Kamini.id / Lifestyle / 10 Kepribadian MBTI Paling Langka yang Perlu Diketahui

10 Kepribadian MBTI Paling Langka yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Manusia merupakan makhluk sosial dengan tingkat kompleksitas tinggi. Meskipun demikian, terdapat banyak hal yang menarik untuk dibahas, mulai dari kepribadian sampai dengan kehidupan sosialnya.

Kamu tentu sering mendengar istilah MBTI. MBTI atau Myer Briggs Type Indicator merupakan sebuah tes kepribadian yang dikembangkan oleh Katherine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myer, putrinya.

MBTI merupakan metode yang sangat mudah serta memiliki akurasi yang baik. Nah, dari 16 tipe kepribadian menurut MBTI, terdapat 10 kepribadian paling langka yang menarik untuk dibahas. Apa saja itu? Berikut adalah rangkumannya.

1. ENFJ – The Givers

ENFJ – The Givers

ENFJ merupakan singkatan dari Extraversion, Intuition, Feeling dan Judging. Kepribadian MBTI ini hanya ada 2-5% dari jumlah populasi di dunia. Orang yang memiliki kepribadian ENFJ memiliki koneksi yang cukup luas di masyarakat. Orang-orang dengan kepribadian ini sangat suka menjaga perasaan orang lain dengan menunjukan kehangatan.

Meskipun membenci hal-hal yang berhubungan logika impersonal dan analisis, namun orang dengan kepribadian ENFJ memiliki kreativitas dan imajinasi yang tinggi serta sensitif terhadap kritik dan isu-isu yang dapat menyebabkan perpecahan. Orang-orang dengan kepribadian seperti ini biasa ditemukan pada seorang penulis, psikolog, pekerja sosial dan politikus.

2. ENTJ – The Fieldmarshal/The Executives

ENTJ – The Fieldmarshal

Kepribadian selanjutnya adalah ENTJ atau Extroversion, Intuition, Thinking dan Judgment. ENFJ adalah salah satu kepribadian yang unik. Di dunia sendiri terdapat sekitar 2-5% populasi yang memiliki kepribadian tersebut.

Orang yang memiliki kepribadian ENTJ memang tidak terlalu memperhatikan hal-hal detail dalam menyelesaikan sebuah masalah. Ia akan cenderung melakukannya secara efisien tanpa membuang banyak waktu.

Kepribadian yang satu ini memang kerap ditemukan pada seorang pemimpin. Pekerjaan yang cocok bagi orang-orang dengan kepribadian ini di antaranya adalah pengusaha, hakim, konsultan dan manajer perusahaan serta seorang profesor.

3. ENTP – The Visionaries

ENTP – The Visionaries

Kepribadian langka selanjutnya adalah ENTP atau Extroversion, Intuition, Thinking dan Perception. Kepribadian ini hanya ada sekitar 2-5% di dunia. Orang dengan kepribadian ENTP juga sering disebut sebagai seorang visionaries. Mereka yang memiliki kepribadian ini akan merasa bahagia dan memiliki semangat tinggi untuk membantu orang lain.

Mereka juga cenderung berpikir rasional serta memiliki kemampuan dan kecerdasan saat melakukan perdebatan. Orang dengan kepribadian ENTP mampu bersikap fleksibel dan cenderung aktif dalam berbagai hal. Pekerjaan yang mungkin saja cocok untuk kepribadian yang satu ini di antaranya pengacara, konsultan, insinyur, pengajar atau marketing pemasaran.

4. ESTP – The Doers

ESTP – The Doers

Selanjutnya adalah ESTP atau Extroversion, Sensing, Thinking dan Perception. Orang yang memiliki kepribadian ini cenderung aktif dan memiliki keterampilan serta kejelian dalam melihat sesuatu. Di dunia sendiri terdapat kurang lebih 4-5% orang yang memiliki kepribadian ESTP.

Dengan kepribadian tersebut, pekerjaan yang mungkin cocok adalah sebagai wirausahawan, tenaga medis, atlet, polisi dan pekerjaan yang berhubungan dengan teknik. Karena biasanya pekerjanya-pekerjaan tersebut menuntut orang untuk lebih fleksibel dan memiliki ketelitian saat melakukan tugasnya.

5. INTP – The Thinker

INTP – The Thinker

Kepribadian MBTI selanjutnya adalah INTP atau Introversion, Intuition, Thinking dan Perception. Kepribadian ini biasa disebut juga sebagai The Thinkers atau pemikir. Di dunia diperkirakan terdapat 3-5% kepribadian INTP.

Orang dengan kepribadian seperti ini cenderung menyukai ketenangan dan tidak terkoneksi dengan dunia luar lebih jauh. Meskipun demikian, orang dengan kepribadian INTP memiliki pengetahuan serta wawasan yang cukup luas.

Mereka sendiri biasanya memiliki prinsip yang tegas serta standar yang tinggi terhadap pekerjaan yang dilakukannya. Pekerjaan yang mungkin cocok untuk orang dengan kepribadian ini adalah seorang programmer, penyidik forensik, atau ilmuan.

6. INTJ – The Masterminds

INTJ – The Masterminds

Seseorang yang memiliki kepribadian INTJ atau Introversion, Intuition, Thinking dan Judgment disebut juga The Masterminds atau pengatur. Kepribadian ini hanya ada sekitar 2-4% populasi di dunia. Orang yang memiliki kepribadian ini sangat piawai dalam mengatur strategi serta melihat sesuatu dari sudut pandang yang lebih luas.

Selain itu, mereka juga cukup teoritis dan sangat menjunjung tinggi ilmu pengetahuan dan mengedepankan keteraturan dalam mengerjakan sesuatu. Sehingga pekerjaan yang mungkin cocok bagi orang dengan kepribadian INTJ adalah sebagai analis, dokter, CEO perusahaan, ilmuan, arsitek dan hakim.

7. INFP – The Idealist

INFP – The Idealist

Selanjutnya adalah INFP atau Introversion, Intuition, Feeling dan Perception. Kepribadian ini memang menjunjung idealisme. Kepribadian ini terdapat pada sekitar 4-5% populasi yang ada di dunia.

Orang dengan kepribadian INFP bisa terlihat dari caranya mengabdikan diri pada masyarakat banyak. Mereka cenderung memiliki prinsip serta memiliki perasaan yang sangat sensitif dan sedikit rumit. Orang-orang seperti ini tidak berorientasi pada hasil akhir.

Meskipun demikian mereka cenderung aktif dan selalu ingin mengembangkan diri. Pekerjaan yang mungkin sesuai dengan orang-orang yang memiliki kepribadian ini di antaranya adalah konselor, pemuka agama, dan juga ilmuan.

8. ISTP – The Mechanics

ISTP – The Mechanics

Selanjutnya ada ISTP atau Introversion, Sensing, Thinking dan Perception. Kepribadian ini sering disebut juga dengan The Mechanics atau pengrajin. Keberadaannya di dunia sekitar 4-6% populasi. Orang dengan kepribadian ISTP selalu mengikuti perkembangan informasi yang ada di masyarakat.

Mereka termasuk orang yang memiliki kemampuan yang baik dalam menerapkan logika serta menyukai terjun langsung untuk mengetahui atau mempelajari sesuatu. Mereka juga cenderung menguasai teori sebelum mengerjakan sesuatu. Pekerjaan yang mungkin sesuai untuk kepribadian ini adalah ahli mekanik, pilot, seniman atau pengusaha.

9. ISFP – The Artist

ISFP – The Artist

Kepribadian ISFP sering disebut juga dengan The Artist atau seniman. ISFP sendiri adalah Introversion, Sensing, Feeling dan Perception. Di antara kepribadian yang lain, ISFP termasuk yang memiliki jumlah presentasi yang cukup besar, yaitu sekitar 5-9% populasi di dunia.

Orang dengan kepribadian seperti ini cenderung lambat dan cenderung memikirkan sesuatu secara mendalam. Mereka juga cenderung individual dan tidak terlalu bergantung pada teori. Selain itu, kepribadian seperti ini cenderung tidak terlalu antusias dalam sebuah organisasi.

Meskipun begitu, mereka cenderung memiliki hubungan baik dengan orang lain. Pekerjaan yang mungkin pas untuk kepribadian ini adalah seniman, dokter hewan, psikologi anak, desainer atau penyanyi.

10. INFJ – The Counselor

INFJ – The Counselor

Kepribadian yang paling langka menurut MBTI adalah INFJ atau Introversion, Intuition, Feeling dan Judgment. Mereka sering disebut juga dengan The Counselor atau seorang penasihat. Keberadaan mereka di dunia sendiri hanya terdapat 1-3% populasi.

Orang-orang dengan kepribadian INFJ cenderung memiliki pemikiran yang kompleks dan cukup mendalam. Mereka lebih berorientasi pada masa depan, perfeksionis dan cenderung pendiam. Mereka sering dianggap sebagai orang yang tidak memiliki empati atau ramah karena ekspresi yang sering ditunjukkan.

Meskipun demikian, mereka adalah orang yang memiliki komitmen tinggi. Pekerjaan yang mungkin sesuai bagi orang yang memiliki kerpibadian ini adalah psikolog, dokter, filsuf atau konselor pendidikan.

Nah, itulah 10 kepribadian MBTI paling langka yang wajib kamu ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat. Kira-kira kamu masuk tipe kepribadian yang mana?

Oh iya, selain membahas soal tipe kepribadian, kami juga membahas seputar jenis bullying. Untuk mengetahui jenis bullying dan cara mengatasinya, silakan langsung baca artikel ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopee lagi ada diskon gede nih buat produk fashion!