kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Review Nacific Fresh Herb Origin Serum, Worth the Hype?

Review Nacific Fresh Herb Origin Serum, Worth the Hype?

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 15 April 2021

Sudah kenal dengan brand-nya? Nacific (dulu bernama Natural Pacific) adalah merk kosmetik dan skincare asal Korea Selatan yang lagi naik daun. Apalagi setelah Nacific mengajak Chanyeol EXO dan Dita Secret Number sebagai brand ambassador mereka, makin banyak fans K-pop yang tertarik dengan produk-produk Nacific.

Beberapa produk Nacific yang best seller di seluruh dunia diantaranya adalah Nacific Real Floral Toner dan Nacific Fresh Herb Origin Serum. Pada kesempatan kali ini, tim Kamini mau membahas lebih dalam tentang serumnya dulu, ya.

Kalau kamu K-beauty enthusiast sepertinya bakal tahu nama dan wujud dari serum ini, deh. Soalnya, serum ini nge-hype banget! Namanya adalah Nacific Fresh Herb Origin Serum. Yuk, langsung saja kita kenalan lebih dalam dengan produknya.

Tentang Produk

Fun Fact

Nacific Fresh Herb Origin Serum adalah secret serum-nya aktris terkenal dan termahal di Korea Selatan, Jun Ji Hyun! Hmm, apakah dengan serum ini, kulit kita bisa sekinclong Jun Ji Hyun? Hihi.

Klaim & Benefit

Duh, banyak banget manfaat Nacific Fresh Herb Origin Serum ini, ya? Serum ini katanya paling cocok dengan orang yang memiliki masalah pori-pori besar, garis halus, kulit super kering, dan kulit kasar. Buat yang takut sama aging skin juga bisa banget pakai serum ini untuk mencegah keriput.

Tidak sampai di situ saja, para pemilik kulit sensitif juga bisa pakai serum ini, kok. Soalnya, Nacific Fresh Herb Origin Serum terbuat dari bahan-bahan alami seperti ekstrak buah-buahan dan juga plant oil. Jadinya, aman buat semua jenis kulit dan bisa mengatasi semua masalah kulit!

Kemasan

Kita mulai dari visual terluarnya, yaitu box. Nacific Fresh Herb Origin Serum memiliki kemasan berwarna kuning keemasan. Box-nya sangat kokoh dan dilengkapi dengan pinggiran-pinggiran di dalamnya agar serum tidak goyang saat di perjalanan. Tapi, kalau saya boleh berpendapat, desain kemasan serum ini kurang bagus.

Nama Nacific-nya kurang jelas, hanya tulisan Nutrition Herb saja yang di-bold dan diberi warna berbeda. Sedangkan tulisan lainnya semua menggunakan font tipis berwarna hitam (bahkan untuk nama brand-nya). Semoga kalau serumnya rebranding kemasannya bisa lebih eye-catching lagi, ya.

Di bagian atas kotaknya ada segel dan ada barcode yang bisa langsung kamu scan pakai kamera smartphone. Nanti akan ada link menuju ke official website-nya Nacific. Itu tandanya produk kamu original. Kalau barcode-nya tidak bisa di-scan, kemungkinan produk yang kamu terima palsu.

Sedangkan bagian belakang box-nya terdiri dari hangul semua! Saya tidak bisa baca dan tidak mengerti juga. Semoga ke depannya Nacific bisa memberikan penjelasan dalam bahasa lain juga, agar pemakai yang non-Korean dan tidak bisa bahasa Korea bisa mengerti.

Kalau ini penampakan botol serum-nya. Ukurannya terasa pas digenggam. Badannya terbuat dari kaca, tapi tidak berat saat diangkat. Namun, untuk dibawa ke mana-mana rasanya tidak cocok karena khawatir kacanya pecah.

Bagian tutupnya yang berwarna emas menambah nilai mewah untuk serum ini. Sayangnya pencetan pipetnya sekarang berwarna putih, kalau dulu hitam, padahal lebih kelihatan elegan kalau hitam. Terus kan karet putih cepat kotor juga. Hmm..

Ingredient List

Nah, dalam produk ini banyak banget kandungan yang menarik. Tapi Saya akan membagi pembahasannya dalam dua kategori, yaitu full ingredients dan key ingredients. Berikut penjelasan selengkapnya.

  • Full Ingredients

Aloe barbadensis leaf water, glycerin, limnanthes alba (meadowfoam) seed oil, cetyl ethylhexanoate, hydrogenated polydecene, betaine, 1,2 - hexanediol, citrus limon (lemon) peel oil, camellia japonica flower extract, butylene glycol, water, cymbopogon schoenanthus extract (1078 ppm), citrus aurantifolia (lime) peel extract, mentha rotundi folia leaf extract, nymphaea alba flower extract, dipropylene glycol, sodium palmitoyl proline, citrus aurantifolia leaf extract, nymphaea alba flower extract, dipropylene glycol, sodium palmitoyl proline, citrus aurantifolia (lime) oil, sodium chloride, curcuma longa (turmeric) root extract, coptis japonica root extract, citrus aurantium dulcis (orange) peel oil, tocopherol acetate, melia azadirachta flower extract, melia azadirachta leaf extract, eclipta prostrata extract, pearl powder, melia azadirachta bark extract, theobroma cacao (cocoa) extract, moringa pterygosperma seed oil, ocimum basilicum (basil) flower/leaf extract, ocimum sanctum leaf extract, dextrin, disodium edta, ethylhexyglycerin.

Banyak sekali, ya? Ini adalah list ingredients terpanjang yang pernah saya lihat, apalagi untuk sebuah serum. Tapi, kalau dilihat-lihat semua kandungannya banyak yang alami, ya? Berarti bagus, serum-nya pasti sehat banget!

  • Key ingredients

Terdapat kandungan Water Lily Extract (ekstrak teratai) dan Sodium Palmitoyl yang akan melawan penuaan dini sekaligus meningkatkan elastisitas kulit. Sedangkan Air Daun Lidah buaya bermanfaat sebagai pelembab yang sangat baik.

Lalu, Pore Complex 3 (Serai, Kulit Jeruk Nipis, dan Apple-Mint) akan membantu menenangkan kulit dan mengecilkan pori-pori yang membesar. Terus, untuk mencerahkan kulit ada Ekstrak Akar Curcuma Longa (Turmeric). Untuk menenangkan kulit, Nacific juga menambahkan Ekstrak Cymbopogon Schoenanthus (1078Ppm) dan Ekstrak Akar Coptis Japonica.

Memang, sejak dulu, Nacific selalu menggunakan bahan-bahan dari alam sebagai ingredient utamanya. Mungkin itulah mengapa serum ini begitu laris manis di dalam negeri maupun dalam kancah internasional. Beberapa alasannya bisa jadi dari harganya yang tidak terlalu mahal, terus kandungannya aman banget, jadi wajar kalau serum ini disukai banyak sekali orang.

Cara Pemakaian

Tahu eye makeup remover? Biasanya produk tersebut terdiri dari dua jenis tekstur, yaitu air dan minyak. Nah, Nacific Fresh Herb Origin Serum juga sama seperti itu. Jadi, sebelum digunakan, kamu harus mengocok botolnya terlebih dulu. Semakin kencang dan lama kamu mengocoknya, maka bulir minyaknya akan jadi semakin kecil-kecil.

Setelah itu, putar tutupnya dan ambil serum secukupnya dengan pipet yang tersedia. Karena teksturnya sangat watery, 1/2 pipet saja sudah cukup untuk wajah dan leher. Lalu, teteskan serum dari dropper ke beberapa titik wajah, misalnya pada dahi, pipi, dan hidung. Nanti baurkan serum dengan cara diusap lalu ditepuk-tepuk pelan ke seluruh wajah dan leher.

Tips: Sebelum menggunakan serum, pastikan kulit wajah dan leher sudah bersih + kamu sudah pakai toner juga, ya! Gunakan serum pada pagi dan malam hari untuk hasil yang lebih baik.

Impresi

Yuk, lanjut ke pembahasan berikutnya, impresi. Di bagian ini, saya akan membaginya menjadi dua kategori, yaitu tekstur dan wangi. Seperti apa sih? Yuk, baca lagi.

Tekstur

Saya sudah sedikit sebutkan di atas, kalau serum ini terdiri dari air dan minyak. Jadi, teksturnya secara visual cukup unik, namun setelah diaplikasikan ke kulit terasa seperti air saja. Very watery. Malah kalau sudah kena kulit seperti tidak terlihat dan tidak terasa ada minyaknya, karena benar-benar menyatu dengan air.

Si bulir minyaknya itu tidak lengket sama sekali. Mungkin karena memang konsistensinya lebih banyak air daripada minyak. Penyerapan serum ke dalam kulit juga terbilang cepat. Oh, ya, karena serum ini sangat watery, hati-hati dalam mengaplikasikannya.

Soalnya, serum-nya bisa meluber dengan cepat dan bisa jatuh dari wajah kamu. Jadi, pakainya dikit-dikit dulu saja baru baurkan. Kalau kurang, baru tambah lagi.

Wangi

Nacific Fresh Herb Origin Serum memiliki aroma citrus, seperti jeruk gitu. Tapi menurut saya, aromanya aneh. Saya pribadi tidak suka wanginya, tidak 'menyegarkan'. Mungkin karena namanya "Fresh Herb", jadi wanginya seperti herbal gitu. Tapi kalau sudah ditimpa dengan skincare dan makeup wanginya jadi hilang, sih. Jadinya tidak menganggu.

Daya Tahan dan Performa 

Bare face dulu, yuk. Disclaimer: kulit saya kering, dan kalau lagi 'kambuh' akan ada dry patch di mana-mana. Lokasi dry pacth yang paling sering menampakkan eksistensinya adalah di area sudut dan bawah hidung, sudut bibir, serta pipi. Saya juga punya masalah dengan pori-pori besar, flek hitam, dan kadang jerawat kecil-kecil di area dahi.

Lalu, bagimana performa produknya? Setelah mencoba Nacific Fresh Herb Origin Serum, kulit saya jadi terasa cukup lembab dan dry patch-nya menjinak. Saya rasa serum ini juga cocok dipakai sebelum makeup maupun untuk dicampur dengan makeup.

Saya mencoba menggunakan makeup lagi di atas serum-nya. Dan, serum ini membuat BB cream saya lebih glowy dan dewy. BB cream-nya juga jadi lebih mudah di-blend. Jadi, benar prediksi saya kalau serum ini cocok dengan makeup.

Tampilan makeup terakhir saya, nih! Dry patch di area pipi saya masih agak kelihatan sedikit, tapi untuk area hidung benar-benar ter-cover. Akan tetapi, untuk pori-pori besar saya, ternyata Serum Nacific ini tidak terlalu membantu karena masih terlihat dengan jelas.

Kesimpulan

Saya sudah memakai Nacific Fresh Herb Origin Serum hingga 1/2 botol, tapi saya tidak merasa perubahan yang jreengg banget gitu. Saya merasa pori-pori besar saya masih kadang 'kambuh' meski kadang terlihat mengecil juga.

Tapi, untuk urusan melembabkan kulit dan mencerahkan rona kulit, saya cukup setuju. Kulit saya juga terasa adem gitu setiap kali setelah memakai serumnya, dan terasa lebih kenyal juga.

FYI, serum yang sangat populer ini disebut juga 'damn serum' karena ketika dipakai di kulit ada rasa clekit-clekit gitu. Saya tidak merasakannya kalau kulit saya lagi baik-baik saja. Tapi, kalau kulit saya lagi kering banget, memang ada rasa tingling sedikit, namun tidak menyakitkan, kok. Dan, rasa tingling itu wajar, ya, bukan berarti kamu tidak cocok dengan serum-nya.

Pros (+)

  • Serum dengan oil yang tidak greasy
  • Manfaat utama serum ini adalah untuk memperbaiki kesehatan kulit dan menguatkan lapisan pelindung terluar kulit, jadi wajar kalau efeknya 'tidak langsung terlihat'
  • Isinya lumayan banyak (50 ml) jadi untuk harga segitu, worth it, lah
  • Kemasan botol kacanya simpel dan cantik
  • Visual serum satisfying dan cara pakainya unik karena harus dikocok dulu

Cons (-)

  • Terdapat produk palsu berkeliaran di pasaran, sehingga harus berhati-hati untuk menemukan produk yang original
  • Kemasan kacanya membuat produk ini tidak travel friendly
  • Pipetnya yang berwarna putih membuatnya cepat terlihat kotor

Harga & Tempat Membeli

Sebagai skincare, saya tidak merasa khasiat yang wah banget dari Nacific Fresh Herb Origin Serum selain melembabkan kulit. Karena pori-pori, flek hitam, dan mata panda saya mungkin mengalami perubahan. Tapi tidak yang langsung terlihat gitu, padahal saya sudah pakai sampai 1/2 botol. Setelah dipadukan dengan produk lainnya seperti toner dan eye cream, barulah kulit saya terlihat membaik.

Tapi, memang kalau skincare itu tidak bisa cuma pakai satu produk saja, sih. Jadi, mengharapkan kulit bisa langsung shining shimmering splendid dengan satu produk saja adalah anggapan yang kurang baik.

Sisi positifnya, saya merasa serum ini bagus ketika dipadukan dengan makeup, karena hasilnya jadi lebih dewy dan ngelembabin kulit saya yang kering. Jadi, hasil makeup tidak pacthy hampir seharian.

Oh, ya, jangan pakai serum ini pada area kulit yang sedang luka, dermatitis, atau pun eczema (eksim), ya. Terus, kalau misalnya terkena mata, langsung dibilas dengan air hingga bersih. Sekian review Nacific Fresh Herb Origin Serum dari tim Kamini. Kalau menurut kamu, serum ini benar sesuai dengan ketenarannya tidak?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram