Kamini.id / PDKT / Sebelum Menyesal, Yuk Kenali Dulu 10 Ciri Gebetan Cemburu

Sebelum Menyesal, Yuk Kenali Dulu 10 Ciri Gebetan Cemburu

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 November 2019

Cemburu bisa jadi perasaan yang wajar buat sepasang kekasih. Namun, apa jadinya kalau belum jadi sepasang kekasih? Cemburu biasanya jadi perasaan yang ambigu. Mau marah, merasa nggak punya hak. Akhirnya, kalau statusnya masih gebetan cuma bisa pasrah. Cemburunya ditelan sendiri saja.

Kadang orang jadi bingung kalau cemburu tapi belum punya hak buat bilang terus terang. Kita juga kadang nggak sadar kalau si gebetan cemburu. Ini yang bahaya, salah-salah si gebetan itu bisa mundur teratur. Kalau kita nggak kunjung sadar, dia bisa hilang tiba-tiba tanpa kita tahu apa sebabnya. Sebelum menyesal, yuk kenali dulu 10 ciri gebetan cemburu.

1. Mempertanyakan Status

Mempertanyakan Status

Kedekatan kita dengan orang lain mungkin bikin gebetan cemburu. Walaupun kita nggak sadar, tapi wajar kalau reaksi yang didapat adalah cemburu. Bagaimana pun akan muncul  perasaan nggak senang, nggak nyaman, khawatir bahkan takut nantinya kita akan meninggalkan dia. Ciri gebetan cemburu yang pertama dan paling umum adalah mempertanyakan status.

Nggak semuanya bertanya secara frontal, sebagian mungkin bertanya secara halus. Misalnya, dengan menyebut orang lain itu sebagai ‘gebetan baru’ atau pura-pura bertanya si dia yang itu apa kabarnya. Intinya, dia ingin menegaskan posisi mana yang lebih berarti buat kamu, si dia atau orang yang bikin dia cemburu?

2. Mood yang Mudah Berubah

Mood yang Mudah Berubah

Ada berbagai ciri yang bisa dilihat saat gebetan cemburu. Ada yang berani mengungkapkan bahwa dia cemburu, ada yang memilih menjauh, ada yang memilih diam bahkan ada yang memilih untuk melakukan itu semua. Cemburu memang nggak enak untuk dirasakan terutama dia yang sadar akan statusnya yang belum jadi pacar.

Kita bisa melihat itu melalui mood dia yang mudah berubah. Kalau kita menemukan dia sedang dalam mood bagus lalu berubah drastis, ada kemungkinan dia lagi cemburu. Misalnya kalau kita lagi sama gebetan terus ada orang lain yang telepon. Dia yang asalnya tertawa riang bisa mendadak diam, kalau kita tanya dia pasti jawab ‘nggak apa-apa’.

3. Pura-Pura Nggak Peduli

Pura-Pura Nggak Peduli

Pada saat proses pendekatan, gebetan adalah orang yang sangat peduli dan memperhatikan kita. Bahkan sampai ke detil-detil kecil yang nggak diperhatikan oleh orang lain. Pun ketika kita ada masalah, dia akan jadi orang yang berusaha paling keras untuk menghibur dan menemani sampai masalah itu berlalu.

Saat merasa cemburu, gebetan akan ragu apakah masih perlu peduli kayak biasanya? Karena ada orang lain yang dia pikir menggantikan perannya. Di tengah keraguannya itu, tindakan yang paling sering dilakukan adalah pura-pura nggak peduli. Kita bisa melihat itu dari intensitas komunikasi yang berkurang. Dia sengaja melakukan itu supaya kita bertanya-tanya.

4. Sering Menghubungi

Sering Menghubungi

Berkebalikan dari ciri sebelumnya yang pura-pura nggak peduli, ada juga yang malah semakin sering menghubungi. Tipikal orang seperti ini biasanya adalah orang yang pantang menyerah. Kalau ada orang yang mengancam posisinya, dia akan jadi orang yang nggak mau kalah.

Ada kegelisahan yang bercampur rasa penasaran dalam dirinya dan dia nggak mampu menyembunyikan itu. Mungkin nggak selalu bertanya to the point. Bisa jadi dia menghubungi untuk mengirim meme-meme lucu, atau humor receh, atau hal kurang penting lainnya. Intinya, dia ingin hadir sesering mungkin karena takut posisinya tergantikan.

5. Bete Kalau Bahas Orang Lain

Bete Kalau Bahas Orang Lain

Pendekatan yang dilakukan gebetan bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Dari mulai sering menghubungi, mengajak jalan, makan atau nonton. Semakin sering ajakan dilempar maka kemungkinan besar dia merasa cocok pada kita. Waktu mengobrol berdua pasti ada banyak topik yang dibicarakan. Dari mulai soal masa kecil sampai pekerjaan akan mengalir begitu saja.

Mungkin kita nggak sadar membahas orang lain di tengah obrolan itu sampai bikin dia bete. Ekspresinya akan berubah, yang awalnya sering berbicara akan mulai dikurangi kemudian menjadi diam atau malah mengalihkan arah ke topik lain. Betenya dia adalah ciri kalau dia cemburu, apalagi kalau kamu terlihat mengagumi orang itu.

6. Berbicara Sarkastis

Berbicara Sarkastis

Proses pendekatan membuat kita mengenali karakteristik gebetan. Dari mulai caranya berkomunikasi, hobinya sampai gaya hidupnya. Masih banyak memang yang perlu dikenali dari dia tapi secara garis besar kita tahu siapa dia. Namun, kita pun harus sadar bahwa ada situasi-situasi tertentu yang dapat mengubahnya, salah satunya saat dia cemburu.

Ada banyak cara yang dilakukan untuk mengungkapkan kecemburuan seseorang, berbicara sarkastis adalah salah satu ciri gebetan cemburu. Caranya beragam, mungkin dia akan merendah dan membandingkan diri dengan orang yang bikin dia cemburu. Mungkin dia akan bertanya kenapa kamu malah jalan sama dia bukan sama orang itu? Kamu perlu lebih peka untuk mengenalinya.

7. Marah Tanpa Alasan Jelas

Marah Tanpa Alasan Jelas

Setelah bersikap sarkastis, ciri selanjutnya dari gebetan yang cemburu adalah marah tanpa alasan jelas. Marahnya gebetan nggak akan sama kayak marahnya pacar. Dia nggak akan menegur secara langsung apalagi mengumpat, dia akan marah dengan caranya sendiri. Mungkin dia akan pura-pura sibuk, membatalkan janji, atau hal-hal semacam itu.

Kita mungkin nggak sadar gebetan waktu dia seperti itu dan mengira kalau dia memang sibuk. Apapun yang kita tanya akan dijawab secara singkat atau seperlunya. Memang dia belum merasa layak kalau marah karena belum adanya status jelas, tapi minimal kita tahu dia seperti itu karena cemburu.

8. Sering Mengamati Media Sosial

Sering Mengamati Media Sosial

Kecemburuan gebetan sangat terbatas untuk diungkapkan. Artinya, kalau terlalu marah pun dia akan malu sendiri karena belum jadi pacar. Sementara itu, dia merasa perlu melakukan sesuatu sebagai reaksi dari kecemburuannya. Media sosial saat ini sering jadi tempat kita mengungkapkan perasaan atau memperlihatkan apa yang kita lakukan, jadi di situlah dia akan berfokus.

Kalau lagi jauh, dia pasti akan gelisah memikirkan apakah posisinya akan tergantikan? Dia nggak terus terang karena satu dan lain hal. Sebagai gantinya, media sosial kita akan diperhatikan sesering mungkin untuk melihat apa yang kita lakukan dan bersama siapa kita. Dia ingin memastikan kalau orang yang bikin dia cemburu nggak lebih sering bareng kamu dibanding dia.

9. Selalu Ingin Tahu

Selalu Ingin Tahu

Pertanyaan, “Kamu sama siapa?” sering terlontar walaupun belum resmi pacaran. Kalau dilihat secara negatif, itu bisa dikatakan posesif. Kalau dilihat dari kacamata positif, bisa saja dia bertanya karena ingin lebih dekat dengan kita. Lain cerita kalau dia lagi cemburu. Pertanyaan yang dia ajukan bertujuan untuk mencari tahu apakah posisinya terancam?

Rasa penasaran karena cemburu bukan cuma diungkapkan dengan bertanya siapa yang bersama kita, tapi juga dengan bertanya dengan siapa kita suka chat, siapa yang sering menelpon kita dan lain-lain. Sebenarnya dia bukan hanya ingin tahu siapa orangnya yang juga mendekati kita, tapi juga ingin tahu seberapa berbahaya posisinya di tengah pendekatan.

10. Bertingkah Aneh Saat Bertemu

Bertingkah Aneh Saat Bertemu

Dia mungkin tahu kalau yang sedang mendekati kamu bukan cuma dia. Namun, dia nggak akan mundur karena itu. Dia akan tetap mengajak bertemu atau jalan seperti biasa seakan-akan semuanya normal dan dia nggak cemburu sama siapapun. Ciri gebetan cemburu bisa kita lihat dari tingkahnya yang berbeda.

Dia mungkin akan melakukan hal-hal yang nggak biasa. Misalnya, tiba-tiba membawa bunga waktu jemput ke rumah. Bisa juga dia tiba-tiba mengajak kamu makan ke tempat yang lebih bagus dari biasanya. Dia ingin terlihat lebih baik dibanding orang lain yang mengancam posisinya saat itu. Cara itu sering dipilih sebagai cara halus untuk meyakinkan kalau perasaannya sangat serius.

Dari beberapa ciri di atas, berapa banyak yang sudah terjadi? Mudah-mudahan setelah membaca kamu bisa lebih baik dalam memahami situasi sehingga ciri muncul nggak bertambah banyak. Jangan lupa, kalau ada teman yang butuh membaca ini beritahu dia ya! Selain itu, kamu juga bisa ikut menambahkan kok di kolom komentar yang sudah disediakan. Mampir juga ke artikel cara amenghilangkan cemburu pada pasangan berikut ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar