Kamini.id / 7 Tips Sukses untuk Memulai Usaha Jual Baju Jersey

7 Tips Sukses untuk Memulai Usaha Jual Baju Jersey

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jersey adalah baju atau kaos yang didesain untuk mendukung tim kesebelasan sepak bola. Pada umumnya, jersey yang dijual untuk umum mencontoh desain dari seragam tim kesebelasan tertentu. Tujuan desain jersey dibuat serupa dengan seragam kesebelasan agar pendukung kesebelasan tersebut bisa turut mengekspresikan dukungannya dengan memakai pakaian yang sama dengan tim favoritnya.

Bisnis jersey memang kian marak. Banyak orang yang berlomba-lomba menjual baju jersey dengan harga yang bersaing. Namun, baju jersey yang disukai oleh konsumen tidak hanya yang harganya murah saja. Kualitas baju jersey juga penting mengingat penggunanya juga tentu membutuhkan kenyamanan saat memakai jersey tersebut.

Tertarik untuk turut membuka usaha jual baju jersey? Simak 7 tips penting dari Kamini berikut ini jika kamu ingin membangun usaha jual baju jersey sukses. Yuk, langsung simak ulasan selengkapnya di sini!

1. Ikuti Perkembangan Dunia Sepak Bola

Ikuti Perkembangan Dunia Sepak Bola

Perlu kamu ketahui bahwa desain jersey tim kesebelasan ternama bisa berubah-ubah setiap tahunnya. Desain jersey yang dipakai saat ini belum tentu dipakai kembali pada tahun depan. Jadi, sebagai pengusaha yang menjual baju jersey, kamu harus mengikuti perkembangan dunia sepak bola, terutama dari tim-tim sepak bola ternama.

Pastikan jersey yang kamu jual tetap up-to-date dan tidak ketinggalan zaman, ya! Kalau kamu juga menerima jasa desain jersey, kamu tetap harus mengikuti update mengenai dunia bola dari seluruh dunia. Pasalnya, pelangganmu tentu menginginkan desain jersey yang trendi dan up-to-date, jadi kamu pun harus mengikuti desain jersey yang kekinian.

2. Hindari Pelanggaran Hak Paten Desain Jersey Tiruan

Hindari Pelanggaran Hak Paten Karena Desain Jersey Tiruan

Menjual jersey bola memang bisa mendatangkan keuntungan yang menggiurkan. Akan tetapi, hati-hati jika kamu memilih berjualan jersey dari tim sepak bola tertentu. Pasalnya, kesebelasan tersebut tentu menjual jersey original.

Alih-alih laku keras, jersey yang kamu produksi tanpa hak paten bisa dinilai sebagai barang tiruan alias KW. Jadi, pertimbangkan untuk menjual jersey original yang kamu beli langsung dari gerai official merchandise-nya. Kalau ingin menghindari pelanggaran hak paten, bukalah jasa desain jersey yang desainnya berdasarkan kreativitasmu sendiri.

3. Buat Perencanaan Produksi

Buat Perencanaan Produksi

Jersey bola adalah barang yang bisa dikatakan musiman. Artinya, barang ini akan laku keras ketika ada momen-momen tertentu, seperti piala dunia atau pertandingan antar tim nasional Indonesia. Jika kamu ingin lebih serius dalam menekuni bisnis ini, sebaiknya buat perencanaan produksi yang lebih matang

Menjelang piala dunia atau pertandingan tim nasional, usahakan untuk mempersiapkan jersey lebih banyak sesuai kebutuhan pasar. Sebagai contoh, ketika kamu harus bisa memprediksi jumlah kebutuhan jersey dari tim A dan tim B. Katakanlah jika pendukung tim B lebih banyak, maka perbanyak produksi jersey untuk tim B.

4. Ciptakan Desain Jersey yang Kreatif

Ciptakan Desain Jersey yang Kreatif

Ketika kamu lebih memangsa pasar jersey yang desainnya original, maka kamu harus menciptakan desain yang kreatif untuk menarik minat pelangganmu. Pelanggan tentu menginginkan desain jersey yang masih fresh dan terbilang kreatif.

Oleh karena itu, cobalah untuk mendesain jersey berdasarkan kreativitasmu dengan menggunakan bantuan aplikasi desain jersey yang banyak tersebar di dunia maya. Aplikasi tersebut akan memudahkanmu dalam hal mendesain jersey yang original dan tidak pasaran.

5. Sediakan Desain Jersey untuk Wanita

Sediakan Desain Jersey untuk Wanita

Penggemar bola tidak hanya berasal dari kalangan kaum adam saja. Kini, banyak pula wanita yang gemar dengan olahraga yang satu ini dan terang-terangan mendukung tim idolanya. Apabila ingin berbisnis jersey, jangan hanya memproduksi jersey dengan model dan ukuran pria saja, tapi sediakan juga jersey untuk wanita.

Ketika kamu menyediakan model dan ukuran jersey untuk wanita, maka usahamu ini akan memiliki nilai plus di mata para konsumen. Itu artinya lapak penjualan jerseymu menyediakan varian yang lebih lengkap dibanding lapak lain.

6. Manfaatkan Penjualan Secara Online

Manfaatkan Penjualan Secara Online

Bagi pemula yang ingin menjual baju jersey tetapi modal yang tersedia tidak terlalu besar sebaiknya manfaatkan situs jual beli online atau media sosial untuk memasarkan dagangan. Penjualan secara online ini lebih efisien dan menghemat biaya, lho. Kamu tak perlu lagi membayar tempat untuk menggelar daganganmu. Cukup foto baju jersey daganganmu dan pasarkan secara online.

Metode pemasaran dan penjualan online ini sangat efektif. Kamu tak hanya memperoleh pembeli yang berasal dari daerah di sekitarmu saja, tapi kamu juga bisa menjaring pembeli dari seluruh Indonesia bahkan mungkin negara lain.

7. Gunakan Sistem Pre-Order

Gunakan Sistem Pre-Order

Ketika kamu hendak menekan biaya untuk modal usaha, kamu harus cerdik dalam menyediakan barang jualanmu. Baju jersey bersifat musiman, yang artinya barang ini hanya laris ketika ada pertandingan sepak bola tertentu saja. Apabila kamu berencana menyediakan stock baju jersey dalam jumlah banyak, coba pertimbangkan kembali keinginanmu itu.

Untuk menghindari kerugian lantaran menyediakan baju jersey terlalu banyak, gunakan penjualan dengan sistem pre-order. Sistem pre-order adalah berjualan dengan metode pembeli harus memesan dan membayar dulu, kemudian barang akan dibuat atau dipesankan setelah pembayaran selesai. Dengan kata lain, kamu hanya akan menyediakan stock barang sesuai pesanan saja.

Nah, itulah beragam tips berjualan jersey bola bagi pemula. Kamu tak perlu ragu untuk mencoba usaha jual baju jersey ini meskipun sudah banyak kompetitor yang berjualan jersey bola.

Bagi kamu yang ingin menekuni bisnis jual jersey tanpa modal yang terlalu banyak, manfaatkan Fastwork’s Fashion Design melalui https://fastwork.id/fashion-design untuk memasarkan jersey daganganmu, terutama jika kamu mendesain sendiri jersey-jersey daganganmu. Fastwork akan menjadi wadah untuk memasarkan desain jersey buatanmu secara online dengan jangkauan yang sangat luas.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Desember 2019