kamini.id

6 Tips Memilih Mukena yang Tepat agar Ibadah Terasa Nyaman

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 25 April 2021

Sudah menjadi hal yang biasa jika saat menyambut hari lebaran banyak orang yang berburu mukena baru. Pasalnya mukena baru ini bisa menjadi tanda untuk mengawali hari baru setelah menjalani ibadah puasa selama satu bulan lamanya. Selain itu, memakai mukena yang nyaman bisa membuat kita beribadah lebih khusyuk dari sebelumnya.

Apalagi saat kita sedang shalat tarawih berjamaah di masjid, mukena yang terasa panas akan membuat ibadah kita terganggu karena merasa gerah. Karena itu mukena baru tidak hanya enak dilihat saja, tapi bisa juga mendukung kesempurnaan beribadah kita. Makannya memilih mukena yang tepat untuk digunakan untuk shalat adalah hal yang penting.

Karena penting, kali ini Kamini akan membahas tips-tips untuk memilih mukena yang nyaman untuk dipakai. Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya, kamu bisa membacanya di bawah ini.

1. Pemilihan Bahan Mukena

tips memilih mukena_Bahan MukenaSumber: hijup.com

Memilih mukena memang bukan perkara yang mudah, apalagi untuk para wanita yang suka hal-hal yang terlihat lucu. Selama mukenanya memiliki desain yang terlihat bagus, bahan apapun tidak akan menjadi masalah. Padahal hal terpenting dari memilih mukena yang bikin nyaman adalah memilih bahan mukena yang tepat untuk digunakan.

Kamu bisa memilih mukena yang bahannya terasa lembut tapi tidak terlalu transparan atau tebal. Sebenarnya ada banyak bahan mukena yang terasa nyaman untuk digunakan sehari-hari. Kamu bisa memilih bahan katun, sutra, spandek, dan rayon. Dimana bahan mukena ini dikenal sebagai bahan kain yang nyaman karena terasa halus, ringan dan dingin saat digunakan.

Dengan memilih bahan mukena yang digunakan, kamu bisa beribadah dengan nyaman dan tenang. Apalagi jika kamu harus shalat tarawih berjamaah di masjid, karena banyaknya orang di masjid bisa membuat ruangan terasa lebih panas. Bahan mukena yang tepat tidak akan membuatmu merasakan  gatal karena kegerahan. 

2. Tentukan Ukuran Mukena yang Tepat

tips memilih mukena_Ukuran MukenaSumber: brilistyle.brilio.net

Berikutnya adalah pastikan kamu memilih ukuran mukena yang pas dengan tubuh agar bisa lebih nyaman. Pasalnya, kini banyak produsen mukena yang menjual mukena-mukena buatannya dengan ukuran all size. Sebenarnya untuk mukena yang akan digunakan, ukuran all size bukanlah ukuran yang baik untuk digunakan.

Pasalnya ukuran all size ini tidak akan pas untuk setiap orang, ada yang terlalu lebar dan ada juga yang terlalu pendek. Tidak mau dong shalat tarawih menjadi sia-sia karena ukuran mukena yang tidak sesuai? Jadi ukuran all size bukanlah ukuran yang aman, lebih baik kamu memilih ukuran yang memang pas dengan badan.

Jika kamu membeli mukena secara langsung, kamu bisa langsung mencoba setiap mukena yang menarik perhatian. Selain itu salah satu yang harus diperhatikan adalah bagian wajah, karena biasanya rambut rentan keluar dari mukena saat shalat. Maka dari itu pastikan ukuran lubang wajah mukena harus pas, sehingga tidak akan ada rambut yang mudah keluar.  

3. Pilih Model Mukena Sesuai Kebutuhan

Selain memilih bahan dan ukuran yang pas, memilih model mukena juga bisa menentukan kenyaman saat beribadah. Jika bertanya model apa yang dimaksud, jawabannya bukan hanya dari motif atau warna mukena. Karena mukena juga memiliki beberapa model atau variasi yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan selera.

Pertama, ada model mukena konvensional, model ini terdiri dari dua potong dengan model atasan yang diikat dengan tali atau karet. Lalu ada model mukena terusan, model mukena ini bentuknya menyerupai gamis dan hanya terdiri dari satu atasan panjang saja. Terakhir ada model mukena tanpa tutup kepala, model ini bisa terdiri dari satu atau dua potong bahan tanpa bagian penutup kepala.

Semua model mukena nyaman untuk digunakan, namuan model mukena yang lumrah digunakan untuk shalat tarawih biasanya mukena konvensional. Sedangkan mukena tanpa kepala biasanya digunakan ketika kamu sedang bepergian, seperti saat perjalanan mudik.

4. Cek Jahitan Mukena

Tips selanjutnya agar kamu bisa nyaman beribadah adalah dengan memperhatikan jahitan dari mukena yang akan digunakan. Pasalnya jika mukena yang kamu gunakan berkualitas, jahitannya akan terlihat lebih rapi. jahitan yang rapi ini pasti tidak hanya membuat mukena enak untuk dilihat tapi kamu juga bisa nyaman beribadah.

Karena jika jahitan mukena tidak rapi, bisa-bisa saat sedang khusyuk beribadah jahitannya copot. Jahitan yang copot-copot ini bisa saja membuat ibadah kamu terganggu. Apalagi jika jahitan yang copot ini terjadi di daerah lubang wajah, pasti akan sangat mengganggu sekali. Maka dari itu, pastikan kamu melihat dengan seksama jahitan mukena yang akan dibeli.

Jangan sampai ada benang yang terlihat semrawut apalagi lepas. Karena jahitan yang jelek juga akan membuat mukena jadi mudah rusak dan tidak tahan lama. Dalam waktu yang singkat, kamu mungkin harus membeli mukena yang baru karena masalah jahitan mukena yang jelek. Mengeluarkan dana yang lebih besar demi mukena yang berkualitas tidak ada salahnya kok.

5. Pilih Mukena yang dilengkapi Tas

tips memilih mukena_Pilih Mukena yang dilengkapi Tas

Sebenarnya tips satu ini opsional, tapi memiliki banyak manfaat untuk mukena. Pasalnya dengan memilih mukena yang dilengkapi dengan tas, kamu jadi tidak perlu repot memegang mukena. Apalagi jika kamu harus shalat tarawih di luar saat sedang melakukan perjalanan mudik. Dengan adanya tas, akan memudahkan kamu untuk membawa mukena kemana-mana tanpa perlu repot untuk mencarinya.

Selain itu, untuk anak kost, biasanya setelah shalat tarawih akan langsung pergi ke warung untuk membeli makanan sahur atau cemilan. Jika kamu hanya membawa mukena tanpa tas, hal ini beresiko membuat mukena mu cepat kotor. Bisa saja saat sedang berjalan mukena yang kamu pegang terjatuh atau saat berjalan mukena terciprat air kotor.

Alhasil mukena yang biasa kamu pakai shalat tarawih akan kotor dan mau tidak mau harus langsung dicuci. Tapi jika mukena dilengkapi dengan tas, selain mudah dibawa-bawa, mukena juga tidak akan langsung kotor meski jatuh atau terciprat air kotor. Jadi kamu bisa bebas bepergian setelah melangsungkan ibadah shalat tarawih tanpa perlu merasa risau mukena akan kotor.

6. Memiliki Mukena Cadangan

Tips satu ini juga termasuk kedalam tips yang opsional dan tidak harus untuk diikuti. Karena setiap orang tidak diwajibkan untuk memiliki banyak mukena, hanya jika mampu saja. Tapi memiliki cadangan mukena di rumah untuk dipakai bisa sangat menguntungkan. Pasalnya meski kita sudah berhati-hati, bisa saja tanpa sengaja mukena yang kita pakai shalat tarawih kotor.

Dengan memiliki mukena cadangan di rumah, kamu tidak perlu terlalu repot untuk langsung mencuci mukena. Kamu bisa mencuci mukena kotormu saat memiliki waktu luang saja dan memakai mukena cadangan untuk shalat esok harinya. Setidaknya kamu memiliki mukena yang bisa digunakan sehari-hari dan memiliki mukena yang dipergunakan saat bepergian. Tapi kamu tidak perlu memaksakan untuk memiliki lebih dari satu mukena di rumah.

Bagaimana, sekarang sudah tahukan apa saja yang harus kamu perhatikan saat sedang memilih mukena yang akan digunakan?

Pastikan kamu jangan sampai asal membeli mukena karena warna dan ornamennya terlihat bagus. Biasanya para wanita akan lebih mudah tergoda pada warna dan desain dan mengorbankan bahan mukena yang dibeli. Setelah membeli, jangan lupa juga untuk merawat mukena dengan tepat agar awet dan tahan lama.

Tag: ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram