10 Warna Celana yang Cocok untuk Baju Navy (Biru Dongker)

Ditulis oleh Linda

Warna navy atau biru dongker telah lama menjadi salah satu warna pilihan paling klasik dan serbaguna dalam dunia fashion. Elegan, netral, dan mudah dipadukan, baju berwarna navy bisa menghadirkan kesan yang berbeda-beda tergantung dengan warna apa dikombinasikan.

Ketika berbicara mengenai celana, seringkali kita bingung memilih warna apa yang paling cocok untuk melengkapi baju navy. Dalam artikel ini, Kamini akan mengeksplorasi beberapa inspirasi warna celana yang dapat mengangkat tampilan baju berwarna navy-mu ke level berikutnya.

Baik kamu sedang mencari tampilan formal, kasual, atau di antara keduanya, ada padanan warna yang sempurna menanti antara baju navy dan warna-warna celana berikut ini!

1. Kuning

Warna navy sering kali diasosiasikan dengan elegansi, formalitas, dan ketenangan. Di sisi lain, warna kuning yang cerah melambangkan keceriaan, energi, dan vitalitas. Ketika kedua warna ini dipadukan, mereka saling melengkapi dan menciptakan keseimbangan antara ‘serius’ dan ceria, memberikan penampilan yang berani namun tetap berkelas.

Dalam dunia fashion, kontras warna sering digunakan untuk menarik perhatian. Navy dan kuning adalah kombinasi yang sempurna untuk mencapai hal tersebut.

Baju navy dapat diimbangi dengan celana kuning untuk memberikan kesan yang lebih santai dan menyenangkan, terutama untuk acara-acara santai di musim panas atau saat kamu ingin menonjolkan sisi ceria dari kepribadianmu.

Penting untuk memperhatikan nuansa kuning yang dipilih. Kuning pastel atau kuning lembut mungkin lebih mudah dipadukan bagi mereka yang ingin tampilan yang lebih tenang, sementara kuning cerah atau neon akan memberikan pernyataan gaya yang lebih berani.

2. Navy

Warna navy, yang merupakan variasi dari biru gelap, memancarkan kesan klasik dan profesional. Mengenakan setelan serasi berwarna navy dari atas hingga bawah dapat menambah kesan rapi dan modern, serta memberikan kesan misterius namun berkelas.

Agar tampilan tidak terlalu datar atau monoton, penting untuk memperhatikan tekstur dan aksesori. Misalnya, kombinasi kemeja navy berbahan satin dengan celana navy berbahan katun atau linen dapat memberikan dimensi dan sentuhan sedikit berbeda pada tampilanmu.

Aksesori seperti ikat pinggang, sepatu, dan perhiasan dapat dipilih dengan warna kontras atau netral untuk memberikan sentuhan akhir yang menarik.

3. Putih

Kombinasi antara warna gelap seperti navy dan warna cerah seperti putih menawarkan keseimbangan yang sempurna antara misterius dan ceria. Warna navy memberikan kesan mewah dan klasik, sementara putih memancarkan kesegaran dan kemurnian. Ketika keduanya dikombinasikan, hasilnya adalah tampilan yang chic dan mudah dikenakan untuk berbagai kesempatan.

Selain itu, kombinasi navy dan putih juga memberi kesempatan untuk bermain dengan tekstur dan aksesori. Sebagai contoh, baju navy berbahan satin atau sutra dipadukan dengan celana putih berbahan katun atau linen memberikan kontras tekstur yang menarik.

Untuk aksesori, baik warna emas maupun perak dapat melengkapi tampilan ini dengan sempurna. Sepatu berwarna netral seperti beige atau cokelat muda juga dapat menjadi pilihan yang harmonis.

4. Mocha

Baju dengan warna navy identik dengan kesan tenang dan misterius. Jika dipadukan dengan celana warna mocha yang hangat dan earthy, tentu menghasilkan tampilan yang seimbang antara formalitas dan kenyamanan.

Warna mocha sendiri merujuk pada nuansa cokelat dengan sedikit unsur beige atau krem, menyerupai warna kopi susu. Kombinasi navy dan mocha menawarkan tampilan yang berkelas namun tetap hangat, membuatnya ideal untuk musim gugur atau acara semi-formal.

Salah satu kelebihan dari kombinasi ini adalah fleksibilitas dalam pemilihan tekstur. Baju navy berbahan wol atau kaos dipadukan dengan celana mocha berbahan katun atau chino bisa menjadi pilihan untuk tampilan sehari-hari yang santai namun tetap elegan.

5. Biru Jeans

Navy dan biru jeans berasal dari spektrum warna biru, namun memiliki intensitas yang berbeda. Warna navy yang cukup gelap memberikan fondasi yang kuat, sementara biru jeans dengan tampilan yang lebih santai memberikan kontras yang menarik. Kombinasi ini sangat populer dalam mode sehari-hari karena memberikan kesan yang rileks namun tetap berkelas.

Meski keduanya termasuk dalam palet biru, biru jeans memiliki tekstur dan nuansa yang berbeda dengan navy. Kombinasi ini menawarkan tampilan kasual yang sempurna untuk hari libur atau acara santai.

Baca juga: 10 Kombinasi Warna Baju yang Cocok untuk Celana Navy

6. Hijau Olive

Hijau Olive

Padu padan baju warna navy dengan celana berwarna hijau olive menawarkan tampilan yang kontemporer dan memikat. Kedua warna ini membawa kesan yang mendalam dan misterius, namun ketika dikombinasikan, mereka menciptakan harmoni yang unik.

Atasan navy, dengan keanggunan dan ketenangannya, berpadu sempurna dengan nuansa alami dan earthy dari celana hijau olive. Meski kombinasi ini terlihat maskulin, paduan navy dan hijau olive juga mudah disesuaikan untuk berbagai gaya, mulai dari kasual hingga semi-formal.

Sebagai inspirasi, kamu bisa mengombinasikan baju navy berbahan katun atau rajutan dipadukan dengan celana chino berwarna hijau olive untuk tampilan sehari-hari yang santai.

7. Floral Print Warna Gelap

Floral Print Warna Gelap

Untuk tampilan yang lebih berani dan menyenangkan, pilihlah celana dengan motif floral. Motif floral memberikan sentuhan feminin dan cerah, yang memberikan kontras yang menarik dengan baju navy. Namun, agar tak terkesan terlalu bertabrakan, pilih celana dengan motif floral yang berwarna gelap saja.

Motif floral gelap pada celana menawarkan sentuhan artistik dan feminin, yang seimbang dengan kesolidan warna navy pada baju atasanmu. Kombinasi ini berhasil menggabungkan sentuhan klasik dengan kontemporer, memberikan tampilan yang segar namun tetap timeless.

Ketika mengenakan kombinasi ini, ada hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan tampilan tetap berkelas. Pilihlah celana dengan motif floral yang tidak terlalu mencolok, namun lebih ke arah nuansa gelap seperti merah marun, hijau botol, atau ungu tua, agar tetap sejalan dengan warna navy.

8. Abu-Abu

Mix and match antara baju navy dengan keeleganannya, berpadu harmonis dengan celana abu-abu yang menawarkan kesederhanaan dan ketenangan. Keduanya bersama-sama menciptakan tampilan yang konservatif namun tetap modern, cocok untuk berbagai kesempatan mulai dari acara formal hingga santai.

Kombinasi warna navy dan abu-abu juga memberikan fleksibilitas besar dalam hal pemilihan aksesori dan sepatu. Misalnya, sepatu berwarna hitam, cokelat, atau bahkan burgundy bisa melengkapi tampilan ini dengan baik. Mengenai aksesori, baik perhiasan berwarna emas maupun perak dapat digunakan untuk menambah kilau pada penampilan.

Meskipun sederhana, kombinasi warna navy dan abu-abu selalu berhasil memberikan kesan yang berkelas, membuat siapa pun yang mengenakannya terlihat sangat kalem, elegan, dan menawan.

9. Biru Muda

Baik navy maupun biru muda berasal dari palet yang sama. Akan tetapi, kedua warna ini akan terlihat kontras bila disandingkan. Atasan navy terlihat gelap, sedangkan celana biru muda terlihat sangat cerah dan cenderung pucat.

Walaupun kontras, mix and match baju navy dan celana biru muda sangat cocok untuk kamu yang suka berada dalam zona nyaman. Kontras dari dua warna ini tidak akan menjadikanmu terlalu mencolok.

Baju navy berbahan katun atau sutra akan tampak menawan jika dipadukan dengan celana biru muda berbahan linen atau chino. Keseluruhan padu padan navy dan biru muda mencerminkan keseimbangan antara formalitas dan kebebasan, ideal untuk berbagai kesempatan, baik itu pertemuan bisnis kasual atau acara santai di akhir pekan.

10. Coklat Cedar

Coklat Cedar

Baju warna navy, dengan keanggunannya, berpadu indah dengan celana nuansa coklat cedar yang memiliki karakteristik hangat. Coklat cedar sendiri merujuk pada warna coklat yang kaya dengan sentuhan merah atau oranye, memberikan kesan yang hangat dan menyenangkan. Ketika kedua warna ini dikombinasikan, hasilnya adalah tampilan yang harmonis.

Dalam mengenakan kombinasi ini, pemilihan tekstur atau bahan pakaian bisa memainkan peran penting. Sebuah kemeja navy berbahan katun atau wol dipadukan dengan celana chino coklat cedar bisa menjadi pilihan ideal untuk menunjang penampilanmu ke kantor.

Dalam memadukan warna celana dengan baju navy, yang terpenting adalah percaya diri dan eksperimen dengan berbagai kombinasi. Dengan berbagai pilihan warna di atas, kamu pasti dapat menemukan tampilan yang sempurna untuk setiap kesempatan.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram