulai dari memakai face scrub, face mask hingga peel off mask. Kamu bisa melakukan eksfoliasi kulit secara rutin, yaitu cukup satu kali dalam seminggu agar kulit tetap sehat.

4. Memakai Face Mist Saat Gerah

tips melembabkan kulit selama puasa_Memakai Face Mist Saat Terasa Gerah

Hal satu ini mungkin banyak di-skip dan dianggap tidak penting untuk membantu menjaga kelembaban kulit. Padahal memakai face mist di sela-sela aktivitas sangatlah penting. Karena bukan hanya membuat wajah glowing, tapi dapat membuat kulit kembali segar. selain itu, face mist memiliki kandungan seperti asam amino, mineral, vitamin, antioksidan dan ekstrak tumbuhan alami yang baik untuk kulit.

Jadi face mist ini akan membantu mengurangi kulit terlihat kering dan kusam selama beraktivitas. Lalu face mist juga menjadi salah satu skincare yang dapat memberikan nutrisi yang baik untuk kulit. Kini sudah banyak produsen kosmetik yang mengeluarkan face mist yang ukurannya mini. Kamu hanya perlu mencari face mist yang sesuai dengan kondisi kulit yang dimiliki.

5. Tingkatkan Konsumsi Air

tips melembabkan kulit selama puasa_Tingkatkan Konsumsi Air

Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa penyebab utama terjadinya dehidrasi karena tubuh kehilangan cairan. Maka dari itu meningkatkan konsumsi air adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk menghindari dehidrasi. Memang selama berpuasa kita tidak dapat mengkonsumsi air, apalagi saat di siang hari yang panas.

Maka dari itu salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan meningkatkan mengkonsumsi air setelah berbuka hingga sahur. Ingat air yang diminum adalah air biasa untuk di minum (mineral) dan bukan air minum yang mengandung alkohol, kafein atau soda. Biasanya banyak orang yang tidak memperdulikan dengan apa yang mereka minum. 

Apalagi saat berbuka puasa, pasti bawaanya ingin minum yang manis atau soda agar terasa segar. Sesekali tidak ada-apa, tapi jika terlalu sering hal ini juga akan berpengaruh pada kulit. Solusi lainnya jika air sudah terasa membosankan, kamu bisa menggantinya dengan jus buah atau minum air kelapa.

6. Perbanyak Konsumsi Makanan Sehat

tips melembabkan kulit selama puasa_Perbanyak Konsumsi Makanan Sehat

Langkah terakhir yang memang harus dilakukan selama berpuasa adalah menjaga makanan yang akan dikonsumsi. Sebaiknya, perbanyak konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan atau sayuran yang kaya vitamin. Karena untuk mencegah dehidrasi, tidak hanya dari rangkaian perawatan luar saja, tapi merawat dari dalam juga penting.

Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, resiko terkena dehidrasi pun akan berkurang. Hal yang harus diperhatikan lainnya adalah kurangi mengkonsumsi makanan yang berminyak dan tinggi gula. Hal ini biasanya tidak dianggap penting, apalagi jika sedang ikut bukber bersama teman-teman. Biasanya takjil yang disediakan berupa gorengan atau makanan yang manis-manis.

Belum lagi nanti makanan utama yang disajikan adalah masakan yang pedas dan bisanya cukup berminyak. Kamu bisa mengganti takjilmu dengan memakan kurma, kacang almond, atau mengkonsumsi buah-buahan. Perbanyak juga makan sayuran yang mengandung vitamin E dan antioksidan agar bisa membantu membuat kulit jadi lebih sehat.

Jika dilihat-lihat sebenarnya ke 6 cara di atas ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Bahkan bisa disebut sebagai hal-hal yang sudah biasa kita lakukan sehari-hari. Tapi, selama berpuasa harus lebih ekstra lagi untuk menjaga kesehatan kulit, agar bisa tampil prima saat lebaran nanti.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram