7 Warna Eyeshadow Pilihan untuk yang Bermata Sipit

Punya mata sipit dan kecil bukan berarti tidak bisa bermain-main dengan eyeshadow. Tidak sedikit orang beranggapan jika mata kecil atau sipit 'percuma' memakai eyeshadow, tidak akan kelihatan katanya. Padahal, kalau tahu trik dan warna yang pas, mata sipit kamu juga jauh terlihat lebih cantik dengan pulasan shadow.

Supaya mata kecil atau sipit tampak lebih cantik dan terlihat lebih lebar. Penting, nih, untuk kamu coba-coba bermain dengan warna. Untuk itu, berikut ini warna-warna yang tepat dan bisa kamu coba sendiri saat memulas eyeshadow menurut Kamini.

Rekomendasi Warna Eyeshadow

Supaya mata sipit terlihat lebih besar dan indah, ada beberapa warna yang recommended. Karena, rupanya tidak semua warna cocok untuk semua orang. Yuk, dilihat ada warna apa saja!

1. Cokelat

cokelatSumber: makeup.com

Warna nude memang warna paling aman untuk yang memiliki mata sipit. Warna coklat bisa menjadi pilihan dan paling mudah untuk ditemui––bahkan di eyeshadow palette manapun. Selain warnanya yang netral, warna cokelat bisa memberikan efek mata kamu tampak lebih besar secara natural.

Tentunya warna ini cocok untuk kamu yang praktis dan bisa digunakan untuk acara formal maupun sehari-hari. Warna cokelat yang bisa kamu gunakan bisa mulai dari cokelat beige, jika hanya ingin menggunakan satu shade saja. Warna cokelat juga bisa dibuat variasi, seperti efek smokey, gunakan coklat beige di inner crease, dan gunakan coklat tua di outer crease.

2. Peach

Selain warna cokelat, warna peach juga mampu memberikan efek mata lebih cantik dan lebar. Namun memang untuk mendapatkan warna peach, biasanya hanya tersedia di beberapa macam eyeshadow palette. Menggunakan eyeshadow berbentuk pensil bisa menjadi alternatif, apabila terlalu ribet dengan membeli eyeshadow palette.

Warna peach ini bisa kamu gunakan sendirian, dengan cara membubuhkan eyeshadow di bagian outer crease, kemudian lakukan blending ke arah inner crease sampai menimbulkan efek shading. Jika bosan hanya menggunakan satu shade saja, warna peach bisa dipadukan juga dengan warna lainnya seperti oranye atau champagne, lho!

3. Pink

Jika bosan dengan warna pastel, kamu bisa pilih pink sebagai alternatif warna unik untuk riasan mata kamu. Dengan cara yang tepat, kamu juga bisa menggunakan warna bold sebagai riasan mata kamu yang kecil atau sipit. Contohnya dengan membuat “halo eyeshadow” dengan menggabungkan eyeshadow pink matte dan pink muda glittery.

Masih bingung memadukan warna pink? Kamu bisa juga menggunakan warna pink pastel kemudian dipadukan dengan warna mint sebagai transisi. Bisa juga kamu gunakan warna pink tua dan bubuhkan eyeshadow glitter berwarna rose gold sebagai aksen tambahan pada kelopak matamu.

4. Ungu

Baik ungu muda, ungu tua, violet, maupun ungu burgundy, semua juga bisa kamu gunakan, kok. Bahkan jika kamu memiliki ragam warna ungu, kamu bisa berkreasi dengan memberikan sedikit efek smokey pada kelopak mata kamu. Bahkan jika diaplikasikan dengan benar, warna ungu ini memberikan efek mata terlihat lebih bulat dan cantik.

Karena warnanya yang terkesan bold di mata, jangan ragu juga untuk menambahkan shading berwarna hitam sebagai warna transisi atau efek smokey. Kamu bisa gunakan warna ungu muda pada inner corner, kemudian ungu tua dan ditutup dengan efek smokey warna hitam pada outer corner.

5. Oranye

oranyeSumber: ipsy.com

Warna oranye juga bisa jadi pilihan kamu untuk tampil lebih unik dan bold tanpa takut mata terlihat lebih kecil. Terlebih, eyeshadow dengan warna oranye ini bisa digunakan sendiri dengan cara mengaplikasikan sedikit saja pada ujung mata dan di-blending perlahan hingga warna yang muncul tersebar dan bergradasi.

Kalau bosan bermain warna dengan warna orange matte, kamu juga bisa mencoba eksplorasi warna dengan orange glittery. Kamu bisa menggunakan eyeshadow orange glitter dan buat transisi sederhana dengan membubuhkan eyeshadow pada outer crease kemudian blending perlahan hingga terlihat bergradasi. Pastikan juga eyeshadow kamu memiliki glitter yang halus, ya!

6. Rose Gold

Bagi kamu yang bosan dengan warna matte, warna rose gold atau pink champagne bisa jadi pilihan kamu agar riasan mata kamu tetap glamor walau hanya menggunakan satu warna saja. Warna rose gold dengan glitter halus membuat mata kamu tampak lebih mengkilau dan lebih lebar. Cukup aplikasikan eyeshadow dari outer crease sampai inner corner.

Punya highlighter berwarna rose gold? Kamu bisa juga bubuhkan sedikit highlighter kamu ke kelopak mata, lho! Jadi kalau kamu punya highlighter rose gold di rumah namun tidak punya eyeshadow yang sejenis, jangan ragu dan kreasikan highlighter yang kamu punya untuk disulap jadi eyeshadow.

7. Champagne

ChampagneSumber: blowltd.com

Selain rose gold atau pink champagne, warna champagne sendiri juga bisa jadi pilihan kamu agar riasan mata terlihat lebih mewah. Sama seperti warna rose gold, jika akan menggunakan satu shade saja. Cukup aplikasikan dari outer crease sampai inner corner. Namun, karena warna ini biasanya memiliki glitter, fungsinya bisa menjadi pelengkap eyeshadow matte.

Sama seperti warna rose gold, warna champagne ini juga biasanya menjadi warna umum untuk highlighter. Untuk kamu yang ingin menggunakan warna champagne sebagai riasan mata, colek sedikit highlighter kamu kemudian bubuhkan di kelopak mata kamu dan blending hingga memunculkan gradasi yang kamu mau.

Tips Riasan Mata untuk Mata Sipit

Terlepas dari pemilihan warna, sebaiknya kamu juga perlu tahu cara mengaplikasikan eyeshadow serta hal yang harus dihindari. Karena, jika salah-salah, mata kamu justru terlihat lebih kecil. Inilah tips menggunakan riasan mata bagi pemilik mata sipit yang dipaparkan Ochell dari Female Daily.

1. Hindari Eyeliner yang Terlalu Tebal

Hindari Eyeliner yang Terlalu TebalSumber: nykaa.com

Mulai sekarang, hindari, ya, menggunakan eyeliner tebal. Pasalnya, mata sipit atau kecil memiliki kelopak yang sempit. Maka jika ingin mempertegas garis mata dengan eyeliner, cukup aplikasikan eyeliner dengan membuat garis tipis. Selain menghindari visual mata semakin kecil, tips ini juga menghindari warna eyeshadow tertutup karena ruang sempit.

2. Aplikasikan Warna Transisi Lebih Tinggi dari Lipatan Mata

Aplikasikan Warna Transisi Lebih Tinggi Dari Lipatan Mata

Punya mata sipit bukan berarti tidak bisa membuat riasan mata dengan warna transisi, lho! Kamu bisa kok bikin warna transisi, bahkan sedikit aksen smokey eyes. Namun ada sedikit catatan, nih, kalau kamu mau membuat transisi warna, sebaiknya aplikasikan warna transisi sedikit lebih tinggi dari garis lipatan mata.

Selain itu, sebaiknya saat mengaplikasikan eyeshadow, kamu tidak menutup mata secara penuh. Hal ini dilakukan agar kamu bisa tahu apakah warna transisi tersebut terlihat atau tidak terlihat saat kamu membuka mata.

3. Hindari Eyeliner Hitam untuk Water Line

water line

Percaya atau tidak, eyeliner warna hitam yang tersemat di waterline membikin tampilan mata lebih sempit. Jadi untuk kamu yang bermata sipit dan kecil, sebaiknya hindari eyeliner warna hitam pada waterline, ya! Sebagai gantinya, kamu bisa kok menggunakan eyeliner warna putih, beige, atau abu-abu untuk melengkapi riasan mata kamu.

Tapi, gemas masih ingin menggunakan eyeliner hitam pada waterline? Masih bisa diakali, kok. Cukup aplikasikan eyeliner hitam pada seperempat waterline, tepatnya yang berada di ujung luar waterline maka tampilan mata kamu akan tampak lebih bold namun tidak terlihat kecil.

4. Gunakan Bulu Mata Palsu Model Wispies

Bukan lagi rahasia kalau bulu mata palsu atau falsies itu beragam macamnya. Namun, untuk kamu yang memiliki mata sipit atau kecil, sebaiknya hindari menggunakan bulu mata palsu yang cenderung tebal dan rapat karena dapat memberatkan kelopak mata dan terlihat sempit atau tertutup.

Nah, karena itu juga, sebaiknya gunakan bulu mata palsu model wispies. Selain nampak lebih natural dan bulu matanya cukup berjarak. Pada mata kecil atau sipit, bulu mata palsu jenis ini membuat mata tetap terlihat bold, namun tidak menutup mata ataupun terlihat sempit.

5. Gunakan Softlens Berwarna Terang

Gunakan Softlens Berwarna TerangSumber: vradiofm.com

Tampaknya memang jarang ada yang notice hal ini, namun penggunaan softlens berwarna pun sebenarnya bisa membuat efek mata menjadi terlihat lebih besar. Apalagi jika softlens yang digunakan berwarna mentereng. Menurut Ochell sendiri, softlens berwarna biru atau abu-abu memberikan efek mata lebih 'melek' atau terbuka.

Pilihan softlens tersebut sangat membantu, terlebih kalau sedang ingin memakai riasan mata yang terkesan bold. Sehingga, mata tidak terlihat sempit atau tertutup. Selain warna abu atau biru, kamu juga bisa berkreasi dengan warna lain, kok. Kamu juga bisa menggunakan warna mentereng lain dan bisa disesuaikan dengan eyeshadow yang akan kamu gunakan.

Itulah warna-warna yang cocok untuk kamu yang memiliki kelopak mata monolid alias sipit atau yang memiliki mata kecil. Walaupun memiliki jenis mata monolid atau kecil, bukan berarti kreativitas kamu dalam bermakeup jadi terbatas kan? Mata sipit juga bisa kok menggunakan warna-warna eyeshadow yang bold, tidak melulu memakai warna soft.

Maka dari itu, penting juga untuk tahu bagaimana cara mengaplikasikan warna-warna pilihan tersebut pada mata. Sehingga, kamu bisa tetap berkreasi tanpa membuat mata tampak lebih penuh atau tertutup. Bisa menggunakan bulu mata palsu, eyeliner, mewarnai waterline, dan menggunakan softlens. Jadi, setelah tahu triknya, tertarik berkreasi dengan eyeshadow?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram