kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Tubuh / 3 Cara Tepat Memakai Deodorant Sesuai dengan Jenisnya

3 Cara Tepat Memakai Deodorant Sesuai dengan Jenisnya

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 10 April 2020

Deodorant dirancang untuk mencegah bau badan dan keringat berlebih. Menariknya, saat ini sudah ada sejumlah merk deodorant yang menawarkan manfaat untuk mencerahkan kulit ketiak. Kamu yang sering merasa kurang percaya diri karena memiliki ketiak hitam bisa memakai produk deodorant pencerah kulit ini untuk mencerahkan kulit ketiak.

Dewasa ini, ada tiga jenis deodorant yang dijual di pasaran, yakni deodorant berbentuk stick atau roll on, spray (semprot), sampai dengan lotion. Deodorant stick atau roll on adalah produk yang paling diminati konsumen. Pasalnya, sejak pertama kali dipasarkan di Indonesia deodorant memang identik dengan bentuk roll on.

Beda jenis deodorant, beda pula cara pemakaiannya, lho. Kamini akan membahas cara memakai deodorant yang tepat sesuai dengan jenis deodorantnya. Yuk, cari tahu cara memakai deodorant favoritmu di sini!

Cara Memakai Deodorant Sesuai Jenis

Brand deodorant mengeluarkan beberapa varian agar konsumen dapat memilih jenis deodorant yang dirasa paling nyaman. Bentuk stick atau roll on adalah jenis yang paling oldschool tapi tetap diminati oleh konsumen. Sementara jenis spray juga diminati karena dianggap praktis. Deodorant lotion juga menarik perhatian karena cara pengaplikasiannya yang mudah seperti memakai body lotion.

Apa jenis deodorant favoritmu? Sudahkah kamu memakai deodorant secara tepat? Yuk, intip cara memakai deodorant yang benar ini.

1. Stick / Roll On

* sumber: organicpowerfoods.com

Deodorant stick dan roll on adalah dua jenis yang berbeda tapi cara pemakaiannya sama. Deodorant stick bentuknya seperti sabun batang dan dipakai dengan cara mengusapkan stick-nya langsung pada ketiak. Sementara deodorant roll on dilengkapi dengan bola halus yang bisa berputar 360 derajat. Bola roll on ini juga diaplikasikan dengan cara ditempelkan langsung ke kulit ketiak.

Berikut ini adalah panduan cara memakai deodorant stick maupun roll on yang benar:

  • Mandi dengan sabun terlebih dahulu untuk membersihkan keringat, daki, dan bakteri yang masih menempel di kulit.
  • Keringkan ketiak dan seluruh tubuh dengan handuk,
  • Oleskan deodorant stick atau roll on secara merata ke seluruh bagian ketiak. Usapkan sebanyak dua kali saja, tidak perlu terlalu banyak.
  • Biarkan deodorant mengering terlebih dahulu baru kamu bisa melanjutkan memakai baju.

Deodorant stick dan roll on memiliki daya tahan yang cukup baik. Proses pengeringan deodorant jenis ini juga terbilang cepat sehingga kamu bisa segera berpakaian setelah deodorant ini meresap ke kulit ketiakmu.

2. Spray

* sumber: www.videoblocks.com

Beberapa tahun terakhir, deodorant spray juga cukup digandrungi karena dirasa lebih praktis dan bisa memberikan efek segar di kulit ketiak. Daya tahan yang ditawarkan deodorant spray juga terbilang baik, lho. Bahkan, beberapa deodorant spray sudah dilengkapi dengan antiperspirant yang dapat mengontrol keringat berlebih.

Perlu kamu ketahui bahwa deodorant spray membutuhkan waktu yang lebih lama agar mengering di kulitmu. Cobalah mengikuti langkah-langkah ini untuk memakai deodorant spray tanpa meninggalkan noda di bajumu:

  • Bersihkan tubuh terlebih dahulu dengan mandi menggunakan sabun. Mandi adalah cara terbaik untuk mengangkat kotoran, keringat, dan daki pada area ketiak.
  • Keringkan ketiak dan seluruh bagian tubuh menggunakan handuk bersih.
  • Kocok botol deodorant spray agar bahan-bahan di dalamnya tercampur dengan baik.
  • Pegang botol dengan jarak 15cm dari ketiak (kira-kira dari ketiak ke siku), arahkan lubangnya ke ketiak dan semprotkan secukupnya.
  • Diamkan selama 5-10 menit agar deodorantnya meresap ke kulit ketiak, baru kamu bisa memakai bajumu. Jika ingin deodorant cepat mengering, arahkan ketiakmu ke hadapan kipas angin yang menyala.

Hindari kebiasaan memakai baju langsung saat selesai menyemprotkan deodorant. Deodorant yang masih basah akan meninggalkan noda di bajumu, terutama jika baju berwarna hitam atau putih. Jadi, tak ada salahnya menunggu beberapa menit dulu baru kamu mengenakan pakaianmu.

3. Lotion

* sumber: www.dove.com

Walaupun penggunaan deodorant lotion ini terkesan jarang. Namun, ada merk deodorant yang tetap eksis mengeluarkan deodorant jenis lotion. Dari segi harga, deodorant lotion ini dibanderol dengan harga yang lebih murah dari deodorant stick, roll on, dan spray. Di samping itu, cara pemakaian deodorant lotion sangat mudah dan teksturnya pun mudah diserap kulit seperti body lotion.

Nah, berikut ini adalah cara memakai deodorant lotion yang benar:

  • Mandi dengan sabun terlebih dahulu untuk membersihkan ketiakmu. Pasalnya, ketiak harus dalam kondisi bersih saat memakai deodorant.
  • Gunakan handuk untuk mengeringkan ketiak dan seluruh bagian tubuh setelah mandi.
  • Letakkan deodorant lotion secukupnya di ujung jari telunjuk, angkat ketiakmu, oleskan deodorantnya ke seluruh area ketiak. Saat mengoleskan deodorant lotion, gunakan secukupnya saja dan jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit.
  • Setelah meratakan deodorant lotion, biarkan lotion-nya meresap ke kulit ketiak. Lanjutkan dengan memakai bajumu.

Deodorant lotion juga tergolong cepat mengering dan tidak meninggalkan bekas di pakaian layaknya deodorant spray maupun roll on. Perlindungan yang ditawarkan deodorant jenis ini juga tak kalah bagus dari kedua jenis deodorant lainnya.

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Memakai Deodorant

Deodorant diciptakan untuk melindungi tubuh dari bau badan dan keringat berlebih. Sayangnya, sejumlah kesalahan yang kerap dilakukan ketika mengaplikasikan deodorant ini sering membuat deodorant tidak bekerja dengan baik di tubuh.

Yuk, kenali beberapa kesalahan yang harus dihindari ketika kamu memakai deodorant!

  • Salah Memilih Produk Deodorant

* sumber: www.cosmopolitan.com

Setiap produk deodorant pasti menawarkan manfaatnya tersendiri. Misalnya, ketika kamu memakai deodorant yang mengandung alkohol, maka kulitmu sangat berisiko mengalami iritasi. Alkohol pada deodorant memang bisa memberikan rasa dingin di kulit. Namun, risiko yang dihadirkan bisa membuat kamu iritasi, gatal-gatal, sampai merasa kurang nyaman saat beraktivitas.

  • Memakai di Waktu yang Salah

* sumber: mentalfloss.com

Bila kamu sering memakai deodorant secara spontan tanpa mandi sebelumnya, itu artinya kamu sudah memakai deodorant di waktu yang salah. Perlu kamu ingat, waktu terbaik untuk memakai deodorant adalah setelah mandi dan sebelum tidur. Pada saat tidur, kelenjar keringat akan berhenti memproduksi keringat, sehingga deodorant dapat lebih mudah terserap ketika kelenjar keringatnya tidak bekerja.

  • Deodorant Berbau Menyengat

* sumber: www.rdmag.com

Maksud hati ingin memakai deodorant dengan aroma yang menyengat agar bisa memproteksi diri dari bau badan tidak sedap. Namun, pemilihan deodorant dengan aroma menyengat justru bisa mengganggu pernapasanmu dan orang-orang sekitar. Hindari pemilihan deodorant dengan parfum yang menyengat agar kulitmu tidak mengalami iritasi.

  • Langsung Pakai Baju Setelah Mengaplikasikan Deodorant

* sumber: www.teenvogue.com

Mengapa kita harus menunggu deodorant meresap ke dalam kulit baru boleh berpakaian? Deodorant yang masih basah di ketiak hanya akan meninggalkan noda di pakaian. Jadi, sebagai langkah antisipasi, pakailah baju ketika deodorant di ketiak sudah mengering.

Serba-serbi cara memakai deodorant sesuai jenis ini pasti akan mempermudah kalian yang ingin mengandalkan deodorant sebagai produk penghilang bau ketiak. Dengan pemakaian yang tepat, deodorant bisa menjadi penolong bagi kamu yang putus asa terhadap bau ketiak tidak sedap atau keringat berlebih.

Kunjungi artikel merk deodorant yang bagus untuk memperoleh referensi mengenai deodorant yang bisa kamu pakai untuk merawat ketiakmu.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram