Kamini.id / Pernikahan / 15 Ide Bentuk Undangan Pernikahan yang Unik dan Kreatif

15 Ide Bentuk Undangan Pernikahan yang Unik dan Kreatif

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 November 2019

Warna-warna mewah: silver, emas. Warna-warna soft: pink, kuning, putih. Warna-warna bold: merah, biru tua. Itu tadi merupakan warna yang paling sering digunakan untuk undangan pernikahan. Mau tahu apa lagi yang paling standar? Amplop persegi panjang yang selalu sama, bukankah itu membosankan?

Mempertimbangkan banyaknya pernikahan yang terjadi di Indonesia setiap tahunnya, tidak mengherankan kalau ada banyak tempat percetakan yang menyediakan template kartu undangan yang siap pilih. Lalu, bagaimana jika kartu-kartu standar tersebut bukan gaya Anda?

Apalagi generasi milenial yang biasanya serba ingin outstanding, unique dan viral. Pasti ingin sesuatu yang out of the box supaya diperbincangkan orang-orang, kan? Bacaterus telah mengumpulkan beberapa ide kartu undangan pernikahan yang paling kreatif dan unik.

Kreativitas tanpa batas membuat jenis kartu undangan semakin bervariatif. Bacaterus sangat kagum dengan para pengrajin kartu undangan pernikahan masa kini yang mampu membuat macam-macam undangan di bawah ini.

1. Kartu Pop Up

* sumber: offbeatbride.com

Ingin kartu undangan 3D? Bisa muncul ketika undangannya dibuka? Pesanlah undangan Anda jadi pop-up. Biasanya vendor penyedia kartu undangan akan menyesuaikan warna, tema dan kisah cinta Anda dengan pasangan. Undangan pop-up ini sangat interaktif dan menyenangkan. Tidak hanya akan mengesankan para tamu tapi juga pengantinnya sendiri. Benar, begitu, kan?

2. Kartu Buka-Tutup

* sumber: www.urbanclap.com

Agak mirip dengan kartu pop-up tapi lebih sederhana, yang satu ini merupakan kartu lift-up. Anda pernah tidak, mendapatkan undangan yang semua informasinya tercecer? Cover di mana, isi di mana, peta di mana, bahkan nanti ada semacam kartu lagi untuk bisa masuk ke venue, wah ribet sekali pokoknya! Belum kalau Anda lupa menyimpannya dan informasi yang pentingnya hilang, berabe, deh.

Nah, Anda tidak akan mengalami itu semua jika menggunakan konsep ini. Alih-alih menyisipkan undangan secara terpisah, undangan gaya ini mengemas informasi ke dalam satu kartu dengan cara yang menyenangkan, para tamu harus mengangkat “tutup” kartu untuk mengungkapkan apa yang ada di dalamnya.

Supaya tambah menarik, beri sketsa yang nyambung dengan fungsi di bawah setiap penutup. Misalnya untuk venue pernikahan bisa diberi sketsa gedung, untuk tanggal diberi sketsa kalender, dsb.

3. Kartu Piringan Hitam

*

Pecinta musik? Suka dengan hal-hal bergaya klasik? Cetak undangan Anda pada stiker bundar dan tempel pada vinyl record bekas. Tapi, undangan ini akan sedikit pricey. Jadi, Anda bisa mengakalinya dengan mencetak kartu yang dibentuk bundar seperti piringan hitam saja.

4. Kartu Koran

* sumber: www.banana-print.co.uk

Ingin merasakan pernikahan yang diberitakan seperti artis? Undangan pernikahan Anda pun bisa datang dalam headline news! Jika Anda mencari nuansa vintage atau Anda memang menyukai koran, gaya undangan ini pas banget dicoba. Atau, lebih baik lagi jika salah satu dari Anda (atau bahkan bisa menjadi Anda dan pasangan) adalah jurnalis, sudah cocok banget pakai undangan tema koran.

5. Kartu Bertemakan Traveling

* sumber: www.hiphiphooray.com

Anda suka jalan-jalan? Anda bertemu pasangan ketika sedang jalan-jalan? Atau, Anda dan pasangan LDR-an? Kartu undangan dengan bentuk tiket perjalanan ini sangat pas buat kalian. Tujuan atau gambar dari tiketnya pun bisa disesuaikan dengan kisah cinta Anda.

Misalnya kalian bertemu ketika sedang liburan di Jepang, maka gambar di peta bisa gambar Jepang. Atau, Anda LDR-an, yang satu tinggal di Indonesia yang satu lagi di Amerika, gambarkan peta dengan tanda panah yang menggambarkan betapa jauhnya perjuangan Anda berdua untuk bersama. Syahdu~!

6. Kartu Bertemakan Pantai

* sumber: www.elegantweddinginvites.com

Masih setema dengan yang jalan-jalan, kartu undangan kali ini bertemakan pantai. Tapi, kali ini lebih unik lagi karena kartunya tidak berbentuk kartu sama sekali, melainkan sepucuk surat di dalam botol! Romantis banget, kan? Gunakan perkamen dari kertas daur ulang untuk menulis undangan Anda, lalu gulung hingga lingkarannya sangat kecil, lalu ikat dengan tali/benang.

Masukkan perkamen ke dalam botol berisi pasir pantai bersih, lalu tutup botolnya. Untuk menambah suasana pantai, Anda bisa memasukkan cangkang keong kecil, hiasan pohon kelapa, atau mungkin mewarnai botolnya dengan warna biru.

Again, undangan ini sangat “niat” jadi pastinya pricey. Untuk menghemat dana, Anda bisa memilih hanya memberikan undangan yang niat ini pada orang-orang spesial saja, seperti sahabat atau bos misalnya.

7. Kartu Laser Cut

* sumber: www.elegantweddinginvites.com

Laser cut sebenarnya sudah tak asing lagi di dunia undangan pernikahan Indonesia. Tapi, masih banyak juga orang yang tidak mengambilnya karena harganya lebih mahal dari undangan biasa. Undangan dengan hiasan laser cut terkesan lebih elegan dan cantik, jadi wajar kalau percetakan mematok harganya lebih mahal, karena membuatnya pun sulit!

8. Kartu Puzzle

* sumber: www.urbanclap.com

Sedih, tidak, sih, undangan yang sudah kita desain sedemikian rupa tetap berakhir di tempat sampah? Jika Anda ingin kartu undangan Anda abadi, coba buat menjadi game seperti halnya puzzle ini.

Kartu undangan puzzle ini juga menggambarkan kalau Anda telah menemukan “pasangan” yang sempurna. Haha, get it? Psst, Anda bisa juga menyisipkan camilan ke dalam undangan supaya tamu bisa menyusun puzzle sambil ngopi!

9. Kartu Remi

* sumber: www.shireenlouw.com

Salah satu kartu yang sering dimainkan adalah remi. Kartu pernikahan inovatif ini bisa menggunakan istilah King & Queen atau pun Bride & Groom! Kartu undangan ini cocok jika Anda memiliki tema pernikahan ala Las Vegas.

10. Kartu dengan Balon

* sumber: www.shireenlouw.com

Kartu undangan ini membuat tamu-tamu Anda perlu berjuang dulu untuk mengetahui waktu, tanggal dan lokasi pernikahannya. Memang unik, dan kalau sudah selesai balonnya bisa dipakai main oleh anak-anak. Tapi, kekurangannya kalau balonnya pecah duluan sebelum tamu sempat mencatat atau memotretnya, sih, bahaya.. Hehe.

11. Kartu Berbentuk Buku

*Sumber: https://id.pinterest.com/pin/100627372900902017/?lp=true

Bukukan kartu undangan Anda supaya terkesan lebih wah! Ini cocok banget kalau misalnya Anda dan pasangan itu bookworm alias kutu buku. Anda bisa juga mem-print kartu ini sebagai fairy tale book yang berisi tentang kisah cinta Anda! Dimulai dengan “Once upon a time..” hingga “and they live happily ever after.“, ya!

12. Kartu Board Game

* sumber: www.urbanclap.com

Dengan begini, dijamin kartu undangan Anda tidak akan pernah menyentuh tong sampah. Sewaktu kecil kita semua pasti pernah memainkan board game alias papan permainan, kan? Anda bisa menyisipkan game di balik undangan Anda. Permainannya pun bisa apa saja, mau ludo, ular tangga, atau mungkin monopoli! Jangan lupa beri bonus dadu dan pion-nya juga.

13. Kartu Origami

* sumber: www.urbanclap.com

Origami adalah seni melipat kertas yang berasal dari Jepang. Bahan yang digunakan bsia kertas atau kain, tapi Anda bisa juga memasukkannya ke undangan Anda. Undangan origami ini menawarkan nuansa yang baru, ada sentuhan tradisional Jepangnya, dan terlihat elegan.

14. Kartu Gosok

* sumber: www.urbanclap.com

Gosok-gosok berhadiah! Tamu harus menggosok kartu ini kalau mau tahu tanggal pernikahan Anda! Yang Anda butuhkan hanyalah contact paper, cat silver atau aluminium dan template. Coba diskusikan dengan tempat percetakan Anda, apakah mereka mau mewujudkan permintaan Anda untuk membuat kartu seperti ini atau tidak.

15. Kartu yang Bisa Ditanam

* sumber: wildflower-favours.co.uk

Ini adalah undangan pernikahan dengan kertas benih yang bisa langsung ditanam! Pernikahan ramah lingkungan adalah tren lainnya yang digemari. Meskipun undangan online adalah cara termudah untuk bersikap ramah lingkungan, terkadang Anda tetap memerlukan undangan pernikahan tercetak, seperti untuk mengundang kerabat jauh, atau orang yang tak mengerti email, dsb.

Jika itu masalahnya, Anda dapat memilih kertas yang disematkan dengan biji. Kertas ini bisa ditanam oleh para tamu setelah pernikahan Anda selesai. Jangan lupa sertakan catatan yang memberikan petunjuk rinci kepada para tamu tentang cara menanam kertas. Misalnya seperti “Ini adalah kertas buatan tangan yang tertanam dengan biji kemangi/mawar/tomat/dsb”.

Ya, itulah tadi beberapa referesi kartu undangan pernikahan yang unik dan menarik. Semua kartu undangan tadi punya harga yang bervariasi tergantung tingkat kesulitan pembuatannya, ya.

Oh iya, kalau Anda butuh ide dan referensi persiapan sebelum menikah, bisa cek artikel ini. Tapi, kalau Anda ingin memberi kado pada teman yang menikah, bisa cek rekomendasinya di artikel ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *