Tips Pindah Rumah ke Luar Kota yang Aman dan Terjangkau

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 3 Agustus 2021

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR PERMANEN LINK

Dalam hidup, pasti ada saatnya Anda diharuskan untuk pindah rumah. Entah setelah menikah atau setelah memiliki rumah baru. Pindah rumah pun tidak mustahil dilakukan hingga ke luar dari kota kelahiran. Inilah mengapa pengetahuan tentang pindah rumah cukup penting untuk diketahui semua orang.

Perlu Anda ketahui, pindah rumah tidak hanya membutuhkan persiapan yang matang, namun juga biaya yang cukup tinggi. Hal ini demi memastikan Anda tidak melupakan barang-barang yang harus dibawa ke rumah baru, serta agar barang-barang tersebut sampai dengan selamat.

Namun Anda tidak perlu khawatir, beberapa tips berikut ini akan membuat proses pindah rumah Anda menjadi lebih mudah dilakukan, bahkan memungkinkan Anda untuk menekan biaya yang harus dipersiapkan. Apa saja tips yang dimaksud? Berikut adalah daftarnya.

1. Lakukan Pengemasan dari Jauh Hari

tips pindah rumah aman dan terjangkau

Selain membuat perencanaan dari jauh-jauh hari, Anda juga perlu memulai pengemasan barang lebih awal. Tips ini akan membantu Anda mengurangi stres yang muncul mendekati hari pindahan. Pengemasan barang dari jauh hari akan menghemat tenaga Anda.

Tak pelu semua barang langsung Anda kemas sekaligus, lebih baik mencicilnya dan mencatat barang-barang yang telah dikemas. Mulai dengan ruangan demi ruangan, pikirkan bagaimana Anda akan mengemas barang-barang tersebut.

Tak hanya mengemas barang, Anda juga perlu mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pindahan sedini mungkin. Surat-surat seperti kepemilikan dan asuransi rumah, pajak, penggantian KTP dan lainnya wajib Anda persiapkan sebelum tanggal pindahan. Dengan melakukan hal-hal tersebut, proses pindah rumah yang Anda lakukan menjadi lebih matang.

2. Pilah Barang-Barang yang Akan DIkemas

tips pindah rumah aman dan terjangkau_pilah

Cara memilah barang yang akan Anda kemas untuk dipindahkan ke rumah baru juga penting untuk diperhatikan. Teknik yang bisa Anda gunakan untuk mengemas ini adalah Declutter.

Teknik ini memang seringnya digunakan untuk merapikan sesuatu, entah rumah, kamar bahkan isi lemari. Akan tetapi, menerapkan teknik declutter untuk mengemas barang yang akan dipindahkan ke rumah baru juga akan sangat membantu proses pindahan.

Dalam menerapkan teknik declutter, Anda hanya perlu memikirkan barang-barang yang paling dibutuhkan. Misalnya bed cover, peralatan masak, lemari dan sebagainya. Singkirkan barang-barang yang menurut Anda tidak penting untuk dibawa, rusak atau yang sudah tidak digunakan lagi. Anda bisa mendonasikan barang-barang tersebut bahkan menjualnya untuk menambah anggaran pindahan.

Pikirkan pula barang-barang yang sangat krusial seperti dokumen-dokumen penting serta perhiasan. Simpan barang-barang ini dalam brankas khusus atau wadah yang aman dan pastikan selalu ada dalam pengawasan Anda sampai proses pindahan selesai.

Memilah barang-barang yang pertu dan tak perlu Anda kemas juga akan menghemat anggaran untuk pindahan. Pasalnya, secara tidak langsung Anda mengurangi jumlah berat barang yang akan dibawa bila Anda menggunakan bantuan jasa logistik.

3. Mulai Dengan Ruangan yang Paling Jarang Digunakan

tips pindah rumah aman dan terjangkau_ruangan

Bila masih kebingungan darimana harusnya Anda mulai mengemas barang, mulailah dari ruangan yang paling jarang Anda gunakan. Contohnya gudang, garasi, kamar tamu dan semacamnya. Biasanya pada ruangan-ruangan tersebut Anda juga akan menemukan barang-barang yang tidak banyak dipakai.

Memulai dari ruangan yang jarang Anda pakai juga memberikan Anda waktu untuk memutuskan apakah barang-barang yang ditemukan di sana perlu Anda pindahkan ke rumah baru atau tidak. Sehingga tidak akan ada keraguan lagi di kepala Anda saat hari pindahan tiba.

4. Gunakan Kemasan yang Tepat

tips pindah rumah aman dan terjangkau_kemasan

Memilih kemasan untuk setiap barang juga perlu perhatian khusus. Mustahil rasanya bila Anda tidak mengemas barang pecah belah dan pakaian menggunakan bahan pengemas berbeda. Hal ini dilakukan demi mengurangi resiko kerusakan pada barang-barang selama perjalanan menuju rumah baru.

Untuk barang-barang yang memiliki resiko kerusakan rendah, cukup gunakan kardus. Sementara untuk barang pecah belah seperti piring dan gelas, Anda bisa mengandalkan bubble wrap untuk mengurangi pergerakan barang-barang tersebut.

Bila dirasa bubble wrap cukup menguras biaya, Anda bisa menggunakan alternatif seperti handuk, kain dan kaus kaki untuk membungkus barang pecah belah ini.

5. Jangan Lupa Kemas Barang yang Diperlukan Selama Perjalanan

tips pindah rumah aman dan terjangkau_perjananan

Skenario lain yang harus Anda pikirkan saat pindah rumah adalah mengemas barang-barang yang Anda dan keluarga perlukan selama perjalanan. Tak hanya memakan waktu berjam-jam, pindah rumah ke luar dari kota tempat terakhir Anda tinggal bahkan dapat memakan waktu hingga berhari-hari. Oleh karena itu, Anda tetap harus memikirkan keperluan yang perlu ada di koper atau tas jinjing yang Anda bawa.

Isilah tas atau koper tersebut dengan obat-obatan, makanan, perlengkapan mandi, pakaian selama perjalanan, mainan anak, hingga kebutuhan dan makanan hewan peliharaan. Pastikan pula Anda membawa sendiri barang-barang krusial seperti perhiasan dan dokumen penting.

6. Gunakan Jasa Logistik

trawlbens_

Bila barang-barang bervolume kecil mungkin mudah Anda bawa menggunakan mobil pribadi, untuk memindahkan barang-barang dengan volume besar seperti kursi, lemari, atau motor, Anda bisa mengandalkan jasa kargo atau logistik. Memanfaatkan jasa logistik juga cenderung lebih ramah biaya dibandingkan dengan menyewa jasa pindahan profesional.

Meski jasa logistik terbilang banyak, di Indonesia sendiri masih sedikit yang menyediakan layanan jemput barang. Padahal membawa barang dari rumah menuju tempat pengiriman juga membutuhkan waktu, tenaga, maupun biaya.

Kabar baiknya, ada jasa logistik yang menyediakan layanan antar jemput barang ini, yakni TrawlBens. Sistem yang diterapkan jasa logistik ini akan memudahkan Anda mengangkut barang-barang berat maupun besar dari rumah lama menuju rumah baru. Sehingga Anda tidak akan lagi kerepotan membawa barang-barang tersebut sampai tempat pengiriman.

Kemudahan yang ditawarkan TrawlBens bahkan tak berhenti sampai disitu, perusahaan jasa kargo dan losgitik ini juga menggunakan aplikasi yang bisa Anda gunakan kapanpun dan dimana pun. Cukup dengan membuka aplikasi TrawlBens dari ponsel pintar Anda dan memilih layanan yang tersedia, barang-barang yang akan Anda kirim ke rumah baru akan langsung dijemput dari rumah lama Anda.

Anda juga tidak perlu khawatir, meksi memberikan pelayanan yang sangat memudahkan pelanggan, TrawlBens tetap memberikan tarif yang terjangkau. Cukup dengan merogoh kocek mulai dari Rp5000 per kilogram, Anda bisa mengirim barang dengan mudah ke seluruh Indonesia.

Itulah beberapa tips yang perlu Anda ketahui bila ingin pindah rumah. Selain aman karena Anda lakukan sendiri, tips-tips tersebut bahkan relatif lebih terjangkau. Intinya, Anda hanya perlu memilah barang yang penting dan tidak, membungkusnya dengan tepat dan mengirimkan barang-barang yang relatif besar menggunakan jasa logistik yang aman dan memudahkan pelanggan seperti TrawlBens.

Semoga dengan informasi di atas membuat Anda semakin matang dalam mempersiapkan pindahan rumah. Bila Anda memiliki tips lain yang dirasa berguna untuk pindah rumah terutama ke luar kota, jangan ragu untuk berbagi kepada sesama pembaca melalui kolom komentar, ya!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram