Kamini.id / Garnier / Ini Dia Review Garnier Micellar Cleansing Water Varian Pink

Ini Dia Review Garnier Micellar Cleansing Water Varian Pink

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah kamu penggiat double cleansing seperti saya? Bila iya, apakah produk yang kamu gunakan sebagai first cleanser? Kamu pasti sudah tahu banyak sekali pilihan first cleanser dengan tekstur dan jenis yang berbeda. Ada cleansing milk, cleansing oil, cleansing balm, cleansing gel dan juga micellar water.

Nah, kebetulan sekali, kali ini saya akan mengulas salah satu produk micellar water yang cukup populer di Indonesia yaitu Garnier Micellar Cleansing Water. Bila kamu bermaksud untuk membeli produk ini, jangan ragu untuk membaca mengenai ulasan berikut ya!

Tentang Produk

Review garnier micellar water_0 (Copy)

Micellar Cleansing Water merupakan line produk pembersih dari Garnier yang ditujukkan untuk pembersihan makeup sehari-hari yang cenderung ringan. Berbeda dengan seri Micellar Oil Infused Cleansing Water yang memang dikhususkan untuk mengangkat makeup waterproof yang lebih heavy.

Garnier Micellar Cleansing Water sendiri terdiri dari dua varian, yaitu varian biru untuk pemilik kulit cenderung berminyak serta berjerawat dan varian pink untuk kulit kering dan juga sensitif. Kebetulan saya berjenis kulit normal kering saat ini, karena itu saya memilih varian berwarna pink.

Semenjak pertama kali kehadirannya di Indonesia pada tahun 2016 silam, Garnier Micellar Cleansing Water menjadi salah satu first cleanser yang cukup banyak diburu di tanah air.

Bukan hanya karena pihak Garnier mengatakan bahwa micellar water satu ini sudah dibuat dan diuji sesuai dengan karakteristik kulit orang Indonesia, tetapi juga karena harganya yang dibanderol sangat terjangkau yang mana membuat para konsumen geregetan ingin mencoba produk ini.

Sebenarnya sudah bukan hal tabu apabila Garnier menawarkan harga yang dapat dijangkau masyarakat pada hampir semua produknya. Pasalnya, salah satu misi besar Garnier adalah agar semua orang mendapatkan perawatan tubuh terbaik dengan harga yang terjangkau. Tak heran produk-produk Garnier masuk dalam kategori drugstore.

Selain harganya terjangkau, Garnier mengklaim bahwa produk-produknya tetap dibuat dengan kualitas terbaik menggunakan bahan-bahan dari alam. Bahkan Garnier juga berkomitmen untuk selalu mengembangkan formulasi dan kemasan produk yang mudah terurai kembali ke alam, demi mengurangi dampak kerusakan lingkungan. Mulia sekali, bukan?

  • Klaim dan Benefit Produk

Secara umum klaim produk ini adalah untuk menghapus makeup, membersihkan kotoran, sekaligus menyegarkan wajah hanya dalam satu usapan lembut tanpa perlu dibilas. Klaim yang sangat umum dan sudah banyak digunakan oleh produk-produk first cleanser. Akan tetapi, secara spesifik Garnier menyebutkan manfaat Garnier Micellar Cleansing Water varian Pink ini adalah sebagai berikut.

  1. Mengangkat kotoran dan minyak seperti magnet tanpa perlu dibilas
  2. Teksturnya ringan seperti air
  3. Lembut membersihkan kotoran dan makeup dari wajah, mata, dan bibir tanpa menimbulkan iritasi
  4. Diformulasikan tidak lengket, tidak berminyak, tanpa alkohol dan tanpa parfum
  5. Cocok digunakan semua jenis kulit, bahkan pemilik kulit sensitif
  6. Kulit menjadi bersih menyeluruh, terasa halus, tampak cerah, dan sehat.

Saya sejujurnya sedikit kebingungan dengan klaim yang disebutkan Garnier. Kalau saya teliti, ada sedikit perbedaan mengenai klaim yang tertera pada produk dengan klaim dari line Garnier Micellar Cleansing Water. Klaim tersebut tidak spesifik menyebutkan makeup jenis apa yang bisa tuntas dengan penggunaan produk ini. Seolah-olah konsumen diyakinkan bahwa full coverage makeup juga bisa diangkat tuntas.

Padahal kalau dicermati dari klaim yang tertera pada website, line Micellar Cleansing Water ini hanya ditujukan untuk mengangkat makeup ringan saja. Sehingga, there’s no point in using this to remove your waterproof makeup.

  • Cara Pemakaian

Seperti kebanyakan produk micellar water pada umumnya, tidak ada cara penggunaan khusus yang disebutkan Garnier untuk produk ini. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Tuangkan micellar water secukupnya pada kapas
  2. Aplikasikan kapas pada seluruh wajah dengan sedikit memberikan tekanan
  3. Tarik kapas dan ulangi di seluruh bagian wajah
  4. Tidak perlu dibilas
  • Fun Fact

Pada tahun 2019, tepatnya bulan Oktober. Sebuah data dirilis oleh Nielsen dalam year-to-date sales report yang mengungkapkan bahwa produk micellar water dari Garnier merupakan produk yang terjual sebanyak 15 buah hanya dalam waktu satu menit saja. Yang artinya, setiap satu botol produk akan terjual hanya dalam 4 detik saja setiap harinya.

Tak aneh begitu banyak orang yang menggunakan produk-produk micellar water dari Garnier, termasuk yang saya ulas ini. Apakah kamu pernah menggunakannya juga?

Kemasan

Review garnier micellar water_6 (Copy)

Garnier Micellar Cleansing Water hadir dalam botol dengan ukuran volume bervariasi yaitu 50 mL, 125 mL, dan 400 mL. Seluruh bagian produk dibuat dari material plastik yang kokoh, cukup tebal, spill-proof dan mess-free. Micellar water ini juga memiliki packaging yang travel friendly. Apalagi yang ukurannya 50 mL, dijamin tidak memakan banyak tempat.

Cap botol yang flip-flop juga berperan menjadi penanda tiap varian karena memiliki warna-warna berbeda. Saat pertama kali sampai ke tangan konsumen, bagian cap akan lengkap dengan segel khusus terbuat dari material yang sama. Segel ini menandakan bahwa produk still fresh from the oven.

Bagian lubang tempat keluar produk juga didesain dengan tepat karena tak membuat micellar water yang keluar menjadi berantakan. Jumlah produk yang keluar tiap kali dituang juga pas, tidak terlalu banyak ataupun sedikit. Walaupun saya tidak begitu yakin kalau satu kali penggunaan produk akan tepat digunakan sebanyak 2 mL.

Ingredients

Review garnier micellar water_2 (Copy)

Full Ingredients

Water, Hexylene Glycol, Glycerin, Disodium Cocoamphodiacetate, Disodium Edta, Poloxamer 184, Polyaminopropyl Biguanide.

Key Ingredients

  • Glycerin

Mungkin kamu sudah sering mendengar kalau gliserin adalah bahan yang baik digunakan pada kulit yang kering. Benar, senyawa ini memiliki kemampuan dalam melembabkan serta melindungi kulit. gliserin mampu menangkap dan mempertahankan kadar air dalam kulit. Sehingga kulit akan selalu lembab.

Karena Garnier Micellar Cleansing Water yang saya gunakan ini memang ditujukkan untuk pemilik kulit normal, kering, bahkan sensitif (walau bisa digunakan semua jenis kulit). Gliserin cukup diperlukan untuk menghindari kulit terkena iritasi disebabkan oleh minyak alami yang terlalu banyak terangkat saat proses cleansing.

  • Poloxamer 184 dan Disodium Cocoaphodiacetate

Nah, apabila kamu bertanya-tanya bahan apa yang bisa menyebabkan makeup, kotoran dan debu pada wajahmu terangkat padahal produk ini tidak mengandung minyak, jawabannya jatuh pada kedua bahan ini.

Baik poloxamer 184 dan disodium cocoamphodiacetate adalah cleansing agent yang memiliki sifat surfaktan dan sangat baik dalam mengangkat kotoran serta minyak. Disodium Cocoaphodiacetate pula yang bertanggung jawab atas terbentuknya gelembung-gelembung pada Garnier Micellar Cleaning Water ketika dikocok.

Impresi

Review garnier micellar water_1 (Copy)

Dimulai dari tekstur, wangi, hingga post dan paska aplikasi, simak pemaparan saya mengenai apa yang saya rasakan ketika menggunakan Garnier Micellar Cleansing Water ini, ya.

  • Tekstur

Walau namanya Micellar Water, tekstur produk ini tidak benar-benar seperti air. Meskipun jauh lebih encer dibanding cleansing gel, cleansing milk, apalagi cleansing balm, nyatanya saya masih bisa merasakan sedikit kesan lengket yang samar dari produk. Sebenarnya wajar saja, mengingat formulasi produk tidak 100% air. Tetapi kesan lengket yang samar tersebut tidak benar-benar terasa lengket, kok. Malah, semakin lama kesan lengket tersebut akan menghilang.

  • Wangi

Sama seperti klaimnya, produk ini sama sekali tidak memiliki aroma. Karena memang bila dilihat dari ingredients list tidak ada tambahan pengharum sintetik dalam formulasi. Sehingga untuk kamu yang tidak begitu bersahabat dengan fragrance, akan safe bila menggunakan produk ini.

  • Aplikasi

Saat diaplikasikan pada wajah, saya dapat dengan mudah mengangkat makeup yang saya gunakan karena produk meluncur dengan baik pada kulit tanpa meninggalkan kesan kesat ataupun ketat. Malah sebaliknya, saya merasa wajah masih terasa licin setelah selesai menggunakan produk.

Ini karena pada formulasi produk, tidak ada kandungan alkoholnya, jadi tak akan mengangkat minyak alami yang dimiliki kulit. Malah kandungan gliserin di dalamnya akan menunjang kelembaban kulit. Selain itu, saya dapat merasakan cooling effect dari produk yang cukup intens. Membuat wajah terasa segar seketika.

Performa

Review garnier micellar water_1111 (Copy)

Kebetulan saya tidak memakai banyak waterproof product saat menggunakan produk ini, hanya maskara saja. Bahkan eyeliner yang saya gunakan juga non-waterproof, sehingga sangat mudah terangkat sejak pengusapan pertama. Berbeda dengan bagian mascara yang hanya menunjukkan sedikit perubahan walau telah saya usap 3 kali.

Lipstick matte yang saya gunakan juga bisa terangkat dengan lumayan baik, berbarengan dengan BB cream medium coverage yang menjadi pemeran utama kompleksi. Makeup saya benar-benar terangkat setelah mengusapkan produk sebanyak 4 kali, Tetapi lagi-lagi saya tekankan, bagian yang waterproof tidak menunjukkan perubahan signifikan.

Jadi bisa saya simpulkan, bahwa produk ini memang bukan digunakan untuk membersihkan makeup waterproof. Mungkin Garnier Micellar Cleansing Water ini lebih baik digunakan untuk mengangkat daily makeup yang ringan saja.

Hampir saja lupa, untuk efek mencerahkan setelah pengaplikasian seperti yang diklaim Garnier, saya sebenarnya tidak merasakan ada tone up effect apapun, selain rasa menyegarkan dan lembab pada kulit.

Tips dan Trik

cara menghilangkan jerawat_bersihkan alat makeup (Copy)

* sumber: www.maids.com

Micellar water bukan hanya berguna untuk mengangkat makeup, debu dan kotoran pada wajah saja, lho. Kamu juga bisa menggunakan produk ini untuk membersihkan tangan, brush makeup, dan juga untuk memperbaiki kesalahan pada tampilan makeup. Bahkan micellar water juga sangat membantu dalam membersihkan kulit dari kotoran dan minyak sebelum waxing.

Harga dan Tempat Pembelian

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Karena hadir dengan volume yang bervariasi, harga produk pun bervariasi. Untuk ukuran 50 mL, dibanderol dengan harga sekitar Rp. 15.000. Sedangkan ukuran 125 mL dibanderol sekitar Rp. 30.000. Sedangkan ukuran paling besar, yaitu 400 mL, dihargai sekitar Rp. 100.000. Tinggal pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Kabar baiknya, produk ini sangat mudah kamu temukan baik over-the-conter maupun secara online. Tapi, biar tidak ribet, Kamini sudah menyediakan link pembelian untukmu apabila ingin membeli produk ini.

Kesimpulan

Review garnier micellar water_01 (Copy)

Garnier Micellar Cleansing Water memang diformulasikan untuk menghapus kotoran, debu, minyak, dan makeup ringan yang kamu gunakan sehari-hari. Produk ini juga pilihan yang tepat digunakan untuk pemilik kulit kering dan sensitif. Jadi bila tipe atau keadaan kulitmu masuk dalam kriteria tersebut, kamu sangat dipersilahkan untuk menggunakan produk ini.

Pros

  • Menghapus makeup ringan non-waterproof dalam 3-4 kali usapan
  • Cocok digunakan sebagai first cleanser harian
  • Melembabkan dan membuat wajah terasa segar
  • Tidak ada wewangian aneh
  • Alkohol-free
  • Tidak membuat iritasi
  • Cocok digunakan pemilik kulit normal, kering, dan sensitif
  • Travel friendly

Cons

  • Tidak mengangkat makeup waterproof. Kamu bisa menggunakan varian lain yang khusus makeup waterproof
  • Tidak ada efek mencerahkan. Mungkin bila digunakan rutin baru terasa efeknya

Seperti itulah pengalaman saya mencoba Garnier Micellar Cleansing Water varian pink. Sebuah kehormatan bagi saya bisa mencoba salah satu produk yang banyak digunakan di dunia ini. Apakah kamu pernah menggunakannya juga? Jangan ragu untuk berbagi pada Kamini, ya!


Sekarang di Shopee produk Garnier lagi diskon sampai 40% + Free Eco Bag lho. Yuk kunjungi Official Shop Garnier Indonesia biar gak ketinggalan promonya.

Kunjungi Garnier Official Shop


Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Agustus 2020