Kamini.id / Lifestyle / 20 Ucapan Turut Berbelasungkawa untuk Umat Kristiani

20 Ucapan Turut Berbelasungkawa untuk Umat Kristiani

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sadar atau tidak di umur kita yang sekarang ini baik muda atau sudah tua, orang-orang disekitar kita yang dikenal mulai pergi meninggalkan kita satu per satu. Siap atau tidak siap, mungkin giliran kita juga yang akan ditinggalkan oleh sahabat, kolega dan keluarga; sampai nanti tiba waktunya kita untuk pulang.

Dalam keadaan berduka seperti itu, terkadang kita sulit untuk mengucapkan kata-kata belasungkawa yang baik dan benar; bahkan terkadang kita mengucapkan turut berbelasungkawa dengan copas dari pesan-pesan sebelumnya karena tidak mau repot mikir. Berangkat dari masalah tersebut, Kamini mau bantu teman-teman semua yang beragama Kristen untuk mengucapkan turut berbelasungkawa secara appropriate

Ucapan Belasungkawa

Mourn_Quotes (Copy)

Ucapan belasungkawa ini sudah menjadi kebiasan semua orang ketika kerabat, teman atau keluarga kita ditinggalkan orang yang mereka kenal. Ini dilakukan sebagai bentuk perhatian yang bisa kita berikan supaya yang ditinggalkan mendapatkan kekuatan dan penghiburan supaya tidak terlalu sedih.

Umumnya, ucapan belasungkawa dimulai dengan memberi semangat untuk orang yang ditinggalkan atau dimulai dengan kutipan dari ayat-ayat kitab suci (untuk kali ini, menggunakan alkitab) yang mengandung kalimat-kalimat penguatan untuk tidak lagi berduka berlarut-larut.

Ucapan Belasungkawa Sederhana

Untuk yang paling sederhana, kita bisa mengucapkan kalimat berikut (non ayat):

1.  “Kami turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas kepergian ________. Semoga keluarga yang ditinggalkan mendapatkan kekuatan serta penghiburan”

2. “Kami sangat terpukul mendengar berita duka ini. Kami yakin sekarang ________ sudah tenang. Semua penyakitnya sudah diangkat dan dia sudah sembuh”

3. “Tuhan Yesus lebih sayang _________ maka dijemputnya lah dia pulang terlebih dulu. Kita akan bertemu lagi bersama-sama denganya di negeri seberang pelangi”

4. “Surga mendapatkan malaikat baru, yaitu _____________ Turut berduka cita, dia sudah bahagia disana, jangan lagi bersedih”

5. “Selamat jalan ___________ pertandinganmu sudah selesai disini dan kamu menang. Saatnya beristirahat dalam damai”

6. “Kepulangan _________ ke Rumah Bapa di surga bukanlah sesuatu yang harus diratapi terus menerus, bersabarlah sampai kita bertemu denganya lagi di Surga nanti”

7. “Tuhan sudah menyiapkan tempat terbaik untuk __________. Pulanglah dalam damai. Tuhan Yesus selalu menyertai”

8. “Kiranya __________ mendapatkan tempat terbaik di Surga. Dipangku oleh Allah Bapa yang Maha kuasa. Amin”

9. “Tuhan Yesus membawa pulang __________ supaya dia tidak lagi merasakan rasa sakitnya. Kini dia sudah tenang di surga”

10. “____________ adalah orang baik dan berhak mendapatkan tempat terbaik pula di surga. Percayalah Tuhan Yesus sudah bersama dengannya disana, di tempat paling bahagia dimana tidak ada ratap dan gertak gigi”

Ucapan Belasungkawa dari Ayat-Ayat Alkitab

Mourn_Bible Verse (Copy)

Selain ucapan belasungkawa diatas, kita juga bisa menambahkan kutipan dari ayat-ayat alkitab seperti ini:

1. “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu – Matius 11:28. __________ telah memenangkan pertandingan, biarlah kini dia beristirahat dengan damai bersama Bapa di Surga”

2. “Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran – Roma 8:10. Pulanglah dengan damai __________. Tuhan Yesus besertamu”

3. “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.’ Ada kekuatan dari Allah yang buat kita sanggup melewati semua ini” – Filipi 4:13. Semoga _________ tenang dan keluarga yang ditinggalkan mendapatkan kekuatan untuk melaui semua ini”

4. “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan – Yeremiah 29:11. Tetaplah kuat, ________ sudah bersama dengan Tuhan Yesus di tempat yang lebih baik”

5. “Jangan larut dalam kesedihan, karena Tuhan Yesus tidak akan meninggalkan engkau sendiri seperti janjinya berikut; Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab Tuhan, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau – Ulangan 31:6”

6. “Kita akan bersama-sama dengan _________ kembali di Surga nanti seperti yang sudah tertulis di Ibrani 13:14 “Sebab di sini kita tidak mempunyai tempat tinggal yang tetap; kita mencari kota yang akan datang””.

7. “Berserulah kepada-Ku pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau, dan engkau akan memuliakan Aku. – Mazmur 50:15. Itu janji Tuhan pada kita semua, kuatlah dan bersabarlah atas berpulangnya ___________.”

8. “Tuhan telah memanggil ___________ pulang karena _________ adalah milikNya yang berharga seperti yang sudah tertulis di Roma 11:36 – Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya”

9. “Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu – Wahyu 21:4. Turut berduka cita sedalam-dalamnya atas kepergian _________”. Sekedar informasi saja, ayat ini dipercaya juga sebagai ayat terakhir yang dibacakan oleh Pendeta John Arthur ketika Titanic tenggelam dan menjadi ayat untuk berduka cita yang populer hingga sekarang.

10. “Jangan lagi bersedih karena Tuhan sudah berjanji bahwa Dia akan menyertaimu, sama seperti yang tertulis di Matius 5:4 ‘Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur’”

Itu tadi 20 ucapan belasungkawa yang umum diberikan oleh umat Kristiani kepada kerabat, keluarga atau teman yang ditinggalkan. Apabila pada hari ini ada dari teman-teman yang ditinggalkan, tetap kuat dan sabar karena Tuhan Yesus beserta kita yang ditinggalkan.

Semoga informasi ini bisa membantu teman-teman Kamini semua ya. Apabila ada ucapan belasungkawa lainnya yang kalian punya, bisa share di kolom komentar ya! God Bless You!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *