Kamini.id / Tips Memilih Pinjaman Online Langsung Cair dalam Hitungan Menit

Tips Memilih Pinjaman Online Langsung Cair dalam Hitungan Menit

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Januari 2020

Pinjaman-Online

Pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit menjadi penawaran yang menarik di kalangan milenial saat ini. Kemudahan ini sangat mendukung gaya hidup yang serba cepat dan praktis. Pasalnya, meminjam uang ke penyedia jasa keuangan konvensional seperti Bank, sangat memakan waktu, dan memerlukan banyak sekali persayaratan. Itu pun pinjaman belum tentu disetujui.

Pinjaman online dinilai lebih menguntungkan terutama bagi yang membutuhkan bantuan keuangan mendadak. Tetapi, Anda juga tentu harus cermat dalam memilih jasa penyedia pinjaman online yang terpercaya.

Supaya tidak merugi karena mengunakan jasa pinjaman online fiktif, berikut ini adalah tips memilih pinjaman online langsung cari dalam hitungan menit yang aman.

1. Pilih penyedia jasa pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK

terdaftar OJK

OJK atau otoritas jasa keuangan adalah lembaga yang mengatur dan mengawasi semua aktifitas yang terjadi di sektor keuangan, termasuk mengawasi penyedia pinjaman baik konvensional atau online. Sudah menjadi rahasia umum bahwa tidak semua yang ada di internet memiliki legalitas. Apalagi penyedia pinjaman online yang kian menjamur, tidak semuanya bisa dipercaya. Maka dari itulah Anda harus lebih waspada saat memilih pinjaman tersebut.

Menurut Duwitmu, penyedia jasa pinjaman online yang terdaftar di OJK menunjukkan legalitas perusahaan tersebut. Kerugian atau penipuan dapat diminimalisir dengan mempercayakan kebutuhan Anda pada perusahaan resmi. Anda mendapatkan jaminan keamanan dalam bertransaksi, dan hak-hak sebagai konsumen pun dilindungi. Contohnya, ketika terjadi hal-hal yang merugikan terkait kesepakatan pinjaman online, debitur bisa membuat laporan kepada pihak berwajib.

OJK juga membuat regulasi mengenai jasa pinjaman online guna menghindari munculnya rentenir online, yang sangat merugikan konsumen pinjaman online seperti regulasi yang dibuat terkait dengan bunga yang diwajibkan kepada konsumen sebagai nilai tambah dari nominal yang harus dikembalikan. Dengan memilih jasa pinjaman online yang terdaftar OJK sangat menguntungkan dan menenangkan.

2. Transparansi informasi penyedia pinjaman

transparansi pinjaman online

Pilih penyedia jasa pinjaman online yang transparan. Karena konsumen tidak bertemu langsung dengan pihak kreditur, jadi segala informasi mengenai pinjaman harus jelas dari awal, mulai dari berapa pagu kredit yang akan diberikan, bunga yang dibebankan, jangka waktu pinjaman, tanggal jatuh tempo, cara pengambilan pinjaman, cara pembayaran cicilan dan biaya-biaya lainnya.

Dengan mengetahui transparansi informasi pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit, konsumen bisa mempertimbangkan nominal yang akan diajukan dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan membayar cicilan sesuai kesepakatan.

Dengan begitu, konsumen tidak dirugikan karena sudah menyetujui apa yang dibebankan atas pinjaman yang diterima dan mengetahui resikonya  jika terjadi keterlambatan membayar dari jatuh tempo.

3. Review dari konsumen sebelumnya

review konsumen

Tips memilih pinjaman online berikutnya adalah dengan mencari review dari konsumen sebelumnya. Penyedia jasa pinjaman pastinya akan menampilkan review konsumen sebagai testimoni positif atas jasa yang diberikan. Biasanya testimoni ini akan mudah ditemukan di halaman website sebagai promosi dan bagian dari transparansi informasi.

Sebagai calon konsumen, Anda bisa memilih penyedia jasa pinjaman dengan review yang positif mengenai kenyamanan pelayanan yang didapatkan, kecepatan proses pencairan, kemudahan tracking status pinjaman, bunga yang kompetitif dan sebagainya. Review positif konsumen menunjukkan bahwa perusahaan penyedia jasa pinjaman bisa dipercaya dan sudah berpengalaman.

Ketiga tips sederhana di atas bisa menjadi acuan dalam menentukan jasa pinjaman mana yang bagus menurut Anda. Bijaklah dengan memilih jasa pinjaman sesuai kebutuhan bukan mengikuti tren. Pastikan data Anda aman dan tidak disalahgunakan. Pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit memang menggiurkan tetapi jangan dijadikan sebagai kebiasaan dalam berhutang.

 

 

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *