kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Test Wear & Review PIXY Make it Glow Dewy Cushion

Test Wear & Review PIXY Make it Glow Dewy Cushion

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 30 Maret 2021

Cushion adalah inovasi produk kecantikan yang dipopulerkan pertama kali pada tahun 2008 oleh salah satu brand kosmetik Korea Selatan. Lebih tepatnya oleh perusahaan AmorePacific Corporation yang menaungi Etude House, Mamonde, Innisfree, Laneige, dan masih banyak lagi.

Cushion itu sebenarnya berisi apa, sih? Biasanya berisi BB cream, tapi ada juga yang berisi foundation, yang paling baru malah ada yang berisi CC cream. Orang-orang menyukai cushion karena kepraktisannya. Cushion berbentuk compact dan sudah ada spons bawaan serta cerminnya.

Cushion biasanya memiliki hasil yang dewy, soalnya mau formulanya matte atau nggak, pasti tetap bikin muka 'kinclong' alias ada kilau-kilaunya. Alas bedak dari brand kosmetik Korea Selatan memang identik dengan yang glowy-glowy gitu, kan.

Menyusul meledaknya cushion di pasaran Indonesia, merk kosmetik lokal pun mulai merilis cushion mereka sendiri. Tak ayal brand yang kembali naik daun, PIXY. Merk ini menghadirkan Make it Glow Dewy Cushion, menjagokan hasil akhirnya yang flawless, natural, dan dewy look. Produk ini memanjakan kamu yang suka menggunakan cushion Korea tapi tertarik dengan produk lokal.

Kelebihan produk lokal tentu lebih mudah ditemukan, harganya lebih murah, serta formulasi dan shade-nya lebih cocok dengan kulit orang Indonesia. Jika kamu tertarik dengan PIXY Make it Glow Dewy Cushion tapi sedang mikir-mikir dulu untuk membelinya, simak review dari Kamini berikut ini, yuk!

Tentang PIXY Make it Glow Dewy Cushion

PIXY Make it Glow Dewy Cushion adalah BB cream yang ada di dalam cushion (seperti kemasan bedak padat yang lebih familiar dikenal). BB cream-nya 'ditahan' dengan sponge supaya nggak luber ke mana-mana. Mau tempatnya jungkir balik juga nggak akan tumpah, deh!

Umumnya, cushion sudah dilengkapi dengan puff aplikator dan ada cerminnya juga buat memudahkan touch up. Tapi, kali ini saya mau coba-coba dulu produknya, jadi saya beli refill-nya saja. Yang, tentu saja nggak ada hardcase dan cerminnya untuk produk isi ulang.

Klaim dan Benefit

BB Cream Cushion dari PIXY ini mengklaim memiliki daya cover tinggi dengan formula yang ringan. Sehingga, kekurangan pada wajah seperti bekas jerawat, noda hitam, dan mata panda bisa disamarkan bahkan tertutupi dengan baik.

Terus, PIXY juga menambahkan kandungan Botanical Extract, diantaranya ada Olive Oil, Jojoba Oil, dan Yuzu Extract. Semua ini akan membantu menutrisi kulit secara alami, supaya wajah bercahaya yang kamu dapatkan bukan sekedar makeup saja tapi manfaat skincare-nya ikut terasa juga.

Dengan teknologi Smooth Polished Powder, cushion ini bisa menyatu di kulit penggunanya, baik itu warnanya juga teksturnya. Jadinya, kulit akan terlihat smooth dan nggak belang. Cushion PIXY juga sudah dilengkapi dengan SPF 23 PA++, sehingga bisa menambah daya kerja sunscreen kamu.

Ingat, ya, keyword-nya menambah bukan menggantikan. Karena, SPF 23 itu masih kurang buat kita yang tinggal di daerah tropis. Jadi, kamu harus tetap pakai sunscreen dengan SPF di atas 20 sebelum cushion ini. Terus, buat yang mukanya oily pasti seneng banget, nih. Soalnya, Cushion PIXY jago juga nahan minyak. Dan, katanya, cushion ini mampu bertahan hingga 10 jam lamanya!

Kemasan

Plastik Luar

Karena produk yang saya punya ini refill, cara membuka kemasannya tentu berebda dengan produk full size-nya. Jadi, saya akan jelasin bagaimana cara bukanya dulu, ya. Sama seperti refill cushion lainnya, produk ini hadir dalam bungkus plastik, seperti plastik biskuit.

Di bagian depan kemasna plastiknya terpampang nyata nama produk Sedangkan di bagian belakangnya ada penjelasan serta gambar bagaimana cara memasang refill ke hard case-nya. Tapi, saya kan belum punya hard case-nya, jadi ya sudah abaikan saja.

Buka plastik pelindung cushion-nya (agak seperti tutup Pop Mie, hanya lebih kuat!). Di bawah nanti ada penampilan cushion-nya setelah segelnya dibuka.

Bagian dalam Cushion

Inilah wujud refill PIXY Make it Glow Dewy Cushion. Hal yang saya sayangkan adalah, nggak ada sekat pembatas buat menyimpan puff aplikator yang bisa berfungsi juga sebagai penutup jika kamu nggak punya hardcase cushion-nya, seperti kasus saya.

Jadi, bagi saya yang cuma punya refill-nya saja, saya nggak bisa membuang si segel plastiknya karena nanti menutupnya pakai apa lagi kalau bukan pakai itu? Refill ini nampaknya diciptakan buat yang sudah punya hardcase-nya, bukan buat yang mau coba-coba seperti saya.

Terus, yang saya sedih lagi, isi refill ini nggak banyak. Bisa kamu lihat sendiri dari foto di atas, ada sisi spons yang nggak ada BB cream-nya sama sekali. Dan, spons-nya juga kayak spons buat isian bahu di balik blazer itu, loh. Bukan high technology sponge. Selebihnya, saya suka kemasan luar cushion ini, warnanya cokelat keemasan sehingga memberikan kesan 'wah', kalau saja saya punya hardcase-nya.

Puff

Untuk puff bawaannya, di bagian bawah berwarna krem yang agak mirip dengan shade BB cream-nya. Saya pun bersorak, "Horeee, nggak gampang kotor!".

Tapi, saat saya sadar bagian depannya berwarna putih, saya sedikit sebal. Kenapa nggak semuanya warna krem saja? Kan kalau ada krim BB yang melenceng ke atas puff-nya jadi kelihatan kotor. Tapi, ya sudahlah, lebih hati-hati saja saat pemakaiannya supaya puff nggak gampang kelihatan kotor.

Saya nggak merasa ada masalah dalam pengaplikasiannya, puff-nya enak dipakai dan bisa meratakan semua BB cream dengan baik. Tapi, saya pikir puff-nya cukup banyak menyerap produk, bisa dilihat dari jejaknya yang tertinggal, padahal warna BB cream dengan puff agak mirip.

Ingredient List

  • Full Ingredients

Water, Titanium Deoxide, Cyclopentasiloxane, Diphenylsiloxy Phenyl Trimethicone, Butyelene Glycol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Dicapryl Yl Carbonate, Lauryl Peg-9 Polymethilsiloxethyl Dimethicone, Cyclohexasiloxane, Glycerin, Caprylic/Capric Triglyceride, Trimethylsiloxysilicate, Phenyl Trimethicone, Pentylene Glycol, Polypropylsilsesquioxane, Peg-10 Dimethicone, Phenoxyethanol, Magnesium Sulfate, Dipentaerythrity Hexa C5-9 Acid Esters, Dimethicone, Dimethicone Crosspolymer, Triethoxycarylylsilane, Alumunium Hydroxide, Polyhydroxystearic Acid, Disteardimonium Hectorite, Stearic Acid, Fragance (Parfum), Ethylhexylglycerin, Lecithin, Ethylhexyl Palmitate, Isostearic Acid, Isopropyl Myristate, Hydrogenated Castrol Oil Isostearate, Polyglyceryl-3 Polyricinoleate, Disodium Edta, Syntetic Fluorphlogopite, Bht, Tochoperol, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Citrus Junos Fruit Extract. Ci 77492, Ci 77947, Ci 77491, Ci 77499.

  • Key ingredients

Di dalam produk ini ada kandungan Titanium Dioxide, yaitu kelompok tabir surya 'elit' yang disebut tabir surya fisik atau tabir surya anorganik. FYI, sunscreen itu kan dibagi dua, yaitu yang kimiawi atau fisik.

Perbedaan diantara keduanya adalah, sunscreen kimiawi akan menyerap sinar UV, sedangkan sunscreen fisik menyerap sinar UV juga, tapi sambil memantulkan cahayanya. Jadi, jenis sunscreen ini lebih bagus dari yang kimiawi.

Terus, ada kandungan Simmondsia Chinensis Seed Oil atau Jojoba Oil yang berfungsi sebagai emolien. Jojoba adalah semak cemara yang berasal dari barat daya Amerika Utara. Tanaman ini diambil bijinya untuk diproses menjadi minyak.

Sekilas, Minyak Jojoba mirip dengan minyak nabati lainnya. Tapi, ternyata ada nilai khusus dari oil ini. Secara kimiawi, Jojoba Oil bukanlah 'minyak', melainkan wax ester (lilin). Wax ester berarti Jojoba Oil itu sangat stabil, bagus sekali untuk melembapkan kulit.

Impresi

Setelah membaca klaim dan kandungannya, bagaimanakah performa cushion lokal yang direkomendasikan oleh banyak orang ini? Oh, ya, just a heads up. Tipe kulit saya kering, saya juga punya masalah dengan pori-pori besar dan kantung mata hitam. Jadi, review ini akan cukup berfokus ke arah sana, ya.

Tekstur

Bagaimana tekstur PIXY Make it Glow Dewy Cushion? Sama seperti BB cream cushion kebanyakan, sih, cair. Very liquidy. Tapi, pas dipakai ke wajah nggak runny, langsung nempel ke kulit. Bagus banget.

Wangi

Kalau saya cium cushion-nya, memang terlintas aroma manis yang menyegarkan. Aromanya tipis, sehingga saat dipakai ke wajah, saya nggak mencium wanginya sama sekali. Entah ini aroma apa, tapi kalau di daftar ingredient, sih, ada tulisan Citrus Junos Fruit Extract. Ya, mungkin wangi itu pokoknya, hihi.

Swatch

PIXY Make it Glow Dewy Cushion hadir dalam tiga shade, yaitu 101 Light Beige, 201 Neutral Beige, dan 301 Medium Beige. Saya sendiri menggunakan shade #101.

Kalau baru diaplikasikan, BB cream-nya terlihat agak lebih putih dari warna kulit alami saya, ya? Tapi, setelah saya blend, warnanya menyatu dengan skintone saya, loh! Ajaib banget cushion ini.

Cara Pakai

Untuk cara pakainya, tekan puff bawaan PIXY ke spons berisi krim BB. Lalu, tempelkan puff ke wajah dan ratakan dengan cara ditepuk-tepuk, bukan digeser. Kamu bisa melipat puff-nya untuk meratakan BB cream pada area sudut hidung, bawah mata, dan area lainnya yang sulit dijangkau.

Daya Tahan dan Performa 

Lihatlah bagaimana menyatunya BB cream ini dengan kulit saya. Tanpa membuat wajah terlihat cakey, BB Cushion ini dengan flawless menutupi pori-pori besar di area hidung dan pipi saya, begitu pula beberapa flek cokelat di sana.

Kantung mata saya juga cukup tersamarkan walaupun tidak sempurna (saya memang tidak pakai concealer di sini karena ingin tahu ketahanan BB Cushion-nya). Saya sangat suka dengan hasil setelah saya selesai ber-makeup. Cushion ini menciptakan dewy finish yang full coverage, tapi tetap terlihat natural.

Cushion ini cocok buat dipakai sehari-hari ke kantor, ke kampus, atau buat hangout. Kalau kamu nggak mau terlihat terlalu dewy alias mukanya berkilau, tinggal pakai bedak tabur dan bedak padat saja seperti yang saya lakukan. Hasilnya jadi matte, deh!

Kesimpulan

Ini adalah hasil ketahanan cushion-nya setelah melewati 6 jam pemakaian di rumah. Saya salut dengan cushion ini, semakin lama dipakai, semakin menyatu dengan warna kulit. Cushion-nya 'menipis' dengan cantik, nggak bikin cakey walau di-touch up dengan bedak, nggak muncul dry patch, dan nggak ada smile line atau pun garis keriput di ujung mata.

Walaupun, flek cokelat di pipi dan mata panda saya mulai menampakkan diri kembali, tapi saya pikir akan masih bisa ditutup oleh bedak padat saat touch up. Selebihnya, ini adalah kelebihan dan kekurangan Cushion PIXY menurut saya:

Pros (+)

  • Harga terjangkau
  • Mudah ditemukan
  • Hasil natural flawless
  • Awet tahan lama
  • Sweatproof & waterproof
  • Melembapkan
  • Puff bawaan enak dipakai

Cons (-)

  • Kemasan refill-nya nggak praktis, karena nggak bisa dipakai kalau nggak ada hardcase-nya
  • Isi BB cream nggak banyak
  • Nggak full coverage 'banget', tapi cukup untuk pemakaian sehari-hari

Harga & Tempat Pembelian

Overall, saya puas dengan cushion lokal yang satu ini. Saya jatuh cinta dengan formula BB Cushion-nya. Selama ini saya menggunakan cushion dari Korea Selatan, dan formula hingga shade-nya nggak pernah secocok dengan cushion dari PIXY ini. Keren pokoknya cushion ini tuh, recommended!

Apa kamu pernah mencoba Cushion PIXY juga? Bagaimana menurut kamu performanya? Ngobrol di kolom komentar di bawah, yuk. Jangan lupa baca ulasan Kamini lainnya untuk brand PIXY Lip Cream seperti PIXY dan PIXY Stay Last Serum Foundation.

Tag: ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram