kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Review Nacific Secret Velvet Mood Cushion, Layak Beli Kah?

Review Nacific Secret Velvet Mood Cushion, Layak Beli Kah?

Ditulis oleh Lady S - Diperbaharui 18 Februari 2021

Setelah sukses merilis rangkaian perawatan wajah, Nacific juga ternyata punya line makeup nya lho! Di sini, mereka menggandeng Dita Karang dari Secret Number sebagai brand ambassadornya. Penasaran kayak apa cushion-nya? Kali ini Kamini akan mengupas tuntas mengenai cushion ini, mulai dari pengenalan produk, harga, performa, kemasan, hingga impresi lainnya. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, simak artikel ini sampai akhir, ya!

Tentang Produk

Cover 2 Nacific Cushion

Nacific atau sebelumnya bernama Natural Pacific adalah salah satu brand asal Korea Selatan yang cukup hype di Indonesia. Sebelum mengeluarkan produk make up, Nacific sudah lebih dulu mempopulerkan serum Fresh Herb nya. Pada kolaborasi kali ini, Nacific menggandeng Dita Karang sebagai brand Ambassador.

Sepertinya memang sasaran cushion ini untuk kulit orang-orang Indonesia dan Dita Karang memang punya warna kulit yang Indonesia banget! Cushion ini merupakan satu-satunya produk complexion yang dirilis oleh Nacific. Saat ini, Nacific memang secara bertahap merilis beberapa produk make up.

Klaim dan Benefit

Cover 4 Nacific Cushion

Mengutip dari website resminya, cushion ini punya sederet klaim yang cukup bikin insecure nih girls. Gimana engga, semua klaim tersebut hampir melengkapi aspek-aspek yang biasa diinginkan ada pada sebuah cushion seperti melembabkan, tidak lengket, tahan lama, dan dapat mengontrol minyak.

Gak cuma itu, cushion ini sepertinya memang diciptakan khusus untuk ‘mayoritas’ skintone orang Indonesia. Terlihat dari 4 shade yang tersedia yaitu Vanilla, Nude Beige, Sand, dan Almond. Menurut saya, warna-warna yang tersedia lebih bisa dipakai untuk para pemilik yellow skintone.

Dengan semua benefit tersebut, cushion ini bisa jadi cocok untuk dipakai pada acara-acara yang memang memiliki durasi agak panjang sehingga kamu gak perlu touch up. Tapi, klaim yang bikin saya penasaran banget tentu saja soal ketahanannya. Negara kita kan terkenal tropis sehingga kulit gampang berkeringat. Makanya, bakalan happy banget kalau memang cushion ini benar-benar bisa tahan meskipun kita berkegiatan seharian.

Cara Pemakaian

Cara memakai cushion terbilang standar. Kamu cukup mengambil puff dan menekan spons di bagian dalam cushion secara perlahan. Saat menekan spons, baiknya jangan terlalu dalam ya, karena khawatir produk yang terambil terlalu banyak.

Setelah diambil sedikit produknya, mulai aplikasikan pada wajah dengan cara menepuk-nepuk puff. Cara ini sangat jitu buat meratakan produk pada wajah. Jangan digeser ya, karena biasanya produk malah nggak menempel dengan baik di wajah.

Fun Fact

Bisa dibilang, produk ini istimewa banget dibuat oleh Nacific. Soalnya, produk ini baru dirilis di Indonesia aja lho! Kalau kamu lihat di web Nacific Korea, kamu nggak akan menemukan Cushion ini. Wah, segitu spesialnya Indonesia buat Nacific ya!

Kemasan

Kemasan 2 Nacific Cushion

Dibandingkan dengan cushion lain yang pernah saya coba, Nacific Secret Velvet Mood ini punya ukuran yang terbilang agak ramping. Bentuknya tetap bulat, sama seperti cushion kebanyakan. Tapi, jika digenggam, gak terasa terlalu bulky. Ini salah satu hal yang saya suka dari cushion ini. Size-nya yang gak terlalu besar membuat cushion ini lebih travel friendly.

Warna kemasan yang ditampilkan pada cushion ini sangat cantik yaitu warna pink pastel muda. Warna seperti ini  selalu menarik mata karena terkesan adem dan cewek banget! Di dalam kemasannya, sudah tersedia kaca untuk memudahkan ketika pengaplikasian produk nantinya. Selain itu, ada separator antara puff dan bagian isi cushion biar isi produk nggak berantakan kemana-mana.

Seperti kebanyakan cushion lainnya, Nacific menggunakan spons untuk menyimpan produknya. Jujur, bagian ini yang bikin saya kurang suka dengan produk complexion yang berbentuk cushion. Terkesan boros karena produk meresap di dalam spons.

Untuk mengambil produknya, kita perlu menggunakan puff. Puff bawaan dari cushion ini terasa cukup lembut. Namun, warnanya yang mirip dengan warna kemasan, membuatnya jadi nampak 'kotor' banget meskipun pada pemakaian awal. Secara kemasan, saya sangat suka dengan cushion ini. Gemes dan imut banget!

Ingredient List

Nacific Secret Velvet Mood Cushion

Full Ingredients

Water, Titanium Dioxide, Cyclopentasiloxane, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Ethylhexyl Salicylate, Cyclohexasiloxane, Cetyl Ethylhexanoate, Lauryl PEG-10 Tris(Trimethylsiloxy)silylethyl Dimethicone, Iron Oxides, Methyl Trimethicone, Pentylene Glycol, Polymethyl Methacrylate, Alcohol Denat, Glycerin, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Diphenylsiloxy Phenyl Trimethicone, Cetyl PEG/PPG-10/1 Dimethicone, Isododecane, Aluminum Hydroxide, Synthetic Fluorphlogopite, Magnesium Sulfate, Stearic Acid, Phenoxyethanol, Trimethylsiloxysilicate, Disteardimonium Hectorite, Cetearyl Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Triethoxycaprylylsilane, Betaine, Fragrance(Parfum), Ethylhexyglycerin, Disodium  EDTA, 1,2-Hexanediol, BHT, Allantoin, Caffeine.

Key Ingredients

Kalau menilik dari kandungannya, ada beberapa kandungan pelembab dan juga proteksi yang digunakan dalam cushion ini seperti:

  • Ethylhexyl Methoxycinnamate

Kandungan ini biasanya digunakan sebagai sunscreen pada make up. Makanya, cushion ini sudah memiliki SPF 50 untuk memproteksi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari.

  • Glycerin

Kalau kamu melihat nama ini di ingredient list, itu tandanya produk memiliki kandungan pelembab. Namun karena letaknya bukan di awal, sepertinya jumlahnya tidak banyak dan bisa mempengaruhi juga ke daya lembab dari produk ini.

Impresi

Melihat kemasannya yang menggemaskan membuat saya gak sabar untuk mencoba produk ini. Ketika saya mencoba menggunakan puff bawaan untuk mengambil produk di dalam cushion, saya kaget banget karena saya merasa gak menekan spons terlalu dalam. Tapi ternyata produk yang keambil banyak banget.

Woww.. Ini bisa jadi karena spons yang memang mudah menyerap produk, atau mungkin juga karena isi cushion ini banyak. Yang mengagetkannya lagi adalah, cushion ini memiliki coverage yang lumayan bagus meskipun tanpa menggunakan concealer.

Tekstur

Kemasan 3 Nacific Cushion

Karena isi produk hanya bisa diambil menggunakan puff, saya jadi kurang bisa mengira bagaimana tekstur dari cushion ini. Tapi setelah saya mencoba mengaplikasikan produk, saya merasa produk ini memiliki tekstur yang cukup thick. Nggak cuma itu, teksturnya ini cukup sulit dibaurkan. Entah kenapa.

Aroma

Saat pertama kali membuka cushion ini, tidak ada aroma menyengat yang tercium. Ciri khas produk-produk dari brand Korea memang sepertinya tidak menggunakan banyak parfum dalam produknya ya.

Shade

Seperti yang sudah saya sampaikan di awal, cushion ini memiliki total 4 pilihan shade. Namun pada ulasan ini, saya memilih untuk menggunakan shade Sand. Kulit saya termasuk pada yellow undertone, karena itu, shade ini terasa paling masuk di kulit. Warnanya memang kekuningan.

Shade 2 Nacific Cushion

Swatch

Shade 1 Nacific Cushion

Melihat sekilas dari kemasan, warna yang terlihat memang sedikit kekuningan. Sayang sekali sepertinya saya salah memilih shade. Shade Sand ini ternyata lebih masuk ke kulit yang medium-neutral undertone, karena di kulit saya yang cukup gelap, warna ini nampak grayish ketika dibaurkan. Karena warnanya yang cukup abu-abu, sebagai finishing touch, saya coba akali dengan blush on agar kulit saya lebih terlihat sehat.

Performa dan Daya Tahan

Mengingat beberapa klaim yang cukup banyak dan menggiurkan, saya cukup detil mencari tahu kebenaran dari klaim tersebut. Pertama adalah hasil akhir yang semestinya velvet matte natural. Di saya, hasil akhir make up memang terasa matte. Karena hasil akhirnya ini, pemilik kulit kering sepertinya harus menggunakan skincare agar cushion yang dipakai tidak terasa terlalu matte.

Result Nacific Cushion

Untuk menguji ketahanannya, saya mencoba menggunakan cushion ini selama beberapa jam. Sebelumnya, saya sudah menambahkan sedikit bedak tabur yang warnanya agak lebih terang dan juga blush on. Selama uji ketahanan ini, saya sama sekali tidak touch up atau pun berwudhu. Hasilnya, dalam 4 jam, cushion ini memang masih tampak 'stay'. Hanya saja, beberapa bagian yang memang ada bekas jerawat kemerahan, mulai terlihat faded atau hilang.

Ketahanan Nacific Cushion

Selain itu, di bagian T-zone sudah mulai tampak berminyak. Untungnya di bagian pipi, masih terasa matte. Jika dilihat lebih dekat, bagian produk juga sudah mulai masuk ke bagian kerutan-kerutan di wajah. Hal ini bisa terjadi juga karena pengaplikasian produk kurang merata juga, sehingga kerutan semakin jelas terlihat.

Ketahanan 2 Nacific Cushion

Tips dan Trick

Jika kamu memiliki kulit yang kering, sebaiknya, gunakan sheet mask sebelum berdandan agar essence yang ada di dalam masker bertahan di kulitmu lebih lama. Essence atau serum yang ada pada masker ini lah yang bisa bantu menambah kelembaban sehingga makeup lebih menempel dan kulit terlihat lebih sehat.

Harga dan Tempat Pembelian

Cover 4 Nacific Cushion

Cushion ini bisa kamu dapatkan dengan harga 215 ribu rupiah di website resminya ataupun lewat e-commerce yang tersedia.

Kesimpulan

Conclusion Nacific Cushion

Bisa dibilang, cushion ini memang sangat bisa dipakai untuk sehari-hari. Dengan klaim dan kelebihannya yang cukup terbukti, cushion ini bisa dipakai untuk kamu yang menghabiskan lebih banyak waktu berkegiatan di luar.

Pros

  • Kemasan yang lebih ramping dan warna yang catchy
  • Sudah memiliki SPF
  • Puff lembut
  • Mudah digunakan
  • Kemasan travel friendly

Cons

  • Terasa terlalu matte
  • Ada sedikit creasing dan dry patch
  • masih kurang bisa menahan minyak

Itu dia pengalaman saya menggunakan Nacific Secret Velvet Mood Cushion. Meskipun soal ketahan masih kalah dengan minyak wajah, cushion ini cukup bagus buat kamu yang memang memiliki kulit berminyak dan kombinasi. Kamu mau mencoba?

Selain cushion ini, Kamini juga sudah mengulas cushion lain seperti  Somethinc Copy Paste Breathable Cushion, Make Over Demi-Matee Cushion, dll. Jangan lupa untuk kasih feedback di tulisan yang sudah kamu baca ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram