kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / 5 Tips Memilih Moisturizer Yang Tepat Untuk Jenis Kulitmu

5 Tips Memilih Moisturizer Yang Tepat Untuk Jenis Kulitmu

Ditulis oleh Imma - Diperbaharui 28 April 2021

PERHATIAN

Artikel Sponsor Permanen Bestrekomendasi.id

Banyak dari kita yang menganggap sepele fungsi dari moisturizer yang konon katanya hanya untuk melembabkan kulit. Padahal sebenarnya, fungsi dari moisturizer jauh lebih dari itu. Seperti yang kita ketahui, moisturizer sebenarnya adalah produk kecantikan berbentuk krim yang berfungsi untuk melembabkan kulit dan mampu mengembalikan protein keratin kulit wajah kita.

Tahukah kamu kalau protein keratin itu sangat dibutuhkan agar kulit tetap lembab, halus dan dalam kondisi sehat?Produk moisturizer sebenarnya adalah esensial dalam perawatan kecantikan area wajah karena dapat mengurangi kerutan lebih cepat muncul, menjaga agar kulit tidak terlihat kusam dan terkelupas, dan dapat lebih mudah mengaplikasikan make up di area wajah.

Karena fungsinya yang sangat esensial, tak jarang banyak ahli dermatologi yang menyarankan untuk menggunakan moisturizer setiap hari. Jadi, jika kamu melakukan serangkaian perawatan skincare tanpa pelembab rasanya akan percuma jika kamu melupakan pelembab. Terdapat beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam mencari rekomendasi moisturizer terbaik.

1. Kenali jenis kulit wajah

kenali jenis kulit (Copy)

Dalam memilih moisturizer kita hendaknya memperhatikan jenis kulit yang kita miliki, karena dengan menggunakan moisturizer kebutuhan nutrisi kulit akan terpenuhi dengan baik. Sebelum kita mencari moisturizer berdasarkan jenis kulit, coba cek terlebih dahulu jenis kulit kita termasuk ke dalam jenis kulit yang mana, apakah termasuk jenis kulit normal atau kombinasi, kering, berminyak atau sensitif.

Setelah mengetahui jenis kulit yang kita miliki, maka kita bisa mencari rekomendasi moisturizer yang tepat. Cara untuk mengecek jenis kulit sangatlah mudah. Cukup menggunakan kertas tisu atau kertas penyerap minyak lalu tempelkan ke area wajah. Kita bisa mengetahui jenis kulit wajah yang kita punya dari banyaknya minyak yang terserap di kertas tisu atau penyerap minyak tersebut.

2. Sesuaikan dengan jenis kulit

moisture-before-bed (Copy)

Setelah mengenal jenis kulit wajah yang kamu miliki, maka kamu bisa memilih kandungan moisturizer mana yang pas di jenis kulit wajahmu. Jika jenis kulit wajah kering, maka kamu sebaiknya memilih moisturizer yang mengandung hyaluronic acid atau moisturizer oil based.

Kandungan ini akan melembabkan kulit kamu yang kering. Jika jenis kulit kamu berminyak, carilah moisturizer yang mengandung salicylic acid, tea tree oil atau AHA yang akan membentuk kulit kamu melawan jerawat sekaligus melembabkan. Jangan lupa juga untuk memilih moisturizer yang bersifat non-comedogenic supaya kulit wajah kamu tidak tersumbat pori pori dan bebas minyak.

Jika kamu memiliki jenis kulit sensitif, berhati-hatilah dalam memilih kandungan moisturizer dengan zat hypoallergenic karena produk tersebut belum tentu cocok untuk kulit sensitif. Pastikan untuk selalu memilih produk yang terbebas dari kandungan seperti parfum atau pewarna. Dan jika kulit kamu normal, berarti kamu cukup memilih moisturizer yang bersifat non comedogenic.

3. Sesuaikan dengan aktivitas harian

woman activity (Copy)

Cara memilih moisturizer berikutnya adalah dengan memperhatikan aktivitas harian yang biasa kamu lakukan. Jika kamu memiliki aktivitas yang tinggi di luar rumah, maka kamu harus bisa memilih kandungan moisturizer yang mengandung tabir surya.

Selain itu, alangkah lebih baiknya jika kita memilih moisturizer sesuai dengan iklim dimana kita tinggal. Mayoritas perempuan Indonesia tinggal di area iklim tropis sehingga membutuhkan moisturizer yang memberikan kadar kelembaban sesuai area tropis juga.

4. Hindari moisturizer yang menyebabkan iritasi

Menenangkan Kulit iritasi

Apapun jenis kulit yang kamu punya, hendaknya kamu menghindari kandungan moisturizer yang berpotensi membuat iritasi kulit area wajah.

Terdapat beberapa irritants atau kandungan zat yang menyebabkan iritasi yang perlu kamu hindari diantaranya seperti fragrance, pewarna sintetis, silikon, petroleum dan turunannya, shea butter, coconut oil atau wax, detergen, bahan aktif seperti AHA, glycolic acids, retinoic acid, dan salicylic acid.

5. Pilih jenis moisturizer yang nyaman di kulit

moisturizer

Terdapat beragam bentuk moisturizer yang hadir untuk merawat kulit yang dijual di pasaran. Kamu bisa saja mencari jenis moisturizer berdasarkan bentuk yang kamu suka. Moisturizer hadir dalam bentuk lotion, cream, oil, atau berupa serum /essence.

Kamu tidak perlu fokus mencari moisturizer hanya dalam bentuk krim saja, karena kamu bisa mencari moisturizer dalam bentuk lainnya yang pas dan nyaman dengan kulit kamu.

Nah itu dia 5 tips dalam memilih moisturizer yang perlu kamu ketahui. Semoga sudah tidak bingung lagi ya jika ingin membeli moisturizer untuk kulitmu. Semoga bermanfaat!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram