Yuk, Cari Tahu 10 Tips Agar Tetap Positif Setelah Bercerai!

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 23 Juni 2021

Banyak orang tua mengatakan bahwa tidak ada pernikahan yang sempurna. Faktanya setiap rumah tangga pasti punya cela, pasangan mana pun pasti punya masalah yang bermacam-macam baik besar atau kecil. Kebersamaan yang dijalin dalam waktu lama juga tidak menjamin kelanggengan sebuah pernikahan. 

Banyak pasangan yang tetap kesulitan menyelaraskan dua kepribadian, dua kepala, dua gaya hidup, dua prinsip dan dua tujuan, walau sudah berumahtangga selama bertahun-tahun. Upaya keduanya untuk menyelamatkan rumahtangga tidak juga membuahkan hasil yang signifikan. Hingga akhirnya, keputusan untuk berpisah pun dengan berat diambil.

Perceraian dianggap jalan terbaik bagi kedua belah pihak karena itu artinya tidak ada lagi yang akan saling menyakiti di masa depan. Meski demikian, perceraian tetap bisa membawa dampak negatif bagi tiap pasangan.

Mereka yang bercerai umumnya akan mengalami beberapa perubahan emosi ke arah negatif seperti perasaan bersalah, terguncang karena merasa tidak lagi dicintai, kecewa dan merasa dikhianati serta lainnya.

Emosi negatif tersebut tentu tidak bisa dibiarkan lama-lama. Anda harus kembali menata hidup yang dirasa berantakan agar bisa menjemput kebahagiaan baru di depan sana. Oleh karena itu berikut ini tips tetap positif setelah bercerai versi Kamini yang semoga dapat membantu Anda melewati masa sulit tersebut.

1. Terima Segala Macam Perasaan Negatif Lebih Dulu

tips positif setelah bercerai_Terima Segala Macam Perasaan Negatif Lebih Dulu

Seperti yang sudah disebutkan di atas, perceraian dapat membuat seseorang merasakan berbagai emosi negatif. Anda merasa diperlakukan sebagai orang yang tidak berharga, kecewa, bersalah sekaligus malu pada keluarga besar terutama anak-anak. Belum lagi perasaan lain seperti bingung, hilang arah serta terguncang yang menyebabkan sulit tidur, malas makan, malas beraktivitas dan lainnya.

Tips tetap positif setelah bercerai yang pertama bisa dilakukan adalah menerima semua perasaan negatif tersebut. Jangan menyangkal dengan berpura-pura tidak terjadi sesuatu. Akui bahwa Anda sedang dalam keadaan yang terpuruk. Dengan menerima luka tersebut, Anda bisa segera mengobatinya dan lebih mudah ‘sembuh’ untuk kemudian bangkit lagi.    

2. Bersedih Selama yang Dibutuhkan

tips positif setelah bercerai_Bersedih Selama yang Dibutuhkan

Melanjutkan tips pertama, maka yang selanjutnya harus Anda lakukan untuk tetap positif setelah bercerai adalah bersedih selama yang dibutuhkan. Tips ini mungkin terdengar konyol. Tapi memberi waktu pada diri sendiri untuk bersedih setelah terluka, merupakan tahapan paling penting dalam proses self healing.

Dengarkan musik-musik bernuansa melankolis atau nonton film-film dengan cerita sedih bisa dicoba agar perasaan sedih Anda tidak terlalu sepi. Suasana yang diciptakan sedemikian rupa akan mendukung suasana hati Anda. Lalu menangislah sepuasnya hingga sesak di dada terasa berkurang.

Saat mampu memberikan kesempatan bagi diri sendiri untuk bersedih, Anda sedang berusaha berdamai dengan keadaan.

3. Minta Bantuan Psikiater

tips positif setelah bercerai_Minta Bantuan Psikiater

Dalam hal Anda merasa tidak bisa mengatasi kesedihan setelah perceraian seorang diri, segera datangi psikiater dan mintalah bantuan. Terutama jika emosi-emosi tersebut membuat Anda sangat tertekan. Berbagai macam emosi negatif yang Anda rasakan dalam satu waktu nyatanya bisa menimbulkan pergumulan psikologis sehingga mengganggu kemampuan Anda untuk menyelaraskan fungsi emosional secara sehat.

Tidak heran jika pada orang-orang yang mengalami perceraian, umumnya kerap merasa terisolasi dan insecure sehingga apa pun yang dilakukan berbeda dari biasanya. Jika sudah begitu, pikiran bisa terganggu dan berat dalam mengambil keputusan lain di kemudian hari. Sebelum menjadi semakin parah, Anda bisa pergi meminta bantuan psikiater.    

4. Kembali Temukan Diri Anda Saat Lajang

tips positif setelah bercerai_Kembali Temukan Diri Anda Saat Lajang

Memasuki kehidupan pernikahan, ada banyak penyesuaian yang perlu dilakukan tiap-tiap pasangan. Penyesuaian tersebut bertujuan untuk menyelaraskan perbedaan agar masing-masing dapat merasa nyaman. Menikah artinya menghilangkan keakuan sehingga menyangkut pernikahan, apa pun bukan hanya soal diri sendiri, tapi juga pasangan dan keluarga besar.

Proses ini tak jarang membuat siapa pun harus ‘meninggalkan’ dirinya yang lajang di belakang saat memasuki hidup baru. Tips tetap positif setelah bercerai selanjutnya terkait hal ini adalah temukan kembali diri Anda yang di masa lalu. Lakukan kembali hobi-hobi lama yang selama menikah harus dikesampingkan! 

Hal lainnya adalah kembali makan makanan kesukaan saat masih sendiri! Kunjungi tempat-tempat makan langganan saat masih lajang! Temukan kebahagiaan dan kebebasan di sana.

Pasalnya beberapa rumah tangga, pasti punya selera masakan yang berbeda dan tak jarang salah satunya mengalah dengan mengikuti selera masakan pasangannya. Setelah bercerai, ini saatnya untuk menemukan kembali diri Anda di masa lalu. 

5. Temukan Sisi Baru Diri Sendiri

tips positif setelah bercerai_Temukan Sisi Baru Diri Sendiri

Selain bernostalgia dengan ‘menemui’ diri Anda saat masih lajang melalui kebiasaan dan hobi lama, hal lain yang bisa dilakukan agar tetap positif setelah bercerai adalah menemukan sisi baru pada diri sendiri. Bagaimana pun perceraian akan mengubah hidup Anda, tapi perubahan ini bisa menjadi titik balik untuk mencoba hal-hal baru.

Ia ibarat tombol start over dalam hidup, sehingga setelah ini Anda bisa mengulang dari awal dalam menemukan sisi atau hal baru dalam diri yang tak pernah ditemukan sebelumnya. Contohnya mencoba berbagai kegiatan seperti belajar menanam pohon secara hydroponic.

Siapa tahu dengan menekuni hal baru tersebut, Anda menemukan bakat sebagai petani yang selama ini terpendam. Lebih jauh, siapa tahu ia bisa dijadikan sumber penghasilan baru.

6. Nikmati Kesendirian 

tips positif setelah bercerai_Nikmati Kesendirian

Tips tetap positif setelah bercerai selanjutnya adalah nikmati kesendirian, sebelum nanti berumahtangga kembali. Berpisah tidak selamanya buruk, karena itu artinya Anda punya waktu luang lebih banyak untuk diri sendiri. Nikmati kesendirian itu dengan melakukan apa pun yang Anda suka.

Cara setiap orang menikmati kesendirian tentu saja berbeda-beda, termasuk menemui teman-teman lama dan berbagi kabar yang sudah lama tidak dilakukan. Nikmati kesendirian bukan berarti benar-benar menghabiskan waktu seorang diri ya! Anda bisa melakukan itu dengan tetap bertemu orang lain. 

7. Solo Traveling 

tips positif setelah bercerai_Solo Traveling

Cara menikmati kesendirian yang paling banyak terpikirkan adalah melakukan perjalanan alias solo traveling! Lantas, mengapa tidak melakukannya? Rencanakan perjalanan solo Anda dengan matang. Persiapkan segala sesuatunya karena Anda akan melakukan ini seorang diri. Datang dan jelajahi kota-kota idaman yang belum terwujud saat berumahtangga karena berbagai alasan.

Melakukan solo traveling punya banyak manfaat yang berguna bagi kelangsungan hidup Anda ke depan. Kesedihan akibat perceraian bisa membuat siapa pun kehilangan rasa percaya dirinya, liburan seorang diri bisa bantu menumbuhkan kembali hal tersebut. Dengan solo traveling Anda dibiasakan untuk mengandalkan diri sendiri, dampaknya akan lebih percaya diri! 

8. Sibukkan Diri dengan Kegiatan Bermanfaat

tips positif setelah bercerai_Sibukkan Diri dengan Kegiatan Manfaat

Jika tidak memungkinkan untuk melakukan solo traveling, tips tetap positif setelah bercerai lain yang bisa coba dipraktikkan adalah menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan bermanfaat. Ada banyak hal yang bisa dilakukan para lajang, berbeda dengan mereka yang berpasangan, apalagi sudah memiliki buah hati yang kemungkinan besar lebih terbatas.

Anda bisa mengeluarkan perasaan sedih dengan cara berbagi, sebuah cara yang membuat bahagia karena melihat orang lain bahagia. Misalnya menyiapkan makan siang untuk anak-anak yatim piatu di sebuah panti asuhan. Makan bersama mereka dan melihat anak-anak merasa senang dapat menularkan energi positif; sesuatu yang sangat Anda butuhkan di masa-masa sulit setelah perceraian.

 9. Dekatkan Diri dengan Keluarga

tips positif setelah bercerai_Dekatkan Diri dengan Keluarga

Menikah, memiliki keluarga sendiri artinya Anda tidak lagi menjadi tanggungjawab kedua orangtua. Anda dilepas karena dianggap sudah dewasa dan bisa mengatasi permasalahan hidup secara mandiri. Selama menikah pula, Anda tinggal terpisah dengan keluarga besar, sehingga tidak banyak lagi waktu yang bisa dibagi bersama mereka.

Setelah berpisah dari pasangan, Anda jadi punya banyak waktu luang untuk menghabiskan waktu bersama keluarga besar. Sering-sering main dan kembali mendekatkan diri dengan orangtua yang sudah semakin tua akan mengajarkan banyak hal tentang kebersamaan. Kesedihan karena perpisahan bisa terobati karena bersama mereka serasa diingatkan bahwa Anda tidak sendirian. 

10. Mulai Membuka Hati

tips positif setelah bercerai_Mulai Membuka Hati

Tips tetap positif setelah bercerai yang terakhir adalah mulai membuka hati! Banyak orang mengatakan bahwa obat patah hati adalah menemukan hati yang baru. Obat putus cinta adalah jatuh cinta. Oleh karenanya, mengapa Anda tidak memberanikan diri melakukan itu?

Walau demikian, jangan buka hati jika niatnya hanya untuk pelampiasan, pelarian atau semacamnya. Bagaimana pun, keinginan untuk sembuh dari kesedihan harus datang dari diri sendiri. Anda tidak bisa menyimpan tugas berat itu pada pundak orang lain. Jika nekat melakukannya, bersiap saja untuk menghadapi kekecewaan yang lain.

Itu tadi sepuluh tips tetap positif setelah bercerai yang bisa Anda lakukan pasca perpisahan. Tidak ada yang perlu disesali karena percaya saja semua akan ada hikmahnya. Jika tidak Anda merasakannya saat ini, pasti akan terasa nanti. Semoga membantu ya! 

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram