kamini.id
Kamini.id / Lifestyle / Pertimbangkan Hal-Hal Ini Saat Memilih Jasa Pembuatan Website

Pertimbangkan Hal-Hal Ini Saat Memilih Jasa Pembuatan Website

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 18 Mei 2021

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR SRIBU.com Permanen LINK

Perkembangan dunia digital saat ini sangat mempengaruhi sektor-sektor yang ada, mulai dari perdagangan, perindustrian, pendidikan, dan lain-lainnya. Bahkan persaingan di tingkat UMKM pun sudah mulai beranjak melalui digital. Para pelaku-pelaku bisnis diharuskan untuk dapat mengalihkan bisnisnya menjadi digital, salah satu caranya adalah melalui website.

Jika Anda memiliki rencana untuk membuat website namun bingung untuk memulainya, Anda tidak perlu khawatir. Anda tidak perlu repot menghabiskan waktu berbulan-bulan membaca buku coding atau menonton tutorial tentang cara membangun website, karena kini Anda bisa mengandalkan jasa pembuatan website.

Penyedia layanan ini akan membantu Anda membangun website impian bahkan hanya dalam hitungan hari. Praktis, bukan? Kabar baiknya lagi, saat ini sudah banyak penyedia jasa pembuatan website yang bisa Anda pilih.

Akan tetapi, saat memilih jasa pembuatan website tersebut, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan demi memenuhi kebutuhan Anda. Berikut adalah tips-nya.

1. Tentukan Kebutuhan

Tentukan Kebutuhan

Sebelum memikirkan hal-hal teknis seperti jasa pembuatan website, akan sangat baik bila Anda menentukan konsep website yang ingin Anda bangun terlebih dahulu. Tentukan apa tujuan Anda membuat website. Apakah membuka bisnis online, profil perusahaan, blogging atau membuat portofolio online?

Menentukan jenis website berdasarkan kebutuhan akan memudahkan Anda dalam memilih jasa pembuatan website. Misalnya, bila Anda berencana membuat website untuk mengembangkan bisnis yang Anda miliki, Anda bisa memilih jasa pembuatan website yang menyediakan berbagai template khusus yang nyaman bagi customer untuk berbelanja.

Bila Anda membuat website untuk mempublikasikan portfolio Anda dalam bentuk foto, video, dan blog post, pastikan jasa pembuatan website yang Anda pilih sudah ahli dalam menyertakan fitur-fitur tersebut. Jangan sampai kurangnya fitur yang dibuat oleh jasa pembuatan website malah membuat Anda berhenti mengoperasikan website yang telah dibuat di tengah jalan.

Begitupula bila Anda ingin membuat website dengan format blog. Pilihan jasa pembuatan website yang dapat mendukung niche blog Anda akan sangat membantu Anda dalam mewujudkan blog impian. Anda bisa mengandalkan jasa pembuatan website profesional yang memiliki tim berpengalaman dalam hal ini.

2. Sesuaikan dengan Budget

Sesuaikan dengan Budget

Setelah menentukan kebutuhan, pastikan Anda memiliki budget yang cukup untuk mengeksekusi website tersebut. Jangan sampai Anda terlena dengan iming-iming ‘murah’, tapi jasa yang ditawarkan pembuatan website tidak memenuhi ekspektasi Anda.

Perlu dicatat, semakin kompleks fitur dari suatu website, semakin tinggi pula budget yang perlu Anda keluarkan. Karena itu, Anda sebaiknya memilih jasa pembuatan website yang fleksibel dengan budget yang Anda miliki.

3. Pertimbangkan Fitur atau Paket yang Ditawarkan

Pertimbangkan Fitur atau Paket yang Ditawarkan

Jasa pembuatan website yang begitu banyak di internet tentu memiliki penawaran-penawaran yang berbeda terkait fitur-fitur yang dapat diberikan si pembuat website. Dalam dunia website, ada banyak sekali fitur yang bisa diberikan mulai dari Hosting, Domain, SSL, jumlah tema yang diperoleh, jumlah halaman web, SEO, server dan masih banyak lagi.

Perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan beberapa fitur-fitur tersebut, kita diharuskan untuk merogoh kocek tambahan agar bisa mendapatkannya. Tidak semua jasa pembuatan website memberikan secara gratis terkait fitur-fitur tersebut.

Oleh karena itu, kita harus memperhatikan tentang fitur-fitur yang akan diberikan oleh si pembuat website kepada kita. Sehingga kita hanya perlu duduk manis dan menunggu hasilnya.

4. Pertimbangkan Layanan Pelanggan yang Disediakan

layanan pelanggan

Coba bayangkan, website Anda sudah didesain dan dibuat dengan sangat baik. Saat awal pengoperasian pun Anda sudah merasa nyaman dengan semua fitur dan performa website. Namun tiba-tiba suatu ketika, Anda tidak mengerti mengapa interface website menjadi kacau dan tidak tahu cara mengembalikannya.

Kasus ini bisa menjadi tolak ukur lain saat Anda memilih jasa pembuatan website. Pertimbangkan apakah mereka menyediakan tutorial yang lengkap dan mudah Anda mengerti dalam menyelesaikan permasalahan yang Anda temui. Beberapa jasa pembuatan website ada juga yang memberikan maintenance secara berkala setiap bulannya setelah pembuatan website selesai.

Selain itu, pertimbangkan pula layanan pelanggan yang mereka tawarkan entah melalui email, chat atau telfon. Usahakan Anda memilih jasa pembuatan website yang responsif tiap kali Anda mengalami kendala pada website.

5. Keamanan dan Teknologi yang Mutakhir

Keamanan

Keamanan harus menjadi prioritas utama dalam menjalankan website Anda, apalagi bagi Anda yang memiliki bisnis. Selain menjadi tolak ukur kredibilitas dan reputasi bisnis yang Anda jalankan, keamanan website juga bisa melindungi Anda dari gangguan hacker dan serangan digital lainnya.

Jasa pembuatan website yang baik harus dapat menjamin hal ini. Bukan hanya soal keamanan, pastikan jasa yang Anda pilih juga menawarkan pembaharuan reguler agar website Anda selalu menggunakan teknologi mutakhir.

6. Seberapa Mudah Penggunaannya

kemudahan

Walaupun era sudah mengalami digitalisasi, namun tidak semua orang mengerti dengan baik berbagai persoalan yang menyangkut pengetahuan teknologi digital. Dalam urusan membuat website, mungkin ada sebagian dari Anda yang cukup menguasai ilmu coding sementara yang lain tidak memiliki pengalaman sama sekali.

Inilah mengapa kemudahan penggunaan website juga sangat krusial untuk menjadi tolak ukur, terutama bagi Anda yang tidak memiliki pengalaman apapun soal menjalankan website. Jasa pembuatan website terbaik akan sangat mengerti kebutuhan Anda yang satu ini.

Sebaiknya Anda memilih jasa yang menawarkan website yang mudah dioperasikan bahkan bagi Anda yang minim pengalaman. Jasa pembuatan website terbaik juga akan menyediakan semua tutorial penggunaan website yang mudah Anda akses dan mengerti.

7. Cari Tahu Reputasi Perusahaan dan Review Pengguna

review dan reputasi

Berbicara mengenai jasa pembuatan website, tentu tidak akan bisa lepas dari spesifikasi pembuat website. Banyak sekali orang diluar sana yang bersedia dan mengaku dapat membuatkan website. Akan tetapi sebagai customer, kita harus pandai dalam memilih orang atau instansi yang akan membuatkan website.

Misalnya untuk orang pribadi, kita bisa melihat dari latar belakang pendidikannya. Apakah orang yang akan membuatkan kita website adalah seorang sarjana komputer yang mengerti tentang pembuatan website, coding, dan lain sebagainya. Sementara jika jasa pembuatan website merupakan sebuah instansi, cari tahu dahulu terkait kualitas dan latar belakang dari instansi tersebut.

Aspek ini akan menentukan performa mereka saat menjalankan kewajibannya dalam membuat website impian Anda. Hal ini juga yang akan membuktikan apakah klaim yang mereka buat akan sesuai dengan hasil eksekusinya atau tidak.

Bukan hanya membaca review pengguna jasa sebelumnya dengan mengunjungi website resmi mereka, Anda juga bisa menanyakan review melalui media sosial. Anda bahkan mengandalkan website review khusus dalam hal ini bila menginginkan ulasan yang lebih jujur.

Jadi saat memutuskan untuk mengandalkan jasa pembuatan website, sebaiknya Anda mempertimbangkan poin-poin yang telah disebutkan tadi. Dengan pilihan yang tepat, Anda tak hanya dapat mewujudkan website impian namun juga dapat mengoperasikannya dengan mudah dan aman tanpa perlu khawatir dengan kesulitan-kesulitan yang akan Anda hadapi.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram