kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Inilah Tips Perawatan Kulit yang Penting untuk Berenang

Inilah Tips Perawatan Kulit yang Penting untuk Berenang

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 24 Desember 2020

Berenang adalah salah satu kegiatan yang seringnya ada dalam checklist liburan, entah berenang di pantai maupun di kolam yang disediakan penginapan. Tak hanya saat liburan, berenang juga menjadi kegiatan yang biasanya dilakukan kala musim panas tiba.

Akan tetapi, kegiatan satu ini sering berdampak kurang menyenangkan bagi kulit. Dampak ini sebenarnya bukan karena kegiatan renang itu sendiri, melainkan karena proteksi alami kulit kita yang terganggu selama berenang. Karena itulah melindungi kulit kala berenang sangatlah penting dilakukan untuk menghindari munculnya gangguan dan masalah kulit.

Kebetulan, kali ini Kamini akan menyampaikan tips dalam melindungi dan merawat kulit yang tepat saat berenang. Ingin tahu apa saja? Yuk, simak pemaparan berikut!

1. Lembabkan Kulit Sebelum Masuk ke Dalam Air

tips perawatan wajah untuk renang_lembabkan

* sumber: www.blusheee.com

Kebanyakan orang melewatkan langkah ini dan langsung begitu saja mengaplikasikan sunscreen pada kulit sebelum berenang. Padahal mengaplikasikan pelembab cukup penting dilakukan dalam rangka melindungi kulit dari kekeringan.

Kandungan klorin yang biasanya terdapat di dalam kolam renang akan menarik minyak alami kulit dan menjadikan kulit rentan teriritasi. Hal ini juga dapat terjadi ketika berenang di air laut yang cenderung memiliki kadar garam tinggi. Inilah mengapa setelah berenang, kita sering merasa kulit menjadi sangat kering.

Oleh karena itu, aplikasikan pelembab harianmu sebelum mengoleskan sunscreen bila ingin berenang. Jangan lupa juga berikan lapisan kelembaban ekstra pada area-area kulit yang rentan kering, seperti siku dan lutut.

Bila khawatir pelembab yang kamu gunakan akan bereaksi dengan senyawa kimia yang ada pada kolam, gunakan saja pelembab no-frills dengan bahan utama petroleum jelly. Pelembab ini akan cenderung lebih aman digunakan sekaligus dapat melembabkan dengan sangat baik.

2. Aplikasikan Sunscreen dengan Tepat

* sumber: www.medactiv.mu

Peraturan yang tidak boleh terlewati untuk melindungi kulit saat berenang adalah penggunaan sunscreen. Bahkan tidak hanya saat berenang saja, kala melakukan aktivitas harian lain kecuali tidur, sunscreen wajib masuk dalam rangkaian perawatan kulit. Seperti yang kita tahu, sunscreen sangat berguna dalam melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat menyebabkan penggelapan. Untuk menghindari terjadinya penggelapan tersebut, sunscreen datang untuk membantu.

Sayangnya, tidak sedikit dari kita yang keliru kala mengaplikasikan sunscreen untuk berenang ini. Alhasil, kulit tetap mengalami penggelapan meskipun sunscreen telah diulaskan. Karenanya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan kala menggunakan sunscreen sebelum berenang.

Pertama, aplikasikan sunscreen minimal 15-20 menit sebelum masuk ke dalam air. Lebih baik lagi bila kamu sudah mengaplikasikannya sejak masih di dalam rumah. Lalu, jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen pada area-area kulit yang banyak terekspos matahari.

Bila kamu menggunakan baju renang panjang misalnya, jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen pada area kaki bagian bawah dan punggung tangan. Usahakan pula untuk memilih sunscreen yang bersifat water-resistant atau water-proof, sehingga sunscreen tidak mudah luntur sekalipun terkena air.

3. Jangan Menunda, Langsung Pergi Bilas

tips perawatan wajah untuk renang_Bilas

* sumber: www.showerreports.com

Selesai berenang, segeralah pergi untuk membilas tubuh. Hindari berdiam diri terlalu lama apalagi bila menunggu tubuh mengering di bawah sinar matahari. Dijamin kulitmu akan mudah menggelap.

Mandi setelah berenang juga dimaksudkan untuk menghilangkan sisa klorin yang masih tertinggal pada kulit. Karena kalau dibiarkan begitu saja, klorin akan berinteraksi dengan kulit dan menyebabkan permasalahan yang tidak akan kita sukai.

Pada saat mandi, kamu juga sebaiknya menggunakan sabun dengan formulasi yang lembut. Sabun yang tidak akan menyebabkan kulit semakin kering. Namun, bila kamu tidak mau bersusah payah mencari produk sabun dengan kriteria tersebut, kamu bisa menggunakan sabun apapun yang biasanya kamu gunakan saat mandi. Dengan catatan, kamu harus mengikuti tips selanjutnya.

4. Lembabkan Kulit, Lagi!

tips perawatan wajah untuk renang_lembabkan kembali

* sumber: www.agazeta.com.br

Masih ingat kan kalau klorin dapat menarik kelembaban alami kulit kita? Benar, karena itulah kulit akan cenderung terasa kering setelah berenang. Maka dari itu kita wajib mengaplikasikan kembali pelembab ke seluruh tubuh setelah selesai mandi.

Gunakan pelembab baik pada wajah dan tubuh selesai mandi dalam keadaan kulit yang setengah lembab. Hindari pula menggosok tubuh menggunakan handuk saat mengeringkan kulit, jadi cukup tepuk-tepuk lembut saja.

5. Pakai Sunscreen Setelah Berenang

tips perawatan wajah untuk renang_aplikasikan sunscreen

*

Langkah lain yang sering terlewat dalam menjaga dan merawat kulit setelah berenang adalah mengaplikasikan kembali sunscreen selesai membilas tubuh. Ingat, setelah berenang kulit masih harus berhadapan langsung dengan sinar matahari. Artinya, proteksi kulit terhadap sinar UV masih dibutuhkan bahkan setelah kamu selesai berenang sekalipun.

Sama halnya dengan pengaplikasian sunscreen sebelum berenang, penggunaan sunscreen setelah berenang juga sebaiknya dilakukan minimal 15 menit sebelum berada di luar ruangan. Hal ini bertujuan agar sunscreen dapat menyerap dengan baik pada kulit dan membentuk lapisan perlindungan yang optimal.

6. Minum Air yang Cukup

tips perawatan wajah untuk renang_Minum air yang cukup

* sumber: edition.cnn.com

Karena renang merupakan salah satu kegiatan berolahraga, maka asupan cairan tetap dibutuhkan oleh tubuh kala berenang. Demi menghindari penyerapan air kolam renang oleh kulit yang kekurangan cairan, sebaiknya minum air yang cukup terlebih dahulu sebelum masuk ke kolam renang. Air yang diminum jangan terlalu banyak ya, demi menghindari rasa ingin buang air kecil selama berenang.

Tak hanya sebelum berenang, menyeimbangkan asupan cairan tubuh juga perlu dilakukan setelah berenang. Meminum air setelah berenang juga dapat membantu membuat tubuh terhidrasi kembali.

7. Eksfoliasi

tips perawatan wajah untuk renang_eksfoliasi

* sumber: www.ellennoir.co.uk

Bila menyadari adanya penggelapan warna kulit atau kondisi kulit lainnya akibat hiperpigmentasi karena berenang, kamu bisa menghilangkannya dengan eksfoliasi 1-2 kali tiap minggunya. Kegiatan eksfoliasi tak hanya membantu mengangkat sel-sel kulit mati, namun juga dapat membuat tampilan kulit menjadi lebih cerah.

Kamu dapat mengandalkan produk chemical exfoliant dalam hal ini. Bila kulitmu berjerawat, pilih produk yang mengandung Beta Hydroxy Acid contohnya asam salisilat. Sedangkan bila kulitmu cenderung kering, pilihlah produk dengan kandungan glycolic acid ataupun senyawa Alpha Hydroxy Acid lainnya.

8. Gunakan Bahan Aktif Pencerah

tips perawatan wajah untuk renang_gunakan bahan aktif pencerah (Copy)

* sumber: www.flare.com

Tak hanya dengan eksfoliasi, kamu juga dapat menggunakan serum dengan bahan aktif pencerah untuk mengembalikan keadaan kulit yang gelap. Jenis serum yang dapat kamu pilih adalah serum vitamin C.

Tapi ingat, ketika menggunakan bahan aktif pencerah di pagi hari, jangan lupa juga untuk mengaplikasikan sunscreen setelahnya agar bahan aktif tersebut dapat bekerja dengan optimal tanpa diganggu oleh sinar UV.

Itulah 8 tips perawatan kulit ketika berenang. Tips tersebut tak hanya merawat dan menjaga namun juga dapat mengatasi permasalahan kulit yang terjadi karena berenang. Perlu dicatat, tips ini tidak hanya berlaku bagi kamu yang ingin berenang di kolam renang saja, tapi juga untuk kamu yang mantai, berenang di sungai, bahkan saat ingin menyelam ke dalam laut.

Apabila kamu memiliki tips lain untuk merawat dan melindungi kulit kala berenang, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar, ya! Selamat mencoba!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram