Kamini.id / Review / Review Cetaphil Gentle Skin Cleanser, Sabun Tanpa Busa

Review Cetaphil Gentle Skin Cleanser, Sabun Tanpa Busa

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Cetaphil adalah merk perawatan kulit yang bisa dikategorikan high end, tapi memang semua produknya bagus banget dan worth it. Cetaphil mengedepankan kesehatan kulit alih-alih sekedar membuat kulit jadi ‘bersih’ dan ‘putih’. Telah teruji secara dermatologi, selama lebih dari 70 tahun Cetaphil sudah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Orang-orang yang menyukai Cetaphil biasanya orang yang memiliki kulit sensitif atau kulit yang sedang bermasalah.

Produk pertama Cetaphil adalah Cleansing Lotion yang  diperkenalkan ke publik pada tahun 1947. Produk ini dibuat oleh apoteker dan ahli kulit karena memang menargetkan masalah kulit tertentu. Seiring waktu, produk ini jadi sangat populer dan berubah nama menjadi Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Hingga kini, Gentle Skin Cleanser merupakan produk Cetaphil yang paling best seller walaupun sudah ada banyak jenis produk lainnya.

Tentang Produk

  • Jenis: pembersih/pencuci wajah dan tubuh
  • Cocok Untuk: Kulit kering & kulit kombinasi
  • Ukuran: 59 mL, 125 mL, 250 mL, 500 mL, 1 L
  • Varian Lainnya: Cetaphil Oily Skin Cleanser (untuk kulit berminyak)
  • Benefit:
    • Bekerja dalam 2 efek, yaitu mampu membersihkan kulit dengan lembut dan juga melembapkan kulit
    • Dapat digunakan dengan ataupun tanpa air
    • Diformulasi dengan pH seimbang dan telah teruji dermatologi
    • Cocok untuk kulit sensitif, walaupun bisa digunakan untuk semua jenis kulit
  • Cara Pemakaian:
    • Tanpa air: Usapkan Cleanser secukupnya ke kulit dan gosok dengan lembut. Bersihkan wajah dan leher dengan kain, handuk lembut, atau tisu (tak perlu dibilas lagi)
    • Dengan air: Usapkan Cleanser ke kulit wajah dan leher, lalu gosok dengan lembut. Jangan menunggu busa karena produk ini tidak menghasilkan busa sama sekali. Lalu, bilas kulit dengan air hingga tidak terasa licin

Cetaphil Gentle Skin Cleanser adalah pembersih wajah dan tubuh untuk kulit kering, kombinasi, dan sensitif. Dibuat dengan formula lembut tanpa busa maupun pewangi, ini adalah ‘sabun’ muka paling aman di pasaran. Kulitmu akan bersih tapi tetap lembap, karena Cleanser ini tidak mengikis lapisan kelembapan alami kulit. Produk ini juga hypoallergenic alias menyebabkan lebih sedikit reaksi alergi dibandingkan produk dari brand lainnya.

Tips dan Trik!

Keyword produk ini adalah Cleanser, ini bukan sabun, ini bukan lotion, tapi pembersih. Kamu juga bisa baca di kemasannya kalau produk ini bisa dipakai untuk wajah maupun badan (Face & Body). Tapi, walaupun didesain untuk membersihkan kulit, Cetaphil Gentle Skin Cleanser juga bisa dipakai untuk hal lain. Seperti untuk menghapus makeup, misalnya.

Ini bekerja sangat baik dalam menghapus makeup. Tapi, bukan untuk riasan berat seperti makeup pengantin gitu, ya, melainkan untuk makeup sehari-hari yang tipis. Tapi, kalau mau lebih bersih lagi, pakai Cetaphil Gentle Skin Cleansing Cloths dulu. Ini adalah wipes alias tisu basah untuk menghapus makeup dari Cetaphil. Sudah pakai itu, lanjut dengan Cleanser-nya. Dijamin makeup-mu luruh semuanya tidak bersisa!

Logikanya, jika produk tersebut ramah di kulit, berarti ia ramah di rambut juga. Cetaphil Cleanser ini bisa juga kamu pakai keramas! Caranya, basahi rambut dengan air hangat, tapi air dingin juga tidak apa. Tuangkan Cleanser secukupnya ke telapak tangan. Karena ini tidak berbusa, kamu mungkin akan merasa kurang banyak pakainya, dan akhirnya jadi mubazir.

Perlu diingat kalau Cetaphil Cleanser memang tidak menghasilkan busa, jadi kamu seperti pakai creambath untuk rambut saja, dengan tujuan keramas. Tidak adanya busa bukan berarti rambutmu masih kotor, karena memang begitulah cara kerja Cetaphil. Keramaslah seperti biasa sambil massage kulit kepala kamu, kalau sudah, bilas dengan air hingga bersih.

Selain pakai Cleanser-nya, orang-orang juga ada yang pakai Cetaphil Gentle Cleansing Bar untuk mencuci rambut mereka. Tentunya sabun batangan lebih sulit menyebar di kulit kepala dan rambut dibandingkan Cleanser Cetaphil yang notabene berbentuk liquid.

Tapi, karena produk ini ukurannya lumayan kecil dan harganya lumayan mahal, kamu mungkin bisa kehabisan banyak uang kalau keramas setiap hari menggunakan Cetaphil Cleanser ini. Tapi, itu semua kembali lagi pada kamu.

Packaging dan Ingredient List

Setelah mengetahui tips dan trik, kini beralih ke pengemasan dan bahan-bahan yang digunakan. Apakah cocok untuk jenis kulit berjerawat? Mari lihat lebih jauh soal bahannya di ulasan berikut.

Packaging

Cetaphil memiliki kemasan yang simpel tapi menempel di otak. Kemasannya tidak terlalu besar (untuk ukuran yang paling banyak dibeli orang, yaitu 125 mL). Warna kemasannya dominan putih dengan tutup warna biru. Untuk tulisannya campuran warna hijau dan biru.

Untuk ukuran ini, tutupnya flip top jadi mudah digunakan dan produk tidak akan tumpah. Sayangnya lubang di flip top-nya cukup besar, karena produk ini sangat liquidy, kadang ketika mengeluarkan produknya jadi kebanyakan. Jadi, kamu juga sebaiknya hati-hati saat menuangkan produk. Botolnya tidak perlu dipencet, cukup dibalikkan saja nanti juga isinya mengalir sendiri ke tanganmu.

Full ingredients

Di bagian belakang kemasan tertulis ingredients-nya lengkap, lalu ada juga penjelasan singkat mengenai produk dan bagaimana cara pakainya (tapi tulisannya sangat kecil sekali, haha). Oh, ya, ada juga tanggal expired-nya di sana.

Seperti yang bisa kamu lihat, produk ini hanya terdiri dari 8 bahan pokok, yaitu: Aqua, Cetyl Alcohol, Propylene Glycol, Butyl 4-Hydroxybenzoate, Methyl 4-Hydroxybenzoate, Propyl 4-Hydroxybenzoate, Sodium Lauryl Sulfate, dan Stearyl Alcohol. Sayangnya, Cetaphil tidak dibuat dari bahan all natural, kecuali air. Semua bahan ini benar-benar bisa membuat kulit berisiko rusak dan iritasi, yang mana kontradiktif dengan apa yang diklaim oleh Cetaphil, hmm..

Swatch dan Tekstur

Jika dituang, isi Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini berwarna putih dan agak sedikit sparkly, seperti ada kilau-kilau mutiaranya gitu. Teksturnya sangat runny, benar-benar seperti lotion yang encer. Cetaphil tidak beraroma, tapi entah kenapa ada sedikit hint menyegarkan (dan semacam bau obat/herbal) dari sana.

Performa

Saat digunakan dengan air, Cetaphil Gentle Skin Cleanser benar-benar menghilang alias tidak kelihatan karena jadi transparan. Rasanya cukup licin di kulit, berbeda dengan ketika tanpa air yang rasanya agak sedikit lengket.

Satu-satunya yang membuat kamu merasa ‘sedang cuci muka’ adalah karena Cleanser-nya jadi meluncur dengan mudah di kulit kamu. Tapi, kalau kamu cuci mukanya sambil bercermin, mungkin merasa agak aneh karena mukamu tidak ada busanya sama sekali.

Saat digunakan tanpa air, setelah diratakan pada kulit, Cetaphil Gentle Skin Cleanser jadi sedikit seperti sunscreen yang meninggalkan whitecast. Tapi, ini Cleanser, dan memang teksturnya seperti lotion yang sulit menyerap ke kulit. Karena ini metode kering, jadi tidak perlu dibilas dengan air tapi tinggal di lap saja.

Lalu, apa perbedaan metode basah dan kering? Dua-duanya sama-sama membersihkan dan melembapkan kulit. Tapi, saya merasa metode kering lebih melembapkan untuk hasil akhirnya.

Karena, mau tidak mau Cleanser-nya tertinggal di kulit kamu, kan, dibandingkan dengan metode basah yang Cleanser-nya tersapu bersih oleh air. Walaupun mungkin kamu merasa kurang nyaman pada awalnya dengan metode kering, tapi ini jauh lebih melembapkan. Buat yang kulitnya super kering take note, ya!

Kesimpulan

Pros

  • Dapat digunakan oleh semua jenis kulit, bahkan yang sensitif sekalipun
  • Formulanya ringan namun kuat dan efektif membersihkan kulit dari kotoran, polusi, dan sel kulit mati
  • Bisa menyamarkan flek hitam dan bekas jerawat seiring penggunaan
  • Bisa digunakan dengan air maupun tanpa air
  • Tidak mengikis kelembapan kulit setelah mencuci muka
  • Mengandung Propylene Glycol yang akan menjaga kelembapan kulit
  • Non-alkali alias memiliki kadar pH yang seimbang (pH 6.3-6.8)
  • Non-comedogenic dan hypoallergenic

Cons

Kontradiksi dengan claim-nya, produk ini menggunakan bahan-bahan yang justru membuat kulit berisiko terkena iritasi. Kandungan Paraben di dalamnya memicu gangguan endokrin yang berhubungan dengan kanker payudara. Lalu, kandungan Sodium Lauryl Sulfate dikenal sebagai penyebab iritasi kulit.

Propilen glikol di dalam Cleanser ini bisa meningkatkan penetrasi bahan kimia ke dalam kulit dan aliran darah kamu (baby language-nya, kandungan ini masuk ke aliran darah dan mengendap dalam tubuh. Bayangkan kamu merokok, asapnya masuk ke paru-paru, stay di sana, dan mengalir ke seluruh tubuh lewat darah. Not good, kan?).

Kesimpulannya, menggunakan Cleanser Cetaphil mungkin tidak akan banyak merugikan kalau kulitmu tidak sensitif dengan bahan-bahan tersebut. Tetapi, penggunaan yang berkelanjutan dapat memiliki efek buruk pada kulit kamu, mau kulitmu sensitif ataupun tidak. Cleanser ini juga termasuk kategori high end dengan harga Rp 45.000 (60 mL), Rp 69.000 (125 mL), dan Rp 150.000 (500 mL).

Sabun dan pembersih muka sehari-hari seringkali keras pada kulit, sehingga menyebabkan kulit kering dan iritasi. Apalagi jika kamu punya kondisi kulit khusus seperti mudah berjerawat, sedang iritasi, sangat kering, sensitif, dan lain sebagainya.

Sangat penting untuk mencuci muka dengan pembersih yang tidak mengiritasi, bebas sabun, bebas minyak, dan ringan. Tapi, kamu juga perlu mempertimbangkan kandungan Cleanser Cetaphil ini akan menjadi bagus tidak untuk kesehatan kulit dan tubuhmu. Jika kamu tertarik, kamu bisa membelinya secara online.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Apa tanggapan sahabat Kamini tentang Cetaphil Gentle Skin Cleanser? Apa sangat bagus? Atau kamu takut juga dengan efek jangka panjang dari bahan-bahannya? Anyway, kalau produknya masih beredar hingga kini, berarti produk ini ya aman-aman saja. Hanya saja untuk orang yang benar-benar care dengan ingredients produk yang mereka pakai bisa merasa sangsi dengan produk ini. Nah, kalau kamu bagaimana?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *