Kamini.id / Jam Tangan / 10 Tips Memilih Jam Tangan Pria Agar Dapat Produk yang Bagus

10 Tips Memilih Jam Tangan Pria Agar Dapat Produk yang Bagus

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi pria jam tangan sudah menjadi bagian dari gaya, khususnya untuk generasi baru yang merupakan bagian dari dunia usaha. Di dunia bisnis, jam tangan bagi pria merupakan simbol status dan gaya yang berpengaruh besar. Sekarang bukan sepatu yang menentukan karakter seseorang, pengusaha sekarang ini menilai rekan-rekannya dari jam tangan yang mereka kenakan.

Bagi kebanyakan pria, memilih jam tangan yang tepat bisa cukup sulit. Dengan begitu banyak gaya dan merek yang tersedia, aktivitas berbelanja sederhana untuk jam tangan baru bisa membingungkan dan membuat stres. Itu sebabnya perlu tips khusus untuk membeli jam tangan yang bisa membantu para pria  memilih jam tangan yang tepat. Berikut tips untuk kamu para pria saat membeli jam tangan.

1. Pilih Desain yang Berkelas dan Minimalis

Pilih Desain yang Berkelas dan Minimalis

Untuk jam tangan pertamamu, cara yang terbaik adalah memilih jam tangan yang menampilkan desain berkelas dan minimalis. Jenis jam tangan pria ini menyajikan fleksibilitas. Jam ini bisa dipakai pada situasi atau acara apa pun dan akan bisa dipadankan dengan pakaian apa pun yang kamu miliki.

Jika kamu belum memiliki budget khusus untuk membeli beberapa jam untuk pakaian dan acara yang berbeda, maka membeli jam tangan yang berkelas dan minimalis merupakan solusi yang akan memberimu hasil maksimal. Jadi mode ini adalah pilihan terbaik yang disarankan.

2. Harga

Harga

* sumber: manofmany.com

Satu masalah utama ketika memilih jam tangan pria adalah beberapa orang beranggapan bahwa harga berarti kualitas. Kebanyakan dari mereka percaya bahwa semakin tinggi harganya, semakin bagus kualitasnya. Karenanya mereka memilih jam tangan yang mahal hanya untuk merasa kecewa.

Memang tidak bisa dibantah bahwa harga bisa berarti kualitas, tapi ini tidak berlaku untuk semua. Pelaku bisnis mempunyai kekuatan untuk membujuk siapa saja mengenai mana barang yang berkualitas dan mana yang tidak, tapi bagi orang punya pengetahuan akan tahu mana produk yang berkualitas.

Sementara para pemula mungkin hanya fokus pada tampilan luar dari jam tangan dan menilai harganya berdasarkan estetika, pembeli jam tangan yang berpengetahuan luas mungkin lebih fokus pada bagian dalamnya.

Pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu sebelum membeli. Dengan begitu kamu akan memiliki pertanyaan yang sudah dipikirkan dengan baik saat bertanya pada penjual dan akan tahu harga jam tangan yang sebenarnya.

3. Cara Jam Tangan Bekerja

Cara Jam Tangan Bekerja

Langkah penting untuk mempunyai jam tangan impianmu adalah memahami dasar-dasar apa yang membuat jam tangan benar-benar berdetak. Itu artinya kata tentang pentingnya ‘gerakan’. Gerakan atau disebut juga caliber, merupakan mekanisme di dalam jam tangan.

Sebuah “mesin” kompleks yang memperkuat kemampuan ketepatan waktu pada jam tangan. Dalam pembuatan jam tangan modern ada dua jenis gerakan utama, yaitu kuarsa dan otomatis. Kuarsa menggunakan osilator, diatur oleh sepotong kuarsa dan ditenagai oleh baterai, untuk menjaga waktu.

Jenis gerakan kedua yaitu otomatis yang bisa memiliki kemampuan self-winding atau manual winding. Self-winding adalah jam tangan mekanis yang gerakannya dipengaruhi oleh gerak alami tangan si pemakai. Manual winding memakai sistem mekanik manual untuk menggerakannya

4. Pemilihan Material

Pemilihan Material

Rata-rata bahan yang digunakan untuk jam tangan adalah emas murni, berlapis emas, logam campuran, baja tahan karat, karet, titanium, keramik. Emas murni harga jualnya cukup mahal dan tidak ada kekurangan yang dapat terlihat.

Emas sepuhan harga tidak tetap, lama-kelamaan akan rusak dan mudah aus. Sementara bahan baja tahan karat, logam campuran, dan titanium, semua bahan ini ada di pasaran dan harganya pas. Penting untuk dicatat bahwa pekerjaan yang menyebabkan keringat atau kimia rentan mengakibatkan korosi.

Bahan karet merupakan produk baru dengan harga terjangkau. Pemodelan warna beragam. Namun waspada terhadap alergi karet. Untuk bahan keramik, harganya terjangkau dan indah. Kekurangannya adalah inferior tidak terlalu kuat.

Baca juga: 10 Merk Jam Tangan Terkenal dan Paling Mewah di Dunia

5. Jenis Tali: Kulit, Logam, atau Karet

Jenis Tali Kulit, Logam, atau Karet

Tali jam tangan bisa berasal dari kulit seperti sabuk kulit. Jenis tali jam yang langsing, ramping, dan polos serta sama formalnya dengan yang kamu bisa dapatkan, tapi semua yang warnanya chunky matte terlihat kasual.

Kulit terasa panas di musim yang panas dan bisa menjadi rusak disebabkan keringat. Jadi jika kamu menggunakan jam tangan dengan tali kulit, alangkah baiknya jika kamu mengubahnya menjadi tali nilon atau jaring pada musim yang panas.

Jam tangan dengan gelang logam memiliki tampilan maskulin serbaguna yang cocok dengan pakaian bisnis paling formal. Tali jam tangan ini juga cocok untuk dipakai sepanjang tahun. Untuk kualitas yang baik, carilah gelang dengan tautan yang menyambung.

6. Penggunaan

Penggunaan

Tidak cukup bagi kamu hanya mengetahui bagaimana jam tangan bergerak atau apa yang terjadi di dalamnya. Kamu juga perlu tahu untuk apa jam tangan itu digunakan. Tiap orang tahu bahwa kesempatan yang berbeda menuntut jam tangan khusus agar sesuai dengan gaya.

Inilah sebabnya mengapa hanya memiliki satu jam tangan tidak cukup dan tidak merasa puas. Misalnya, ada jam tangan yang dibuat khusus untuk keperluan hiking sedangkan yang lain secara ketat dibuat untuk digunakan di kedalaman laut.

Tersedia beragam kategori jam tangan berdasarkan tujuan yang dimaksudkan. Menentukan pilihan di antaranya pasti akan menimbulkan tantangan jika kamu tidak dipandu dengan baik oleh profesional atau dengan melakukan sedikit riset. Sekali lagi, melakukan riset sangatlah penting.

Selain itu, pastikan untuk memikirkan aktivitas harianmu serta acara apa yang kamu rencanakan untuk menentukan jam tangan yang kamu pakai. Jika kamu seorang pejalan kaki yang rajin, kamu mungkin ingin mendapatkan jam tangan yang pas untuk hiking.

7. Pilih Ukuran yang Tepat

Pilih Ukuran yang Tepat

Ketika memilih ukuran jam tangan yang tepat, ada satu hal yang selalu perlu kamu ingat, yaitu proporsi. Proporsi merupakan kunci untuk memilih jam tangan yang akan melengkapi gayamu dan tidak terlihat aneh di pergelangan tanganmu.

Jika kamu seorang pria bertubuh besar dengan pergelangan tangan yang besar, maka jam tangan yang cocok untukmu adalah jam tangan dengan permukaan yang besar. Memilih arloji yang memiliki permukaan yang kecil mungkin membuatmu terlihat feminin.

Di sisi lain, jika kamu seorang pria bertubuh kecil dengan pergelangan tangan kecil, maka pilihlah jam tangan pria dengan tombol penyetel yang kecil dan tipis. Sebagai aturan umum, pilih jam tangan dengan diameter permukaan antara 34mm – 50mm. Tak perlu ukuran yang melampaui 50mm.

8. Apa yang Kamu Mampu Beli?

Apa yang Kamu Mampu Beli

Biasakan dirimu dengan budget pembelian jam tangan sebelum kamu menaruh hati pada jenis jam tangan tertentu. Putuskan berapa banyak yang ingin kamu belanjakan, dan kemudian cukup google “jam tangan di bawah berapa rupiah.” Banyak merek yang menjual dari mulai  ratusan hingga puluhan juta.

Jika kamu termasuk baru dalam dunia jam atau jika kamu berada pada kelompok bawah penetapan harga, kamu mungkin tergoda dengan versi palsu dari gaya jam tangan bergengsi. Namun jangan tertipu dengan hal tersebut. Jam tangan palsu mungkin terlihat mewah, tapi tidak akan bertahan lama.

Apakah kamu membeli jam tangan tertentu sebagai investasi? Ada hal lain yang perlu dipertimbangkan. Bagaimana harga jam tangan di kisaran harga yang kamu miliki? Apakah kamu tahu jika merek yang kamu cari memiliki model tingkat investasi, atau jam tangan produksi terbatas yang jadi mahal nantinya.

Jika kamu secara khusus ingin menurunkan jam tangan sebagai warisan, kamu harus memastikan jam tangan itu bukan hanya mengamankan keuangan tetapi juga aksesori tanpa batas waktu. Ada kemungkinan puteramu tak ingin memakai jam tangan warisan, jadi hadapilah.

9. Baru atau Bekas?

Baru atau Bekas

Pada akhirnya memilih antara jam tangan baru dan jam tangan bekas merupakan keputusan pribadi. Ya, jam tangan bekas umumnya harganya lebih murah, dan jika kamu penggemar barang-barang lama, kamu mungkin benar-benar menikmati memiliki jam tangan vintage dibandingkan jam tangan baru.

Namun, membeli jam tangan baru risikonya lebih sedikit, dengan asumsi dealernya memiliki lisensi, kamu tahu apa yang kamu dapatkan dengan membeli jam tangan baru. Dan bagi kebanyakan orang, tidak ada yang mengalahkan sensasi memiliki jam tangan baru.

10. Perlindungan Pembeli

Perlindungan Pembeli

* sumber: www.rolexforums.com

Hal ini sangat penting terutama saat kamu ingin membeli jam tangan secara online. Kamu ingin memastikan bahwa kamu membeli dari penjual yang memiliki reputasi baik. Kamu ingin memastikan bahwa Kamu membeli dari perusahaan terkemuka.

Untuk itu ada dua hal yang akan berpengaruh. Saat kamu membeli dari penjual yang memiliki reputasi baik, jika rusak dalam pengiriman, jika terjadi sesuatu yang menyebabkan kecacatan, kamu bisa berkomunikasi dengan penjual untuk menyelesaikan masalah ini.

Saat membahas tentang garansi, di situlah pentingnya memilih produsen yang jujur sangat penting. Karena jika uang tersebut adalah penghasilan dalam setahun dan kamu menghabiskan ratusan atau jutaan rupiah untuk jam tangan, maka kamu pasti ingin dapat barang yang tepat.

Sebelum kamu membeli jam tangan untuk pacarmu, pasanganmu, ayahmu, atau kakakmu yang laki-laki, pastikan untuk memperhatikan aspek-aspek di atas. Jangan sampai orang yang menerima jam tangan itu menjadi kecewa karena kamu salah membelikan jam tangan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *