Kamini.id / Sepatu Vans / Inilah Cara Memilih Ukuran Sepatu Vans dengan Benar!

Inilah Cara Memilih Ukuran Sepatu Vans dengan Benar!

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 April 2019

Sepatu Vans adalah sepatu yang banyak dicari dan digandrungi hampir semua orang di dunia, terutama dari kalangan anak muda. Apakah kamu salah satunya? Sepatu Vans yang telah ada sejak puluhan tahun silam ini terkenal memiliki model yang unik dan keren.

Nah, ternyata, brand sepatu ini punya standar ukuran sendiri, lho. Kali ini, kamini akan membagikan informasi seputar cara memilih ukuran sepatu Vans. Penasaran? Let’s check this out!

Cara Memilih Ukuran Sepatu Vans

Sebelum membeli sepatu Vans, ada baiknya kamu memilih ukurannya, agar tidak salah beli sepatu. Nah, simak ulasan kamini tentang cara memilih ukuran sepatu Vans berikut.

1. Ketahui Ukuran Kaki

cara membedakan sepatu Vans asli dan palsu

Sebelum mengetahui ukuran sepatu Vans yang akan kamu beli, tentu kamu harus mengetahui ukuran kedua kakimu terlebih dahulu. Yep, kamu bisa mengukur kakimu sendiri dengan menggunakan kertas A4 dan penggaris di rumah.

Caranya, siapkanlah kertas A4, penggaris, pensil atau ballpoint dan juga sepasang kaos kaki. Mengapa harus ada kaos kaki? Mengukur ukuran kaki menggunakan kaos kaki dapat membantu kita untuk mengetahui hasil yang lebih akurat dan presisi.

Setelah alatnya siap, kamu bisa langsung menggambar pola kakimu pada kertas A4 tadi dengan menggunakan pensil atau ballpoint. Nah, jika pola kaki sudah selesai digambar, ukurlah panjang serta lebar kaki kamu. Untuk mengetahui panjang kaki, ukurlah bagian kaki paling panjang dari ujung jari kaki sampai tumit.

Sementara untuk mengetahui lebarnya, ukurlah bagian paling pendek atau lebar dari pola gambar kaki yang telah kamu buat. Ukur dari ujung kanan sampai ujung kirinya dengan penggaris. Bagaimana, mudah bukan?

Kalau kamu sudah mengetahui ukuran kakimu, maka kamu tidak perlu mengukurnya, ya. Kamu tinggal memilih ukuran sepatu Vans yang benar-benar pas dan nyaman dikenakan di kakimu.

2. Pilih Ukuran Sepatu

Vans Authentic 2 Tone Glitter

Setelah mengetahui ukuran kakimu, kini saatnya bagi kamu untuk memilih ukuran sepatu Vans yang kamu idam-idamkan.  Nah, kamu telah mengetahui ukuran kaki dalam satuan sentimeter, bukan?

Untuk mengetahui ukuran sepatu, kamu perlu mengetahui sistem ukuran nomor sepatu Internasional yang berlaku. Setiap benua biasanya memiliki standar ukurannya tersendiri. Ternyata, sepatu Vans juga memang memiliki standar ukuran sepatu yang kategorinya tidak sama dengan ukuran sepatu lainnya. Berikut kategori standar ukuran sepatu Vans yang berlaku.

  • Ukuran Sepatu Pria

vans men size chart

Ukuran ini diperuntukkan bagi para pria, nih. Standarnya mengikuti ukuran sepatu pria Amerika Serikat, United Kingdom dan Eropa. Nah, kalau kamu bingung, kamu bisa melihat tabel di atas.

Kalau kamu membeli sepatu Vans dari Inggris atau negara persemakmuran Inggris, kamu bisa menggunakan size chart sepatu Vans untuk pria yang mengikuti standar United Kingdom atau UK. Kalau belinya di Amerika Serikat, maka gunakan size standar Amerika.

Nah, standar ukuran sepatu di Indonesia mengikuti standar ukuran sepatu Eropa. Jadi, biar tidak bingung, kamu bisa mengikuti standar ukuran sepatu untuk Eropa saja.

  • Ukuran Sepatu Wanita

vans women size chart

Selain punya standar ukuran sepatu untuk pria, Vans juga punya standar ukuran sepatu khusus untuk para wanita. Nah, bedanya, ukuran sepatu Vans untuk wanita versi Amerika Serikat tersedia mulai ukuran 5, bukan 3.5 seperti ukuran sepatu pria. Tapi untuk lebih mudahnya, kamu juga bisa menggunakan size chart standar Eropa.

  • Ukuran Sepatu Anak

vans kids size chart

Kalau kamu mau membeli sepatu Vans untuk anak, kamu bisa menggunakan size chart sepatu anak sebagai panduan pemilihan ukuran sepatu. Ukuran-ukuran sepatu untuk anak tentu saja berbeda dengan ukuran sepatu orang dewasa. Selengkapnya, kamu bisa lihat tabel di atas.

Tips Membeli Sepatu Vans

Selain membahas mengenai cara memilih ukuran sepatu Vans, kamini juga akan memberikan tips membeli sepatu Vans untuk kamu. Yuk, simak langsung saja ulasannya di bawah, ya!

1. Ketahui Tipe Sepatu

Seperti yang kita ketahui, sepatu Vans punya banyak tipe yang bisa kamu pilih. Nah berikut tipe-tipe sepatu Vans yang harus kamu ketahui.

  • Old Skool

Vans Old Skool

Vans Old Skool adalah salah satu tipe sepatu Vans yang terbilang populer. Tipe Old Skool ini mulai diperkenalkan tahun 70-an silam. Sepatu Vans tipe Old Skool ini punya ciri khas dengan stip sol serta lapisan kulit yang berfungsi untuk menambah daya tahan sepatu.

Tertarik untuk membeli sepatu Vans dengan model seperti ini? Kalau begitu, kamu bisa kunjungi Bukalapak melalui link ini.

  • Authentic

Vans U Authentic Lo PRO Speckle Jersey: Gray True White

Tipe sepatu Vans yang satu ini juga nggak kalah populer dari tipe Old Skool. Vans Authentic shoes adalah tipe sepatu Vans pertama yang diperkenalkan ke publik pada tahun 1966. Sepatu Vans tipe ini dulunya dikenal dengan nama Vans #44. Sepatu model seperti ini banyak dijual di Bukalapak lewat link ini.

  • Slip On

Vans Classic Slip-Ons

Beberapa waktu lalu, sepatu slip on sempat booming kembali dan banyak dipakai oleh para pria maupun wanita. Nah, Vans juga punya sepatu tipe slip on yang praktis dan keren. Serupa dengan Vans Old Skool, sepatu Vans tipe slip on juga diperkenalkan di tahun 70-an.

Salah satu sepatu Vans slip on paling populer dan ikonik adalah sepatu slip on dengan motif kotak-kotak berwarna hitam dan putih yang dikenal dengan Vans Checkerboard. Mau punya model sepatu vans yang ini? Yuk, beli di Bukalapak lewat link ini.

  • Sk8-Hi
vans assc sk8 hi

* sumber: www.allsole.com

Sepatu Vans tipe Sk8-Hi dengan bagian atas yang tinggi pertama kali muncul di tahun 1978 silam. Sepatu skate ini masih tetap diminati hingga sekarang.

Hingga saat ini, ada banyak pilihan sepatu Vans Sk8-Hi yang telah diproduksi. Salah satunya adalah sepatu Anti Social Social Club X Vans Vault SK8-Hi yang merupakan hasil kolaborasi antara Vans dengan brand Anti Social Social Club. Untuk kamu yang tertarik dengan mode sepatu ini, segera beli sepatunya di Bukalapak lewat link ini.

  • Era

Vans Era

Sepatu Vans tipe Era adalah sepatu skate dari Vans yang pertama kali diperkenalkan ke publik. Sepatu Vans tipe Era adalah sepatu hasil desain dari Tony Alva, pemain skateboard asal Amerika Serikat. Temukan model sepatu ini di Bukalapak lewat link ini.

2. Pilih Tipenya

cara memilih ukuran sepatu vans pendelton vans

* sumber: solecollector.com

 

Nah, setelah mengetahui tipe-tipe sepatu Vans, kamu bisa langsung memilih tipe sepatu mana yang kamu inginkan. Tentu, selain memilih sesuai dengan keinginan, kamu juga harus memilih sepatu Vans sesuai dengan kebutuhan.

Untuk penggunaan sehari-hari, misalnya. Kamu bisa memilih Vans tipe Old Skool atau era. Khusus untuk menghadiri acara formal, kamu bisa memilih sepatu tipe slip on, namun dengan motif yang sesuai.

3. Periksa Keaslian Sepatu

Kalau kamu membeli sepatu Vans dari gerai resmi atau website resminya, sepatu yang kamu beli sudah tidak perlu diragukan lagi keaslian serta kualitasnya. Namun, bila kamu membelinya bukan dari gerai atau website resmi, sebaiknya periksa keaslian sepatu Vans-nya.

Nah, kalau kamu ingin mengetahui dan memastikan keaslian dari sepatu Vans, simak artikel dari kamini yang membahas mengenai 10 Cara Membedakan Sepatu Vans Asli dan Palsu ini.

4. Pelajari Cara Mencuci Sepatu Vans

Vans Sk8-Hi

Agar sepatu Vans yang kamu beli tetap terjaga kualitas dan kebersihannya, tentu kamu harus mempelajari cara mencucinya. Nah, sebelum membeli sepatu Vans yang kamu inginkan, tidak ada salahnya untuk belajar cara mencuci sepatu keren ini melalui artikel kamini yang berjudul 10 Cara Mencuci Sepatu Vans dengan Benar.

Itulah pembahasan mengenai cara memilih ukuran sepatu Vans beserta tips membeli sepatu Vans agar tidak kecewa setelah membeli sepatu keren ini.

Oh ya, jika kamu memiliki informasi mengenai cara memilih ukuran sepatu Vans hingga tips lainnya seputar membeli sepatu ini, silakan sampaikan secara langsung melalui kolom komentar yang tersedia di bawah.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar