8 Warna Softlens yang Cocok untuk Kulit Kuning Langsat

Ditulis oleh Siti Hasanah

Softlens atau lensa kontak merupakan pengganti kacamata yang praktis. Awalnya, softlens dibuat dengan menggunakan bahan baku plastik yang tipis dan fleksibel sehingga oksigen bisa menembus kornea dengan mudah.

Seiring dengan banyaknya pengguna dan berkembangnya teknologi, softlens lebih banyak dibuat dari bahan silicon-hydrogen yang memungkinkan lebih banyak oksigen yang masuk ke mata saat digunakan. Sebelum membeli softlens, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelumnya. Intip informasi selengkapnya dari Kamini di bawah ini.

Baca Juga: Review Geolica Holi Cat Contact Lens, Softlens Ternyaman!

Perhatikan Ini Sebelum Membeli Softlens

Membeli Softlens

Penggunaan softlens menjadi sangat umum sekarang. Tidak hanya bagi orang yang punya gangguan penglihatan, softlens sudah menjadi bagian dari fesyen. Nah, sebelum membeli lensa kontak, ada baiknya konsultasikan pada dokter terlebih dahulu mengenai softlens yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Pasalnya, meskipun contact lenses digunakan sebagai penunjang penampilan, kamu perlu memperhatikan keamanannya demi matamu. Ketika memakai softlens, kornea mata dan penglihatan pasti akan terpengaruh. Maka dari itu, perhatikan hal berikut ini saat kamu membeli softlens.

1. Pilih Jenis Softlens

Jenis Softlens

Pertama-tama, perhatikanlah jenis softlens. Meskipun terlihat sama, pada dasarnya lensa kontak terdiri dari beberapa jenis. Contact lenses yang paling umum adalah yang terbuat dari plastik silicon-hydrogen yang dipadukan dengan air.

Kemudian, ada pula Rigid Gas Permeable (RGP) yang lebih kaku dibandingkan dengan softlens umum. RGP dibuat dari plastik yang dikombinasikan dengan material lain sehingga cenderung 'keras'. Untungnya, RGP masih memungkinkan oksigen mengalir masuk ke dalam mata.

Softlens biofokal menambah deretan jenis-jenis softlens yang dibuat di masa kini. Lensa kontak ini khusus dibuat untuk orang-orang bermasalah dengan penglihatan rabun jauh dan rabun dekat. Terakhir, ada lensa kontak sklera. Lensa kontak ini nyaris menutupi seluruh permukaan mata sampai ke bagian mata yang berwarna putih (sklera).

Lensa sklera mempunyai ukuran yang lebih besar dan lebar. Biasanya jenis lenses ini digunakan oleh orang-orang dengan kondisi tertentu seperti penderita mata kering atau keratoconus.

2. Perhatikan Kandungan Air

Perhatikan Kandungan Air

Sebelum membeli lensa kontak, pastikan kamu sudah membekali diri dengan informasi seputar produknya. Dalam keterangan produk, biasanya tertera informasi manufacturing lensa kontak tersebut.

Selain itu, perusahaan pasti menyertakan informasi mengenai kandungan air di dalam produknya. Hal ini penting kamu ketahui untuk memastikan cairan softlens tidak akan memberikan pengaruh buruk pada mata. Dengan begitu, mata akan tetap lembap dan lensa tetap nyaman sepanjang digunakan.

3. Ingat Tanggal Kedaluwarsa

Tanggal Kadaluwarsa

Memeriksa tanggal kedaluwarsa adalah hal yang paling penting dan utama dalam setiap membeli produk. Durasi pemakaian softlens berbeda-beda. Ada yang bisa digunakan 1 hari (sekali pakai), 1 minggu, 3 bulan, 6 bulan dan bahkan 12 bulan.

Kamu harus mengingat tanggal produksi dan tanggal kedaluwarsanya. Ini penting demi menjaga kesehatan mata kamu. Bagaimanapun juga, softlens adalah benda asing. Saat digunakan pada mata, pastikan ia tidak berdampak buruk pada matamu.

4. Perhatikan Kenyamanan

Kenyamanan

Softlens terbaik adalah softlens yang paling nyaman ketika digunakan. Oleh sebab itu, perhatikan apakah softlens tersebut pas dengan kondisi matamu atau tidak. Softlens berbahan silicon-hydrogel adalah softlens yang paling direkomendasikan sebab memungkinkan oksigen masuk ke kornea mata.

Beberapa softlens diketahui menyebabkan mata kekurangan oksigen sehingga menyebabkan mata kemerahan, iritasi, kering, perih dan pandangan menjadi blur. Dampak parahnya adalah adanya penipisan kornea dan mata tertutup awan atau corneal dystrophy.

Warna Softlens untuk Kulit Kuning Langsat

langsat

Setelah memperhatikan hal-hal penting di atas, kamu sudah bisa memilih warna softlens sekarang. Warna-warna softlens yang beragam pasti membuat kamu bingung memilih yang mana yang paling cocok.

Namun, tidak semua warna-warna softlens cocok di semua warna kulit, lho. Untuk kamu yang mempunyai tone kuning langsat atau cerah, informasi mengenai warna softlens berikut ini bisa menjadi rekomendasi yang kamu butuhkan. Yuk, simak kelanjutan informasinya!

1. Cokelat Natural

Cokelat Natural

Inilah warna yang paling memberikan kesan alami dan merupakan warna paling aman bagi kamu yang mempunyai kulit kuning langsat. Warna softlens cokelat natural memberikan efek segar yang lembut. Warna ini juga yang terlihat paling menyatu dengan warna kulit kuning langsat.

Softlens dengan warna cokelat natural cocok digunakan untuk menghadiri segala acara, baik acara formal maupun acara kasual. Tidak hanya bagi remaja, warna lensa cokelat natural cocok digunakan oleh orang dewasa juga.

Jadi, intinya lensa cokelat natural adalah warna yang paling aman bagi berbagai warna kulit dan usia tanpa perlu takut penampilanmu terlihat berlebihan. Dan, tentunya bakal cocok juga di warna kulit kuning langsat.

2. Milky Orange

Milky Orange

Milky orange adalah perpaduan warna oranye, cokelat dan putih. Milky orange mempunya warna cantik yang menyatu dengan warna kornea asli kebanyakan orang Indonesia. Dengan warna ini, kamu akan terlihat lebih manis.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram