kamini.id

Review PIXY Stay Last Serum Foundation, Coverage Tak Terduga

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 27 Mei 2021

Dari berbagai macam foundation yang ada di pasaran, andalan saya adalah liquid foundation. Berhubung kulit saya bertipe normal-berminyak, saya selalu menghindari tekstur foundation yang terlalu sticky dan kental demi menghindari terjadinya penyumbatan pada pori-pori kulit. Meski sebenarnya saya juga tidak pernah menutup diri untuk mencoba foundation bertekstur lain.

Selain dari aspek tekstur, foundation ideal yang saya impikan juga perlu memiliki kemampuan mencerahkan tampilan kompleksi. Sebab, kulit saya semakin kusam akhir-akhir ini karena terlalu banyak berenang. Jadi tentu saja bila menemukan produk kompleksi yang memiliki efek mencerahkan tampilan kulit kusam, saya akan dengan sangat senang hati mencobanya.

Kebetulan, saya dengar PIXY mengeluarkan produk liquid foundation yang bisa membuat tampilan kompleksi tampak lebih cerah. Terdengar memenuhi kriteria foundation yang saya impikan, bukan? Karena itulah saya langsung memasukan PIXY Stay Last Serum Foundation ini ke dalam list produk yang akan saya ulas.

Tentang Produk

PIXY Stay Last Serum Foundation masih sangat muda karena baru diperkenalkan pada September 2020. Hadir dengan konsep produk foundation yang dikemas dan bertekstur seperti serum, produk ini melengkapi jajaran series 4 Beauty Benefit sebagai rangkaian produk kompleksi dari PIXY selain series Make It Glow.

Series 4 Beauty Benefit sendiri menawarkan manfaat whitening, protecting, moisturizing dan beautifying yang mana merupakan aspek-aspek penting untuk dimiliki produk kompleksi. Sebelumnya, dalam series ini PIXY sudah memperkenalkan bedak two way cake, loose powder, BB cream serta concealing base dengan manfaat 4 Beauty Benefit yang sama.

Oh iya, sebelumnya sudah pernah saya sebutkan dalam artikel ini kalau PIXY merupakan brand yang berada di bawah naungan Mandom Coorporation Jepang. Sehingga kebanyakan produk PIXY dibuat untuk memenuhi kebutuhan wanita Asia. Dan karena Indonesia juga bagian dari Asia, maka bergembiralah, sebab artinya produk-produk PIXY juga akan cocok di kulit wanita Indonesia. Termasuk shade produk-produk kompleksi yang ditawarkan.

Klaim dan Benefit

PIXY Stay Last Serum Foundation merupakan alas bedak cair yang menawarkan hasil makeup tampak cerah dan tahan lama. Produk ini memiliki tekstur yang ringan pada kulit, sehingga PIXY mengklaim bahwa foundation ini dapat digunakan sehari-hari dengan hasil matte.

Bukan hanya teksturnya yang ringan, kamu juga dapat mengkostumisasi coverage dari produk ini sesuai kebutuhan, lho. Dari sheer, medium sampai full coverage yang akan membuat wajah menjadi flawless dan tahan minyak hingga 12 jam. Selain itu, karena masuk dalam seri 4 Beauty Benefits, tak lengkap rasanya kalau tidak membahas manfaat 4 Beauty Benefits yang dimaksud.

Dari segi whitening, produk ini telah diformulasikan dengan 2-Way Whitening yang akan membuat kulit tampak lebih cerah. Lalu ada manfaat protecting yang datang dari kandungan SPF50 dan PA+++ untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Kemudian terdapat Argan Oil yang dapat menjaga kelembaban kulit dalam manfaat moisturizing serta Stay Last Micro Powder sebagai beautifying yang membantu makeup menjadi tahan lama hingga 12 jam.

Cara Pemakaian

Karena berbentuk liquid, sebaiknya kamu mengocok botol foundation terlebih dahulu agar bahan-bahan di dalamnya dapat menyatu dengan sempurna. Barulah setelah dirasa homogen (menyatu dengan baik) kamu dapat menggunakannya.

Caranya adalah dengan meneteskan PIXY Stay Last Serum Foundation secukupnya pada tangan ataupun langsung pada wajah. Kemudian ratakan hingga menyatu dengan sempurna. Kamu juga dapat mengaplikasikannya kembali untuk coverage yang maksimal.

Sedikit tips, daripada meneteskan produk ini secara langsung pada wajah, saya lebih menyarankan untuk meneteskannya dahulu pada tangan yang bersih. Hal ini dimaksudkan agar produk tidak runny dan messy ketika diratakan ke seluruh wajah serta leher

Kemasan

Review Pixy serum foundation_4

Kalau bicara kemasan dus luarnya, serum foundation dari series 4 Beauty Benefits ini memiliki ciri khas yang sama seperti produk lain dalam series yang sama. Desain kemasan dus memadukan warna pink pastel pucat yang lembut dengan warna hitam yang tegas, membuat desain dus tampak minimalis dan modern.

Nah, yang menarik perhatian tentu saja apa yang berada di dalam kemasan dus tersebut. Ketika membuka dus, saya disambut oleh botol serum kaca tebal yang transparent-blurry namun dapat memperlihatkan shade sesungguhnya dari foundation.

Tak lupa juga pipet serum dengan cap dan karet berwarna hitam yang seragam dengan logo PIXY, nama produk, serta informasi tambahan yang tertera membuat tampilan botol serum foundation tampak sangat sederhana namun tetap elegan.

Yap, sesuai dengan apa yang disebutkan PIXY, produk ini merupakan foundation cair yang dikemas dalam botol serum. Awalnya saya tidak menemukan perbedaan antara kemasan botol ini dengan kemasan botol serum kebanyakan. Tapi, ketika saya membuka bagian cap, ada sedikit keunikan dari pipet yang menempel.

Bila biasanya lubang pipet pada serum dibuat pointy dengan ujung berdiameter kecil, PIXY Stay Last Serum Foundation membuat ujung pipetnya tumpul dan berdiameter lebih besar. Hal ini bertujuan agar formulasi foundation tidak mudah menyumbat pipet, sekaligus memudahkan kita untuk menuangkan foundation dalam jumlah yang cukup.

Ingredients

Full Ingredients

Cyclopentasiloxane, Water, Titanium Dioxide, Talc, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Ethylhexyl Salicylate, Butylene Glycol, Isononyl Isononanoate, PEG-9 Polydimethylsiloxyethyl Dimethicone, Glycerin, PEG-3 Dimethicone, Sodium Chloride, Aluminum Hydroxide, Sorbitan Sesquiisostearate, Phenoxyethanol, Aluminum Dimyristate, Dimethicone, Fragrance, Pachyrhizus Erosus Root Extract, Tocopherol, BHT, Magnesium Ascorbyl Phosphate, Argania Spinosa Kernel Oil, Cl 77492, Cl 77491, Cl 77499.

Key Ingredients

  • Titanium Dioxide

Mineral alami yang sering digunakan sebagai agen pengental, pelembut ataupun pencerah. Tentu bahan ini juga sering dijumpai pada produk sunscreen karena kemampuannya melawan sinar UVA dan UVB.

  • Ethylhexyl Methoxycinnamate dan Ethylhexyl Salicylate

Kedua bahan ini juga sering sekali digunakan sebagai anti-UV agent. Namun, baik ethylhexyl methoxycinnamate maupun ethylhexyl salicylate spesifik melindungi dari sinar UVB saja tidak dengan UVA.

  • Pachyrhizus Erosus Root Extract

Kalau yang satu ini beken di Indonesia dengan nama ekstrak bengkoang. Sudah tau apa manfaat paling menonjol dari bahan alami ini? Benar, agen pencerah dan sumber antioksidan.

  • Tocopherol

Bentuk lain dari vitamin E ini juga dapat kamu andalkan untuk kemampuan antioksidan suatu produk dalam menangkal bahaya dari lingkungan pada kulit.

  • Magnesium Ascorbyl Phosphate

Selain berperan sebagai antioksidan untuk kulit, vitamin C dalam bentuk magnesium ascorbyl phosphate juga dikenal dapat meningkatkan hidrasi serta sangat baik dalam menenangkan kulit.

  • Argania Spinosa Kernel Oil

Ingat salah satu manfaat 4 Beauty Benefits yang disebutkan PIXY dan melibatkan Argan Oil? Benar, moisturizing. Minyak alami ini mengandung beberapa asam lemak dan lipid yang bermanfaat untuk kulit terutama dalam melembabkan serta sebagai sumber antioksidan.

Impresi

Jujur, mendengar semua klaim yang PIXY tawarkan lewat Stay Last Serum Foundation ini membuat saya gelap mata dan tak sabar ingin segera mengaplikasikannya pada wajah. Alhasil, inilah impresi yang saya rasakan setelah bermain dengan foundation tersebut.

Tekstur

Review Pixy serum foundation_tekstur

Tak salah produk ini dinamakan liquid foundation sebab teksturnya memang sangat cair dan mudah sekali meluncur pada kulit bila tidak segera di-blend. Produk juga cenderung cepat mengering dan menempel dengan baik pada wajah. Untungnya produk ini super blendable dan terasa lembut meski runny dan cepat mengering.

Shade dan Aplikasi

Review Pixy serum foundation_aplikasi

PIXY Stay Last Serum Foundation ini terdiri dari 5 shades yaitu Rosy Ivory (01) untuk pemilik light skin tone dengan cool undertone, Yellow Beige (02) yang akan cocok dengan kulit kuning langsat. Sementara para sawo matang dapat memilih Natural Beige (03), Golden Tan (04) atau Rich Tan (06) tergantung tingkatan pigmen pada skintone-mu.

Entah mengapa saya memilih shade Rich Tan (06) kala membeli produk ini. Padahal shade ini terlihat lebih tua dibandingkan dengan skin tone saya yang cenderung medium dark. Dan ketika saya aplikasikan, benar saja, shade ini malah toned-down kulit saya. Saya tampak seperti seseorang yang berhasil tanning.

Hebatnya, coverage produk ini benar-benar manageable dan powerful. Meski memang aplikasi pertama hanya menawarkan light to medium coverage tergantung seberapa banyak foundation yang kamu teteskan. Tapi dark circle bawah mata dan bekas jerawat ringan pada wajah saya dapat tertutupi dengan baik sejak pengaplikasian layer pertama.

Bila ingin build up untuk coverage on the max, saya yakin akan berhasil. Asalkan hanya build up di bagian yang butuh coverage lebih saja demi menghindari cakey.

Selesai meratakan produk pada seluruh wajah, saya rasa serum foundation dari PIXY ini juga ringan dengan tampilan akhir satin. Benar, pada kulit saya yang normal-berminyak, finishing result PIXY Stay Last Serum malah lebih kearah satin ketimbang matte. Liquid foundation ini juga nggak punya kemampuan pore blurring sehingga tampilan pori-pori akan tetap kelihatan.

Performa dan Daya Tahan

Ini adalah pengujian produk kompleksi terlama yang pernah saya lakukan hingga saat ini. Pasalnya, PIXY Stay Last Serum Foundation ini punya ketahanan yang cukup mencengangkan. Meski memang tidak stay on-fleek selama 12 jam seperti klaimnya, namun kemampuan produk yang less transfer dan lumayan tahan air bikin doi mempertahankan coverage-nya cukup lama. Keren banget sih.

Saya hanya mendapati banyak produk hilang di area dagu dan mulut karena pengaruh makan, serta pada area hidung karena pengaruh kacamata. Pada area lainnya, produk masih mempertahankan coverage-nya dengan sangat baik. Hebatnya lagi, serum foundation ini sama sekali tidak menimbulkan creasing, cakey ataupun patchy. Not to mention the all-day long lightweight texture. Jempolan!

Sayangnya, PIXY Stay Last Serum Foundation ini tidak bisa menahan minyak sama sekali. Bahkan baru pada pemakaian jam ke-3 saja minyak mulai memadati area T-zone saya, menyebabkan tampilan wajah saya semakin glowing.

Kalau kamu penasaran apakah produk ini mudah mengalami oksidasi atau tidak, saya dengan senang hati menjawab ‘tidak’. Dari sejak awal penggunaan, saya tidak mendapati perubahan warna signifikan pada kompleksi selama pemakaian produk. Dan, ya, karena dari awal sudah toned-down, tidak ada harapan produk ini akan mencerahkan. At least, wajah saya tidak semakin nampak kusam karena oksidasi. Well done, PIXY!

Tips dan Trik

Meski saya salah memilih shade dari PIXY Stay Last Serum Foundation ini, tentu saya tidak akan membuangnya. Malah saya akan menyimpannya dan menjadikan produk ini sebagai concealer untuk under eye karena kemampuannya yang sangat baik dalam covering bagian tersebut.

Tunggu, memangnya boleh menggunakan foundation sebagai concealer? Tentu saja. Terutama bila foundation yang kamu gunakan memiliki shade yang satu atau dua tingkat lebih cerah dibandingkan spot yang perlu di-conceal. Selain shade yang dapat menjadi pertimbangan adalah kemampuan coverage foundation. Bila kemampuan coverage foundation tersebut dapat menutupi ketidaksempurnaan dengan baik, tentu saja produk tersebut dapat menjadi substitusi concealer.

Dalam kasus saya, karena PIXY Stay Last Serum Foundation shade Rich Tan (05) ini dapat menutupi under eye yang hitam dengan sangat baik, ditambah shade-nya pun membuat area under eye saya menjadi lebih cerah, maka mengganti fungsi produk ini dari foundation menjadi concealer sah-sah saja untuk dilakukan.

Harga dan Tempat Pembelian

Review Pixy serum foundation_2

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bukan PIXY namanya bila produknya sulit ditemukan baik di drugstore maupun e-commerce. Stay Last Serum Foundation ini mudah ditemukan kok, meski terkadang terdapat shade tertentu yang stok-nya mudah sekali habis. Oleh karenanya, segeralah beli produk ini dan pilih shade favoritmu sebelum kehabisan. Oh iya, PIXY Stay Last Serum Foundation dibanderol dengan harga Rp55.000-Rp65.000 saja, lho.

Kesimpulan

Review Pixy serum foundation_3

Saya harus mengacungkan jempol pada PIXY Stay Last Serum Foundation atas ketahanan dan formulasinya yang sangat awet dan ringan. Bukan itu saja, harganya juga cukup ramah untuk ukuran foundation dengan kemampuan yang cukup bagus.

Pros

  • Formula ringan dan super blendable
  • Coverage light to medium
  • Tahan selama Jam 6-7 jam bila tidak dibasuh air
  • Lumayan tahan air dan less transfer
  • Tidak menimbulkan creasing, patchy ataupun cakey
  • Tidak mengalami oksidasi

Cons

  • Tekstur runny, namun mudah menempel dengan baik
  • Tidak ada oil-control
  • Tidak ada kemampuan pore blurring

Tak hanya PIXY Stay Last Foundation, saya juga pernah mengulas produk PIXY lainnya, lho. Salah satunya adalah PIXY Lip Cream. Tapi bila kamu ingin mencari referensi foundation lainnya yang tak kalah jempolan dari produk ini, kamu dapat membacanya di artikel ini.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram