Kamini.id / Warna Hijab / Berbagai Warna Jilbab yang Match dengan Baju Biru Dongker

Berbagai Warna Jilbab yang Match dengan Baju Biru Dongker

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Maret 2020

Biru dongker bila diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris adalah Navy Blue. Warna biru navy ini nyatanya lebih beken dengan nama biru dongker di Indonesia. Warna satu ini berasal dari warna biru gelap yang dikenakan Angkatan Laut Britania Raya (Inggris) pada tahun 1748.

Setelah itu, biru dongker kemudian menjadi warna yang digunakan oleh semua angkatan laut di seluruh dunia. Karena itulah warna biru dongker sering diartikan sebagai warna angkatan laut.

Warna biru dongker merupakan shade tua dari warna biru. Terkadang orang-orang salah mengartikan warna biru dongker ini sebagai warna hitam karena beberapa warna biru dongker memang memiliki shade yang sangat gelap hingga hampir mirip dengan hitam. Ini juga yang menjadi alasan warna biru dongker atau navy ini merupakan salah satu warna netral.

Warna biru dongker juga termasuk warna yang cukup diminati oleh kaum pria. Secara psikologis warna biru dongker yang merupakan salah satu shade dari warna biru, sering diartikan sebagai warna yang tenang, rapi dan aman.

Biru juga sering diartikan sebagai warna yang dapat membawa perasaan sedih dan kesendirian. Namun sebuah penelitian pernah mengungkap bahwa orang-orang cenderung lebih produktif bila berada dalam ruangan berwarna biru. Keren, kan?

Warna yang Cocok dengan Biru Dongker

color wheel

* sumber: www.widewalls.ch

Nah, terdapat beberapa warna yang dinilai cocok bila dipasangkan dengan warna biru dongker berdasarkan Color Theory. Color Theory digambarkan dalam bentuk diagram yang dinamakan Color Wheel.  Yuk kita lihat warna apa saja yang cocok dipadukan dengan warna biru dongker atau navy bila dilihat dari color wheel!

1. Netral

Neutral-Colours

* sumber: www.thisismeagankerr.com

Warna netral merupakan kelompok warna yang dapat dipadu-padankan dengan warna lainnya, tak terkecuali warna biru dongker yang memiliki kesan sama. Warna seperti putih, hitam, abu, cream dan tan merupakan warna-warna netral yang cocok dipasangkan dengan warna biru dongker. Perpaduan warna ini cocok digunakan untuk kesan kalem dan anggun.

2. Analogous

 

warna analog biru dongker

* sumber: colorpalettes.net

Kelompok warna analog merupakan warna-warna yang bersebelahan dengan warna utama dalam color wheel. Warna biru gelap sendiri bersebelahan dengan warna biru muda, hijau juga ungu. Karena itulah ketiga warna tersebut cukup cocok dipadu-padankan dengan warna biru dongker.

3. Warna Komplementer

warna komplementer biru dongker

* sumber: www.color-hex.com

Kelompok warna komplementer merupakan warna-warna yang bersebrangan dengan warna utama. Complementary color dari biru gelap adalah oranye. Perpaduan ini akan menghasilkan kesan yang vibrant.

4. Triadic Color

warna triad biru dongker

* sumber: www.schemecolor.com

Terakhir adalah kelompok warna triadic. Kelompok warna ini terdiri dari warna-warna yang bersebelahan dengan warna komplementer dari warna utama. Bila warna utama adalah biru dongker atau gelap, maka warna triadic-nya adalah kuning dan merah. Warna kuning dan merah merupakan warna-warna yang bersebelahan dengan warna oranye, yang merupakan warna komplementer dari biru tua.

Itulah warna-warna yang cocok dipadu-padankan dengan warna biru dongker yang termasuk jenis biru tua menurut color theory. Sekarang saatnya menentukan warna hijab yang cocok untuk dipadukan dengan warna biru dongker.

Warna Hijab untuk Baju Biru Dongker

Kamu memang bisa menggunakan color theory ini sebagai patokan dalam memilih warna hijab yang cocok dengan warna biru dongker. Tapi, Kamini memiliki beberapa rekomendasi warna hijab yang akan membuat penampilan kamu dengan baju biru dongker semakin menarik. Berikut adalah warna-warna yang dimaksud.

1. Kuning Mustard

dongker + kuning mustard

* sumber: www.sefamerve.com

Kuning merupakan kelompok warna triadic terhadap warna biru. Inilah yang menjadi alasan mengapa warna kuning cocok dipadukan dengan warna biru dongker. Pilihan hijab warna kuning mustard akan membuat penampilanmu terlihat fresh, santai, cheerful dan tak membosankan. Perpaduan warna ini cocok digunakan pada penampilan casual kamu.

2. Hitam

dongker + hitam

* sumber: www.inayah.com

Bila kamu ingin tetap menampilkan kesan calm dan quite, kamu bisa menggunakan jilbab berwarna hitam. Usahakan untuk menggunakan wara hitam yang kuat ya, karena warna hitam yang ‘tanggung’ hanya akan membuat penampilanmu terlihat mati.

3. Abu-abu

dongker + abu 2

* sumber: bajumodelbaru.info

Agar penampilanmu terlihat edgy, kamu bisa menggunakan hijab warna abu-abu untuk dipadukan dengan outfit biru dongker. Selain cocok digunakan untuk gaya casual, perpaduan baju biru dongker dengan kerudung abu-abu juga dapat kamu gunakan untuk acara formal seperti kondangan, lho. Sedikit saran, gunakanlah warna abu silver agar kamu terlihat anggun sekaligus classy.

4. Marun

dongker + marun

* sumber: www.youtube.com

Mix and match baju biru dongker dengan hijab warna merah marun juga sangat cocok apabila kamu ingin menampilkan kesan elegan dan bold. Perpaduan warna ini sangat cocok kamu gunakan untuk acara semiformal maupun formal. Kamu juga bisa menambahkan aksesoris lain agar penampilanmu semakin mempesona.

5. Navy with Navy

dongker + dongker

* sumber: m.modanisa.com

Tentu saja baju warna biru dongker cocok dipadukan dengan warna hijab yang sama. Nah, untuk menghindari kesan warna mati pada penampilanmu, tambahkan aksesoris berwarna netral untuk menciptakan kesan lain pada all-navy outfit mu.

6. Putih

dongker + putih

* sumber: www.neva-style.com

Sama seperti warna netral lainnya, warna putih juga bisa kamu gunakan untuk dipadukan dengan warna biru dongker. Hijab warna putih dengan baju biru dongker akan menciptakan nuansa anggun dan sederhana. Kamu juga bisa menggunakan hijab putih tulang bermotif agar tidak terlalu polos. Gunakan pula sepatu dan tas dengan warna yang sama, yaitu putih.

7. Cokelat Tua

dongker + cokelat tua

* sumber: www.justtrendygirls.com

Padukan hijab berwarna cokelat tua dengan outfit biru dongker untuk kesan chic. Perpaduan warna ini akan memberikan proporsi warna yang tepat pada penampilanmu. Tambahkan pula tas dan footwear dengan warna serupa agar penampilanmu semakin trendy.

8. Biru Langit

dongker + biru langit

* sumber: mello.id

Masih ingat warna analog dari biru tua pada color wheel? Nah, salah satu warna analog yang cocok dipadukan dengan warna biru tua adalah warna biru yang lebih muda. Inilah yang menjadi alasan mengapa hijab berwarna biru langit akan cocok bila dipadukan dengan baju biru dongker.

Kesan yang akan ditimbulkan oleh perpaduan warna ini adalah anggun namun riang. Cocok sekali digunakan untuk acara semiformal atau gaya casual kamu.

9. Cokelat Muda atau Nude

dongker + nude

* sumber: www.tesetturisland.com

Cokelat muda, nude atau cream juga merupakan warna yang bisa dipadukan dengan warna biru dongker. Kesan yang akan ditimbulkan dari perpaduan warna ini adalah elegan dan lembut.

Kamu bisa menggunakan hijab berwarna cokelat muda, nude atau cream yang dipadukan dengan baju biru dongker untuk acara-acara formal seperti kondangan. Jangan lupa tambahkan aksesoris seperti kalung agar penampilanmu semakin sophisticated.

10. Bermotif

dongker + motif

* sumber: www.idntimes.com

Jangan takut pula untuk menggunakan kerudung bermotif untuk dipadukan dengan baju biru dongker. Terutama bila bajumu patternless. Kamu bisa memilih motif floral dengan warna calm untuk kesan anggun atau camo pattern dengan sentuhan warna dongker. Bahkan bila kamu ingin terlihat eye-catching, kamu bisa menggunakan animal print pattern, lho.

Itulah 10 warna hijab rekomendasi Kamini yang dapat kamu padukan dengan baju biru dongker. Bila kamu merasa 10 warna ini belum cukup, kamu bisa mencoba warna-warna lain dengan tone yang sama seperti warna-warna yang direkomendasikan oleh color theory, contohnya seperti pink magenta, emas atau tosca.

Ingat, usahakan kamu selalu bercermin untuk mengetahui kecocokan perpaduan warna-warna tersebut bila kamu kenakan. Namun, kalau kamu punya ide lainnya, bisa bagikan di kolom komentar, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *