10 Ciri-ciri Tukang Gosip yang Harus Kamu Waspadai

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 23 November 2021

Bergosip adalah kebiasaan buruk yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Mengingat informasi yang disebarkan belum tentu sesuai dengan fakta yang terjadi, bahkan bisa jadi hanya berisi fitnah.

Selain dapat membuat image seseorang jadi buruk di mata orang lain, kebiasaan bergosip juga dapat memicu timbulnya perselisihan. Bergosip biasanya banyak dilakukan oleh kaum perempuan. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan bila para pria juga melakukan hal serupa.

Nah, supaya kamu tahu ciri-ciri orang yang suka bergosip, Kamini telah merangkumnya dalam artikel menarik di bawah. Seperti apa itu? Berikut adalah ciri-cirinya.

1. Antusias Saat Berkumpul

Antusias saat berkumpul

Berkumpul dengan orang-orang adalah aktivitas yang tidak akan pernah mereka tinggalkan. Bagi tukang gosip, bertemu dengan orang lain adalah waktu untuk mengekspresikan diri sekaligus mencari informasi terbaru yang sedang hangat dibicarakan oleh orang-orang.

Melewatkan informasi dapat membuat mereka kecewa. Meski begitu, hal itu bukan sebuah masalah besar. Mengingat mereka adalah orang yang cukup ahli dalam menggali informasi, terutama tentang kehidupan orang lain.

Uniknya, kehadiran tukang gosip terkadang sangat dinanti-nanti. Oleh orang-orang yang memiliki hobi bergosip juga tentunya.

2. Suka Mendengarkan Pembicaraan

Suka mendengarkan pembicaraan

Menjadi pendengar yang baik bagi orang lain adalah hal yang patut ditiru. Lalu, bagaimana dengan orang yang suka mendengarkan pembicaraan orang lain, tapi secara diam-diam?

Ciri yang satu ini biasanya ada pada orang-orang yang suka bergosip. Mereka cenderung suka mendengarkan persoalan orang lain untuk dijadikan bahan gosip yang seru dengan orang-orang lainnya yang ada di sekitarnya. 

Bila informasi yang diberikannya bermanfaat bagi orang lain, maka hal itu tentu menjadi sesuatu yang baik. Namun, bila informasi yang diberikan adalah kebohongan, sebaiknya jangan dilakukan, karena bisa jadi menimbulkan permasalahan. Tidak jarang yang terkena kasus hukum gara-gara pencemaran nama baik juga, kan! 

3. Suka Membicarakan Kejelekan Orang

Suka membicarakan kejelekan orang

Salah satu ciri khas lain yang ada pada orang-orang yang suka bergosip adalah suka membicarakan kejelekan orang lain. Mereka akan semakin antusias, terutama bila lawan bicara memiliki hobi serupa.

Orang-orang yang suka bergosip tidak akan sungkan mengumbar aib orang lain, termasuk aib keluarganya sendiri. Membicarakan kejelekan orang lain sudah menjadi hal yang biasa mereka lakukan setiap saat.

Mereka biasanya tidak akan melewatkan kabar yang layak untuk dijadikan bahan gosip. Menambah atau mengurangi informasi adalah kepiawaiannya. Ketika tindakannya menimbulkan masalah besar, mereka cenderung cuci tangan dan menyalahkan orang lain atas apa yang terjadi.

4. Menjadi Stalker

Menjadi Stalker

Tukang gosip selalu update dengan berbagai informasi yang terjadi di sekitarnya. Hal itu karena kegemaran mereka dalam mencari informasi alias menjadi stalker, entah itu melalui media sosial atau menggalinya dari orang lain saat berkumpul.

Biasanya mereka akan mencari berbagai informasi terbaru yang akan dijadikan sebagai gosip bagi teman-teman atau para tetangga. Parahnya, informasi yang dicarinya tersebut cenderung berupa aib atau kesalahan orang lain.

Orang-orang seperti ini biasanya terlihat manis saat memberi komentar pada orang lain. Mereka juga tidak akan sungkan untuk memuji. Namun, ucapannya itu bukanlah hal yang tulus dari hati.

5. Suka Membandingkan Kehidupan Orang Lain

membandingkan kehidupan orang lain

Orang yang suka bergosip juga dikenal suka membandingkan kehidupan orang lain. Pada dasarnya mereka tidak suka orang lain memiliki kehidupan yang lebih baik dari dirinya.

Hal itu yang mendorong dirinya untuk mulai mengeluarkan isu-isu yang mungkin dapat merugikan orang lain. Ketidakpuasan dengan kehidupan yang mereka jalani bisa jadi alasan lain yang membuat mereka suka bergosip. 

Tindakannya tersebut dilakukan sebagai cara dirinya melarikan diri dari kenyataan. Mereka terkadang tidak menyadari bahwa kebiasaan tersebut dapat menjerat mereka ke dalam situasi yang tidak menguntungkan, bahkan bisa membuat mereka tertekan karena ulahnya sendiri. 

6. Suka Melihat Orang Lain Susah

Suka melihat orang lain susah

Ciri lain yang bisa kamu temukan dari orang yang suka bergosip adalah suka melihat orang lain kesusahan. Membicarakan orang lain adalah hal yang sangat disukai. Mereka adalah tipikal orang yang cenderung kurang memiliki rasa empati pada orang lain.

Meski perbuatan yang mereka lakukan dapat berdampak besar bagi kehidupan orang lain, tetapi mereka tidak akan peduli sama sekali selama hidup mereka tidak terganggu. Mereka akan tetap santai menjalani kebiasaan bergosip meski mungkin ada orang lain yang menjadi korban karena kelakuan buruknya.

7. Suka Memprovokasi

memprovokasi

Ciri lain yang dimiliki oleh orang-orang tukang gosip adalah suka memprovokasi orang lain. Orang-orang seperti ini sangat berbahaya bila berada di lingkungan sosial. Selain dapat memicu persoalan antar personal, mereka juga berpotensi menimbulkan persoalan besar yang dapat mengancam keamanan lingkungan. 

Ulahnya menyebarkan informasi yang belum tentu kebenarannya pada orang lain bisa menimbulkan masalah serius bahkan bisa melibatkan antar etnis dan kelompok tertentu. Jika ada ciri-ciri orang seperti itu ada di lingkungan sekitarmu, kamu wajib untuk waspada serta memvalidasi segala informasi yang bersumber darinya.

8. Selalu Ikut Campur Permasalahan Orang Lain

ikut campur

Ciri selanjutnya orang yang suka bergosip adalah selalu ikut campur dengan permasalahan orang lain. Meski mereka tidak memiliki sangkut pautnya dengan masalah yang dihadapi orang tersebut, tetapi mereka kerap menempatkan diri sebagai orang yang lebih tahu, bahkan sok memahami situasi yang sedang terjadi. 

Penggalan cerita yang mungkin diterima olehnya kerap dijadikan alasan dirinya untuk melibatkan diri pada masalah orang lain. Meski mereka dikenal suka ikut campur dengan masalah orang lain, tetapi mereka akan marah atau tidak suka melihat orang lain mencampuri masalah yang sedang mereka hadapi. Aneh, ya?

9. Berpura-pura Peduli pada Orang Lain

Berpura-pura peduli pada orang

Tukang gosip sering kali bermuka dua. Di satu sisi mereka akan menunjukkan kepedulian yang besar pada orang lain. Mereka akan terlihat seperti pendengar yang baik. Namun, hal itu hanya akan mereka tunjukkan di depan saja. Saat berada di belakang, mereka akan berubah, bahkan cenderung suka menjatuhkan sahabatnya. 

Biasanya orang-orang seperti ini sangat bersemangat untuk mendengarkan permasalahan orang lain. Namun, mereka sendiri jarang memberi solusi yang dapat membantu. Ingat, fokus utama yang mereka cari adalah aib yang bisa jadikan bahan gunjingan dengan orang lain. 

10. Marah Ketika Orang Lain Meragukan Ceritanya

Marah

Mendapat perhatian orang-orang mungkin menjadi ciri lain yang bisa kamu temukan dari orang-orang yang suka bergosip. Selain suka mendengarkan, mereka juga sangat suka berbicara. Orang-orang seperti itu biasanya selalu ingin menjadi pusat perhatian dengan banyak informasi yang dimilikinya.

Mereka juga cenderung tersinggung atau marah pada orang lain yang meragukan cerita yang diberikannya. Jika kamu menemukan tipikal orang seperti itu, sebaiknya mulailah untuk menghindar sebelum menjadi korban lain dari keganasan mulutnya.

Demikian 10 ciri-ciri tukang gosip yang berhasil Kamini rangkum khusus untuk kamu. Kehadiran orang yang suka bergosip memang kerap dianggap toksik oleh sebagian orang.

Selain dapat merugikan orang yang digosipkan, informasi yang disampaikan terkadang memicu persoalan yang akan membuat hubungan persaudaraan semakin renggang bahkan mungkin terputus. Semoga informasi di atas bisa membuat kita tetap bijak dalam mengolah segala cerita yang kita terima dari orang.

Kira-kira apa pendapatmu tentang orang-orang yang suka bergosip? Apalagi jika informasi yang mereka berikan berupa fitnah? Tulis komentar di bawah, ya! 

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram