Kamini.id / Bau Sepatu / 10 Tips Mudah Menghilangkan Bau Kaki yang Tidak Sedap

10 Tips Mudah Menghilangkan Bau Kaki yang Tidak Sedap

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pernahkah Anda mencium aroma kaki Anda setelah beraktivitas seharian? Hmm.. biasanya ada bau tak sedap yang tercium, bukan? Pastinya Anda akan merasa tidak nyaman pada saat harus melepas sepatu yang Anda gunakan bila ada orang lain disekitar Anda. Karena biasanya aroma tak sedap pada kaki kita, akan menyebar ke seluruh ruangan dimana kita berada.

Bau kaki disebabkan penumpukan bakteri yang berkembang biak pada kaki yang lembab. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengatasi masalah bau pada kaki ini. Supaya Anda tidak perlu merasa khawatir orang lain dan bahkan Anda sendiri merasa tidak nyaman karena aroma tak sedap pada kaki Anda, mari lakukan beberapa langkah mudah untuk mengatasi aroma tak sedap pada telapak kaki berikut ini:

1. Mencuci telapak kaki dengan sabun antiseptik

mencuci dengan antiseptik

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencuci telapak kaki dengan sabun antiseptik. Hal ini dilakukan untuk membersihkan kaki dari segala kotoran, seperti debu dan keringat. Sehingga telapak kaki akan lebih siap dalam proses perawatan selanjutnya.

Caranya yaitu basuhlah kaki dengan air mengalir, lalu oleskan busa sabun keseluruh telapak kaki. Kemudian gosok seluruh bagian telapak kaki termasuk sela-sela jari dan kuku dengan menggunakan sikat khusus kaki. Setelah itu bilas telapak kaki dengan air mengalir sampai bersih.

2. Merendam telapak kaki dengan larutan air epsom salt

rendam epsom salt

Epsom salt mengandung zat-zat yang dapat meredakan rasa lelah pada kaki, mehidrasi kulit supaya lebih lembab, serta dapat membunuh bakteri penyebab bau pada kaki. Sebaiknya Anda merendam telapak kaki sebelum Anda tidur pada malam hari. Supaya kaki Anda benar-benar diistirahatkan dan dapat menyerap nutrisi dari kandungan bahan di dalam air rendaman tersebut.

Yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan air hangat di dalam wadah bersih yang ukurannya pas untuk merendam kedua telapak kaki Anda. Lalu masukkan 3-5 sendok makan epsom salt, boleh tambahkan aroma esensial yang Anda suka untuk menambah sensasi kesegaran. Rendamlah kedua telapak kaki Anda selama 30 menit. Lalu keringkan dengan menggunakan handuk bersih tanpa harus dibilas terlebih dahulu.

3. Meng-scrub telapak kaki dengan menggunakan teh hijau

scrub teh hijau

Teh hijau memiliki zat yang mampu mengencangkan pori-pori pada kulit. Serta memiliki kandungan anti oksidan yang mampu menyingkirkan radikal bebas yang bisa saja menempel pada kulit.  Selain itu, teh juga dapat melembabkan dan menghaluskan telapak kaki Anda. Sehingga kaki Anda bisa lebih halus, lembut dan kenyal.

Anda hanya perlu menyiapkan 3-5 sendok makan bubuk teh hijau, atau Anda boleh menggunakan teh celup yang sudah digunakan. Campur dengan 3-5 sendok makan gula pasir, beri sedikit minyak zaitun atau minyak kelapa murni. Aduk sampai rata lalu oleskan ke seluruh bagian telapak kaki sambil digosok perlahan dengan gerakan melingkar.

Lakukan selama 10 menit pada masing-masing telapak kaki, lalu diamkan selama 15 menit kemudian cuci sampai bersih tanpa menggunakan sabun.

4. Mengoleskan foot cream

oles footcream

Foot cream memiliki kandungan zat-zat yang dapat menutrisi kulit pada telapak kaki. Foot cream dapat menjaga telapak kaki untuk tetap sehat, lembab, lembut, halus dan kenyal. Sehingga Anda bisa terhindar dari kulit telapak kaki yang kasar dan pecah-pecah. Selain itu juga dapat membantu Anda dalam mengatasi bau tak sedap pada telapak kaki.

Setelah Anda melakukan langkah pada no. 1-3, Anda harus megeringkan telapak kaki terlebih dahulu termasuk sela-sela jari. Karena kaki yang lembab ataupun basah adalah lahan yang tepat bagi bakteri berkembang biak.

Setelah itu oleskan foot cream ke seluruh bagian telapak kaki termasuk sela-sela jari. Tutup telapak kaki dengan menggunakan kaos kaki yang bersih. Biarkan semalaman supaya nutrisi di dalam foot cream dapat menyerap lebih lama ke dalam kulit telapak kaki Anda.

5. Menyemprotkan spray khusus kaki

spray kaki

Sekarang sudah ada spray khusus untuk mengatasi bau pada kaki. Tetapi bukan berarti Anda tidak menjaga kesehatan kaki ya. Anda tetap harus membersihkan dan merawat kaki dengan rutin setiap harinya. Supaya kaki Anda tetap sehat dan terhindar dari bau kaki.

Spray ini bisa Anda gunakan sesaat sebelum menggunakan sepatu. Kandungan di dalam spray, dapat mencegah bakteri penyebab bau berkembang biak. Kaki Anda pun akan tetap segar dan kering.

6. Menjaga kebersihan sepatu

kebersihan sepatu

Selain melakukan perawatan pada telapak kaki Anda, ada hal lain yang harus Anda lakukan. Yaitu membersihkan sepatu yang sudah Anda gunakan. Cucilah sepatu seminggu sekali, cara mencucinya disesuaikan dengan bahan sepatu tersebut. Dan dihari-hati dimana sepatu tidak dicuci, Anda harus mengangin-anginkan sepatu tersebut. Supaya sepatu tetap kering dan bau pada sepatu juga dapat menguap.

Ganti sepatu  Anda setiap dua hari sekali. Cucilah sepatu yang tidak Anda gunakan. Sesuaikan cara mencuci sepatu dengan jenis bahan sepatu Anda, atau Anda bisa mengunjungi laundry sepatu yang sudah mulai banyak dimana-mana.

Saat Anda belum sempat mencucinya, sebaiknya sepatu yang sudah Anda gunakan tersebut diangin-anginkan untuk mengeringkan keringat yang menempel di dalam sepatu. Kemudian semprotkan pewangi khusus sepatu untuk mengatasi bau tak sedap didalam sepatu.

7. Rutin mengganti sol bagian dalam sepatu.

ganti sol dalam

Sol sepatu bagian dalam biasanya sering terabaikan. Padahal sol sepatu  jika tidak diganti maka akan menjadi sarang bagi bakteri untuk berkembang biak. Sehingga dapat menyebabkan bau pada kaki Anda

Oleh karena itu Anda harus rajin mengganti sol bagian dalam sepatu setiap sebulan sekali. Dan pilihlah jenis sol sepatu yang mengandung anti jamur, dan memiliki bentuk yang mengikuti lekukan telapak kaki sehingga bisa  menopang kaki dengan benar.

8. Menggunakan kaos kaki dengan bahan katun

kaoskaki katun

Jika Anda pengguna sepatu yang mengharuskan menggunakan kaos kaki, pilihlah kaos kaki yang 100% berbahan katun. Supaya kaos kaki Anda dapat menyerap keringat dengan baik. Kaos kaki katun ini juga ada yang sudah dilengkapi dengan anti bakteri. Harganya memang sedikit lebih mahal ketimbang kaos kaki katun lainnya. Tetapi Anda bisa mendapatkan manfaat lebih dengan harga tersebut dan tentunya dengan  kualitas yang baik.

Menggunakan kaos kaki pun ada aturannya. Anda harus mengganti kaos kaki setiap hari. Supaya kesehatan kaki Anda terjaga dan sepatu Anda pun aman dari masalah bau tak sedap akibat bakteri dari keringat yang menempel pada kaos kaki.

9. Perhatikan kondisi kuku kaki

kuku kaki

Kuku kaki juga salah satu hal yang harus Anda perhatikan. Kuku kaki sebaiknya tidak panjang dan dalam keadaan bersih. Potonglah kuku dengan rapi, bersihkan sela-sela kuku dengan menggunakan sabun dan disikat sampai bersih. Jangan abaikan kebersihan kuku kaki Anda, karena kuku kaki yang kotor juga menjadi pemicu timbulnya bakteri penyebab bau pada kaki.

Anda juga bisa melakukan perawatan kuku kaki atau pedicure di salon. Biasanya perawatan kuku yang satu ini dilengkapi dengan krim dan losion anti bakteri. Sehingga dapat menjaga kesehatan kuku dan kaki Anda serta menghindarkan kaki dari bau tak sedap.

10. Jangan menggunakan sepatu yang basah

sepatu basah

Disaat musim hujan, biasanya kendala yang ditemui adalah pada saat menjemur sepatu yang akan menjadi lebih sulit kering. Selain keringat, sepatu yang basah akan menyebabkan bakteri menjadi lebih cepat berkembang. Sehingga kaki maupun sepatu Anda bisa lebih cepat mudah bau. Oleh karena itu Anda harus benar-benar mengeringkan sepatu Anda sebelum digunakan.

Anda bisa mengeringkan sepatu dengan menggunakan hairdryer. Tetapi jika Anda tidak memiliki hairdryer atau mungkin hairdryer Anda sedang rusak, Anda bisa menyimpan sepatu dibelakang kulkas. Hawa panas yang dikeluarkan oleh mesin kulkas, dapat membantu Anda mengeringkan sepatu yang basah. Sehingga Anda bisa menggunakan sepatu itu keesokan harinya dengan nyaman.

Itulah beberapa langkah mudah untuk mengatasi aroma tak sedap pada telapak kaki. Rawatlah kaki Anda supaya tetap sehat, lembut, halus, kenyal dan tidak berbau. Jika Anda memiliki pengalaman lain dalam mengatasi bau pada kaki, silahkan berikan pendapat Anda pada kolom komentar yang tersedia.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 April 2020