7 Tips untuk Menghindari Mata Panda Selama Berpuasa

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 27 Maret 2021

Saat berpuasa hal yang sering dialami oleh banyak orang adalah kekurangan waktu untuk tidur. Jam tidur akan cukup berkurang karena biasanya tidur baru bisa dilakukan setelah selesai sholat tarawih. Tak hanya itu, kita juga harus bangun lebih awal sekitar 2 jam sebelum waktunya sholat subuh. Kurangnya waktu tidur ditambah dehidrasi karena berpuasa, biasanya akan mengakibatkan timbulnya mata panda.

Bagi kebanyakan orang, kantung mata atau mata panda menjadi salah satu permasalahan yang sangat mengganggu penampilan. Alhasil penampilan yang biasanya terlihat fresh, kini justru terlihat seperti orang yang letih dan lesu saat beraktivitas selama puasa. Maka dari itu menjaga agar tidak terkena mata panda selama berpuasa itu penting lho.

Kali ini Kamini akan membahas mengenai tips-tips agar dapat terhindar dari mata panda selama berpuasa. Informasi lebih lengkapnya ada di bawah ini.

1. Minum Air Putih Secara Teratur

Minum air putih memang selalu menjadi modal utama untuk membantu menjaga kesehatan. Meski lebih dari 12 jam harus berpuasa, bukan berarti kita tidak dapat memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan.

Seperti yang kita tahu, kebutuhan minum air putih yang direkomendasikan adalah 8 gelas perhari. Kamu bisa memberikan asupan cairan yang dibutuhkan tersebut ketika berbuka puasa hingga waktunya sahur.

Kamu bisa melakukan konsep 3 gelas saat berbuka, 2 gelas sebelum tidur dan 3 gelas saat sahur. Dengan melakukan hal di atas, maka tubuh akan bisa terhindar dari dehidrasi selama berpuasa. Karena salah satu penyebab terjadinya mata panda bukan hanya kurang tidur tapi dari dehidrasi juga. Maka dari itu jangan anggap remeh mengenai manfaat air putih untuk kesehatan dan kecantikan.

2. Gunakan Eye Cream

Salah satu penyebab terjadinya mata panda adalah kelelahan dan kurangnya tidur. Hal ini memang rentan terjadi selama kamu berpuasa, dimana harus bangun dipagi hari untuk sahur. Sementara di siang harinya kamu harus beraktivitas seperti biasa bahkan meski di luar ruangan, tanpa makan dan minum.  

Jika kamu sudah terlanjur memiliki mata panda, salah satu cara mujarab dan mudah adalah dengan memakai eye cream. Pasalnya, eye cream memang memiliki banyak manfaat untuk bisa menjaga kesehatan daerah sekitar mata. Mulai dari mengatasi kulit kering, menyamarkan tanda penuaan, hingga mengatasi mata panda.

Pada dasarnya kandungan yang ada pada eye cream biasanya terdiri dari air, humektan, emolien, retinol dan niacinamide. Tapi salah satu hal yang perlu di perhatikan adalah memilih kandungan eye cream yang sesuai dengan jenis kulit.

Jika kulit kering pilihlah eye cream bertekstur kental yang melembabkan, sedangkan kulit berminyak pastikan tidak ada kandungan pewangi di dalamnya. Terakhir untuk kulit sensitif, pastikan eye cream yang kamu gunakan memiliki label hypoallergenic.

3. Gunakan Serum Mata

tips menghindari mata panda saat puasa_Gunakan Serum MataSumber: oprahmag.com

Salah satu produk skincare yang juga dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan lingkar mata adalah serum mata. Serum mata ini biasanya memiliki lebih banyak kandungan retinol dan vitamin C dibanding dengan eye cream atau eye gel. Pasalnya, serum mata memang kaya akan vitamin dan antioksidan yang dapat melawan kerutan dan mencerahkan kantung mata.

Serum mata memang menjadi produk yang ampuh melawan radikal bebas dan sebagai anti-aging. Serum mata sendiri biasanya digunakan oleh para wanita yang memiliki range usia di atas 20 tahunan. Serum mata juga biasanya sering digunakan oleh para wanita sebelum tidur dan sesudah memakai berbagai produk perawatan kulit malam.

Dengan memakai serum mata secara rutin setiap malam, di pagi hari kamu akan merasakan lingkar mata menjadi lebih cerah dan bebas kerutan. Jadi kamu bisa beraktivitas seperti biasa tanpa harus khawatir mata panda akan mengganggu penampilan selama berpuasa.

4. Gunakan Masker Mata

Beralih ke masker mata, salah satu kegiatan yang tidak hanya bisa membersihkan tapi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan area mata. Menggunakan masker mata sama halnya dengan memakai masker wajah sebagai salah satu cara menenangkan kulit. Salah satu penyebab mata panda tidak hanya karena dehidrasi, tapi bisa juga karena stres.

Karena biasanya banyak para pekerja yang harus kejar setoran demi bisa mendapatkan waktu libur lebaran lebih cepat. Hal ini otomatis akan membuat stres, ditambah lagi dehidrasi dan kurang tidur, jadi makin mudah terkena mata panda. Maka dari itu, kamu bisa mencoba untuk memakai masker mata dengan bahan sederhana seperti kantong teh.

Kamu hanya perlu menghilangkan cairan yang masih tersisa di teh lalu dinginkan di kulkas selama 10-20 menit. Barulah setelah itu kamu gunakan kantong teh untuk menutupi mata selama 30 menit sehingga kafein dalam didalamnya dapat bekerja mengatasi bengkak dan mata panda. Teh yang digunakan bebas, mau teh hijau, teh hitam atau teh herbal sekalipun semuanya memiliki manfaat yang sama.

5. Gunakan Makeup untuk Menyamarkannya

Karena perawatan mata panda membutuhkan waktu yang tidak sebentar, pasti kamu kebingungan dong untuk menyamarkan mata panda saat keluar rumah. Inilah saatnya kamu mengandalkan “the power of makeup” untuk menutupi mata panda yang mengganggu. Apalagi saat berlebaran, mata panda pasti akan membuat penampilanmu jadi kurang maksimal.

Kamu bisa memakai color corrector, concealer dan foundation untuk menutupi mata panda. Sehingga mata terlihat lebih sehat. Makeup memang selalu menjadi jalan pintas dan favorit banyak wanita, pasalnya concealer memang berguna untuk menutupi kekurangan di wajah. Jadi meski wajah terlihat lesu dan lemas selama menjalankan puasa, kamu bisa menutupinya dengan makeup.

Apalagi kini sudah banyak concealer atau foundation yang memang memiliki kemampuan untuk menyamarkan noda di wajah. jadi hanya memerlukan satu produk saja, berbagai kekurangan di wajah dapat tersamarkan dengan maksimal.

6. Kompres Mata di Waktu Luang

Beraktivitas seperti biasa meski sedang menjalankan puasa, bisa dibilang sudah biasa dan mudah. Pasalnya saat awal berpuasa mungkin kita akan merasakan kesulitan, tapi seiring berjalannya waktu kita sudah terbiasa dengan situasi tersebut. Tapi salah satu masalah yang hadir selama berpuasa sambil beraktivitas adalah munculnya mata panda.

Hal ini pasti akan kamu rasakan saat berkaca saat berada di rumah setelah selesai bekerja. Kamu akan merasakan area bawah mata membengkak, menggelap dan kulitnya terasa kering. Salah satu cara paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah mengompres mata menggunakan es batu. Dikutip dari liputan6.com, kompres es batu akan membantu mengatasi lingkaran hitam.

Kompres es batu akan membuat pembuluh darah yang melebar di bawah mata menjadi lebih mengerut. Pengerutan inilah yang akan membantu untuk mengatasi bengkak di bawah mata yang biasa disebut mata panda. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengambil beberapa es batu dan membungkusnya di handuk kecil.

Kamu bisa menempelkan es batu di handuk ke area bawah mata selama 20 menit lamanya. Selama melakukan hal ini, kamu akan merasakan sensasi mata yang sejuk dan terasa rileks. Kamu bisa melakukan ini sambil bersantai menunggu adzan maghrib berbuka puasa atau dilakukan sebelum tidur.

Mata panda memang akan mudah terjadi jika kita sedang mengalami stres dan dehidrasi. Apalagi selama berpuasa, tubuh akan kehilangan cairan karena berpuasa selama lebih dari 12 jam. Maka dari itu kamu bisa melakukan perawatan mata panda yang mudah di rumah sambil menunggu adzan buka puasa.

Semoga tips-tips menghindari mata panda ini bisa kamu lakukan saat puasa nanti dan memberikan hasil maksimal dalam menjaga kulit area mata tetap sehat, cerah dan segar. Selamat mencoba!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram