kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / 7 Tips Memakai Hair Clip Agar Nyaman dan Tidak Sakit

7 Tips Memakai Hair Clip Agar Nyaman dan Tidak Sakit

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 11 April 2020

Halo, semua.. Apakah kamu merupakan penggemar rambut tebal atau rambut panjang? Tapi, ternyata rambut kamu sangat tipis dan tidak mengembang? Kalau begitu, Kamini sarankan untuk menggunakan hair clip. Berbeda dengan wig yang terkesan kaku dan sangat palsu, hair clip merupakan wig yang memiliki jepitan, dan biasanya hanya berbentuk setengah dari rambut kamu.

Beberapa bentuk hair clip yang lain juga ada, kok, seperti hair clip poni atau hair clip ikat. Sudah jelas tergambar dari namanya, kalau hair clip poni itu merupakan rambut palsu untuk bagian depan rambut. Model potongannya macam-macam, ada yang lurus, melengkung, belah samping, hingga belah tengah. Lalu, kalau hair clip ikat biasanya berukuran panjang, cara pakainya adalah dengan mengikat hair clip pada rambut yang telah diikat.

Tadi itu penjelasan singkat mengenai hair clip dan beberapa jenisnya. Sekarang, Kamini mau memberitahu kamu tips memakai hair clip agar nyaman dan tidak membuat rambut kamu terasa sakit. Karena, berbeda dengan wig yang dijepitkan pada hair net, hair clip itu dijepitkan langsung di rambut kamu. Makanya, kamu perlu tahu trik supaya rambut kamu tidak terasa tertarik-tarik saat menggunakan hair clip.

Tips Memakai Hair Clip Agar Nyaman dan Tidak Sakit

1. Tata Rambut

Tata Rambut

* sumber: www.goodhousekeeping.com

Langkah yang pertama dalam tips memakai hair clip adalah dengan menata rambut sesuai dengan hair clip yang mau kamu gunakan. Jika kamu mau pakai hair clip keriting, tidak mungkin rambut asli kamu dibiarkan lurus, bukan? Karena hair clip tidak sama dengan wig yang dapat meng-cover keseluruhan rambut kamu. Hair clip hanya akan membuat rambut bervolume.

Untuk itu, kamu harus menata rambut kamu sesuai dengan hair clip yang kamu gunakan. Jika hair clipnya lurus, maka catok setengah rambut kamu terlebih dahulu. Begitupula jika hair clip yang kamu gunakan modelnya ikal dan keriting, maka kamu harus mengeriting setengah rambut kamu sebelum menggunakan hair clipnya.

Hal ini dilakukan agar hair clip terlihat sangat natural dan menyatu dengan rambut asli kamu. Ingat, yang ditata hanya setengah dari rambut kamu, ya. Biarkan rambut bagian atas kamu seperti apa adanya.

2. Sisir Rambut

Sisir Rambut

Setelah kamu selesai menata setengah bagian rambut, sekarang waktunya menyisir dan membagi rambut kamu. Jika tadi kamu menata rambut jadi keriting, maka cukup sisir rambut menggunakan jari. Jika kamu meluruskan rambut, berarti kamu bisa menggunakan sisir.

3. Bagi Rambut

bagi rambut

Lalu, kegiatan selanjutnya adalah dengan membagi rambut kamu menjadi beberapa bagian. Kalau rambut kamu pendek, mungkin akan cukup jika kamu membagi rambut menjadi dua atau tiga saja. Tapi, jika rambut kamu panjang, kamu harus membagi rambut sampai menjadi empat bagian.

Yaitu, bagian tengah (dari rambut depan sampai ujung atas kepala). Bagian bawah (dari rambut atas belakang kepala sampai bawah). Dan terakhir adalah rambut di bagian kepala kiri dan kanan. Bagi rambut selurus dan serapi mungkin, ya, supaya hair clip bisa melekat dengan baik dan tidak menyakiti rambut kamu.

4. Memasang Hair Clip

Buka Penjepit Hair Clip

Jepitan hair clip ada beberapa jenis, tapi yang paling pasaran adalah yang bentuknya seperi pada gambar di atas. Tips memakai hair clip yang selanjutnya adalah dengan membuka penjepit hair clip. Supaya jepitan dapat menempel dengan baik, sasak sedikit rambut bagian akar agar hair clip tidak mudah lepas.

5. Titik Mulai

cara pasang hairclip

Langkah ke-5 dalam tips memakai hair clip adalah dengan memasang hair clip dari rambut terluar (di dekat telinga). Lalu, pasang hair clip sejajar dengan jepitan yang pertama. Pastikan hair clip kamu berbunyi 'klik' sebelum melanjutkan, untuk memastikan kalau hair clip telah terpasang sempurna.

6. Sisir Jari

Sisir Jari

* sumber: blog.soma.com

Langkah ke lima dalam menggunakn hair clip adalah dengan menyisir setengah rambut pakai tangan. Kalau kamu menggunakan sisir, takutnya hari clip akan tertarik dan lepas. Lagi pula, dengan menyisir menggunakan jari, rambut kamu bakal terlihat lebih natural.

7. Styling

Styling tips memakai hair clip

Langkah dalam tips memakai hair clip yang terakhir adalah dengan melakukan styling. Jika tadi kamu baru menata setengah bagian rambut, sekarang tata semua rambut kamu, terutama rambut bagian atas yang tadi belum tersentuh sama sekali.


Sesuaikan style dengan penataan yang tadi telah kamu lakukan. Jika tadi kamu meluruskan rambut, maka catok sisa rambut bagian atas kamu. Jika tadi kamu mengeriting, maka gunakan curling iron untuk mengeriting rambut bagian atas kamu. Kamu bisa juga menyemprotkan hair spray pada bagian dalam dan luar rambut supaya tatanan rambut jadi lebih tahan lama.

Nah, itu dia tips memakai hair clip supaya nyaman dan tidak membuat rambut kamu terasa sakit dari Kamini. Tips selanjutnya adalah untuk melepaskan hair clip. Saat melepaskannya, usahakan melakukannya dengan hati-hati, supaya rambut asli kamu dan hair clip tidak rusak. Lalu, menyimpan hair clip juga tidak boleh sembarangan kalau mau hair clip kamu awet. Baca cara merawat hair clip yang benar di sini.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram