Review Wardah C-Defence DD Cream yang Ringan dan Melembabkan

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 27 Mei 2021

Setelah AA Cream, BB Cream, serta CC Cream menggemparkan dunia kecantikan, kini juga sudah tersedia DD Cream. Jenis krim satu ini umumnya memadukan fungsi primer, antioksidan dan proteksi terhadap paparan sinar matahari.

Salah satu brand lokal yang mengusung produk DD cream adalah Wardah. Bernama Wardah C-Defense DD Cream, Wardah menjadikan produk ini masuk dalam seri C-Defense dengan kandungan Hi-Grade Vitamin C yang akan merawat , mencerahkan dan menutrisi kulit wajah.

Sejujurnya, saya sendiri belum pernah menggunakan produk DD cream apapun. Sebab biasanya produk kompleksi yang saya gunakan hanyalah BB cream atau foundation. Tentu saya juga penasaran ingin mengetahui bagaimana superpower dari DD Cream bagi seseorang yang baru pertama menggunakannya seperti saya. Penasaran apa saja yang saya rasakan mengenai produk ini? Simak ya!

Tentang Produk

Review DD Cream Wardah_2 (Copy)

Spesifiknya, DD Cream ini diperkenalkan Wardah pada juni 2015. Meski bukan produk baru, C-Defense DD Cream merupakan produk yang masih dipertahankan oleh Wardah hingga saat ini. Artinya kemungkinan produk ini masih memiliki penggemar setia sampai sekarang.

Oh iya, seri C-Defense sendiri ditujukkan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan polusi, juga membantu mencerahkan dari dalam dengan kandungan yang diklaim sebagai Hi-Grade vitamin C.

Kalau mendengar kandungan vitamin C, yang mungkin muncul di pikiran kita adalah kemampuan dalam mencerahkan. Vitamin C selain kaya akan antioksidan juga memiliki kemampuan dalam mencerahkan kulit terutama yang diakibatkan karena paparan sinar UV. Inilah yang mendasari Wardah merilis produk C-Defense Series.

Sebenarnya sejak awal dirilis, series satu ini sudah mengeluarkan beberapa produk dengan kandungan utama yang sama yaitu Hi-Grade Vitamin C. Beberapa produk yang dimaksud adalah C-Defense Energizing Creamy Wash, C-Defense Serum, C-Defence Face Mist dan tentu saja C-Defence DD Cream.

Selain itu, saat pertama kali diluncurkan, para beauty junkies juga langsung berlomba-lomba mencoba keseluruhan produk pada series ini. Tak sedikit yang memberikan praise pada produk-produk dalam series ini. Wardah C-Defense DD Cream adalah salah satu yang tak luput dari perhatian.

Klaim dan Benefit

Wardah C-Defense DD Cream dengan vitamin C merupakan krim bertekstur lembut dan nyaman digunakan. Produk ini memadukan kombinasi lightening, tabir surya, dan antioksidan untuk kulit yang tampak bercahaya.

DD Cream ini juga mengandung vitamin B3 yang membantu membuat kulit tampak lebih cerah serta vitamin E yang berperan sebagai sumber antioksidan. Ada juga kandungan allantoin yang membantu regenerasi alami kulit. Kalau kandungan tabir surya dalam produk berda pada nilai SPF 30 dan PA+++.

Terdengar cukup baik dalam membantu memberikan perlindungan optimal terhadap sinar UV. Dengan menggunakan DD cream ini konon akan dihasilkan tampilan kulit yang lebih cerah, halus, dengan rona merata.

Cara Pemakaian

Karena masih merupakan produk kompleksi berjenis base makeup, Wardah C-Defense DD Cream digunakan seperti pemakaian produk base makeup lainnya.

  1. Tuangkan secukupnya pada jari tangan yang bersih
  2. Oleskan merata pada permukaan wajah yang telah dibersihkan
  3. Ratakan dengan tangan atau menggunakan bantuan beauty blender
  4. Dapat digunakan langsung atau setelah penggunaan pelembab

Fun Fact

Selain serum, facial wash, face mist, dan DD Cream, baru-baru ini ternyata Wardah mengeluarkan produk baru dalam C-Defense Series yaitu Waterclay Mask dan Sleeping Mask. Kedua produk ini akan melengkapi manfaat C-Defense Series bahkan ketika kamu tertidur. Hebat, bukan?

Kemasan

Review DD Cream Wardah_1 (Copy)

Hadir dalam kemasan tube flip top, Wardah C-Defense DD Cream memiliki volume 20 mL dengan berat yang cukup ringan. Ukuran ini menjadikannya cukup handy. Bila masih fresh from the oven, kamu akan menjumpai lembar aluminium yang masih tertempel pada mulut tube. Lembar alumunium ini menandakan bahwa produk masih tertutup rapat sekaligus menyirikan bila produk yang kamu beli benar-benar baru.

Desain tube untuk DD cream ini masih konvensional bila dibandingkan dengan tube Wardah Lightening Liquid Foundation dengan ciri khas pointy tip pada bibir tube. Meski begitu, lubang tube tetap tidak akan menyebabkan produk yang keluar menjadi messy kok. Karena diameter lubangnya tidak begitu besar.

Kalau material yang digunakan di semua bagian tube adalah plastik dengan badan tube berwarna kuning doff. Sementara material plastik pada flip top cap dibuat transparan.

Ingredients

Review DD Cream Wardah_ingredietns (Copy)

Full Ingredients

Aqua, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Butylene Glycol, Cyclopentasiloxane, Caprylyl Methicone, Cyclomethicone, Isododecane, Stearic Acid, Titanium Dioxide, C30-45 Alkyl Dimethicone, Polyglyceryl-4 Isostearate, Triethylhexanoin, Polymethyl Methacrylate, Sodium Chloride, Dimethicone Crosspolymer, Cetyl PEG/​PPG-10/​1 Dimethicone, Cetyl Dimethicone, Ethylhexyl Palmitate, Niacinamide, Sorbitan Olivate, Disteardimonium Hectorite, Hexyl Laurate, Phenoxyethanol, Silicon Dioxide (Silica), BHT, Propylene Carbonate, Allantoin, Ascorbyl Tetraisopalmitate, Dimethicone, Ethylhexylglycerin, Tocopheryl Acetate, Disodium EDTA, Trimethylsiloxysilicate, Aluminum Hydroxide, Triethoxycaprylylsilane, Methicone, Ci 77891, Ci 77492, Ci 77491, Ci 77499

Key Ingredients

  • Niacinamide

Niacinamide memiliki nama lain nicotinamide atau vitamin B3. Senyawa ini sangat larut dalam air dan bekerja baik dengan bahan-bahan alami lainnya untuk menimalisir tampilan pori, meratakan warna kulit, menghilangkan kerutan dan garis halus bahkan mencerahkan kulit yang kusam.

  • Ascorbyl Tetraisopalmitate

Vitamin C dalam bentuk ascorbyl tetraisopalmitate cenderung lebih stabil dibandingan bentuk vitamin C murni. Makanya jangan kebingungan bila kamu tidak menemukan nama ‘vitamin C’ pada ingredients list. Karena kebanyakan vitamin yang ditambahkan dalam produk kosmetik dibuat dalam bentuk stabil terlebih dahulu agar umur simpannya lebih panjang dan konsumen dapat merasakan manfaatnya secara optimal.

Vitamin C ini berfungsi untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, mencerahkan warna kulit, juga menyediakan manfaat soothing dan moist restoring.

  • Tocopheryl Acetate

Sama halnya dengan vitamin C, kandungan vitamin E juga ditambahkan dalam bentuk lain yaitu sebagai tocopheryl acetate (tokoferil asetat). Bahan yang satu ini juga memperkuat manfaat antioksidan dalam Wardah C-Defense DD Cream. Antioksidan sangatlah bermanfaat dalam mencegah terbentuknya radikal bebas pada kulit yang bertanggung jawab pada kemunculan tanda-tanda penuaan kulit.

  • Allantoin

Karena DD Cream merupakan produk yang cukup oke dalam menawarkan manfaat anti-aging, tak aneh bila banyak bahan anti penuaan yang ditambahkan dalam formulasi. Contohnya saja allantoin ini. Allantoin memiliki manfaat dalam melembabkan kulit dan mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan. Selain itu, karena sangat gentle dan tidak mengiritasi, bahan ini juga dapat digunakan pada kulit yang sensitif.

  • Ethylhexyl Methoxycinnamate

Bila kalian menemukan nama bahan ini dalam ingredients list sebuah produk dengan klaim anti-UV, bisa dipastikan klaim tersebut bukan sekedar bualan belaka. Pasalnya, ethylhexyl methoxycinnamate adalah bahan yang dapat menyerap sinar UV agar tidak mengenai lapisan kulit secara langsung.

Bahan ini sangat baik dalam melindungi kulit dari sunburn dan bahaya lain yang disebabkan oleh paparan matahari. Ethylhexyl methoxycinnamate tidak hanya bermanfaat dalam melindungi kulit. Bahan ini juga berfungsi untuk melindungi produk kosmetik dari paparan sinar UV yang dapat menurunkan kualitas produk seiring berjalannya waktu.

  • Titanium Dioxide

Bila tertera dalam ingredients list, sebenarnya titanium dioksida memiliki salah satu fungsi dari dua kemungkinan fungsi berikut.

    • Fungsi pertama adalah berperan sebagai tabir surya. Sama seperti ethylhexyl methoxycinnamate yaitu menyerap sinar UV agar tidak mengenai kulit.
    • Fungsi titanium diokisda selanjutnya adalah sebagai pigmen yang dapat menyembunyikan noda-noda hitam dan mencerahkan tampilan kompleksi kulit.

Impresi

Sebelumnya telah saya singgung bahwa produk ini adalah DD cream pertama saya. Oleh karena itu saya sedikit excited ketika mencoba produk ini. Seperti apa sih Wardah C-Defense DD Cream ini? Yuk, simak perkenalan pertama saya dengan produk ini!

Tekstur

Review DD Cream Wardah_tekstur (Copy)

Saat pertama kali men-squeeze produk pada punggung tangan, saya tidak expect kalau DD cream ini akan bertekstur cukup thick. Bila dibandingkan dengan produk kompleksi serupa dari Wardah seperti Lightening Liquid Foundation, tekstur C-Defense DD Cream is way thicker. Produk ini sama sekali tidak meluncur ketika punggung tangan saya dimiringkan. Tapi jangan khawatir, meski cukup thick DD cream ini tetap blendable, kok. Terutama bila menggunakan bantuan beauty blender.

Aroma

Meski hadir dalam seri C-Defense bahkan dengan warna kemasan kuning yang menyirikan kandungan utama vitamin C di dalamnya, DD cream ini tidak memiliki aroma citrus maupun aroma aneh lainnya. Wardah memang tidak menambahkan fragrance pada produk ini, karena itulah tidak tertera bahan fragrance pada ingredient list produk. Selain fragrance dan essential oil-free, Wardah C-Defense DD Cream ini juga alcohol-free. Kabar baik, bukan?

Shade

Review DD Cream Wardah_aplikasi (Copy)

Sayang sekali, awalnya saya kira shade Natural ini memiliki yellow undertone yang cukup kuat karena bila dibandingkan dengan shade Light, shade ini tampak lebih gelap. Nyatanya, shade Natural ini malah membuat wajah saya nampak ashy.

Mendapati hasil ini membuat saya kebingungan dengan shade yang disediakan Wardah C-Defense DD Cream, alhasil akhirnya saya memutuskan untuk mencari informasi dan ulasan lain mengenai shade produk.

Ternyata, banyak yang mengeluhkan efek serupa dengan saya ketika memilih shade Natural, terutama para sawo matang. Malah banyak yang menyarankan untuk memilih shade Light saja walau kamu pemilik kulit sawo matang. Katanya sih shade ini lebih bisa diterima nalar dan semakin lama akan lebih menyatu dengan warna kulit dibandingkan dengan shade Natural. Jadi hati-hati ya buat para sawo matang.

Aplikasi

Meski kecewa dari pemilihan shade, saya cukup puas dengan kemampuan produk ini dalam membuat tampilan dewy yang sehat. Dewy yang tidak greasy. Padahal saya sudah menggunakan pelembab harian saya sebelum menggunakan DD cream ini, namun hasil akhirnya tidak menjadikan wajah saya seperti kilang minyak.

Sejujurnya dari sisi coverage saya tidak mengharapkan apapun, karena saya sudah mengetahui kalau DD cream memiliki lighter coverage dibandingkan BB cream maupun CC cream. Benar saja, ketika mengaplikasikannya pada wajah, produk ini hanya bisa menutupi bekas-bekas jerawat samar serta noda kemerahan ringan saja. Sehingga bisa dipastikan coverage produk ini adalah sheer.

Performa dan Daya Tahan

Review DD Cream Wardah_performa 2 (Copy)

Saya menggunakan Wardah C-Defense DD Cream ini mulai pukul 11.55 siang dan mulai mengalami perubahan drastis setelah saya membasuh wajah dengan air ketika berwudhu. Meski memang masih terdapat banyak sisa yang menempel di wajah.

Akan tetapi, karena luntur, kemampuan coverage-pun mulai menurun. Ketika saya bercermin kembali pada pukul 16.25 produk ini benar-benar hanya tersisa sedikit saja pada wajah. Kemampuan oil-control DD cream ini juga so-so seiring berjalannya waktu. Saya masih mendapati area T-Zone memproduksi minyak pada akhir pemakaian.

Review DD Cream Wardah_performa (Copy)

Nampaknya produk ini hanya cocok digunakan untuk daily use karena tidak powerful baik dalam sisi coverage maupun ketahanan. Namun memang kemampuan melembabkannya sangat baik. Tak aneh produk ini menawarkan manfaat melembabkan yang jempolan karena memang dapat melembabkan kulit kering dengan sangat baik. Kandungan pelembab dalam produk ini juga tak akan menjadikan kulit tampak cakey apalagi creasing.

Sepanjang penggunaan, saya juga tidak merasakan produk terasa heavy pada wajah. Sebaliknya, menggunakan DD cream dari Wardah ini rasanya seperti menggunakan pelembab biasa dengan bonus sedikit coverage. Jadi, bagi kamu yang sedang memulai menggunakan makeup, kamu bisa menjadikan produk ini sebagai starting point alternatif jika bosan dengan BB cream namun belum berani menggunakan foundation.

Satu lagi, meski terdapat klaim kandungan SPF dan PA yang sudah berkombinasi dalam produk, sebaiknya kita tetap menggunakan sunscreen khusus ya  bila ingin proteksi terhadap sinar UVA maupun UVB yang optimal.

Tips dan Trik

Bagi sawo matang, untuk mengurangi efek tone up berlebihan dari shade Wardah C-Defense DD Cream yang tersedia, kamu bisa menggunakan loose powder dengan shade yang lebih gelap agar shade akhir yang dihasilkan bisa lebih masuk dengan skintone maupun undertone milikmu.

Harga dan Tempat Pembelian

DD Cream yang Bagus  Wardah C-Defense DD Cream

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Wardah C-Defense DD Cream dibanderol dengan kisaran harga Rp. 24.000- Rp. 25.000 cukup terjangkau untuk digunakan sebagai alas bedak harian. Produk ini juga tak sulit ditemukan. Kamu bisa membelinya over-the-counter maupun melalui situs belanja online.

Kesimpulan

Review DD Cream Wardah_ (Copy)

Tak perlu berekspektasi terlalu tinggi bila menggunakan Wardah C-Defense DD Cream ini sebagai alas bedak. Pasalnya, kemampuan yang ditawarkan dari DD cream memang tidak terletak pada coverage-nya melainkan kemampuan moisturizing dan anti-aging yang ditawarkan. Tapi, sebagai daily use produk ini sangat cocok untuk kamu gunakan tanpa perlu khawatir akan terasa berat pada wajah.

Pros

  • Melembabkan dengan baik
  • Terasa ringan selama digunakan
  • Tahan 2-3 jam bila terkena basuhan air
  • Cocok digunakan sehari-hari
  • Kandungan antioksidan tinggi
  • Coverage sheer dengan dewy finish yang sehat
  • Alcohol-free, fragrance-free dan essential oil-free

Cons

  • Shade Natural nampak ashy pada kulit sawo matang. Lebih baik pilih shade Light atau menggunakan loose powder dengan darker shade untuk tampilan lebih natural.
  • Oil-control dan UV protection kurang dependable.

Seperti itulah pengalaman saya menggunakan Wardah C-Defense DD Cream ini. Produk ini cocok digunakan bagi kamu yang menginginkan alas bedak harian dengan kemampuan melembabkan yang baik. Tertarik untuk mencoba? Taruh jawabanmu di kolom komentar, ya!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram