Kamini.id / Lifestyle / 10 Cara Menghargai Orang Lain, Sudahkah Kamu Melakukannya?

10 Cara Menghargai Orang Lain, Sudahkah Kamu Melakukannya?

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Oktober 2019

Dalam hidup kita dikelilingi oleh banyak orang, mulai dari orangtua yang telah membesarkan kita sampai sekarang, kakak atau adik yang kita sayangi, sahabat dan teman-teman yang baik, anak-anak yang menginspirasi hingga rekan kerja yang selalu menyelesaikan pekerjaan bersama.

Terkadang, kita merasa ada orang yang tidak menghargai usaha yang telah dilakukan. Tetapi apakah kamu pernah bertanya pada diri sendiri, sudahkah dirimu menghargai orang lain terlebih dahulu? Menghargai orang lain adalah bagian penting untuk menjaga hubungan sosial.

Belajar untuk menghargai upaya, kemampuan, pendapat, dan kebiasaan orang lain akan membantumu tetap bahagia dan sukses dalam kehidupan interpersonalmu.

Jika kamu ingin dihargai oleh orang lain, kamu harus terlebih dahulu menghargai orang lain. Kuncinya adalah berhenti fokus hanya pada diri sendiri dan mulailah memikirkan orang lain juga. Berikut Kamini akan berbagi beberapa cara menghargai orang lain yang bisa kamu mulai lakukan sekarang.

1. Jadi Pendengar yang Baik

Jadi Pendengar yang Baik

* sumber: greatist.com

Mendengarkan orang lain saat berbicara adalah cara dasar untuk menghargainya. Semua orang tentu memiliki pendapat atau cerita yang ingin diberi tahu kepada orang terdekatnya. Semua orang tentu merasa ingin didengarkan. Mendengarkan orang lain dengan baik memang terdengar mudah, tetapi sebenarnya bisa menjadi salah satu keterampilan paling sulit untuk dilakukan.

Jika kamu ingin seseorang tahu bahwa kamu menghargainya, maka selaraskan apa yang dikatakan orang tersebut. Letakkan handphonemu, dan lihat matanya lalu berikan tanggapan jika diminta. Berikan perhatian penuh terhadap pembicaraan tersebut, dengan begitu mereka akan merasa penting dan dihargai.

2. Bersikap Empatik

Bersikap Empatik

* sumber: www.vox.com

Berusahalah menjadi orang yang peduli dengan kehidupan sosial dan membuat hubungan emosional yang tulus. Tunjukkan bahwa kamu akan selalu peduli yang akan membuktikan bahwa mereka dihargai. Misalnya jika seorang teman dekatmu sedang mengalami masalah, mungkin ia perlu seseorang untuk mendapatkan dukungan atau sekedar mendengarkan keluh kesahnya.

Jangan pernah meremehkan atau acuh kepada seseorang yang sedang terpuruk. Dukunglah dengan bertanya dan usahakan untuk menghiburnya.

3. Memahami Mereka Apa Adanya

Memahami Mereka Apa Adanya

* sumber: www.stocksy.com

Jika kamu benar-benar menghargai orang lain, kamu harus menghargai mereka apa adanya. Berarti kamu juga harus memahami sifat seseorang dengan tidak memaksa orang tersebut untuk berubah. Memaksa seseorang untuk berubah itu akan membuatnya merasa tidak dihargai.

Jika kamu tidak setuju dengan sesuatu yang orang lain katakan atau lakukan cobalah untuk setuju untuk tidak setuju daripada mendorong orang lain dengan cara kamu. Cara tersebut akan menunjukkan kepada orang lain bahwa kamu menghargai mereka bahkan ketika kamu tidak setuju dengannya dalam masalah tertentu.

Misalnya, jika kamu memiliki teman yang berbeda pilihan politiknya, jangan mengubah pikirannya yang justru akan merusak hubunganmu dengannya. Sebaiknya setuju untuk tidak setuju dan menghindari topik tersebut.

4. Tunjukkan Rasa Terima Kasih

Tunjukkan Rasa Terima Kasih

* sumber: www.thespruce.com

Menunjukkan atau mengucapkan terima kasih adalah hal paling sederhana yang mungkin banyak orang lupa untuk mengatakannya. Kamu harus menunjukkan rasa terima kasih dengan kata-kata atau membelikannya hadiah. Namun jika kamu melakukannya dengan tidak tulus, hal itu akan sia-sia. Pastikan bahwa orang akan tahu jika kamu menghargai mereka dan tindakan mereka.

Jika kamu adalah seorang bos atau atasan di perusahaan, kamu bisa menunjukkan rasa terima kasih dengan mengucapkan “Terima kasih atas semua kerja keras kamu.” Tentu saja hal itu adalah cara yang lebih ramah dan sopan untuk menghargai terhadap kerja keras seseorang.

Atau kamu juga bisa berterimakasih pada orang lain di media sosial. Kamu bisa memposting Insta story atau status dengan gambar atau foto kalian. Misalnya menuliskan rasa terima kasih setelah seseorang menemanimu seharian ini.

5. Berikan Bantuan Ketika Mereka Membutuhkan

Berikan Bantuan Ketika Mereka Membutuhkan

* sumber: lakehouserecoverycenter.com

Jika ada seseorang yang ingin meminta bantuanmu, lakukan apa pun yang bisa kamu lakukan untuk membantunya. Terutama jika kamu tahu bahwa orang lain sedang mengalami masa-masa sulit, segeralah melakukan sesuatu untuknya. Misalnya, jika orang tersebut sedang sedih, kamu bisa membawakan makanan atau membantu menyelesaikan sedikit pekerjaannya.

Dengan begitu, kamu akan menjadi seseorang yang berharga dalam hidupnya karena kamu bisa diandalkan di saat seseorang sedang dalam kesulitan.

6. Jangan Membicarakan Keburukan Orang Lain

Jangan Membicarakan Keburukan Orang Lain

* sumber: mortensondental.com

Untuk para wanita yang biasanya senang membicarakan keburukan orang lain, sebaiknya hal tersebut harus segera dihentikan. Ketika kamu ingin membicarakan atau bergosip tentang orang lain, anggaplah bahwa seseorang yang ingin kamu bicarakan sedang berada bersamamu. Kamu perlu menghargai orang lain bahkan jika kamu tidak menyukainya.

Karena setiap orang memiliki sifat yang kita suka dan tidak kita sukai. Jika kamu sudah terlanjur menjadi orang yang senang bergosip, maka kamu bisa dinilai menjadi orang yang kurang bisa dipercaya.

7. Jangan Membuang Waktu Orang Lain

Jangan Membuang Waktu Orang Lain

* sumber: motionarray.com

Jika kamu menghargai waktu orang lain, maka orang lain pun akan menghargai waktumu. Termasuk tidak datang terlambat saat sudah membuat janji, tidak menghabiskan waktu meeting untuk membicarakan hal-hal yang kurang penting sehingga membuat seseorang lebih mudah untuk mengambil keputusan. Terutama jika orang tersebut lebih sibuk darimu.

8. Belajar Tentang Sudut Pandang Orang Lain

Belajar Tentang Sudut Pandang Orang Lain

* sumber: www.pewresearch.org

Belajar berempati dengan orang lain yang memiliki sudut pandang atau pengalaman yang berbeda dari kamu, sehingga akan membantu kamu belajar menghargai orang lain. Kamu boleh bangga dengan sudut pandang sendiri, tetapi jangan menganggap sudut pandang orang lain itu salah.

Meskipun tampak mudah untuk berkomentar, tapi kamu harus menghargai sudut pandang orang lain karena apa yang orang lain alami dan rasakan akan berbeda dengan kehidupanmu.

9. Perhatikan Hal-hal Kecil

Perhatikan Hal-hal Kecil

* sumber: www.evms.edu

Ketika kamu sedang bersama orang lain, berikan perhatian penuh terhadapnya. Perhatian dalam artian tidak terlalu fokus dengan handphone atau menonton TV. Memperhatikan hal-hal kecil dari orang lain akan membuat kamu menemukan kualitas apa saja yang dimiliki orang lain. Sehingga membuat kamu akan lebih paham dan tahu cara memperlakukan orang lain dengan baik.

Luangkan waktu untuk memperhatikan orang lain. Mungkin terdengar sepele namun itu bisa membuat kamu menghargai mereka.

10. Bersikap Baik dan Sopan Santun

Bersikap Baik dan Sopan Santun

* sumber: www.smartparents.sg

Bersikap baik adalah salah satu cara untuk menghargai orang lain. Kamu bisa memberikan sesuatu yang bisa orang lain gunakan, mungkin sesuatu yang dibutuhkan oleh orang lain. Dengan bersikap baik, akan membuat kamu puas dan merasa bahagia. Selain itu sopan santun adalah salah satu cara yang sangat mudah untuk menghargai orang lain.

Bertindak sopan dapat mengubah hari seseorang bahkan dapat mengubah kehidupan seseorang. Tentunya kamu harus bersikap sopan terhadap siapa pun dan dimana pun termasuk dalam bersosial media. Jika ingin menghargai seseorang, maka mulailah bersikap baik dan sopan.

Nilai nyata kehidupan berasal dari hubungan kita dengan orang lain. Menghargai orang lain dapat membuat orang lain merasa percaya diri dan tentunya akan berdampak juga pada dirimu sendiri. Hingga nantinya akan membuat kamu merasa bangga karena bisa meningkatkan harga diri orang lain.

Jadi, belajarlah untuk menghargai orang lain supaya kamu memiliki hubungan yang penuh kasih sayang dengan orang-orang disekitar kamu. Mudah bukan? Jika kamu punya cara lain tentang menghargai orang lain, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *