10 Rekomendasi Oleh-Oleh Untuk Mertua, Siap-Siap Dipuji!

Ditulis oleh Suci Maharani R
• Diperbaharui 09-07-2024

Dilema, inilah yang sering kita rasakan ketika memilih oleh-oleh untuk mertua. Kadang yang bikin bingung itu, memilih untuk bawain makanan atau souvenir? Pasalnya, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Kalau memilih makanan, takutnya tidak pas dengan selera mertua. Sementara untuk souvenir, memang bisa dipajang tapi kurang memberikan impact untuk mendekatkan hubungan. 

Daripada bingung, dalam artikel ini Kamini akan memberikan beberapa rekomendasi oleh-oleh untuk mertua. Yuk, cek informasi lengkapnya di bawah ini. 

1. Makanan Khas Daerah

Makanan Khas Daerah_

Lagi berlibur atau tugas di luar kota? Jangan lupa membelikan oleh-oleh untuk mertua ya! Nggak perlu repot, tinggal cari tahu saja makanan khas dari daerah yang sedang di kunjungi. Ini akan bikin hubunganmu dengan mertua jadi lebih hangat, lho.

Mertua alam merasa dihargai karena kamu sampai repot membelikan oleh-oleh. Kamu juga bisa menunjukkan ketulusan dengan memberikan oleh-oleh ini secara langsung, sambil ngobrolin pengalaman saat berlibur atau mengunjungi kota baru. 

2. Alat Sholat

Alat Sholat_

Memang, mertuamu pasti sudah memiliki beberapa pasang alat sholat. Tapi, menjadikan alat sholat sebagai oleh-oleh nggak ada salahnya. Malahan, mertua akan merasa kamu adalah sosok yang religius dan ini akan jadi nilai plus. 

Nggak perlu beli satu set kalau harganya dianggap terlalu mahal. Kamu bisa membeli mukena, sejadah, kerudung, tasbih atau peci untuk mertua. Yang penting, tunjukkan rasa pedulimu kepada mertua supaya hubungan kalian jadi lebih dekat.

3. Set Keramik

Set Keramik_

Memberikan hadiah kepada mertua menjadi cara untuk menunjukkan kasih sayang dan penghargaan. Dari beberapa jenis hadiah, set keramik adalah oleh-oleh yang elegan dan memiliki banyak manfaat. 

Mulai dari nilai estetika, desain set keramik yang mewah dan berkelas akan membuat mertua merasa sangat dihargai. Mereka juga akan memandangmu sebagai wanita yang mengerti budaya, tradisi dan seni. Terlebih lagi, set keramik ini cukup multifungsi karena bisa digunakan untuk sehari-hari.

4. Peralatan Masak

Peralatan Masak_

Nggak sempet nyari oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi? Cara paling aman kamu bisa datang ke mall dan membelikan peralatan masak untuk mertua. Kamu bisa membelikan alat masak seperti blender, wajan atau alat panggang, untuk menunjukkan rasa pedulimu kepada mertua. 

Tapi, akan lebih baik jika kamu membelikan peralatan masak yang memang dibutuhkan oleh mertua. Sebelum membelinya kamu bisa bertanya pada mertua, apa yang mereka butuhkan? Ini bisa jadi kesempatan untuk mendekatkan hubunganmu dengan mertua.

5. Tas

https://www.royco.co.id/royco-artikel/tips-dan-trik/peralatan-dapur-wajib-untuk-yang-baru-belajar-masak-.html

Ingin lebih dekat dengan ibu mertua? Salah satu rekomendasi oleh-oleh yang bikin mertua senang adalah tas. Seperti yang kita tahu, tas serbaguna dalam kehidupan sehari-hari. Selain bisa menjadi aksesoris yang stylish, tas juga bisa dijadikan sebagai hadiah yang sangat personal, bukti kasih sayangmu kepada ibu mertua.

Supaya oleh-oleh tas darimu terasa lebih berkesan, pilihlah tas yang sesuai dengan citra dan gaya mertua. Misalnya, kamu bisa membeli tas berbahan batik yang terkesan etnik dan elegan, atau tas kulit yang terkesan mewah. Nggak perlu juga memaksakan diri membeli tas dengan harga mahal, yang penting niatmu tersampaikan dengan baik.

6. Dompet

Dompet_

Sama halnya dengan tas, dompet lebih cocok untuk dihadiahkan kepada mertua laki-laki. Hadiah sederhana ini pasti akan membuat mertua laki-laki merasa senang, pasalnya sang menantu tidak hanya menghormatinya, juga menghargainya. 

Bingung memilih dompet yang pas dengan selera ayah mertua? Cara paling simpel kamu bisa menghubungi suami atau ibu mertua, berdiskusi harus memilih dompet yang model dan warna seperti apa. Sedikit saran, belilah dompet dengan kualitas yang baik supaya bisa bertahan lama saat digunakan.

7. Baju

Baju_

Kalau memilih tas dan dompet terasa membingungkan, opsi lainnya adalah membelikan mereka oleh-oleh berupa baju. Oleh-oleh paling simpel dan umum karena baju sangat fungsional dan mudah untuk mendapatkannya. Kamu bisa membeli baju di toko-toko souvenir hingga mall, modelnya pun sangat variatif, dan harganya juga terjangkau.

Misalnya, kamu bisa membelikan daster batik untuk ibu mertua dan kemeja batik untuk ayah mertua. Tinggal pilih saja, warna dan model seperti apa yang menurutmu cocok untuk mereka. Kalau bisa, belilah baju berkualitas tinggi supaya nyaman dipakai dan tahan lama.

8. Sepatu atau Sandal

Sepatu atau Sandal_

Memberikan oleh-oleh berupa sepatu atau sandal untuk mertua apakah sopan? Sebenarnya nggak ada masalah, malah ini menunjukkan perhatianmu kepada mertua. Artinya, kamu mengenal mereka dengan baik karena bisa tahu selera hingga nomor sepatu yang dipakai. Ini yang membuat oleh-oleh sepatu terasa lebih personal dan berkesan untuk mereka. 

Kini ada banyak model sepatu dan sandal yang terkesan etnik, entah itu terbuat dari batik, punya corak batik, atau model yang khas. Tinggal pilih saja, mau sepatu yang formal atau sandal yang lebih santai dan dapat dipakai sehari-hari.

9. Bibit Tanaman

Bibit Tanaman_

Pernah terpikirkan untuk membawa bibit tanaman untuk mertua? Jarang banget ada menantu yang menjadikan bibit tanaman sebagai oleh-oleh untuk mertua. Kalau kamu punya mertua yang menyukai tanaman atau berkebun, ini adalah hadiah atau buah tangan terbaik yang bisa kamu berikan. 

Membawa bibit tanaman sebagai oleh-oleh akan terasa sangat personal, mertua akan berpikir kamu cukup mengenal selera dan keinginan mereka. Mungkin kamu bingung, harus memilih tanaman jenis apa karena kurang mengerti. Tinggal datang saja ke toko bibit dan tanyakan tanaman khas apa yang cocok untuk ditanam di halaman rumah mertuamu.

10. Pot atau Vas Bunga

Pot atau Vas Bunga_

Kalau membawa bibit tanaman butuh waktu lama, salah satu rekomendasi oleh-oleh lainnya yang bisa kamu berikan pada mertua adalah pot atau vas bunga. Memberikan nilai estetika dan keindahan, kado macam ini cocok untuk dijadikan pajangan di rumah mertua.

Agak merepotkan memang, membawa barang pecah belah dari luar kota atau luar negeri. Tapi, apa sih yang enggak bisa dilakukan untuk mendapatkan simpati dari mertua? Kamu bisa memilih pot atau vas bunga yang sesuai dengan personaliti mertua, misalnya dari corak hingga warna agar lebih berkesan. 

Sekarang ini ada banyak hal yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk mertua. Nggak melulu makanan, barang-barang seperti tas, baju hingga bibit tanaman bisa menjadi hadian yang tidak terlupakan dan berarti untuk mertuamu. Nilai plus lainnya, hubungan kalian juga akan lebih harmonis. Jadi, oleh-oleh mana yang kamu sukai?

Kategori:
Tag:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram