Kamini.id / Telapak Tangan dan Kaki / 10 Tips Memutihkan Telapak Kaki yang Gelap dan Kasar

10 Tips Memutihkan Telapak Kaki yang Gelap dan Kasar

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagaimana rasanya berjalan dengan telapak kaki yang gelap dan kasar? Selain malu jika dilihat orang lain, tentunya berjalan pun tidak terasa nyaman karena ada rasa mengganjal pada kaki. Kulit telapak kaki yang gelap, menebal, kasar, bersisik, dan pecah-pecah terjadi karena gangguan pigmentasi kulit dan juga gesekan dengan lantai atau alas kaki.

Hampir semua orang pernah mengalami masalah seperti ini, tidak menutup kemungkinan apakah orang itu masih kecil, sudah tua, wanita atau pun pria. Banyak yang menyangka kalau telapak kaki yang gelap dan kasar ini disebabkan oleh jamur dan dapat menular.

Padahal, telapak kaki yang gelap dan kasar sama sekali tidak menular. Jika Anda merasa kalau telapak kaki yang gelap dan kasar mulai mengganggu, ikuti tips memutihkan telapak kaki yang gelap dan kasar ala Kamini berikut ini, yuk!

1. Wudhu

Wudhu Tips Memutihkan Telapak Kaki

Cara pertama dalam tips memutihkan telapak kaki adalah dengan berwudhu. Orang muslim melakukan sholat wajib setiap harinya selama lima waktu, yaitu saat sebelum fajar, saat tengah hari, antara siang dan sore, saat sebelum matahari terbenam, dan malam hari.

Wudhu adalah syarat untuk orang-orang dapat menunaikan ibadah sholat. Dalam melakukan wudhu, ada gerakan di mana orang diharuskan membasuh kaki. Bayangkan oleh Anda, jika Anda sholat wajib saja, maka Anda sudah lima kali mencuci kaki yang secara tidak langsung kaki Anda akan bersih dari kotoran.

2. Mandi

Mandi

Langkah yang kedua dalam tips memutihkan telapak kaki adalah dengan rutin mandi. Dengan mandi dua kali sehari, kulit Anda akan terhidrasi dengan baik dan akan terbebas dari kotoran. Jangan lupa beri sabun dan gosok kaki Anda dengan benar agar kaki Anda senantiasa putih dan mulus.

3. Menyikat Kaki

Menyikat Kaki

Para wanita di atas usia 25 biasanya punya barang ini, yaitu sikat kaki. Menggunakan sepatu selama berjam-jam setiap harinya membuat kaki menjadi pegal, kulitnya menjadi tebal, dan meninggalkan bau yang tak sedap. Anda bisa melakukan relaksasi ringan di rumah dengan menyediakan sebaskom air hangat yang telah diberi sedikit sabun cair + aromaterapi + lemon.

Rendam kaki Anda selama lima menit, lalu gosoklah telapak kaki dan kuku jari kaki Anda dengan sikat. Ada banyak sekali jenis sikat kaki, ada yang seperti jelly, ada yang satu paket dengan sikat dan batu apung, dan sikat kaki elektrik. Bahkan sekarang ada juga sikat yang ukurannya besar dan ditaruh di lantai. Cara menggunakannya, Anda berpegangan pada sesuatu, lalu gerakkan kaki Anda di atas sikat tersebut.

Jadi, bukan sikatnya yang bergerak, tapi kaki Anda. Ada-ada saja, ya? Kalau Anda ingin membeli aneka macam sikat kaki, Anda bisa membelinya secara online di Bukalapak melalui link ini.

4. Menggunakan Alas Kaki yang Pas

Menggunakan Alas Kaki yang Pas

Cara paling mudah untuk menjaga kaki Anda dari kotoran tentu saja dengan selalu menggunakan alas kaki. Di mana pun Anda, baik itu di dalam rumah, di hotel, di kantor, di sekolah, di pantai, di komplek rumah, selalu gunakan lah alas kaki.

Tapi, Anda tidak boleh sembarangan memilih alas kaki. Anda harus menggunakan alas kaki yang benar-benar pas dengan ukuran kaki Anda. Kenapa? Karena, alas kaki yang kebesaran atau pun kekecilan akan menimbulkan gesekan pada kulit Anda yang menyebabkan kulit menghitam dan menebal. Jadi, kalau ada alas kaki yang kebesaran atau kekecilan, jangan dipakai lagi, ya!

5. Aloe Vera

Aloe Vera

Sudah diketahui khalayak umum kalau Aloe Vera merupakan tanaman multi-khasiat yang bisa digunakan untuk keperluan apa saja. Bagaimana dengan kaki yang hitam dan kasar? Atau telapak kaki yang kering dan mengelupas?Tentu saja lidah buaya dapat mengobatinya juga! Anda bisa memotong lidah buaya secukupnya, lalu gosokkan dagingnya pada telapak kaki Anda. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas. Lakukan rutin untuk pencegahan di masa mendatang.

Atau, kalau Anda tidak punya tanaman aloe vera di rumah, Anda bisa membeli produk kecantikan yang dibuat dari bahan tersebut. Sekarang sudah banyak krim atau gel yang dibuat dari 90% lebih aloe vera murni. Karena berbentuk kemasan, tentunya jadi lebih praktis, bukan? Anda bisa membeli aloe vera gel di Bukalapak melalui link ini.

6. Almond

Almond Powder

Selain memanfaatkan lidah buaya, Anda bisa juga menggunakan almond dalam tips memutihkan telapak kaki. Almond merupakan biji-bijian yang mengandung banyak vitamin penting untuk kesehatan kulit.

Almond memiliki khasiat juga dalam anti pigmentasi, jadi warna kulit alami Anda akan tetap terjaga. Anda bisa menggunakan bubuk almond dan menggunakannya sebagai scrub. Atau, Anda bisa juga menggunakan minyak almond dan membungkus kaki Anda menggunakan plastik, diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

7. Mentimun

Mentimun

Langkah selanjutnya dalam mendaptkan kaki yang putih dan mulus adalah dengan menggunakan mentimun. Di Indonesia tidak sulit menemukan buah ini, karena mentimun sering mampir di kudapan nusantara, entah sebagai acar, rujak, atau pun lalapan.

Tapi, kali ini mentimunnya tidak akan kita makan. Mentimunnya akan digunakan untuk menutrisi kaki kita agar senantiasa lembut dan bersih. Caranya, tinggal potong saja buah mentimun, lalu gunakan daging bagian dalamnya untuk menggosok-gosok kaki.

Mentimun punya kandungan menenangkan, sehingga sangat baik untuk kulit kaki yang bermasalah apalagi yang pecah-pecah. Jadi, setiap kali belanja sayur mentimun, sisihkan beberapa untuk perawatan kaki, ya.

8. Baking Soda

Baking Soda

Baking soda merupakan bumbu dapur yang paling multi fungsi kalau bisa author bilang. Karena, selain bisa digunakan untuk keperluan memanggang kue dan memasak, baking soda juga bisa digunakan untuk membersihkan lantai, membuat gigi menjadi lebih putih, dan tentunya membuat telapak kaki jadi lebih putih dan mulus.

Hal ini dikarenakan baking soda bekerja sebagai exfoliant, sehingga dapat membersihkan kulit Anda secara alami dari kotoran hingga mencegah pigmentasi. Cara menggunakannya cukup larutkan baking soda dengan air, lalu siram-siram larutan baking soda pada kaki dan gosok kaki Anda menggunakan tangan.

9. Pedicure

Pedicure

Ada kalanya kita membutuhkan relaksasi setelah mengalami hari yang penat oleh kerjaan dan aktivitas sehari-hari. Pedicure merupakan salah satu cara yang tepat untuk bersantai sambil mempercantik diri.

Dalam pedicure, biasanya kita akan mendapatkan massage, foot scrub, penyikatan kaki, pembersihkan kuku, dan perendaman kaki menggunakan aromaterapi. Langkah ini tidak hanya efektif menuntas habis kotoran yang menyebabkan telapak kaki gelap dan tebal, namun juga membantu mengatasi masalah tumit yang kasar dan pecah-pecah.

10. Exfoliating Foot Mask

Exfoliating Foot Mask

Langkah terakhir dalam tips memutihkan telapak kaki ala Kamini adalah dengan menggunakan masker kaki. Jenis masker kaki ini sedang ngehits banget di Indonesia. Banyak sekali seller di online shop yang menjual produk ini. Cara kerja exfoliating foot mask adalah mengangkat kulit mati. Jadi, kulit kaki Anda, baik yang ditelapak dan sedikit bagian atas akan terkelupas.

Mungkin beberapa dari Anda akan menganggap hal ini menggelikan dan tidak akan pernah merasa berani untuk melakukannya. Tenang saja, ini sama sekali tidak sakit! Kulit Anda akan perlahan-lahan terkelupas saat hari ke-7 setelah penggunaan masker. Kalau menurut author sendiri rasanya fun menarik kulit yang sudah terkelupas. Anda dapat membeli aneka merk foot mask seperti ini di Bukalapak lewat link ini.

Selain kesepuluh tips memutihkan telapak kaki di atas, Anda bisa juga menjaga kaki terbebas dari rona gelap dan kasar dengan selalu menggunakan kaos kaki sebelum sneakers. Lalu, selalu gunakanlah pelembab seperti foot cream atau hand body pada bagian kaki setelah Anda mandi. Sedangkan untuk telapak kaki yang kasar Anda bisa mencoba 10 Tips Melembutkan Telapak Kaki yang Kasar Ala Kamini. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020