Kamini.id / Bau Sepatu / 10 Tips Menghilangkan Bau Sepatu Secara Mudah dan Cepat

10 Tips Menghilangkan Bau Sepatu Secara Mudah dan Cepat

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sepatu kesayangan Anda berbau tak sedap sehingga menimbulkan rasa tidak percaya diri saat harus melepas sepatu di depan umum? Jangan buru-buru mengganti sepatu lama dengan yang baru. Pasalnya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau sepatu. Kalau ada cara untuk menghilangkan sepatu, mengapa tak Anda coba saja?

Kamini memiliki 10 tips menghilangkan bau sepatu yang sudah sangat menyengat. Tak perlu membawa ke salon perawatan sepatu karena sejatinya Anda dapat menghilangkan bau sepatu sendiri di rumah. Yuk, silakan ikuti instruksi berikut ini.

10 Tips Menghilangkan Bau Sepatu

1. Cuci sepatu secara berkala

Cuci sepatu secara berkala

Takut mencuci sepatu karena khawatir hal tersebut bisa merusak sepatu? Jika Anda sudah mengikuti langkah-langkah mencuci sepatu yang benar, pasti sepatu Anda tidak akan rusak. Tips menghilangkan bau sepatu adalah cara paling efektif untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu secara cepat.

Namun, perlu Anda perhatikan bahwa tidak semua jenis sepatu bisa dicuci. Sepatu olahraga mungkin tidak masalah jika dicuci, tetapi sepatu high heels tidak bisa dicuci begitu saja. Sebelum mencuci sepatu, sebaiknya baca dulu petunjuk perawatan sepatu yang tertera pada kemasannya.

2. Ganti kaos kaki secara teratur

Ganti kaos kaki secara teratur

Penyebab sepatu menjadi sangat bau juga bisa disebabkan karena malas mengganti kaos kaki. Pengguna yang memakai kaos kaki sebanyak lebih dari 2 kali dipercaya dapat membuat alas kaki yang dipakainya menjadi bau. Untuk menjaga agar sepatu Anda tetap wangi, sebaiknya ganti kaos kaki setiap hari.

Selain itu, hindari kebiasaan menyimpan kaos kaki bekas pakai di dalam sepatu karena lama kelamaan sepatu Anda bisa menjadi bau. Dengan mengganti kaos kaki secara teratur, bau di sepatu Anda akan hilang secara bertahap. Namun, jika Anda ingin segera menghilangkan bau di sepatu, segera cuci sepatu Anda dengan deterjen.

3. Manfaatkan kopi sebagai penghilang bau

Kopi

Tahukah Anda bahwa kopi yang biasa Anda minum bisa menghilangkan bau menyengat pada sepatu? Cukup manfaatkan kopo bubuk yang biasa Anda minum untuk menghilangkan bau pada sepatu. Usahakan menggunakan kopi hitam agar aromanya lebih kuat.

Pertama, pastikan sepatu Anda dalam keadaan kering sebelum melakukan perawatan dengan bubuk kopi. Setelah itu, bungkus bubuk kopi hitam di dalam tisu secara rapat. Kemudian, letakkan bungkusan tisu berisi kopi itu di dalam sepatu, masing-masing pasang berisi 1 buah bungkusan kopi. Diamkan semalaman, maka kopi akan menyerap bau tidak sedap pada sepatu Anda.

4. Masukkan koran bekas ke dalam sepatu

Masukkan koran bekas ke dalam sepatu Tips Menghilangkan Bau Sepatu

Siapa yang menyangka jika koran bekas yang sudah tak terpakai bisa menjadi bahan untuk melengkapi tips menghilangkan bau sepatu? Boleh dibilang bahwa cara menghilangkan bau sepatu dengan koran bekas ini adalah cara yang paling sederhana dan praktis. Cukup remas koran dan masukkan ke dalam sepatu. Isi sepatu dengan koran hingga penuh dan diamkan selama satu malam.

Ternyata, koran memiliki keampuhan untuk menyerap bau. Itu sebabnya beberapa pedagang sepatu menggunakan koran untuk menyumpal sepatu. Selain untuk menunjukkan ukuran sepatu yang sebenarnya, koran yang dimasukkan ke dalam sepatu juga bermanfaat untuk menghilangkan bau karena sepatu tersebut sering dicoba oleh calon pembeli.

5. Pakai baking soda untuk menyerap bau

Pakai baking soda untuk menyerap bau

Selain dapat mengatasi bau badan, ternyata baking soda juga dapat menyerap bau di dalam sepatu, lho. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba baking soda ini untuk membuat sepatu Anda bebas bau. Selain murah, baking soda juga bisa diperoleh di toko bahan-bahan kue.

Sebelum mengaplikasikan baking soda, pastikan sepatu Anda sudah dalam keadaan kering. Setelah memastikan bahwa kondisi sepatu kering, taburkan baking soda ke dalam sepatu dan biarkan semalaman. Pada pagi harinya, bersihkan bubuk baking soda ini dengan sikat. Lakukan cara ini berulang kali sampai bau di sepatu benar-benar hilang.

6. Gosokkan daun pandan ke bagian dalam sepatu

Daun pandan cara mengusir lalat

Daun pandan memang sudah terkenal dengan aromanya yang wangi. Jika pada umumnya daun pandan dipakai untuk mengharumkan masakan, kini Anda dapat memanfaatkan daun panda untuk menghilangkan bau di dalam sepatu.

Ya, caranya cukup mudah, gosokkan daun pandan ke bagian dalam sepatu Anda. Jika tidak ingin sepatu menjadi kotor, remas daun pandan hingga memar, lalu taruh di dalam sepatu dan biarkan sepanjang malam. Daun pandan terbukti efektif menghilangkan bau busuk pada sepatu.

7. Taburkan bedak bayi

Taburkan bedak bayi

Punya masalah dengan bau sepatu yang amat menyengat, tapi Anda belum sempat mencuci sepatu tersebut? Yuk, gunakan tips menghilangkan bau sepatu dengan bedak tabur khusus bayi. Percaya atau tidak, bedak bayi bisa menyerap aroma tidak sedap yang terdapat di dalam sepatu Anda.

Caranya pun mudah karena Anda hanya perlu menaburkan bedak bayi di dalam sepatu. Bedak bayi dipercaya dapat menetralisir bakteri penyebab bau tak sedap pada sepatu. Tak perlu repot membersihkan sisa bedak bayi di dalam sepatu karena bedak akan hilang dengan sendirinya saat Anda memakai sepatu tersebut.

8. Semprotkan alkohol ke dalam sepatu

Semprotkan alkohol ke dalam sepatu

Bau tidak sedap pada sepatu disebabkan karena bakteri. Bakteri tersebut bisa berasal dari kaki, kaos kaki, atau pembersihan sepatu yang kurang tepat. Cara cepat untuk menghilangkan bau pada sepatu adalah dengan menggunakan alkohol.

Cukup semprotkan alkohol ke bagian dalam sepatu untuk membasmi bakteri penyebab bau tak sedap. Setelah disemprot, angin-anginkan sepatu Anda terlebih dahulu sebelum dipakai kembali. Lakukan cara ini sampai bau sepatu Anda hilang.

9. Jemur sepatu di bawah sinar matahari

Jemur sepatu di bawah sinar matahari

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penyebab bau di sepatu Anda adalah bakteri. Untuk membasmi bakteri tersebut sebenarnya cukup mudah karena Anda hanya perlu menjemur sepatu di bawah sinar matahari. Sinar matahari yang terik akan membunuh bakteri yang meninggalkan bau pada sepatu.

Tak hanya itu saja, setelah mencuci sepatu dengan deterjen, sebaiknya jemur di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Pasalnya, menyimpan sepatu dalam keadaan lembab dapat mempercepat pertumbuhan bakteri yang bisa mengakibatkan bau tak sedap pada sepatu Anda.

10. Hilangkan bau kaki Anda

Hilangkan bau kaki Anda

Beberapa orang memiliki masalah bau kaki. Apabila kaki Anda bau tentu saja baunya akan mencemari bagian dalam sepatu. Jika sudah seperti ini, Anda harus berusaha mencari cara menghilangkan bau kaki.

Ada beberapa cara untuk mengatasi bau kaki, salah satunya adalah merendam kaki di larutan air hangat dan garam. Kapalan juga dipercaya bisa menyebabkan bau pada kaki. Jadi, gosoklah bagian kapalan ini dengan batu apung saat mandi untuk menghaluskan kulit dan mencegah bau kaki.

Tips menghilangkan bau sepatu

Beragam tips menghilangkan bau sepatu ini bisa segera Anda coba di rumah. Nah, dengan tips sederhana ini Anda tidak perlu lagi buru-buru mengganti sepatu lama dengan yang baru, bukan?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 April 2020