Kamini.id / Rambut Smoothing / 10 Tips Untuk Melembutkan Rambut Secara Mudah dan Alami

10 Tips Untuk Melembutkan Rambut Secara Mudah dan Alami

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Mei 2019

Rambut merupakan salah satu hal penting dalam penampilan. Rambut yang sehat sudah tentu akan terlihat indah, lembut dan berkilau. Tapi untuk mendapatkan rambut yang sehat memerlukan perawatan yang rutin dan teratur. Tidak harus selalu melakukan perawatan di salon, Anda bisa meluangkan waktu untuk mengerjakannya dirumah.

Jika aktifitas Anda menguras banyak keringat, sering terkena paparan sinar matahari, atau ada kegiatan berenang, sebaiknya Anda setiap hari mencuci rambut menggunakan shampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda.

Terkadang shampo dan kondisioner saja tidak cukup untuk membuat rambut halus dan lembut. Oleh karena itu Anda sebaiknya melakukan perawatan dibawah ini untuk bisa melembutkan rambut secara alami.

1. Gunakan Minyak Zaitun

minyak zaitun

Minyak zaitun adalah hasil pengolahan dari buah zaitun yang banyak tumbuh di daerah Mediterania.  Minyak ini mengandung lemak, vitamin E, vitamin K, zat besi, kalori, natrium, dan kalium. Minyak zaitun biasa diolah untuk bahan dasar produk kecantikan, obat-obatan, masakan serta dapat membantu melembutkan dan melembabkan  rambut.

Untuk mendapatkan rambut yang lembut secara alami, Anda bisa menggunakan minyak zaitun pada malam hari sebelum tidur setiap seminggu sekali.

Caranya cukup mudah, aplikasikan minyak zaitun ke seluruh bagian rambut lalu bungkus rambut dengan menggunakan shower cap atau topi untuk mandi.  Cucilah rambut keesokan harinya dengan menggunakan shampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda.  Keringkan rambut dengan cara diangin-anginkan atau boleh menggunakan hair dryer pada suhu yang dingin saja, jangan pada suhu hangat atau panas.

2. Manfaatkan Lidah Buaya

lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera mengandung zat-zat seperti polisakarida, enzim, mineral, asam amino, semua vitamin kecuali vitamin D, dan beberapa zat lainnya.  Tanaman lidah buaya ini banyak digunakan dalam berbagai macam olahan makanan, minuman, dan juga untuk bahan dasar produk kecantikan. Anda juga bisa memanfaatkan lidah buaya untuk mendapatkan rambut yang lembut, mudah diatur, dan tidak mudah rontok.

Caranya, Anda cukup membelah lidah buaya menjadi dua bagian.  Lalu gosokkan lidah buaya ke seluruh bagian rambut, pijat perlahan pada bagian kulit kepala supaya nutrisi pada lidah buaya menyerap dengan baik kedalam akar rambut.  Kemudian tutuplah rambut dengan menggunakan shower cap selama 30 menit.  Lalu cuci rambut dengan menggunakan shampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda.

3. Gunakan Madu

madu

Madu memiliki kandungan natrium, kalium, vitamin C, zat besi, magnesium, karbohidrat dan zat-zat lainnya yang baik untuk tubuh.  Madu biasa digunakan untuk campuran minuman sebagai pengganti gula, campuran dalam bahan makanan, penambah rasa pada produk obat-obatan dan vitamin,  dan sebagai bahan dasar produk kecantikan.

Namun Anda juga bisa memanfaatkan madu sebagai pelembut alami pada rambut Anda.  Caranya mudah, Anda cukup mengoleskan madu pada seluruh kulit kepala dan rambut.  Lalu tutup rambut dengan menggunakan shower cap selama 30 menit.  Kemudian cuci rambut dengan menggunakan shampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda.

4. Gunakan Alpukat

alpukat

Alpukat berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Buah ini mengandung lemak, natrium, kalium, karbohidrat, vitamin A, kalsium, vitamin C, zat besi, vitamin B6, magnesium dan beberapa zat lainnya.  Alpukat biasanya diolah menjadi minuman jus, campuran es buah, dan diolah menjadi bahan dasar produk kosmetik. Anda juga bisa mendapatkan manfaatnya langsung dengan menjadikan alpukat sebagai masker rambut.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan satu sampai dua buah alpukat, sesuaikan dengan ketebalan dan seberapa panjangnya rambut Anda.  Lalu aplikasikan masker alpukat keseluruhan bagian rambut termasuk kulit kepala, pijat kulit kepala selama 10 menit, lalu sisir supaya rambut tidak kusut.

Kemudian diamkan selama 30 menit atau sampai masker alpukat menjadi kering.  Lalu cuci rambut menggunakan shampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda.

5. Manfaatkan Pisang

pisang

Pisang mengandung mineral, vitamin, karbohidrat, lemak dan protein.  Biasanya, selain dimakan langsung, pisang juga dapat diolah menjadi keripik, sale, kolak, bahan campuran dalam membuat kue, puding, es krim, jus dan masih banyak lagi.  Namun Anda juga bisa mendapatkan manfaatnya secara langsung dengan menjadikan pisang sebagai masker rambut supaya Anda bisa mendapatkan rambut yang lembut dan mudah diatur.

Ambilah beberapa buah pisang yang cukup matang, lalu lumatkan sampai halus.  Lalu oleskan masker pisang ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut.  Pijat kulit kepala Anda selama 10 menit, lalu sisir supaya rambut Anda tidak kusut.  Biarkan terurai selama 30 menit atau sampai masker pisang menjadi kering.  Kemudian cuci rambut Anda dengan menggunakan shampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda.

6. Lengkapi Perawatan Rambut dengan Yoghurt

yoghurt

Yoghurt adalah susu yang difermentasi dengan menggunakan bakteri baik.  Yoghurt mengandung protein, vitamin, mineral dan lemak.  Yoghurt dapat dikonsumsi langsung dan sebagai campuran smoothies atau juga sebagai salah satu bahan dalam produk kecantikan seperti body lotion, masker, lulur, dan sabun mandi.  Anda juga bisa menggunakan yoghurt untuk melembutkan rambut yang kasar, mudah patah, dan bercabang.

Caranya keramas terlebih dahulu dengan menggunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda, keringkan menggunakan handuk.  Lalu aplikasikan yoghurt pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala, pijat perlahan selama 10 menit dan diamkan selama 30 menit.  Kemudian bilas sampai bersih, lalu gunakan kondisioner, diamkan selama 10 menit lalu bilas lagi sampai bersih.

7. Masker Rambut dengan Kuning Telur

Kuning Telur

Telur mengandung kalium, natrium, protein, lemak, karbohidrat, dan vitamin yang tak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga kecantikan. Telur bisa diolah menjadi makanan apa saja, juga dapat menjadi campuran dalam membuat beberapa produk kecantikan seperti lulur, masker, shampo, kondisioner, dan lain-lain.

Selain itu Anda juga bisa mendapatkan manfaatnya secara langsung dengan menjadikan telur sebagai masker untuk rambut Anda yang kering dan kasar.

Ambilah satu butir telur, pisahkan bagian kuning telur dan bagian putih telur pada wadah terpisah, sisihkan putih telur karena yang digunakan hanya bagian kuning telur saja. Kemudian bagian kuning telur diaduk lalu oleskan pada seluruh bagian rambut termasuk kulit kepala, pijat perlahan selama 10 menit.

Lalu tutup rambut dengan menggunakan shower cap selama 30 menit, kemudian cuci rambut menggunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Terakhir gunakan kondisioner yang setipe dengan shampo Anda, diamkan 5 sampai 10 menit lalu bilas sampai bersih.

8. Dioles dengan Minyak Kelapa Murni

minyak kelapa

Minyak kelapa murni mengandung asam laurat yang berperan sebagai anti jamur, anti bakteri, dan antibiotik. Minyak kelapa murni biasa digunakan untuk obat-obatan herbal, memasak, dan juga untuk produk-produk kecantikan. Minyak kelapa murni juga bisa dimanfaatkan sebagai pelembut alami untuk rambut yang rusak, kering dan bercabang.

Anda cukup mengoleskan minyak kelapa murni pada seluruh bagian rambut termasuk kulit kepala. Pijat kulit kepala Anda secara perlahan selama 10 menit, lalu tutup rambut Anda dengan menggunakan shower cap atau handuk hangat selama 30 menit. Kemudian cuci rambut Anda dengan menggunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda, sertai dengan penggunaan kondisioner yang setipe dengan shampo yang Anda gunakan.

9. Rutin Menggunakan Kondisioner

kondisioner

Setiap selesai keramas, keringkan rambut dengan cara membungkus rambut dengan handuk selama 2 menit. Lalu aplikasikan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda dan juga setipe dengan shampo yang Anda gunakan. Oleskan hanya pada batang rambut ke ujung rambut, tidak dari akar rambut. Pijat-pijat perlahan pada setiap ujung rambut supaya kondisioner lebih meresap.

Ujung rambut merupakan bagian rambut yang mudah rusak, bercabang dan patah. Maka dari itu, diperlukan kehati-hatian pada saat keramas. Jangan menggosok rambut dengan kencang, cukup dengan gerakan seperti memijat yang perlahan. Untuk mencegah rambut rontok saat keramas. Bilaslah kondisioner sampai benar-benar bersih supaya sisa kondisioner tidak menjadi penyebab timbulnya ketombe.

10. Gunakan Air Dingin

air dingin

Setiap kali Anda keramas, sebaiknya gunakan air dingin. Kecuali pada saat Anda akan mencuci rambut karena pewarnaan rambut, pengeritingan rambut, pelurusan rambut dan setelah menggunakan foam ataupun hair spray yang banyak. Penggunaan air dingin akan menjaga kutikula rambut Anda tetap tertutup.

Kutikula yang tertutup akan menjaga kelembaban rambut Anda. Sehingga rambut Anda tidak akan mudah kering. Ketika dalam kondisi normal, alias bukan dalam aktifitas yang padat, yang terpapar sinar matahari atau kegiatan berenang, sebaiknya Anda keramas setiap 3 hari sekali supaya Anda tidak kehilangan minyak alami pada rambut yang dapat menjaga rambut Anda tetap sehat, indah, berkilau dan mudah diatur.

Itulah beberapa tips untuk melembutkan rambut secara alami dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan serta pengerjaannya yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Jangan lupa hindari penggunaan haridryer setelah keramas agar rambut Anda bisa lembut maksimal. Jika Anda memiliki tips lainnya untuk melembutkan rambut secara alami, silakan bagikan dengan kami di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar