Kamini.id / Ketiak / 10 Tips Menghilangkan Bau Badan Secara Mudah dan Sederhana

10 Tips Menghilangkan Bau Badan Secara Mudah dan Sederhana

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Juni 2019

Masalah bau badan dapat berdampak serius jika Anda tidak segera menanganinya dengan baik. Bau badan dapat mengurangi percaya diri, sehingga dapat mempengaruhi interaksi sosial sehari-hari. Di samping itu, bau badan juga dapat mengganggu bagi orang lain. Oleh karena itu, segera atasi masalah bau badan tanpa perlu menunda-nunda lagi.

Jangan putus asa ketika Anda memiliki masalah dengan bau badan. Pasalnya, Kamini akan memberikan Anda tips menghilangkan bau badan secara mudah dan sederhana. Siapa sangka dengan sedikit perubahan dalam beberapa hal tertentu Anda akan terbebas dari masalah bau badan yang mengganggu.

10 Tips Menghilangkan Bau Badan Secara Mudah

1. Mandi 2 kali sehari dengan sabun anti bakteri

Mandi 2 kali sehari dengan sabun anti bakteri Tips Menghilangkan Bau Badan

Penyebab bau badan adalah adanya bakteri yang hidup pada kulit dan dapat memecah keringat yang menjadi bau badan. Tips menghilangkan bau badan yang pertama adalah dengan mandi sebanyak 2 kali sehari dengan sabun anti-bakteri.

Mandi dapat membersihkan keringat, daki, dan bakteri yang dapat menimbulkan bau badan. Sementara itu, penggunaan sabun anti-bakteri dapat membantu untuk mengontrol pertumbuhan bakteri penyebab bau badan pada kulit. Waktu yang ideal untuk mandi adalah pagi dan sore hari.

2. Gunakan deodorant setelah mandi

Gunakan deodorant setelah mandi

Pilih merk deodorant yang bagus untuk mengontrol keringat berlebih pada ketiak. Tak dapat dipungkiri bahwa bau badan dapat bersumber dari keringat berlebih di area ketiak. Selalu gunakan deodorant setelah mandi dan sebelum Anda memulai aktivitas lainnya.

Deodorant akan membantu untuk mengendalikan bakteri dan produksi keringat. Jadi, aroma tubuh Anda akan terjaga terus sepanjang hari. Namun, hindari penggunaan deodorant yang terlalu banyak untuk menghindari iritasi dan efek samping lainnya.

3. Ganti pakai secara rutin

Ganti pakai secara rutin

Malas mencuci baju membuat kita cenderung menggunakan baju beberapa kali sampai benar-benar kotor. Padahal, apabila Anda memiliki masalah bau badan, maka Anda harus rajin berganti pakaian bersih setiap habis mandi.

Pakaian yang dipakai berkali-kali dapat berbau tak sedap dan membuat aroma tubuh Anda pun menjadi sangat bau. Selalu ganti pakaian Anda minimal 2 kali sehari. Jangan lupa untuk mencuci pakaian dengan deterjen hingga bersih untuk memastikan agar pakaian Anda selalu harum setiap saat.

4. Hindari makanan penyebab bau badan

Hindari makanan penyebab bau badan

Tahukah Anda bahwa bau badan ternyata bisa disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi sehari-hari? Jika Anda ingin terbebas dari masalah bau badan, maka Anda harus menghindari konsumsi beberapa makanan penyebab bau badan.

Adapun makanan yang bisa menimbulkan bau badan adalah daging merah, rempah-rempah, alkohol, kafein, tembakau, dan makanan cepat saji yang tergolong junk food. Tips menghilangkan bau badan dengan membatasi makanan penyebab bau badan ini cukup efektif untuk menghilangkan aroma tubuh yang tidak sedap secara permanen.

5. Belajar mengelola stres

Belajar mengelola stres

Siapa saja bisa mengalami stres, baik tua maupun muda. Tak ada yang menyangka bahwa stres ternyata bisa menjadi faktor pemicu timbulnya bau badan tidak sedap. Bagaimana bisa stres dapat mengakibatkan bau badan

Stres dapat memicu peningkatan hormon testosteron yang ternyata berdampak serius pada timbulnya bau badan. Oleh karena itu, Anda harus pandai mengelola stres jika tidak ingin memiliki bau badan yang tidak sedap.

Bahan Alami untuk Atasi Bau Badan

Bau Badan

Selain melakukan beberapa cara di atas, lakukan tips menghilangkan bau badan dengan beberapa bahan alami berikut ini. Bahan-bahan alami ini dipercaya dapat mengurangi bau badan secara bertahap sampai Anda benar-benar tidak bau badan lagi.

1. Jeruk Nipis atau Lemon

Lemon

Pernahkah terpikir dalam benak Anda untuk membuat deodorant alami dari jeruk nipis atau lemon? Ya, kedua buah yang sarat akan Vitamin C ini memiliki senyawa anti-bakterial yang dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab bau badan.

Manfaatkan salah satu dari kedua buah ini untuk membuat ramuan deodorant alami. Pertama, peras air buah di dalam sebuah wadah. Kemudian, campurkan air perasan jeruk dengan kapur sirih hingga teksturnya seperti krim. Oleskan krim ini ke ketiak setelah mandi dan diamkan selama satu jam sebelum dibilas dengan air bersih.

2. Baking Soda

Baking Soda

Masalah bau badan ternyata dapat diatasi dengan baking soda. Pasalnya, baking soda memiliki kemampuan untuk menyerap keringat dan membasmi bakteri di kulit yang dapat menyebabkan bau badan.

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat baking soda sebagai penghilang bau badan adalah campurkan 1 sdt baking soda dengan 1 sdt air perasan lemon. Selanjutnya, oleskan ke seluruh area tubuh yang paling banyak mengeluarkan keringat, termasuk ketiak. Diamkan selama 10 – 15 menit tanpa perlu digosok, lalu bilas sisa baking soda di kulit dengan air bersih.

3. Cuka Apel

cuka apel

Tips menghilangkan bau badan selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka apel. Sudah sejak dulu cuka apel dikenal sebagai bahan alami yang bagus untuk kesehatan. Akan tetapi, cuka apel ternyata dapat juga dipakai untuk mengatasi bau badan.

Anda dapat mengoleskan cuka apel ke bagian tubuh yang banyak memproduksi keringat dan diamkan selama 2 – 3 menit, lalu mandilah seperti biasa. Yang kedua dengan cara berendam di dalam bak mandi yang sudah dicampur dengan 250 ml cuka apel. Cara yang terakhir adalah dengan minum cuka apel setiap hari.

4. Cengkeh

Cengkeh

Mengatasi bau badan juga bisa dilakukan dari dalam tubuh. Misalnya, Anda bisa meminum ramuan cengkeh ini yang disinyalir dapat mengatasi bau badan yang tidak sedap. Hal tersebut dikarenakan cengkeh juga mengandung anti-bakterial alami untuk mengatasi bakteri penyebab bau badan.

Yang harus Anda lakukan adalah dengan merendam cengkeh di dalam satu gelas berisi air hangat. Kemudian, minumlah air rendaman cengkeh itu secara rutin 3 kali sehari. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, basuhlah tubuh Anda dengan air rendaman cengkeh 2 kali sehari sebelum atau sesudah mandi.

5. Daun Jambu Biji

Daun Jambu Biji

Satu lagi bahan alami yang ternyata bisa diracik untuk menjadi sebuah deodorant alami. Adalah daun jambu biji yang dapat digunakan sebagai bahan alami untuk pembuatan deodorant pencegah bau badan. Pilih daun jambu biji yang masih segar, lalu haluskan daun dengan menggunakan cobek atau blender.

Apabila daun jambu biji ini sudah halus, oleskan saja ke ketiak Anda. Setelah itu, biarkan daun jambu biji tersebut melekat pada ketiak dalam waktu 30 – 45 menit. Mengapa daun jambu biji dapat menghilangkan bau badan? Hal ini disebabkan oleh kandungan mineral dan anti-bakteri di dalam daun jambu biji yang akan menyerap keringat dan bakteri penyebab bau badan.

Cobalah tips menghilangkan bau badan di atas apabila Anda sudah hampir putus asa dengan maslaah bau badan yang dialami. Jangan lupa untuk turut berkonsultasi kepada dokter kulit apabila setelah satu minggu perawatan dengan bahan-bahan alami tapi bau badan tetap tercium. Punya tips lain untuk mengatasi bau badan? Tinggalkan tips Anda di kolom komentar yang tersedia.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *