Kamini.id / Membersihkan Daki / 5 Tips Menghilangkan Daki di Leher Secara Mudah dan Cepat

5 Tips Menghilangkan Daki di Leher Secara Mudah dan Cepat

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Maret 2019

Pernahkah Anda melihat leher orang begitu hitam, padahal wajah dan tangannya terlihat putih atau lebih cerah? Leher memiliki banyak lipatan kulit, sehingga kotoran, debu, polusi dan keringat dapat terperangkap dengan mudah. Jika telah menumpuk, kotoran tersebut akan berubah menjadi daki.

Daki yang menumpuk di leher bisa membuat penampilan Anda turun drastis, loh. Pasalnya, orang akan berpikir kalau Anda malas mandi dan tidak terlalu memperhatikan penampilan. Walaupun begitu, Anda tidak perlu khawatir, karena daki di leher dapat dihilangkan. Sebelum membahas tips untuk menghilangkan daki, mari kita ketahui terlebih dahulu penyebab adanya daki di leher.

Penyebab Daki di Leher

tips meghilangkan daki di leher

Warna leher yang berbeda bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan. Misalnya, jika Anda pengidap diabetes, maka leher Anda biasanya akan berwarna agak kehitaman. Lalu, ada juga yang memiliki leher gelap karena kelainan genetis dan bertambahnya atau berkurangnya berat badan dengan skala yang besar. Tapi, yang paling umum biasanya karena perilaku sehari-hari yang kurang bersih.

Mungkin Anda mandi setiap hari, bahkan dua kali sehari. Pertanyaannya, apakah Anda sudah mandi dengan benar? Kebanyakan orang hanya mengguyur badan dengan air dan mengusap tubuh menggunakan sabun. Padahal, Anda harus menggosok tubuh Anda dengan benar, baru kotoran akan terangkat semua. Kalau Anda hanya mengusap tubuh saja, maka yang hilang hanya keringat, tidak dengan kotoran yang terselip di pori dan lipatan kulit.

Sekarang, Kamini akan memberi tahu Anda lima tips menghilangkan daki di leher dengan mudah. Yuk, disimak!

5 Tips Menghilangkan Daki di Leher Dengan Mudah

1. Gosok Leher Saat Mandi

Gosok Leher Saat Mandi

Langkah pertama dan paling mudah dalam daftar tips meghilangkan daki di leher adalah dengan mandi yang bersih. Jika Anda mandi dengan benar, niscaya daki tidak akan mudah menumpuk di kulit Anda, terutama yang banyak lipatannya seperti leher.

Jika Anda merasa kesulitan untuk menggosok leher dengan benar, maka gunakanlah alat bantu seperti spons, shower puff berbentuk bulat atau pun shower puff yang ada gagangnya. Shower puff merupakan sabut mandi yang terbuat dari plastik. Benda ini dapat membantu Anda mendapatkan busa sabun yang lebih banyak dan mengangkat kotoran lebih baik dibandingkan dengan hanya menggunakan sabun saja.

2. Handuk Basah

 Handuk Basah

Langkah kedua dalam tips menghilangkan daki di leher adalah dengan menggosok area leher menggunakan handuk basah. Cara ini merupakan cara yang lebih efektif daripada menggosok leher saat mandi.

Pilihlah handuk yang teksur bulunya besar dan panjang. Basahi handuk yang agak kasar tersebut dengan air, lalu peras hingga tidak ada lagi air yang menetes. Setelah itu, gosokkan handuk ke leher hingga daki terangkat.

3. Luluran

Luluran

Luluran dipercaya oleh orang Indonesia sebagai salah satu perawatan kulit yang wajib dilakukan. Hal ini dipicu oleh banyaknya orang Indonesia yang mendambakan memiliki kulit putih bersih, sehingga luluran pun sering dilakukan. Padahal, sebenarnya fungsi lulur adalah untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati serta menghaluskan kulit, bukan untuk memutihkan.

Efek dari kotoran dan daki yang terangkat itulah yang membuat kulit terlihat lebih cerah. Lulur mengandung butiran scrub yang akan membantu mengangkat daki Anda dengan mudah. Lakukan luluran minimal sebulan sekali atau dua kali sebulan untuk hasil terbaik.

4. Almond Powder

Almond Powder

Anda bisa juga menghilangkan daki di leher dengan bahan-bahan alami. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan almond bubuk atau tepung almond. Caranya adalah dengan mencampur 1/2 sendok teh almond bubuk + 1 sendok teh susu bubuk + 1 sendok teh madu lalu aduk rata hingga membentuk pasta.

Balurkan pasta tersebut ke seluruh permukaan leher, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu, cuci bersih leher Anda menggunakan air hangat. Untuk perawatan lanjutan, Anda bisa mengaplikasikan minyak almond pada leher Anda sambil melakukan massage ringan.

5. Yoghurt

Yoghurt

Langkah terakhir dalam tips menghilangkan daki di leher adalah dengan menggunakan yoghurt. Sudah dikenal selama berabad-abad kalau yoghurt baik untuk tubuh, kulit dan rambut. Cara menggunakannya untuk menghilangkan daki sangat mudah. Anda hanya perlu membalurkan yoghurt ke leher Anda, diamkan selama 15 menit, dan bilas leher dengan air hangat-hangat kuku.

Yoghurt berfungsi untuk membuat leher terlihat lebih cerah. Untuk hasil lebih baik, campurkan terlebih dahulu 1 sendok teh plain yoghurt dengan 1/2 lemon yang telah diperas. Gunakan langkah ini sebanyak 2 atau 3 kali seminggu, dan leher Anda pun dapat terlihat lebih cerah dengan cepat.

Itu dia lima tips menghilangkan daki di leher dari Kamini. Anda bisa mengikuti langkah memutihkan leher hitam dengan bahan-bahan alami di artikel ini. Cara manakah yang menurut Anda paling efektif? Yuk, mari dibuktikan sendiri dengan mulai perawatan sekarang. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *