Kamini.id / Aksesoris / Yuk, Ketahui Kombinasi Warna yang Cocok dengan Merah!

Yuk, Ketahui Kombinasi Warna yang Cocok dengan Merah!

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Merah adalah salah satu warna yang kaya. Bahkan sejarah dari warna ini juga tak kalah kaya dengan karakteristik tersebut. Penggunaan pigmen merah pada zaman Mesir Kuno dianggap menggambarkan perayaan, vitalitas, kehancuran hingga kejahatan.

Sejak saat itu, merah menjadi salah satu warna pokok sepanjang sejarah. Warna merah juga merupakan warna digunakan dalam mural pada zaman Yunani Kuno, pakaian Bizantium untuk menandakan status dan kekayaan hingga diterapkan pada seni modern.

Berdasarkan psikologi warna, merah menggambarkan emosi yang luas dimulai dari pengorbanan, bahaya, kemarahan, seksualitas hingga cinta. Tak aneh cukup banyak orang-orang yang menyukai warna ini. Bahkan bendera Indonesia saja tidak mau ketinggalan melibatkan warna yang juga menandakan keberanian ini.

Sama seperti warna lainnya, merah juga memiliki beragam shade, dari yang saturasinya rendah hingga tinggi. Tak hanya berkarakter cukup kuat sebagai warna independent, merah juga dapat memberikan kesan berbeda bila dipadukan dengan warna-warna lain. Berikut adalah kombinasi warna yang cocok dipadukan dengan merah.

Warna yang Cocok dengan Merah

Tak peduli shade warna merah apapun yang akan kamu gunakan, secara umum warna merah akan cocok dipadukan dengan warna-warna ini. Apa saja warna yang dimaksud? Simak daftar berikut ini!

1. Hitam

warna yang cocok dengan merah_hitam

* sumber: wallpaperaccess.com

Perpaduan antara warna merah dengan hitam selalu menciptakan kesan yang kuat dan estetik. Merah yang merepresentasikan kehidupan, amarah dan api menciptakan kesan yang semakin mendalam ketika dipadukan dengan kelam dari hitam. Entah tampak semakin kuat ataupun semakin ganas. Perpaduan dua warna ini tidak pernah hilang dari ruang desain modern.

2. Biru

warna yang cocok dengan merah_biru

* sumber: www.schemecolor.com

Merah juga akan cocok bila dipadukan dengan warna biru, apapun shade-nya. Dari biru muda hingga biru paling tua seperti dongker. Perpaduan warna ini akan menciptakan kombinasi kesan berbeda, dari yang eye-catching, misterius, hingga tampak kuat.

Bila kamu sering menonton film tentang pahlawan super, kedua warna ini menjadi warna yang cukup sering digunakan pada kostum pahlawan super. Perpaduan merah dan biru pada kostum pahlawan super menciptakan kesan berani, bersemangat, memiliki tekad, bijaksana dan penuh kepercayaan diri. Benar-benar menyirikan karakter seorang pahlawan super.

3. Putih

Cara mencuci baju putih yang benar

Kalau kombinasi kedua warna ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi bangsa Indonesia. Warna merah dan putih bagi bangsa Indonesia menandakan perjuangan, pengorbanan sekaligus kemenangan. Merah yang kaya dan mendominasi ternyata berpadu baik dengan kesucian dari putih yang tak kalah penuh karakter. Keduanya akan menciptakan kesan sensitifitas yang berhubungan dengan cinta, feminitas dan ketenangan.

4. Krim

warna yang cocok dengan merah_cream

* sumber: wallpaperaccess.com

Tak hanya putih yang dapat melembutkan kesan kuat dari merah, krim yang memiliki karakter hampir serupa juga dapat melakukannya. Krim dan merah juga dapat menciptakan kesan romantis yang mewah, tenang, hangat namun menggoda.

5. Merah Muda

warna yang cocok dengan merah_pink

* sumber: www.schemecolor.com

Bila memadukan merah dengan merah muda, mungkin kamu akan langsung teringat pada hari Valentine. Memang keduanya merupakan warna primer dari Hari Kasih Sayang tersebut karena menciptakan kesan cinta yang romantis dan cukup dramatis. Dalam dunia fashion sendiri, memadukan outfit berwarna merah dan merah muda akan menciptakan kesan sangat chic dan keren. Tak heran warna ini cocok satu sama lain.

6. Metalik

warna yang cocok dengan merah_metalic

* sumber: arteza.com

Bila kamu menyukai warna-warna metalik yang cenderung menarik perhatian, kabar baiknya kamu dapat memadukan warna-warna tersebut dengan merah untuk menciptakan tampilan yang semakin memukau.

Contohnya merah dan emas menciptakan kesan yang bold nan anggun, sementara perak bila dipadukan dengan merah akan semakin memunculkan karakter dari merah. Tak hanya pada desain interior, memadukan merah dengan warna-warna metalik juga tidak kalah bersinar dalam dunia fashion.

Itulah warna-warna yang cocok dipadukan dengan warna merah secara umum. Tapi, bila kamu ingin lebih spesifik mencari warna-warna yang akan cocok dengan shade warna merah tertentu, ada beberapa rekomendasi warna yang dapat kamu pertimbagkan.

Warna yang Cocok dengan Rose Red

rose red

* sumber: www.solidbackgrounds.com

Rose red atau merah mawar adalah warna yang sangat vibrant dan eye-catching. Warna yang satu ini ternyata dapat berpadu baik dengan warna hijau sebagai warna komplementer dalam color wheel.

Bila ingin menciptakan kesan romantis dan penuh cinta, salah satu shade warna merah ini dapat dipadukan dengan warna merah muda yang lembut. Selain itu untuk sedikit menetralkan kesan mencolok dari rose red, kamu juga dapat memadukannya dengan warna ivory.

Warna yang Cocok dengan Crimson Red

crimson

* sumber: shop.bridgersteel.com

Crimson red adalah salah satu warna merah tua yang agak keunguan. Salah satu warna merah ini disebut merupakan warna dari cinta dan kasih sayang. Warna yang satu ini dapat dipadukan dengan beberapa warna lain untuk menciptakan aura yang berbeda.

Bila ingin menciptakan kesan vintage dan elegan, padukan warna crimson red dengan warna marun, hijau atau perunggu. Sementara untuk menciptakan kesan modern, padukan warna ini dengan dengan merah muda, atau warna-warna beige.

Warna yang Cocok dengan Burgundy

burgundy

* sumber: www.colorpsychology.org

Berbeda dengan crimson red yang memiliki hint keunguan, burgundy memiliki undertone coklat pada shade warna merah yang juga tua. Warna ini cenderung lebih terkesan serius dibandingan warna merah sesungguhnya. Burgundy juga menjadi simbol dari ambisi, kekuatan dan kekuasaan.

Warna yang satu ini akan berpadu baik dengan abu-abu dan kuning keemasan untuk menciptakan tampilan yang elegan dan kalem. Sementara bila dipadukan dengan toska warna ini akan menampilkan kesan hangat dan ceria.

Warna yang Cocok dengan Scarlet

scarlet red

* sumber: colorcodes.io

Warna merah cerah yang satu ini memiliki hint oranye menjadikannya simbol keberanian, gairah, kegembiraan dan panas. Selain itu, karena berhubungan dengan sejarahnya, salah satu warna merah ini juga sering dihubungkan dengan pengorbanan, pengabdian dan agama.

Mengkombinasikan scarlet dengan warna-warna netral seperti sand dan beige akan menciptakan kesan yang sophisticated. Akan tetapi, bila ingin menciptakan tampilan yang hangat dan earthy, kamu dapat memadukan warna ini dengan warna basil dan coklat.

Warna yang Cocok dengan Merah Pastel

pastel red

* sumber: www.schemecolor.com

Kalau mendengar warna pastel, pasti kamu akan mengingat warna-warna yang lembut. Kelompok warna dengan hint putih yang dominan dibandingkan pigmen aslinya.

Warna merah pastel sendiri merupakan kelompok warna merah yang dipadukan dengan warna putih. Beberapa yang masuk dalam kelompok merah pastel adalah coral dan salmon. Warna-warna merah pastel cocok dipadukan dengan pink yang lembut seperti warna rose, atau dengan putih, krim, hingga abu-abu muda.

Itulah warna-warna yang cocok dipadukan dengan beberapa shade dari merah. Tiap paduan warna akan memberikan kesan yang berbeda pula. Sebenarnya masih banyak warna-warna spesifik yang dapat dipadukan dengan warna merah. Jadi jangan takut bereksperimen ya untuk menemukan paduan warna yang tepat dan kesan yang diinginkan.

Perpaduan antara warna-warna ini juga tak hanya cocok digunakan pada desain saja lho, pada fashion pun warna-warna tersebut dapat membuat penampilanmu semakin menarik dan fashionable.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *