Kamini.id / PDKT / 10 Cara Jitu Melupakan Orang yang Tidak Mencintai Kita

10 Cara Jitu Melupakan Orang yang Tidak Mencintai Kita

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 November 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kita bisa jatuh cinta kepada siapa saja tanpa bisa memaksa dia untuk balas mencintai kita. Semua orang berhak untuk mencintai siapa saja sebagaimana semua orang berhak untuk tidak mencintai, meskipun orang itu mencintainya. Ini, salah satu dari sekian banyak masalah hidup yang dialami banyak orang.

Memang tidak akan mudah menerima kalau orang yang kita cintai ternyata tidak punya perasaan yang sama. Selama kita tidak bisa menerima itu, selama itu pula hidup kita akan terganggu. Salah satu cara kita menerima adalah dengan cara melupakannya. Kalau belum pernah mencoba, cobalah 10 cara melupakan orang yang tidak mencintai kita di bawah ini.

1. Ambil Waktu untuk Bersedih

Ambil Waktu untuk Bersedih

Mencintai orang yang tidak mencintai kita bukanlah hal yang menyenangkan. Muncul perasaan sakit karena usaha yang dilakukan terasa sia-sia. Tidak jarang kita juga kehilangan rasa percaya diri karena ini. Belum lagi bayangan-bayangan buruk lain yang mengganggu pikiran.

Tidak ada yang salah dengan bersedih. Bagaimanapun sedih dan bahagia adalah dua sisi yang kerap kita temui. Ambillah waktu untuk bersedih, tidak perlu terburu-buru. Nikmati kesedihan itu sejenak karena meluapkan perasaan itu penting agar tidak mengendap dalam diri dan berujung pada rasa benci atau dendam.

2. Tidak Menyalahkan Siapa Pun

Tidak Menyalahkan Siapa Pun

Perasaan sedih karena bertepuk sebelah tangan bukan tidak mungkin membuat kita mencari-cari kesalahan. Manusiawi memang untuk mencari kambing hitam dari sebuah kegagalan. Namun hal tersebut tidak ada gunanya dan tidak akan membuat kita jadi lebih baik. Wajar kalau ada pikiran buruk karena bagaimanapun kita perlu waktu untuk menerima kenyataan yang pahit.

Penting juga bagi kita untuk tidak menyalahkan siapa pun. Ubahlah pikiran-pikiran yang tidak jelas kebenarannya menjadi pikiran positif. Anggaplah dia bukan jodoh kita atau kita mungkin akan mendapat seseorang yang lebih baik darinya di masa depan. Membangun pola pikir seperti itu akan membuat kita lebih mudah untuk merelakan yang sudah terjadi.

3. Hentikan Rasa Ingin Tahu

Hentikan Rasa Ingin Tahu

Saat kita mencintai seseorang, rasa ingin tahu tentang dia begitu tinggi. Berbagai hal kita cari agar mengetahui orang seperti apa dia, apa yang dia sukai sampai apa yang dia benci. Caranya bisa lewat temannya yang kita kenal sampai memperhatikan dia di media sosial. Cara-cara yang kemudian menjadi luka yang kita cari sendiri.

Keadaan tidak sama lagi seperti dulu, kita tahu dia tidak mencintai kita. Jadi hentikan rasa ingin tahu tentang dia. Hindari perbincangan tentang dia bersama teman, hindari juga untuk melihat update yang dia lakukan di media sosial. Kita membutuhkan waktu untuk bisa menggeser dia di pusat pikiran kita.

4. Hindari Interaksi

Hindari Interaksi

Interaksi adalah salah satu cara agar bisa mendekati orang yang kita cinta. Mulai dari interaksi ril di dunia nyata maupun di dunia maya. Kita selalu menunggu kesempatan untuk sekadar bertemu atau berpapasan dengan dia atau apa yang dia update agar mempunyai bahan obrolan.

Hindari interaksi saat kita tahu bahwa dia tidak mencintai kita. Semakin banyak interaksi dengan dia, maka semakin sulit pula kita melupakan. Jika terpaksa berpapasan atau bertemu cukup lemparkan senyum tak perlu mengobrol terlalu lama. Jika ada update dari dia, biarkanlah itu berlalu seolah dia hanya orang biasa seperti orang lainnya. Menghilanglah dari kehidupan dia sejenak.

5. Sembunyikan Barang Kenangan

Sembunyikan Barang Kenangan

Dalam fase pendekatan, tentu ada barang-barang yang sengaja kita simpan. Seperti tiket bioskop waktu nonton bersama, tiket konser, atau hal-hal semacam itu. Barang tersebut terasa sangat spesial. Kita pun menyimpannya di tempat yang paling mudah dilihat karena merasa ingin dekat atau menghadirkan sosoknya lewat barang itu.

Saatnya menyembunyikan barang kenangan dari dia yang tidak mencintai kita. Sembunyikan di tempat yang tidak terlihat agar kenangan bersama dia tidak terus membayangi pikiran. Suatu saat nanti kita bisa menemukannya lagi, kita boleh tersenyum bangga karena kita bisa melewati fase melupakan dia.

6. Buat Daftar Hal yang Tidak Disukai dari Dia

Buat Daftar Hal yang Tidak Disukai dari Dia

Ketika kita dekat dengan orang yang kita cinta, rasanya dia adalah orang paling ganteng atau cantik atau bahkan paling sempurna di dunia. Kelebihannya seakan-akan menutup kekurangannya. Di antara miliaran orang di dunia, dia adalah pusatnya. Bahkan, kita tidak akan percaya kalau ada orang lain yang menyebutkan kekurangannya.

Apapun yang dia lakukan menjadi perhatian kita. Namun ketika keadaan tidak sesuai dengan harapan, kita perlu sadar bahwa dia adalah manusia biasa yang punya kekurangan juga. Buatlah daftar mengenai hal-hal yang tidak kita sukai dari dia. Semakin banyak nomor yang dibuat semakin bisa meyakinkan kita kalau dia bukan orang yang tepat dan layak dilupakan.

7. Salurkan Rasa Sedih ke Olahraga

Salurkan Rasa Sedih ke Olahraga

Sedih itu wajar saat orang yang kita cinta tidak mencintai kita. Pikiran menjadi kalut, bahkan terkadang rasa sedih itu bercampur dengan rasa marah. Di fase itu berarti kita sedang berusaha melawan kenyataan. Sesuatu yang seharusnya diterima, bukan dilawan. Ada banyak cara untuk menyalurkan rasa sedih. Salah satu penyaluran yang positif adalah olah raga.

Olahraga bisa membuat badan sehat dan terlihat segar, olah raga juga dapat mengubah mood. Daripada harus berdiam diri di kamar meratapi kesedihan, lebih baik gunakan baju dan sepatu olah raga dan mulailah berolahraga di luar. Melihat dunia luar juga dapat mengalihkan pikiran kita yang biasanya selalu terpaku pada sosok dia.

8. Hangout Bersama Teman

Hangout Bersama Teman

Sifat dasar manusia adalah mahluk sosial. Kita tidak bisa hidup sendiri di dunia ini. Kita pasti butuh orang lain untuk menjalani hidup. Sekeras dan setegar apapun, kita tetap butuh peran orang lain dalam hidup kita. Selain keluarga, ada juga teman yang kerap hadir dalam hidup kita.

Saat orang yang kita cinta tidak mencintai kita, tentu kita membutuhkan telinga teman untuk mendengar keluh kesah kita. Dengan hangout bersama teman, kita bisa bercerita, mendapat sudut pandang baru bahkan bukan tidak mungkin solusi. Selain itu kehadiran teman juga bisa membuat kita tertawa bahagia sehingga perhatian kita teralihkan.

9. Merawat Diri

Merawat Diri

Pada saat orang yang kita cinta tidak mencintai kita, kita cenderung melupakan detil-detil kecil tentang diri kita sendiri. Sering kali merasa terpuruk membuat kita acuh, mungkin karena hilangnya semangat. Keacuhan tersebut kerap membuat perubahan pada penampilan. Kesedihan adalah hal yang wajar tapi jangan melupakan diri sendiri.

Seburuk apa pun yang terjadi, kita tetap harus mencintai diri kita sendiri. Jangan sampai kekecewaan membuat kita hilang kepercayaan diri. Jangan pula karena kekecewaan membuat kita berpenampilan seenaknya seakan-akan menggambarkan rasa kecewa atau sedih. Rawatlah diri dengan baik, cintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain.

10. Menemui Orang Baru

Menemui Orang Baru

Berbagai langkah sudah dilakukan untuk melupakan dia yang tidak mencintai kita. Jika semua langkah tersebut belum berhasil, maka langkah terakhir adalah menemui orang baru. Kata beberapa orang obat paling mujarab untuk patah hati adalah jatuh cinta lagi. Itu cuma bisa terjadi kalau kita menemui orang baru.

Jika sebelumnya kita hanya memberi kesempatan pada satu orang yang nyatanya tidak mencintai kita, sekarang saatnya membuka pintu itu pada orang lain. Mulailah menemui orang baru, mulailah membuka obrolan, mulailah membaca karakternya, mulailah mengagumi lagi. Dengan pesona orang-orang baru, pikiran kita tidak akan terpusat oleh dia yang tidak mencintai kita.

Itulah 10 cara melupakan orang yang tidak mencintai kita. Semoga cara-cara di atas sedikitnya dapat memberi gagasan baru.  Kalau seandainya kamu punya cara lain yang sama baiknya, kamu boleh ikut menambahkan di kolom komentar. Sekecil apapun yang kamu tambahkan, barangkali akan sangat berguna untuk pembaca yang membutuhkan. Baca juga artikel cara melupakan mantan jika kamu ingin move on dari mantanmu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *